9 Tips Mudik dengan Mengendarai Mobil bersama Keluarga

Mudik adalah rutinitas yang sebagian orang Jakarta lakukan saat lebaran tiba. Mudik pasti identik dengan macet namun, itulah “seni”nya. Semacet apapun perjalanan, tetap membuat mudik paling dinanti setiap tahun.

Agar pulang kampung terasa lebih nyaman, maka ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Mudik dengan mobil menjadi pilihan banyak keluarga karena lebih hemat dan bisa membawa banyak bawaan untuk keluarga di kampung halaman. Nah, berikut tips mudik dengan mobil yang perlu kamu tahu:

Tips Mudik dengan Mobil

1. Periksa Kondisi Mobil

Mudik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengecek kondisi mobil. Umumnya, seminggu sebelum lebaran, sudah banyak orang yang mengecek mobilnya ke bengkel. Nah, sebaiknya kamu datang pagi hari agar mendapatkan antrian lebih awal. Periksa bagian mobil pada mesin, rem, oli, roda, dan air bag. Jangan remehkan hal ini karena sudah banyak sekali kasus kecelakaan karena kondisi mobil yang kurang layak.

2. Tidak Melebihi Kapasitas

Mudik

Agar nyaman dan selamat, maka hindari mengangkut penumpang dan barang melebih kapasitas kendaraan. Jika kelebihan beban, maka keselamatan penumpanglah yang menjadi taruhan. Hal ini juga berlaku pada barang bawaan. Terkadang pemudik juga meletakkan barang di atas mobil, maka pastikan kalau beban tersebut tak terlalu berat untuk mobil.

3. Bawa Uang Tunai yang Cukup

Mudik

Selama perjalanan mudik, kamu tidak akan tahu apakah akan bertemu ATM atau tidak di sepanjang jalan. Maka dari itu, siapakan uang tunai, karena tidak semua toko menyediakan mesin debit dan kartu kredit. Sebelum jalan, lakukan perhitungan kasar pengeluaran yang akan kamu habiskan selama di perjalanan. Hitunglah dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, dll.

4. Bawa Makanan & Minuman Cukup

Mudik

Membawa makanan dan minuman penting juga lho! Kamu bisa membawa makanan yang cukup terlebih lagi minuman. Selama di perjalanan, kamu belum tentu menemukan minimart sehingga siapakan makanan ringan hingga makanan agak berat seperti roti untuk bekal. Nyemil selama perjalanan bisa membuatmu lebih rileks saat macet tiba. Maka, hindari perut lapar agar lebih fokus menyetir.

5. Aplikasi GPS / Peta Mudik

Mudik

GPS di smartphone kamu penting banget lho! Dengan GPS, kamu bisa mengecek panjang kemacetan hingga jalan alternative lainnya. Namun, GPS mampu menyedot baterai lebih cepat habis, maka dari itu sebaiknya sediakan juga powerbank agar handphone kamu tetap nyala. Menjelang mudik juga aka nada banyak yang berbagi peta khusus mudik. Didalam peta tersebut terdapat info jalur mudik hingga rest area.

6. Istirahat Jika Lelah

Mudik

Perjalanan yang jauh dan macet sudah pasti akan membuatmu kelelahan menyetir, maka jangan paksakan. Istirahatlah sejenak di rest area atau pom bensin. Kamu bisa kembali menyetir jika tubuh sudah lebih segar. Mengantuk dapat membahayakan dirimu dan orang lain juga.

7. Siapkan Perkakas & P3K

Mudik

Pastikan juga kamu tidak ketinggalan membawa perkakas & kotak P3k. Barang ini cukup penting untuk keselamatan perjalanan mobil dan juga kebutuhan kesehatanmu nanti.

8. Atur Kecepatan

Mudik

Selama di perjalanan, selalu patuhi rambu lalu lintas dan batas kecepatan. Kecepatan mobil yang stabil yaitu dibawah maksimum harus menjadi kebiasaan. Umumnya setelah macet lalu jalanan lancar, pengemudi akan berusaha tancap gas secepat mungkin.

9. Jika Membawa Balita

Mudik

Agar si kecil nyaman selama di perjalanan, maka bawalah perlengkapan seperti bantal dan selimut. Malam hari biasanya akan cukup dingin, jadi hangatkan tubuhnya dengan selimut.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON