Musim Hujan Tiba, Ini Tips Untuk Merawat Kendaraan Sehabis Terkena Hujan

Musim hujan telah tiba. Hujan dengan intensitas yang cukup tinggi disertai angin yang kencang membuat musim hujan semakin kita rasakan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk terhindar dalam hujan yang lebat namun aktivitas tetap berjalan, mengendarai kendaraan khususnya mobil menjadi salah satu pilihan agar kegiatan sehari-hari tidak terhambat.

Karena sering terkena air hujan dalam beraktivitas, kendaraan mobilpun akan sering terkena kotoran dan debu yang telah menempel pada bodi kendaraan. Tentunya hal tersebut dapat membuat penampilan kendaraan akan terlihat kotor dan juga kusam. Nah untuk menghindari hal tersebut, membersihkan kendaraan secara rutin di musim hujan menjadi aktivitas wajib yang sering dilakukan.

Untuk merawat kendaraan itu sendiri di ternyata cukup mudah lho! Selain itu, beberapa tips ini juga bisa menjadi cara untuk merawatan kendaraanmu menjadi lebih bersih dan juga terlihat terawatt. Lantas, apa saja tips untuk merawat kendaraan di saat musim hujan seperti saat ini? Berikut tips-tipsnya.

Segera bersihkan air hujan dari bodi mobil

Setelah terkena air hujan saat berkendara, jangan tunggu lama-lama untuk membersihkan kendaraan. Saat kendaraanmu terkena air hujan, lantas debu dan juga kotoran juga akan ikut terbawa serta menempel pada bodi kendaraan. Nah jika didiamkan secara berhari-hari, tentunya kotoran tersebut akan menempel dan bahkan mengering pada bodi mobil.

Untuk itu, membersihkan secara langsung perlu dilakukan agar mobil dapat terhindar dari kotoran maupun debu yang mengering pada bodi kendaraan. Tak hanya itu, dengan membersihkan secara langsung, maka bodi kendaraan juga terhindar dari jamur maupun karat pada bodi.

Baca juga artikel lainnya disini: Bahaya Mengintai Jika Mobil Jarang di Spooring & Balancing

Hindari mencuci saat matahari terik

Tips berikutnya yang perlu kamu ketahui adalah hindari mencuci kendaraan di saat matahari sedang terik. Karena jika kamu mencuci saat matahari sedang terik, maka sisa air sabun yang kamu gunakan untuk mencuci kendaraanmu akan mengering lho. Dengan mengeringnya sisa air sabun tersebut, maka hal tersebut akan meninggalkan bercak pada mobil di bodi kendaraan.

Atur tekanan keluar air

Memang mungking kita akan berpikir jika kita membersihkan kendaraan dengan tekanan air yang tinggi, maka kotoran dan juga debu akan ikut hilang. Namun, cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk memberishkan bodi mobil dari noda ataupun kotoran yang menempel setelah hujan lho! Menyiram kendaraan dengan tekanan air yang tinggi justru akan membuat cat pada mobil akan menjadi rusak.

Siram bodi kendaraan dengan tekanan air yang sedang atau menengah agar tidak merusak cat. Selain itu, menyemprot air dengan selang dilakukan dengan cara mengguyurnya pada bagian bodi mobil.

Poles bodi kendaraan

Untuk merawat bodi kendaraan saat musim hujan, kamu bisa memoles bodi kendaraanmu agar cat pada mobil bisa terlindungi. Secara umum memberikan polesan pada mobil bisa dianggap sebagai benteng pelindung yang bisa melindungi cat maupun bodi mobil dari air hujan atapun debu kotoran yang menempel. Dengan cara ini, maka kendaraan akan tetap prima dan juga terlihat bersih di saat musim hujan.

Pilih kain lap yang berkualitas

Tips mudah yang lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menjada cat ataupun bodi kendaraanmu dari air hujan adalah mengelap mobil secara berkala. Untuk mengelap bodi kendaraan tentunya diperlukan kain lap yang berkualitas baik agar bodi kendaraan dapat terawat dengan baik. Pilihlah bahan yang terbuat dari kulit sintetis agar air lebih cepat terserap. Selain itu, jangan gunakan kain lap dari bahan katun karena bahan tersebut sering menyimpan partikel-partikel kecil yang dapat menggores cat mobil.

Parkir dengan baik kendaraanmu

Yang terakhir setelah membersihkan kendaraan yang telah kamu cuci akibat terkena air hujan, parkir kendaraanmu di tempat yang aman dan juga terhindar dari hujan. Bila perlu gunakan cover mobil atau memasukkan kendaraanmu ke dalam garasi yang tertutup rapat dan bebas dari air hujan terutama di bagian atapnya.

Baca juga artikel lainnya disini: 5 Alat Ini Bisa Mengecek Kompresor AC Pada Mobil, Ketahui Alatnya

Merawat kendaraan itu perlu agar kondisi kendaraan dapat terlihat bersih dan juga dalam kondisi prima. Untuk itu di dalam musim hujan ini, perawatan ekstra perlu dilakukan agar kendaraanmu bisa terbebas dari segala kerusakan, karat, ataupun jamur yang menempel pada bodi kendaraan. Jadi, jangan lupa berikan perawatan ekstra pada kendaraanmu agar tetap terlihat prima di musim hujan ya.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed