7 Olahraga malam yang Tak Beresiko, Lihat Juga Hal yang Harus Dihindari

Bagi mereka yang sibuk, hanya di malam harilah waktu mereka untuk berolahraga. Olahraga malam hari masih menjadi kontroversi karena efek yang ditimbulkan. Banyak orang beranggapan kalau olahraga di malam hari tidak menyehatkan justru akan menjadi boomerang bagi diri Anda sendiri.

Jenis Olahraga malam

Namun, jika Anda hanya memiliki waktu di malam hari untuk berolahraga, cobalah olahraga ini yang aman dimalam hari.

1. Yoga

Olahraga malam

Yoga termasuk kedalam jenis olahraga malam senam. Melakukan yoga juga bisa saat malam hari. Yoga adalah olahraga yang cukup aman jika dilakukan pada saat malam hari. Olahraga ini mampu memberikan pikiran yang rileks sehingga Anda terbebas dari stress setelah bekerja seharian. Selain itu, yoga juga bagus untuk melancarkan peredaan darah dan mengatur sistem pernafasan sehingga tidur malam pun akan lebih nyenyak dan berkualitas.

2. Jalan-Jalan

Olahraga malam

Jika Anda adalah tipe orang yang tak suka berolahraga, maka coba dengan jalan-jalan. Berjalan kaki saat pulang kantor bisa menjadi keuntungan Anda tersendiri lho! Anda bisa manfaatkan kebiasaan ini sebagai bagian dari olahraga malam Anda. Berjalan kaki mampu menurunkan berat badan, melawan depresi hingga mengusir pikiran negative sebelum tidur.

3. Fitness

Olahraga malam

Fitness sebagai olahraga malam hari sering dipilih banyak orang yang sibuk bekerja di kantoran. Maka, kini banyak tempat fitness di Jakarta yang berlokasi dekat dengan tempat perkantoran. Hal ini tentu untuk mendekatkan dan memudahkan masyarakat agar bisa berolahraga langsung sepulang kantor. Untuk itu, kamu bisa daftarkan diri untuk ikut member fitness agar gaya hidupmu juga lebih sehat.

4. Tai Chi

Olahraga malam

Tai Chi adalah kombinasi dari seni bela diri dan olahraga. Tai Chi bertujuan untuk melatih keseimbangan tubuh dan juga pikiran. Gerakan-gerakannya menyerupai aliran air yang tenang. Gerakan inilah yang membuat orang berada dalam kondisi rileks layaknya sedang meditasi. Jika kamu melakukan olahraga ini dimalam hari, maka aliran darah ke otak akan lebih lancar, rileks dan tidur lebih nyenyak.

Hal yang Wajib Dihindari

Setelah Anda mengetahui olahraga malam apa saja yang baik, maka ada beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum berolahraga malam.

• Intensitas Tak Berlebihan

Olahraga malam

Agar olahraga Anda mendapatkan manfaat baik, maka sesuaikan dengan kapasitas tubuh. Sebaiknya jangan terlalu memaksakan tubuh untuk berolahraga keras. Intensitas latihan harus tetap dijaga agar tubuh merasa sehat. Jika berlebihan maka berakibat pada pegal-pegal hingga insomnia.

• Atur Waktu

Olahraga malam

Sebaiknya jangan berolahraga dekat dengan jam tidur. Olahraga malam ideal dilakukan minimal 2 jam sebelum tidur. Jika terlalu dekat dengan jam tidurmu maka siklus tidur akan terganggu yang berakibat pada tubuh menjadi panas, susah tidur, gelisah, resah hingga stress. Hal inilah yang membuat siklus normal pada tubuh menjadi terganggu.

• Minum yang Cukup

Olahraga malam

Minumlah banyak air putih yang cukup agar proses pendinginan tubuh lebih cepat, sehingga suhu tubuhmu akan cepat kembali ke suhu normal. Banyak minum air putih juga mampu mengeleminasi asam laktat yang terbentuk sangat cepat saat berolahraga sehingga badan menjadi lebih rileks.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON