pantanngan makanan darah tinggi

Pantangan Makanan Untuk Darah Tinggi

Menderita penyakit tertentu memang sering mengharuskan Anda menghindari makanan-makanan tertentu, termasuk jika Anda terkena penyakit darah tinggi.
Bagi penderita darah tinggi, ada beberapa menu makanan yang harus dihindari karena dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik pola makan Anda, jangan sampai melanggar pantangan.
Darah tinggi adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah.Tekanan darah tinggi ini tak pandang usia. Dari remaja atau anak-anak hingga orang tua dapat terkena serangan darah tinggi ini.

Berikut beberapa faktor penyebab timbulnya darah tinggi :

  • Usia.
  • Ras.
  • Latar belakang keluarga
  • Kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Merokok
  • Terlalu banyak garam (sodium) pada diet Anda.
  • Terlalu sedikit potasium pada diet Anda.
  • Terlalu sedikit vitamin D di dalam darah Anda.
  • Terlalu banyak minum alkohol
  • Stres
  • Kondisi kronik tertentu. Seperti, kolestrol tinggi, diabetes, penyakit ginjal, dan “sleep apnea”.
  • Terkadang kehamilan juga berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi.

Untuk menghindarinya kita bisa memulai dengan sering berolahraga, seperti jogging atau fitnes dan menjaga pola makan serta memperhatikan asupan makan yang masuk kedalam tubuh kita.
Pantangan utama Makanan Untuk Darah Tinggi adalah makanan berlemak. Hal ini dapat membahayakan karena dapat mengakibatkan darah menjadi lengket dengan dinding pembuluh darah, sehingga darah akan menjadi lebih mudah untuk menggumpal.
Makanan yang mengandung lemak jahat. Seperti ; keju, minyak sayur, ayam goreng, kentang goreng, hot dog, sosis, hamburger, pizza, susu, dll. Dan hampir semua makanan siap saja seperti yang sudah dijelaskan mengandung lemak jenuh yang dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi mengalami peningkatan dan menyebabkan penyakit jantung pada penderitanya.
Untuk itu kita harus mengontrol setiap saat agar tekanan darah kita selalu normal. alat untuk mengontrol tekana darah yaitu tensimeter yang sering disebut juga sphygmomanometer. Dulu Tensimeter pada awalnya menggunakan raksa sebagai pengisi alat ukur, tetapi sekarang kesadaran akan masalah konservasi lingkungan meningkat dan penggunaan dari air raksa telah menjadi perhatian seluruh dunia. Sphygmomanometer terdiri dari sebuah pompa, sumbat udara yang dapat diputar, kantong karet yang terbungkus kain, dan pembaca tekanan, yang bisa berupa jarum mirip jarum stopwatch atau air raksa.

tensimeter tekanan darah

Dengan perubahan zaman alat tensimeter ini dibuat dengan technologi canggih yang sudah berbentuk digital, ringkas dan praktis. Alat ini mudah dibawa kemana mana sehingga dapat digunakan setiap anda pergi. Jika km ingin memiliki alat ini km bisa kunjungi Lakupon.com kebetulan lakupon.com sedang ada promo FAMILY DR TENSIMETER DIGITAL. Dengan harga Rp 499.000 km langsung bisa menggunakan FAMILY DR TENSIMETER DIGITAL . Promo terbatas

FAMILY DR TENSIMETER DIGITAL