Percaya Nggak Percaya: Kucing Hitam dan Mitosnya

Ternyata mitos tak hanya berlaku pada manusia saja tapi juga hewan peliharaan sepeti kucing. Mungkin kamu sering mendengar bahwa kucing hitam bisa membawa nasib buruk kepada siapapun yang memeliharanya. Nah, kali ini kamu akan tahu mitos dan fakta sebenranya dari kucing hitam. Mitos adalah sesuatu hal yang dipercaya namun belum ada kebenarannya secara ilmiah. Di Indonesia banyak mitos yang diyakini oleh masyarakat termasuk kucing. Ternyata mitos tentang kucing hitam tak hanya berlaku di Indonesia tapi juga berbagai Negara di dunia. Yuk kita lihat mitos kucing hitam dari berbagai Negara.

Sumber: bertending school4free
Sumber: bertending school4free
Sumber: about cat paradise
Sumber: about cat paradise

Mitos Kucing Hitam Berbagai Negara

  • Jerman: Kepercayaan tentang kucing hitam di Jerman adalah ketika seekor kucing hitam melompat ke tempat tidur seseorang yang sedang sakit, maka kematian akan menghampirinya. Wah, serem juga ya!
  • Normandia: Orang Normandia percaya bahwa jika dalam perjalanan melihat seekor kucing hitam yang menyebrang di tengah bulan purnama, maka orang yang melihat tersebut akan terserang penyakit.
  • Finlandia: Orang Finlandia percaya bahwa kucing hitam bisa membawa jiwa manusia kea lam baka. Serem banget ya? Apa benar?
  • Cina: Mitos kucing hitam diantara orang cina adalah sebagai symbol kesialan. Mereka percaya bahwa kemunculan kucing hitam dapat membawa penyakit hingga jatuh miskin.
  • India: Orang India percaya bahwa jiwa seseorang yang bereinkarnasi dapat dibebaskan, tapi dengan cara yang tragis seperti melempar kucing hitam ke dalam api. Duh, jangan ditiru yaa, kasihan kan kucingnya.
  • Bengali: Orang Bengali percaya bahwa ada wanita yang dapat mengubah jiwa manusia menjadi seekor kucing berwarna hitam. Jika orang menyakiti kucing hitam sama halnya dengan menyakiti wanita juga.
  • Indonesia: Di Indonesia sendiri banyak mitos seputar kucing hitam. Bila ada kucing hitam melintas artinya segala usaha akan sia-sia. Bila seseorang menabrak kucing hitam hingga mati maka akan ada peristiwa buruk menimpa orang tersebut. Bila seseorang menabrak kucing yang menyebabkan kucing trsebut terluka, maka ia akan terserang penyakit berat. Penyakit tersebut bisa disembuhkan jika menyembuhkan kucing tersebut terlebih dahulu.

Jika dilihat dari ulasan mitos diatas, terlihat kalau kucing hitam membawa efek negative kepada manusia. Tapi, semua itu hanya mitos kok, nggak semuanya benar. Pada dasarnya semua kucing warna apapun itu sama.

Sumber: wikipedia
Sumber: wikipedia