3 Permainan Anak Anak yang Sedang Trend, Dampak Positif & Negatif

Permainan anak anak kini sangat beragam. Aneka jenis permainan anak-anak merupakan hal baik karena si kecil bisa semakin berkreasi dan imajinasi untuk perkembangan mereka. Namun, dibalik banyaknya jenis permainan anak-anak tersebut, sebagai orang tua juga harus peka terhadap apa yang mereka mainkan.

Permainan Anak Anak

Kini, ada beberapa permainan anak anak yang sedang trend, seperti squishy, fidget spinner, slime, dll. Nah, agar si kecil tetap aman bermain dengan permainan tersebut, yuk kita cek dulu positif dan negatifnya permainan yang sedang trend ini.

Permainan Anak Anak yang Hits

1. Squishy

Permainan Anak Anak

Squishy adalah mainan anak yang memiliki bentuk lucu dann unik. Bentuknya yang bisa menyerupai benda atau hewan lucu tertentu ini sangat mirip. Selain itu, tekstur squishy sangat membuat “candu” jika di pencet-pencet. Semakin bervariasinya squishy yang dijual dipasaran, banyak anak-anak yang ingin mengkoleksi mainan lucu ini.

Tentang Squishy

Permainan Anak Anak

Squishy terbuat dari spons yang berbahan polyurethane. Seperti yang dikutip dari ayahbunda.com, menurut Dr.dr. Rini Sekartini, Sp.A(K) mengungkapkan bahwa squishy tergolong aman untuk anak. Selain aman beberapa squishy juga beraroma wangi.

Permainan Anak Anak

Orang tua hanya perlu melihat adakah reaksi alergi yang ditimbulkan dari permainan anak anak ini. Alergi bisa saja terjadi karena warna yang digunakan pada mainan squishy.

Tips Main Squishy

Permainan Anak Anak

Ada beberapa hal penting agar bermain squishy tetap aman.

• Pastikan beli squishy asli karena bahan yang digunakan lebih aman.
• Jangan berikan squishy yang berukuran kecil untuk menghindari tertelan oleh anak-anak.
• Tanamankan pada anak bahwa squishy bukanlah makanan.
• Setelah main squishy, cucilah tangan hingga bersih.
• Pastikan juga aktivitas meremas squishy tidak menimbulkan adiksi.

2. Fidget Spinner

Permainan Anak Anak

Permainan yang mungkin lebih banyak dikenal untuk dewasa ini kini semakin disukai oleh anak-anak. Fidget Spinner terkenal sebagai permainan penghilang stress. Seperti namanya, fidget yang berarti gelisah atau cemas, dan spinner yang berarti pemutar. Permainan ini memiliki ukuran yang kecil namun “katanya” mampu menghilangkan stress siapapun yang memainkannya.

Tentang Fidget Spinner

Permainan Anak Anak

Walaupun baru-baru ini hits di Indonesia, permainan ini sudah terlebih dahulu populer di Amerika Serikat. Mainan ini terbuat dari plastik dengan 3 cabang berlubang yang mampu berputar.

Menurut Julie Schweitzer, seorang peneliti bidang perilaku mengatakan bahwa anak-anak yang memiliki gangguan pemusatan perhatian & perilaku (ADHD) akan lebih banyak mendapatkan manfaat dari mainan serupa derngan fidget spinner yang berputar pelan dan bergerak perlahan. Bahkan di Amerika, anak-anak sekolahnya sangat menyukai fidget spinner sampai mengganggu sekolah mereka.

Permainan Anak Anak

Nah, bagi orang tua, sebaiknya perhatikan aktivitas permainan anak anak seperti fidget spinner ini. Jangan sampai apa yang mereka mainkan mengganggu tumbuh kembang, belajarnya dan menjadikannya “candu”.

3. Slime

Permainan Anak Anak

Slime, anak jaman sekarang pasti tahu mainan yang satu ini. Di youtube bahkan banyak video memperlihatkan betapa menyenangkannya bermain slime. Kepopuleran slime di Indonesia pun membuat banyak anak-anak ingin membuatnya sendiri dirumah.

Tentang Slime

Permainan Anak Anak

Mainan yang bertekstur elastis ini memang sangat menyenangkan untuk dipegang. Warna-warni dan ada juga yang berkilauan membuat anak-anak senang memainkan slime. Slime adalah mainan yang terbuat dari campuran lem dengan cairan boraks. Campuran tersebut menghasilkan tekstur yang kenyal dan disukai banyak orang disegala usia.

Permainan Anak Anak

Bahan boraks yang digunakan untuk slime tentu berbahaya bagi anak maupun orang dewasa. Maka sudah banyak kasus terjadi luka bakar di tangan akibat bermain slime. Pemicu luka bakar ini diakibatkan paparan bahan kimia sumber panas yang tentu langsung bereaksi pada kulit tipis anak-anak.

Yang Perlu dilakukan

Permainan Anak Anak

Untuk menghindari resiko ini, segera cuci tangan setelah bermain slime dan membatasi kontak dengan boraks. Selain itu, racun pada slime juga bisa masuk lewat pernapasan, kulit hingga pencernaan. Efek jangka panjang yang bisa saja ditimbulkan adalah gangguan otak, kerusakan ginjal hingga menurunkan tekanan darah.

Manfaat Slime

Nah, untuk menghindari efek samping slime untuk permainan anak anak, ada baiknya orang tua membuat slime sendiri yang aman dan tanpa boraks. Dibalik efek samping tersebut, ada manfaat yang bisa anak rasakan saat bermain slime, antara lain:

• Hiburan
• Mengasah otak
• Menghilangkan stress
• Melatih motoric halus
• Melatih kreatifitas
• Meningkatkan Imajinaasi

Nah, kini orang tua harus selalu bijak dalam memilihkan mainan anak ya. Banyakanya permainan anak-anak yang bisa dilakukan menyimpan hal positif dan negative yang tentu harus diketahui dan waspadai.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON