8 Permainan Anak Yang Mengasah Motorik Halus & Perkembangannya

Permainan anak tak hanya sekedar mengisi waktu luang, namun ada manfaat yang bisa dirasakan si kecil dari aktivitas bermainnya. Salah satu manfaat dari permainan anak adalah merangsang motoric halus mereka.

Motorik halus adalah keterampilan yang membutuhkan gerakan atau otot tangan dan jari, seperti merobek, menulis, menggunting, dll. Sedari dini, ia harus dibiasakan dengan bermain permainan anak yang merangsang motoric halus ini. Karena, dengan permainan ini, maka kemampuannya menggunakan otot tangan dan jari mampu semakin menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Permainan Anak Pengasah Motorik

Melatih motoric halus si kecil dilakukan agar si kecil makin terampil dan kreatif sehingga tidak kaku. Berikut berbagai permainan anak yang baik untuk motoric halus mereka:

1. Merangkai Puzzle

Permainan Anak

Coba permainan merangkai puzzal yang diacak menjadi gambar utuh. Sebagai awalan, kamu bisa beri si kecil gambar puzzle dengan jumlah potongan yang sedikit sehingga tingkat kesulitannya pun sedikit. Ia pun bisa “pemanasan” terlebih dahulu sebelum mencoba puzzle dengan jumlah potongan yang banyak. Permainan ini akan melatih ketelitian, konstentrasi dan kecermatan si kecil dalam menempatan potongannya.

2. Menyusun Lego / Balok Kayu

Permainan Anak

Permainan lego juga sangat baik untuk melatih motoric halusnya. Dengan bermain lego, ia akan belajar konsentrasi, kreativitas dan juga kecerdasan anak. Tak hanya tangan yang diandalkan, si kecil juga akan berusaha berfikir untuk berimajinasi membebaskan pikirannya dalam menyusun balok.

3. Main Lempar Tangkap

Permainan Anak

Kamu bisa ajak si kecil bermain permainan ini dengan cara kamu dan si kecil saling berhadapan. Lalu kamu dalam kondisi duduk, sedangkan anak berdiri (agar tingginya seimbang). Lalu lempar bola pada anak dan minta ia menangkapnya, dan lembar balik. Permainan anak ini dapar melatih kecepatan anak dan membuatnya semakin aktif.

4. Mainan Clay / Lilin

Permainan Anak

Permainan ini sudah ada sejak para orang tua kecil, namun lebih di kenal dengan lilin mainan. Namun, kini banyak macamnya, seperti clay. Sebelum bermain, pastikan lilin tersebut aman di pakai. Bermain clay mampu merangsang motoric halus karena membuat si kecil meremas, membantuk dan menggulung.

5. Membuat origami

Permainan Anak

Origami atau seni melipat kertas juga sangat bagus untuk stimulasi motoric halusnya. Permainan anak ini bisa dimainkan oleh anak yang berusia diatas 5 tahun. Di usia itulah, si kecil sudah pahan akan bentuk yang diajarkan.

6. Bermain Kelereng

Permainan Anak

Tak hanya permainan modern, terbukti ada permainan tradisional yang bagus juga untuk menstimulasi motoric halus mereka. Dengan bermain kelereng, maka ia akan berlatih kemampuan visual dan konsentrasi.

7. Bermain Congklak

Permainan Anak

Siapa sangka kalau permainan ini juga bemanfaat untuk melatih perkembangan motoric halus anak. Di permainan congklak, si kecil harus menggenggam biji-biji congklak dan melepasnya. Congklak mampu membantu anak cepat menulis.

8. Bermain Pasir

Permainan Anak

Bermain pasir itu bisa jadi bermanfaat untuk si kecil lho! Kamu bisa gunakan pasir khusus untuk mainan anak dan pantau ia bermain. Ia akan belajar membentuk pasir dengan cetakan llau menuangnya. Tak perlu takut kotor, orang tua cukup pastikan kalau tidak ada kotoran di pasir tersebut.

Nah, dengan aneka permainan anak yang menstimulasi motoric halusnya ini, maka orang tua dapat mendukung perkembangan si kecil. Jangan lupa juga untuk selalu mendampingi si kecil bermain. Jangan sampai biarkan ia bermain sendirian.
Kamu bisa gunakan permaianan anak tradisional atau modern untuk menstimulasi motoric si kecil Have fun!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON