Pijat Bayi, Ini Waktu yang Tepat & Cara Melakukannya yang Benar

Pijat bayi sebaiknya di lakukan bukan hanya mengikuti trend di masyarakat, tapi juga untuk manfaat bagi si buah hati. Pijat bayi memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan si kecil juga ibu lho! Serangkaian pemijatanya memiliki fungsi untuk kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Waktu Terbaik Pijat Bayi

Pijat Bayi

Namun, ada beberapa hal yang perlu ibu perhatikan, salah satunya waktu terbaik untuk melakukannya. Kapan ya?

Sebaiknya, lakukan pemijatan setelah tali pusarnya lepas. Kenapa? Karena sisi minyak yang digunakan untuk memijat di area perut dapat berinfeksi pada tali pusar yang belum lepas.
Pijatlah si kecil sebelum dimandikan. Maka, sisa minyak bisa langsung dibersihkan ketika dimandikan.

Pastikan si kecil dalam kondisi sehat dan fit. Cek suhu bayi, suhu terbaik adalah 36,5-37,5C.

Tak perlu lama-lama saat memijat, cukup 3-5 menit saja. Namun, ibu bisa meningkatkan durasinya hingga 15 menit saat si kecil sudah berusia 1-2 bulan.

Pijat bayi bisa dilakukan setiap hari. Namun, jika si kecil tidak bisa diam, dan ibu kerepotan maka 1 minggu sekali pun bukan masalah.

Cara Melakukan Pijat Bayi

Pijat Bayi

Lalu, bagaimana melakukan pijat bayi yang benar?

1. Pilih Minyak Bayi yang Tepat

Sebelum melakukan pemijatan, pilih dulu minyak yang akan digunakan, karena dikhawatirkan tidak cocok dengan kulit bayi. Ibu cukup memberikan sedikit minyak di tangan bayi dan perhatikan apakah ada reaksi aneha atau tidak. Jika terdapat kemerahan, maka ganti minyaknya. Ibu bisa gunakan minyak zaitun karena cocok untuk segala jenis kulit.

2. Mulai dari Kaki

Kaki adalah bagian terbaik untuk melakukan pemijatan, karena kaki adalah bagian yang kurang sensitive dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Lakukan pemijatan melingkar dari paha ke pergelangan kaki.

Pijat Bayi

3. Beri Sedikit Tekanan

Lanjut ke telapak kaki dan pijat area tersebut untuk menstimulasi sistem tubuh. Pijatan kaki juga akan membantu mengatasi masalah gigi si kecil.

4. Pijat Bagian Perut

Pijat ke bagian perut atas lalu kearah bawah. Awali dari bagian kiri lalu kebawah dan lakukan kemudian ke sebelah kanan. Pijatan di bagian perut bayi ini mampu mambantu menyingkirkan gas dan masalah pencernaan bayi seperti sembelit.

5. Pijat Bagian Punggung

Memijat bayi di bagian punggung bisa memberikan efek rileks sehingga ia pun bisa tidur dengan nyenyak. Pijat dengan gerakan maju mundur di sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher bayi. Lakukan gerakan ini dengan melingkar.

Pijat Bayi

6. Pijat Bagian Dada

Lakukan gerakan keatas hingga kebawah leher bayi lalu diikuti dengan gerakan samping kiri dan kanan di bagian atas tulang selangka, lalu dilanjutkan kembali ke ulu hati. Lakukan gerakan membentuk huruf X dari kiri ke kanan.

7. Pijat Bagian Lengan

Lakukan pijatan memutar dengan kedua tangan yang dimulai dari pundak ke pergelangan tangan. Pijat bagian telapak tangannya dengan ibu jari hingga ke jari-jari si kecil. Lalu usap bagian punggung tangannya ke arah pergelangan tangannya dengan lembut. Lalu, peras bagian sekeliling pergelangan tangan bayi dengan ibu jari dan telunjuk.

8. Pijat Bagian Wajah

Pijat alis mata bayed engan ibu jarimu secara lembut dan diatas kelopaknya. Pijatan dimulai dari pertengahan alis turun ke bgaian bawah melalui bagian samping lipatan hidung.

Nah, ibu bisa mempraktekkan pijat bayi ini dirumah tanpa perlu ke baby spa lagi. Jadi, kamu bisa mencobanya hari ini dan lihat hasilnya. Manfaat pijat bayi ini bisa kamu rasakan dan rutin dilakukan ya moms!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON