Seberapa Bagusnya Pijat Refleksi? Berbahaya atau Menyehatkan?

Pijat refleksi adalah jenis pijat yang sudah ada sejak lama. Jenis pijat ini sangat baik untuk kesehatan karena menggunakan teknik tekanan dan gerakan yang spesial. Beberapa orang percaya bahwa setelah pijat refleksi tubuh, mereka merasakan dampak yang lebih baik untuk kesehatan.

Pijat refleksi mampu membuka simpul-simpul syaraf pembuluh darah yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini akan memberikan dampak berkurangnya rasa sakit kepala, asma, sindrom PMS hingga depresi.

Manfaat Pijat Refleksi

Refleksi

Jika kamu masih ragu untuk melakukan pijat refleksi, coba cek dulu manfaatnya agar makin yakin untuk mencoba:

1. Mengurangi Stress

Manfaat pijat refleksi yang paling terasa adalah mengurangi stress. Mengurut jari kaki adalah salah satu teknik pijat refleksi yang dilakukan. Dari jari hingga telapak kaki akan diurut dengan benar untuk memberikan rasa nyaman dan ringan pada kaki. Seperti yang kita ketahui kalau kaki adalah organ yang menumpu berat badan kita sehingga “kerjanya” cukup keras.

Namun, pijatan di daerah kaki haruslah dilakukan secara benar dan tepat karena banyak syaraf yang berada di telapak kaki. Jika kamu sudah terbiasa dengan refleksi di area kaki, maka rasa rileks dan nyaman akan terasa.

Refleksi

2. Mengurangi Nyeri

Sumbatan energy dan meridian pada tubuh bisa menjadi penyebab penyakit. Sumbatan ini dikenal dengan “Chi” sehingga menambah energy negative pada tubuh yang menghasilkan penyakit dan nyeri. Dengan memijat telapak kaki yang memiliki kurang lebih 7000 ujung saraf tersebut mampu merangsang tubuh untuk menyembuhkan penyakitnya sendiri.
Pijatan yang tepat akan memperbaiki keseimbangan antara perbedaan sistem dan fungsi tubuh, jika sudah terasa baikan, maka tubuh akan kembali lebih baik dan sehat. Saat tubuh kita merasa rileks, maka rasa sakit dan stress berkurang sehingga nyeri pada tubuh ikut hilang.

Refleksi

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jika kamu memiliki masalah pencernaan, maka cobalah untuk melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi mampu meningkatkan stimulasi pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah. Pijat refleksi mampu menghilangkan racun dalam tubuh sehingga sifatnya seperti detoksifikasi.

4. Membantu Pengobatan Kanker

Titik-titik pemijatan dapat mempengaruhi kerja organ dan kelenjar dalam tubuh. Hal ini akan membantu pnyembuahan pada pasien penderita kanker. Pijat refleksi akan memberikan efek meningkatnya nafsu makan, mencegah kelelahan, gangguan tidur dan suasana hati pada penderita kanker.

5. Baik Bagi Penderita Diabetes Mellitus tipe 2

Pijat refleksi juga bagus untuk penderita diabetes. Penderita diabetes mellitus tipe 2 yang melakukan pijat refleksi secara rutin bisa memiliki kadar gula darah yang terkontrol. Selain itu, mereka juga bisa terhindar dari gejala dan komplikasi penyakit lainnya.

Yang Tidak Boleh Pijat Refleksi!

Refleksi

Dibalik manfaat refleksi, ada beberapa orang yang tidak disarankan melakukan pijat ini, siapa sajakah?

• Mereka yang Cedera Kaki

Jika kamu memiliki masalah pada kaki, seperti cedera, luka hingga asam urat, urungi niatmu untuk melakukan pijat refleksi. Terapi pemijatan ini justru akan memperparah penyakit pada kakimu.

• Mereka yang Hamil

Hindari pijat refleksi jika kamu sedang hamil, terutama pada trimester pertama. Hal ini dikarenakan tekanan kaki akan merangsang kontraksi pada ibu hamil.

• Mereka yang Memiliki Masalah Pembekuan Darah

Pijat refleksi dapat meningkatkan sirkulasi darah yang bisa berpotensi terjadinya gumpalan darah di jantung dan otak. Hal ini justru akan sangat berbahaya untukmu.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON