Pisang Nugget: Kuliner Paling dicari di Google 2017, Ini Resep Terbaiknya!

Pisang nugget menjadi makanan yang paling populer di sepanjang tahun 2017. Kepopuleran ini diikuti oleh banyaknya toko yang menjual pisang nugget bahkan secara online. Namun, snack ini bisa juga Anda buat sendiri dirumah lho! Dengan bahan pisang yang sangat mudah di temukan, maka resep pisang nugget ini mudah dicoba dirumah.

Resep Pisang Nugget Mudah

Pisang Nugget

Bahan:
4 buah pisang (haluskan)
100 gr tepung terigu
15 gr gula pasir
2 butir telur
30 gr susu bubuk
100 cc air untuk memudahkan saat di blender. (Jika tidak pakai blender tak perlu air)

Bahan Pelapis:
2 butir telur
Tepung terigu
Tepung panko

Cara Membuat:
• Campur semua adonan, bisa dengan blender atau tidak.
• Lalu, kukus hingga matang selama 15-20 menit.
• Angkat dan dinginkan lalu potong sesuai selera.
• Baluri adnan dengan tepung terigu, telur lalu tepung panko.
• Panaskan minyak dan goreng hingga kuning kecokelatan.
• Goreng adonan hingga matang.
• Lalu taburkan topping kesukaanmu.

Asal Usul Pisang Nugget

Pisang Nugget

Pisang adalah salah satu buah yang populer di Indonesia. Selain murah, pisang juga mudah di temukan dimanapun. Olahan pisang yang kini kian populer adalah pisang nugget. Berawal dari jajanan khas Makassar, pisang yang di goreng dengan tepung panir ini ternyata digandrungi banyak orang. Hal yang menjadi menarik adalah karena pisang nugget di beri banyak topping seperti coklat messes, keju, dll.

Tips Membuat Pisang Nugget Sendiri

Pisang Nugget

• Jenis Pisang

Agar pisang nugget memiliki tekstur yang tak terlalu lembek dan juga tak terlalu padat, maka Anda bisa pakai pisang raja, tanduk atau ambon. Beberapa orang juga menggunakan pisang kepok, namun aromanya tidak sekuat tiga jenis pisang diatas. Selain jenis, pilih juga pisang yang matang atau terlalu matang. Pisang yang matang bisa diolah tanpa menggunakan telur karena sudah manis dan empuk.

• Jenis Tepung Roti / Panir

Agar pisang nugget lebih renyah, maka dibalurkan tepung panir. Tepung panir yang digunakan bisa yang berwarna kuning atau orange atau tepung panko. Tepung panko memiliki tekstur lebih renyah setelah di goreng daripada jenis tepung lain.

• Bisa Tambah Baking Soda

Ingin makin renyah? Maka Anda bisa tambahkan baking soda pada adonan pelapis basah. Takaran baking soda disesuaikan dengan jumlah adonan. Jika terlalu banyak maka akan menimbulkan rasa pahit.

• Kreasikan Topping

Agar makin lezat, maka Anda bisa kreasikan topping pisang nugget sesuka hati. Kini ada banyak pilihan topping kekinian seperti oreo, cream cheese, keju mozzarella, dll. Kreasikan topping diatas pisang nugget bisa menambah daya tarik sekaligus kenikmatan yang membuatmu ingin memakannya terus.

Manfaat Pisang

Pisang Nugget

• Menjaga Berat Badan

Pisang sering dipilih sebagai buah untuk diet, karena pisang bisa menekan nafsu makan dan memiliki kandungans erat yang cukup memenuhi nutrisi Anda. Agar tetap sehat, maka kontrol konsumsi pisang nugget karena olahan pisang ini dimasak dengan cara di goreng.

• Sumber Energi

Pisang menjadi buah yang mampu memberikan sumber energi yang cukup. Dengan energi yang tercukupi, maka Anda bisa menjalani aktifitas setiap hari dengan semangat.

• Menjaga Sistem Pencernaan

Pisang mengandung senyawa pectin atau serat yang tidak larut sehingga mampu menjaga pencernaan dan memudahkanmu untuk buang air besar. Buah pisang memiliki tekstur lembut yang mampu melapisi lambung dan usus sehingga menjadi lapisan antiradang.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON