Resep Pizza Teflon Yang Praktis & Rahasia Adonan Pizza Yang Sempurna

Pizza Teflon adalah solusi untuk Anda yang tak memiliki oven untuk memanggang pizza. Resep pizza Teflon ini dijamin sama enaknya dengan yang di restoran atau dibuat dengan oven lho!

Resep Pizza Teflon

Pizza TeflonBahan:
150 gr tepung terigu
1 butir telur
5 sdm susu putih cair
½ sdt garam
1 sdm gula
1 sdm margarine
1 sdm minyak sayur
1 sdt ragi
Sosis sapi
Mayonaise
Paprika
Bawang Bombay
Saus Tomat
Saus Sambal

Pizza Teflon

Cara Membuat:
• Campur tepung terigu dengan ragi, gula dan garam lalu aduk rata.
• Tambahkan telur lalu campur bersama adonan.
• Masukkan susu cair, margarine dan minyak sayur lalu uleni hingga kalis.
• Istirahatkan adonan selama 1 jam hingga mengembang.

Cara Membuat Topping pizza Teflon:
• Tumis bawang Bombay, paprika dan sosis hingga harum.
• Angkat dan sisihkan.
• Setelah adonan mengembang, ratakan seukuran Teflon lalu tusuk-tusuk tengahnya.
• Tuang saus tomat, saus sambal, mayonnaise dan topping yang sudah dibuat.
• Taburkan keju parut apa saja dan tambahkan keju mozzarella.
• Masak dengan api kecil hingga matang
• Sajikan.

Tips Membuat Adonan Pizza Sempurna

Pizza Teflon

Agar pizza Teflon berhasil, maka Anda harus mulai dari adonan pizza yang lezat. Teknik dan penggunaan bahan yang tepat membuat pizza Anda anti gagal.

1. Tepung yang Tepat

Pemilihan bahan tentu akan berpengaruh pada hasil akhir adonan pizza. Membuat pizza Teflon atau oven sama enaknya asal adonan pizza juga dibuat secara tepat. Di banyak resep pizza Teflon menggunakan tepung berprotein sedang atau tinggi. Bedanya adalah tepung protein tinggi mampu menghasilkan adonan yang elastis dengan daya serap air yang cukup tinggi.

Jika dipanggang, maka tekstur pada adonan tampak lebih berpori. Namun, banyak resep asli Italia lebih suka menggunakan tepung dengan jenis yang serbaguna dimana akan membuat tekstur adonan lebih halus dan elastis. Namun, jika Anda menggunakan tepung berprotein tinggi, maka jangan lupa untuk menambahkan takaran airnya.

2. Ragi harus Aktif

Ragi adalah bahan yang juga penting untuk membuat adonan pizza mengembang sempurna. Maka, pastikan ragi yang Anda gunkana masih sangat aktif. Jika ragi sudah mendekati masa kadaluarsa, maka ragi tidak akan lagi aktif. Untuk mengeceknya, Anda bisa larutkan ragi didalam air hangat, dan tunggu beberapa menit. Jika ragi berbuih saat larut, maka artinya ragi masih aktif.

3. Uleni hingga Kalis

Sebelum di istirahatkan dan di bentuk, campur bahan dan uleni hingga kalis. Jika adonan terasa lebih kering, maka Anda bisa tambahkan air, jika terlalu basah atau lengket bisa tambahkan tepung. Namun, jangan terlalu lama di uleni karena akan membuat adonan menjadi alot. Lalu, diamkan atau istirahatkan adonan selama 10 menit atau hingga mengembang.

4. Tusuk Adonan sebelum dipanggang

Sebelum adonan dimasukkan ke oven atau dimasak di Teflon, maka giling, pipihkan lalu tusuk-tusuk permukaannya dengan garpu. Tujuan menusuk-nusuk adonan ini agar matang adonannya merata di kedua sisinya. Selain itu, teknik ini akan mencegah gosong saat di panggang.

5. Gunakan Api Kecil

Panaskan Teflon hingga cukup panas, tanpa diolesi mentega atau minyak. Masak adonan pizza di api kecil dan tutup penggorengan hingga matang. Walaupun membutuhkan waktu yang lebih lama dari api besar, namun pizza bisa matang merata tanpa gosong.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON