Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka!

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Jika melihat kuliner khas Indonesia, pasti dalam hidangan tersebut dibuat dengan berbagai macam bumbu dapur dan juga bahan-bahan masakan di dalamnya. Dengan menyatunya aneka bumbu dapur dan juga bahan masakan tersebut, hidangan yang tersajipun akan memiliki rasa yang lezat, gurih, dan juga sayang untuk dilewatkan. Tak heran karena hal itu, masakan Indonesia menjadi pilihan yang tepat untuk disantap dikala perut yang lapar. Salah satu hidangan khas Indonesia yang sudah menjadi pilihan untuk disantap adalah nasi liwet.

Nasi Liwet merupakan sebuah masakan khas yang berasal dari daerah Jawa Barat ini memang memiliki rasa yang khas, gurih, dan juga lezat untuk disantap. Dengan kelezatannya tersebut, hidangan ini cukup diterima secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu hidangan yang menjadi favorit untuk disantap bersama dengan teman-teman maupun keluarga.

Di dalam satu porsi hidangan ini sendiri, terdapat beberapa macam lauk yang bisa disantap dalam hidangan tersebut lho. Lauk-lauk tersebut tentunya bisa menambah rasa kelezatan dan juga mengenyangkan perut di saat lapar tiba. Lalu, lauk apa sajakah yang berada di dalam hidangan khas Jawa Barat ini? Berikut informasi nya dibawah ini.

Ayam Goreng

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Siapa yang tidak suka dengan olahan daging ayam yang satu ini? Dikenal secara luas dan diterima oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu lauk favorit untuk disantap. Ayam goreng adalah salah satu teman terbaik dari nasi liwet dan tidak pernah absen dalam satu porsinya tersebut. Dengan adanya ayam goreng tersebut, dapat menambah kenikmatan santap lezatnya hidangan ini. Selain itu dengan adanya sambal dalam hidangan ini, membuat ayam goreng dan nasi liwet menjadi lebih nikmat untuk disantap.

Baca juga artikel lainnya disini: 5 Tips Memasak Bagi Pemula, Hasilkan Makanan Lezat

Sambal Kentang

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan olahan lauk yang satu ini bukan? Mudah dibuat, memiliki cita rasa yang gurih dan juga rasa pedas yang pas membuat lauk ini cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, lauk ini juga cukup sering ditemui di dalam setiap masakan Indonesia dan tak terkecuali di dalam sepiring nasi liwet. Sambal kentang merupakan olahan yang terbuat dari perpaduan sambal dan juga kentang yang dipotong kecil.

Karena cita rasanya tersebut, tak heran jika sambal goreng kentang menjadi salah satu lauk yang selalu ada di dalam seporsi nasi liwet sebagai lauk tambahan agar hidangan ini menjadi lezat untuk disantap.

Empal Daging

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Lauk berikutnya yang ada di dalam hidangan ini adalah empal daging. Biasanya untuk lauk empal daging ini sendiri, dapat ditemui di sajian dari varian nasi liwet daging. Empal daging ini dibuat dari daging sapi yang diiris secara tipis dan diberikan bumbu seperti gula, garam, daun jeruk, serai lengukas, dan juga daun salam.

Dengan perpaduan bumbu-bumbu tersebut, membuat rasa dari empal daging ini menjadi lebih gurih dan lezat. Lebih lanjut, lauk ini bisa menjadi bahan pelengkap yang tepat untuk disajikan di dalam seporsi hidangan khas Jawa Barat yang satu ini.

Telur Balado

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Suka dengan lauk telur balado? Jika iya, kamu bisa menikmati lauk ini di dalam sajian seporsi nasi liwet lho! Memiliki cita rasa pedas yang pas dan juga cocok untuk disantap di hampir segala hidangan membuat telur balado juga dapat ditemui di dalam hidangan nasi liwet.

Cita rasa pedas dan juga gurih pada lauk berbahan dasar telur ini membuat rasa dari makanan khas Jawa Barat ini menjadi lebih lezat untuk disantap.

Tahu atau Tempe Goreng

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Jangan salah, ternyata tahu dan tempe goreng juga bisa menjadi lauk yang lezat untuk disantap bersama dengan seporsi nasi liwet lho! Makanan yang biasanya disantap sebagai kudapan ini juga dapat digunakan sebagai lauk pelengkap ketika menyantap hidangan nasi liwet.

Dengan tekstur yang renyah dan juga memiliki cita rasa tersendiri, antara tahu ataupun tempe goreng yang disajikan bersama dengan nasi liwet tentunya menambah cita rasa tersendiri dalam menyantap hidangan khas Jawa Barat ini.

Urap

Ragam Lauk Yang Ada Di Nasi Liwet, Kamu Pasti Suka

Untuk lauk yang satu ini, tentunya tidak pernah absen dari setiap hidangan khas Jawa Barat yang ada dan tak terkecuali dalam hidangan nasi liwet. Urap sendiri merupakan salah satu lauk yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti wortel, kol putih, tauge, dan juga kangkung yang dilumuri dengan bumbu seperti minyak sayur serta parutan kelapa. Setelahnya, dicampuri dengan ragam bumbu halus seperti cabai merah, bawang putih, kencur, gula merah, garam, dan juga penyedap rasa.

Memiliki cita rasa yang unik dan juga gurih, lauk urap dapat menambah kelezatan dari hidangan khas ini serta juga menambah otentikasi masakan khas Jawa Barat. Dengan begitu, urap adalah lauk yang sangat tepat untuk disantap dengan sepiring nasi liwet.

Baca juga artikel lainnya disini: Resep Nasi Liwet & Lauk Pauk Ini bisa Jadi Ide Makan Bersama saat Reunian

Dengan memiliki beragam lauk yang lezat dan juga bercita rasa gurih, nasi liwet menjadi pilihan yang tepat untuk disantap bersama dengan keluarga maupun teman-temanmu. Hidangan khas Jawa Barat ini tentunya bisa memberikan referensi lezatmu untuk santap makan siang ataupun untuk merayakan hari raya yang bahagia bersama dengan teman-temanmu. Jadi, manakah lauk yang menjadi pilihanmu ketika menyantap hidangan khas Jawa Barat yang satu ini?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed