Ragusa, Es Italia Legendaris Punya Rahasia Di Balik Laris Manis Bisnisnya

Ragusa Es Italia, kalau kamu orang Jakarta pasti kenal dengan es ini. Ya, es legendaris yang sudah ada sejak 1932 ini memang tak pernah sepi dari pengunjung. Mereka yang berkunjung ke café es krim ini tak hanya penggemar lama tapi juga anak muda yang penasaran dengan es krimnya.

ragusa

Walaupun ada banyak menu yang ditawarkan, es krim khas Italia nya lah yang selalu diminati. Produk es Italia ini dibuat dari susu sapi asli yang diolah menjadi es yang super lembut dan tanpa bahan pengawet. Rasa es krim ini pun tak pernah berubah dari masa ke masa. Namun, justru rasa itulah yang kini dicari oleh banyak orang.

Awal Mula Ragusa

ragusa

Nama Ragusa sendiri diambil dari 2 orang Italia yang bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Keduanya datang ke Batavia pada 1930an untuk belajar menjahit. Setelah lulus belajar di Jakarta, mereka pun pergi ke Bandung dan bertemu wanita eropa yang memiliki peternakan sapi.

ragusa

Dari situ, mereka pun mendapatkan banyak susu sapi yang akhirnya dimanfaatkannya untuk membuat es krim Italia. Tak disangka, banyak orang yang suka dengan es krim yang mereka buat hingga akhirnya dibukalah toko es krim Ragusa pertama di Bandung. Tak sendiri, mereka pun dibantu oleh temannnya pada saat sekolah menjahit, Jo Giok Siaw.

Pemilik Kedai Es Krim Ragusa

ragusa

Kini, cafe / kedai es krim ini dikelola oleh pemiliknya Hj. Sias Mawarni. Ibu Sias adalah istri dari Buntoro Kurniawan yang dahulu bekerja di Ragusa. Sebelum menjadi pemilik kedai es legendaris ini, Ibu Sias dan Suami di hibahkan bisnis es krim ini oleh Vicenzo sebelum akhrinya pulang ke Italia.

ragusa

Pasang surut bisnis ini pun semakin terasa terutama saat kerusuhan pada tahun 1998. Kerusuhan saat itu meluluh lantahkan bisnis Ibu Sias yang akhirnya harus bangkit kembali dengan puing-puing yang tersisa. Hingga akhirnya, kedai es krim Ragusa tetap berdiri dan laris manis oleh penikmat kuliner dimanapun.

Ibu Sias meyakini bahwa perilaku baik akan mendatangkan hal baik, dari situlah, ibu Sias berusaha untuk tidak memikirkan keuntungan semata, bahkan karyawan mereka sendiri sudah dianggap seperti keluarga.

Baru pada tahun 1932, kedua orang Italia ini menjual es krim mereka di Pasar Gambir atau sekarang yang dikenal dengan Jakarta Fair. Lalu mereka pun membuka kafe di Jl. Veteran 1 no.10, Jakarta Pusat pada tahun 1947.

Menu di Restoran Ragusa

ragusa

Es krim Ragusa yang legendaris ini pun berbeda dari yang lain karena dibuat asli dan tanpa bahan pengawet. Salah satu es krimnya yang sangat populer adalah Spaghetti Ice Cream. Es krim ini dibuat bentuknya menyerupai pasta spaghetti lalu di beri topping saus coklat dan kacang.

ragusa

Selain itu, kamu juga bisa coba es lainnya seperti banana split, chocolate sundae, tutti frutti, dll. Untuk harga yang ditawarkan juga sangat ramah di kantong, jadi kamu tak perlu khawatir mengajak teman ke Ragusa.

Es Krim yang Legendaris

ragusa

Jika kamu ke cafenya yang terletak di Jl. Veteran ini, maka kamu hanya akan menemukan menu es krim. Ya, bukan tanpa alasan pemilik hanya menawarkan es krim di kedainya, karena itulah yang pengunjung cari dan menjadi fokus bisnis Ragusa.

Tak seperti es krim masa kini dengan rasa yang baru seperti green tea atau rasa unik lain, es krim ini tetap dengan rasa yang otentik. Rasa-rasa yang ditawarkan itulah rasa es krim asli Italia. Maka, jika kamu ingin merasakan kenikmatan es krim khas Italia, tak perlu jauh-jauh kesana, karena di Jakarta sudah ada Ragusa.

ragusa

Selain di Jl. Veteran 1, kedai es krim ini juga bisa kamu temukan di Kawasan Duta Merlin, Jakarta Pusat. Kamu bisa menikmati juga menu main coursenya seperti bihun goreng, bakmi goreng, nasi goreng, dan kwetiaw goreng.

Voucher Makan Untuk 2 Orang dari Ragus Resto - Duta Merlin.

Voucher Makan Untuk 2 Orang dari Ragus Resto - Duta Merlin.

Ada harga promo Ragusa nih!

Paket Makan Untuk 2 Orang : 2 Main Course + 2 Es Teh Tawar Rp 25.000

Lumayan banget kan, kamu bisa ajak temanmu makan berdua plus minum Cuma Rp 20ribuan!

Promo ini bisa kamu dapatkan dengan vouchernya di Lakupon sekarang!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON