Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Saat-saat seperti sekarang ini, tentunya masalah kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting dan juga dijaga oleh setiap kita. Pada sekarang ini, penyebaran berbagai partikel-partikel jahat yang dapat mengganggu kesehatan kita seperti kuman, bakteri, maupun virus, adalah beberapa contoh hal yang sangat menjadi perhatian bagi kita. Partikel yang kecil dan juga kasat mata ini memang bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita. Salah satu virus yang menjadi perhatian secara menyeluruh bagi kita semua adalah virus Corona atau yang biasa dikenal dengan sebutan COVID-19.

Virus Corona atau COVID-19 ini merupakan salah satu jenis virus baru yang penyebarannya sudah sangat masif di tengah-tengah masyarakat, baik dalam masyarakat Indonesia maupun bagi masyarakat dunia. Adanya penyebaran virus Corona yang sangat cepat tentunya memberikan dampak yang sangat besar bagi roda kehidupan masyarakat. Sebut saja dari segi perekonomian, wisata, pendidikan, hingga kegiatan masyarakat menjadi terganggu akibat virus ini. Di Indonesia sendiri, virus Corona juga memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan terutama ketika dalam menyambut bulan Ramadan yang telah tiba.

Dengan adanya virus Corona (COVID-19) yang ada saat ini, pemerintah sampai mengeluarkan aturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang berimbas pada aktivitas masyarakat itu sendiri. Khusus di bulan Ramadan ini, tentunya akibat kebijakan pemerintah tersebut memberikan dampak dan masyarakat merasakan adanya perbedaan dibandingkan dalam merayakan bulan Ramadan yang suci ini. Dampak yang terasa di kalangan masyarakat yang paling dirasakan adalah sepinya aktivitas-aktivitas yang khas dalam bulan Ramadan.

Akibat dampak yang dirasakan tersebut, pastinya masyarakat merindukan beberapa hal yang  biasanya dilakukan atau didapati kini tidak dilakukan. Dengan begitu, masyarakat seakan rindu dengan berbagai hal dalam nuansa Ramadan yang kini tidak ada. Lantas, apa sajakah hal-hal yang dirindukan oleh masyarakat pada saat ini dikala bulan Ramadan saat sedang berjuang melawan virus Corona?

Bukber atau Buka Bersama

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Inilah salah satu tradisi kegiata yang hilang selama Ramadan akibat adanya virus Corona. Akibat adanya aturan PSBB serta Social Distanscing, masyarakat seakan berjaga jarak dengan masyarakat lainnya agar tidak terpapar virus tersebut. Adanya aturan tersebut juga pastinya berdampak dengan kegiatan Bukber atau Buka Bersama yang biasanya senantiasa menemani masyarakat ketika bulan Ramadan tiba.

Momen berkumpul bersama, menikamti aneka hidaingan yang khas, berdoa bersama, hingga canda tawa ceria yang ada pada nuansa Bukber bersama dengan dengan keluarga ataupun teman-teman seakan absen pada Ramadan tahun ini. Meskipun begitu, Bukber juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga dirumah lho, sehingga tetap bisa merasakan hangatnya kebersamaan yang khas di bulan Ramadan dan sedikit mengobati rasa rindu dalam kegiatan Bukber.

Salat Berjamaah di Masjid

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Selain kegiatan bukber, kegiatan lainnya serasa hilang pada saat Ramadan kali ini adalah melaksanakan ibadah salat berjamaah di masjid. Melaksanakan ibadah Salat bersama-sama dengan orang-orang terkasih saat bulan Ramadan tentunya merupakan hal yang wajib dilakukan ketika bulan yang suci ini tiba. Esensi dari Ramadhan sendiri seakan tidak mungkin terlepas dengan ibadah Salat yang suci bersama dengan orang-orang tersayangmu agar bisa mendapatkan perlindungan, keberkahan, dan juga pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Dengan adanya virus Corona ini, kegiatan Salat berjamaah pun ikut absen untuk mengikuti anjuran pemerintah yang menerapkan Social Distancing demi memutuskan mata rantai virus ini. Biasanya  masjid-masjid menjadi penuh karena masyarakat beribadah bersama-sama ketika bulan yang suci ini tiba, namun akibat adanya anjuran dari pemerintah untuk beribadah secara mandiri diirumah, keramaian dari masjid seakan absen dan kehangatan dari beribadah bersama pun seakan dirindukan oleh masyarakat.

Baca juga artikel lainnya disini: Ini Dia 5 Tips Ramadan Saat Corona Yang Wajib Diikuti

Ngabuburit

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Siapa yang suka melakukan kegiatan ini? Kegiatan yang seru dan juga selalu dinanti ketika bulan Ramadan tiba ini ini pastinya menjadi sebuah ciri khas tersendiri dalam menyambut bulan yang suci ini. Kegiatan ngabuburit biasanya dapat dilakukan berbagai hal seperti jalan-jalan, nongkrong di taman, bercengkerama, berburu takjil, hingga mendatangi pasar kuliner. Selain itu, ngabuburit juga bila melakukan beberapa hal dalam konteks keagamaan seperti mengaji ataupun mendengarkan ceramah.

Dengan adanya anjuran dari pemerintah akibat adanya penyebaran virus Corona, kegiatan ini pun seakan tidak seramai seperti bulan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya, masyarakat seakan rindu dengan keramaian dan keseruan dari kegiatan ngabuburit yang biasanya turut meramaikan di hari puasa.

Sahur On The Road (SOTR)

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Buat kamu seorang Bikers atau senang berkuumpul bersama dengan teman-temanmu pasti sudah tidak asing dengan kegiatan yang satu ini. Sahur On The Road atau SOTR merupakan sebuah  kegiatan yang dilakukan ketika berbuka puasa di waktu pagi hari. Selain berbuka puasa di pagi hari, SOTR juga bisa dilakukan dengan membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan lho sehingga bisa mendapatkan pahala yang baik di bulan yang suci ini.

Namun sayangnya, kegiatan yang seru dan penuh berkah ini pun seakan hilang akibat adanya penyebaran COVID-19. Selain itu, anjuran dari pemerintah yang melarang adanya aktivitas berkumpul di tengah kerumunan juga membuat kegiatan ini tidak hadir dalam perayaan Ramadhan pada tahun ini.

Baca juga artikel lainnya disini:  Ramadhan Tiba, Senangnya! Ini Panduan Lengkap Beribadah Dari Kemenag

Berburu Takjil

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Tidak lengkap rasanya ketika menyambut bulan Ramadhan jika tidak ada takjil. Takjil biasanya merupakan berbagai macam makanan yang akan disantap nantinya ketika berbuka puasa. Aneka ragam makanan yang manis, gurih, menyegarkan, dan tentunya mengenyankan adalah  alasan mengapa takjil begitu lekat saat bulan puasa tiba. Dengan adanya takjil, keseruan untuk berburu takjil bersama torang-orang tersayangmu seakan tidak boleh absen sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Namun pada saat sekarang ini, para penjual takjil pun sedikit dan tidak sebanyak seperti Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya akibat adanya virus Corona yang memaksa pemerintah untuk mengeluarkan himbauan untuk tidak keluar rumah dan melakukan social distancing. Dengan adanya hal tersebut, berburu takjil seakan dirindukan keseruannya oleh masyarakat.

Memang Ramadan tahun ini tidak semeriah ataupun seramai seperti sebelum-sebelumnya akibat adanya virus Corona (COVID-19) yang menyebar secara masif di tengah-tengah masayrakat. Meskipun begitu, kita harus tetap merayakan bulan yang suci dan penuh berkah ini dengna rasa bersyukur serta penuh hikmad dikala masa seperti sekarang ini. Tetap menjaga kebersihan, ikuti anjuran dari pemerintah dan lindungi orang yang kita sayangi agar bisa merayakan bulan Ramadan yang penuh berkah serta baik ini. Semoga Ramadan ini dapat memberikan berkah, kesehatan, dan juga perlindungan agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di hari-hari berikutnya.

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed