Resep Cara Menggoreng Ayam Karaage yang Renyah

Makanan khas merupakan salah satu hidangan yang tidak pernah kehilangan para penikmatnya. Ragam makanan yang tersebar di masyarakatpun semakin beragam dengan aneka variasi rasa yang menyesuaikan lidah para pecintanya.

Hidangan seperti masakan Indonesia, masakan ala Barat, hingga hidangan khas kawasan Asia menjadi beberapa contoh hidangan yang cukup populer di tengah masyarakat pada saat ini.

Nah dari ragamnya masakan yang sudah populer saat ini, salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah adalah ayam karaage. Olahan ayam yang berasal dari negeri Jepang ini sudah cukup lama digandrungi oleh masyarakat sebagai hidangan pelengkap ataupun menjadi teman cemilan untuk disantap.

Karaage, teknik memasak ala Jepang

Sebenarnya, karaage sendiri bukanlah nama dari sebuah hidangan seperti yang diketahui saat ini lho!  Jika diketahui dari asal muasalnya, karaage adalah sebutan untuk salah satu teknik memasak yang ada di Jepang. Biasanya, bahkan olahan yang digunakan untuk teknik memasak ini adalah dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, ataupun daging ikan.

Cara teknik memasaknya sendiri yaitu dengan menggoreng daging tersebut di dalam wajan yang terdapat minyak yang cukup banyak di dalamnya. Sebelum daging digoreng di dalam minyak, daging tersebut dibumbu dengan saus asin khas Jepang yang disebut dengan mirin. Mirin ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti kecap asin, bawang putih, dan juga jahe.

Setelah dibumbui dengan mirin, daging tersebut selanjutnya dilapisi dengan tepung di dalam minyak pada wajan. Di negara Jepang sendiri, teknik karaage sudah cukup dikenal oleh masyarakatnya pada sekitar tahun 1920an. Dari dimulainya pada sekitar tahun tersebut, olahan daging yang digoreng ini semakin lama semakin dikenal luas oleh masyarakat di negara Jepang hingga ke berbagai penjuru dunia.

Hingga saat ini, karaage menjadi hidangan yang cukup diminati dari segi rasa dan juga kemudahan untuk dikonsimsi karena cepat serta tidak repot ketika dimakan. Saat ini, varian dari olahan khas Jepang ini biasanya bisa ditemukan di berbagai restoran cepat saji maupun mini market yang memiliki gerai penjualan makanan cepat saji.

Cara memasak ayam karaage ala restoran

Apakah kamu menyukai olahan daging khas dari negeri Jepang yang satu ini? Jika iya, ternyata kamu bisa membuatnya sendiri dirumah lho! Cara memasaknya pun cukup simple serta bahan-bahannya yang mudah ditemui. Lalu, bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat olahan renyah yang enak ini seperti di restoran? Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • 3 buah paha ayam tanpa tulang dan dipotong 2×2 cm
  • 5 siung bawang putih
  • 1 butir telur, lalu kocok lepas
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 500 gram minyak untuk menggoreng
  • 2 sdm Shoyu / Kecap Asin
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena

Setelah semua bahan-bahan telah disiapkan, maka sekarang tinggal memasak olahan daging ini agar bisa segurih dan serenyah seperti di restoran. Langkah-langkah untuk memasaknya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, potong daging ayam sesuai selera (potong sekitar 3cm sampai 5cm) kemudian cuci dengan air mengalir sampai benar benar bersih.
  • Selanjutnya campurkan ayam yang telah dipotong dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica bubuk, dan juga Shoyu / kecap asin. Diamkan selama kurang lebih 30 menit di dalam kulkas agar bumbu dapat menyerap ke dalam daging.
  • Setelah bumbu-bumbu tersebut meresap di dalam daging, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam dan juga merica ke dalam wadah. Aduk hingga merata.
  • Langkah berikutnya adalah memanaskan minyak goreng untuk menggoreng olahan daging ayam yang sudah disiapkan sebelumnya. Panaskan minyak goreng lalu goreng daging ayam yang sudah dibumbui tadi. Tunggu hingga matang sampai berwarna coklat keemasan.
  • Setelah matang, angkat dari wajan penggorengan. Hidangkan dengan saus pelengkap sesuai selera seperti mayonais ataupun saus sambal / tomat.
  • Hidangkan selagi hangat.

Bagaimana? Penasaran ingin mencoba langsung membuat ayam karaage yang renyah dan juga gurih? Yuk langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan lakukan kreasi seru memasak dirumah. Happy cooking!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed