7 Tips Menyiapakan Menu Sahur agar Lebih Cepat & Tetap Enak

Bagi ibu, menyiapkan makanan saat sahur adalah hal yang perlu diperhatikan. Karenanya, Anda perlu tahu beberapa trik yang mampu memudahkan Anda menyiapkan santap sahur. Apa saja? Berikut ulasannya:

Tips Menyiapakan Menu Sahur

1. Siapkan Bumbu Dasar

Hasil gambar untuk bumbu dasar

Masakan Indonesia terkenal dengan bumbu dan rempah-rempahnya. Meracik menu Indonesia membutuhkan waktu yang tak sebentar. Untuk memudahkannya, Anda bisa stok 3 bumbu dasar yakni bumbu merah, bumbu putih dan bumbu kuning. Ketiga bumbu ini bisa Anda simpan di lemari es hingga beberapa bulan kedepan. Berbagai masakan Indonesia pun bisa tersaji lezat di meja makan keluarga, seperti telur balado, ayam rica-rica, opor ayam, dll.

2. Masak Lauk dengan Jumlah Banyak

Hasil gambar untuk lauk pauk

Trik ini bisa Anda coba jika tidak memiliki waktu banyak memasak untuk sahur. Anda bisa memasak lauk dalam jumlah banyak saat malam hari atau saat masak untuk menu berbuka puasa. Lalu, Anda cukup menghangatkannya untuk sahur.

3. Pilih Menu Praktis

Hasil gambar untuk menu praktis

Waktu yang singkat bukanlah alasan untuk tidak masak menu sahur. Anda bisa memilih menu masakan praktis yang super cepat namun tetap enak, seperti aneka tumisan. Anda bisa menumis sayuran hingga protein seperti tahu dan ayam. Dengan pengolahan waktu dan menu yang tepat, Anda masih teteap bisa menyajikan makanan yang lezat.

4. Sediakan Lauk Kering Tahan Lama

Hasil gambar untuk lauk kering tahan lama

Makanan kering sangat membantu Anda untuk menyiapkan sahur lho! Lauk kering tersebut seperti dendeng, abon sapi, kering kentang, dll. Stok makanan kering ini bisa menjadi lauk praktis tanpa repot memasak pagi-pagi. Ini juga bisa jadi solusi jika Anda telat bangun di pagi hari.

5. Menyajikan One Dish Meal

Gambar terkait

Jenis menu one dish meal sangat cocok untuk menu sahur praktis. Ddidalam satu sajian terdapat berbagai bahan makanan dari karbohidrat, protein dan sayur. Contoh dari one dish meal seperti mi goreng, nasi goreng, kwetiaw, dll.

6. Sediakan Frozen Food

Hasil gambar untuk frozen food

Menyimpan berbagai makanan beku bisa menjadi ide bagus untuk menu sahur lebih praktis dan cepat. Frozen food tersebut seperti sosis, bakso, chicken nugget, dll. Anak-anak juga bisa semakin semangat saat makan sahur karena mereka pasti suka aneka nugget dan sosis. Lauk dari frozen food bisa jadi makanan pendamping sayuran dan lauk lainnya.

7. Rencanakan Belanjaan

Gambar terkait

Anda bisa siapkan belanjaan apa saja yang ingin dibeli. Bahan makanan kering seperti beras, gula, tepung, dll bisa sangat tahan lama, lain halnya dengan bahan lauk seperti ayam, ikan, dll. Anda bisa simpan bahan makanan basah tersebut di freezer selama 2 minggu. Bahan sayuran juga tidak awet disimpan terlalu lama. Maka, Anda bisa beli beberapa hari sebelum diolah.

Tips menyiapkan sahur ini semoga bisa membantu Anda dibulan puasa ini. Jadi, kini tidak ada lagi alasan untuk selalu jajan untuk makanan dikala sahur.

Selamat berpuasa!

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram