9 Bahaya Sakit Gigi Berlubang Jika Tak Cepat Di Tambal

Sakit gigi tak hanya menyakitkan, tapi juga bisa mengganggu aktivitas. Gigi berlubang adalah salah satu penyakit gigi yang sangat mengganggu, terlebih lagi saat makan. Sebagai organ yang sangat penting, gigi perlu di mendapatkan perhatian, karena jika kita tidak mampu mengunyah dengan sempurna, maka makanan tidak bisa diproses secara optimal.

Bahaya Sakit Gigi Berlubang Tak di Tambal

Sebaiknya, jangan membiarkan sakit gigi berlubang, karena ternyata mampu membahayakan kesehatan Anda yang lain. Apa saja bahaya jika sakit gigi berlubang dibiarkan?

1. Infeksi Pembuluh Darah

Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan lama dan tidak diobati, maka bisa menyebabkan infeksi pembuluh darah. Hal ini disebabkan oleh kuman dan bakteri yang berasal dari gigi berlubang tersebut. Lalu, kuman bisa masuk ke gigi yang berlubang dan mengganggu peredaran darah. Dampaknya pun bisa hingga infeksi ke pembuluh darah pada tubuh.

2. Gigi Ngilu Berkepanjangan

Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang sudah pasti menyebabkan rasa ngilu yang tak biasa. Rasa ngilu hingga sakit ini bisa sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Jika Anda mengunyah pun tidak akan sempurna karena rasa ngilu yang ditimbulkan tersebut. Rasa ngilu ini makin menjadi jika lubang gigi sudah sampai pada syaraf gigi.

3. Gangguan pada Syaraf Gigi

Sakit Gigi Berlubang

Agar mengurangi efek lain dari sakit gigi berlubang, maka dibutuhkan penanganan yang tepat, karena hal ini mampu mempengaruhi kondisi syaraf gigi Anda. Hal terburuk bisa terjadi seperti syaraf gigi rusak bahkan mati sehingg mengakibatkan gig ngilu luar biasa.

4. Kegagalan pada Organ

Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa sangat berpengaruh pada kesehatan organ tubuh lainnya. Gigi berlubang menyebabkan ngilu, dari situlah bisa berefek pada demam hingga peradangan gigi jika gigi berlubang dibiarkan. Akan lebih parah jika radang gigi menyebar ke organ lainnya seperti ginjal, hati dan jantung sehingga mempu menggagalkan fungsi organ tersebut.

5. Sinusitis

Sakit Gigi Berlubang

Bahaya lainnya jika sakit gigi berlubang dibiarkan adalah gangguan penyakit yang muncul, seperti sinusitis. Penyakit ini bisa muncul saat gigi Anda berlubang karena jaringan syarafnya sangat berdekatan dengan jaringan syaraf gigi.

6. Menyebabkan Kanker Mulut

Sakit Gigi Berlubang

Akan semakin berbahaya jika gigi berlubang Anda bisa menyebabkan kanker mulut. Jika kondisi lubang gigi semakin parah maka bisa menyebabkan infeksi pada gusi. Infeksi pada gusi inilah yang akan “perang” dengan kuman untuk melawan sel darah putih yang akan menutup luka. Dampaknya adalah gusi dan gigi bisa bengkak hingga terjadinya kanker mulut.

7. Menyebabkan Temporomandibular Joint

Sakit Gigi Berlubang

Gangguan Temporomandibular Joint bisa saja terjadi jika Anda membiarkan sakit gigi berlubang. Gangguan ini mengakibarkan migraine berat, pinggal pegal hingga otot yang tegang. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan longgarnya sendi pada rahang mulut karena saat Anda mengunyah makanan hanya menggunakan satu sisi saja.

8. Mengakibatkan Nyeri pada Mata

Sakit Gigi Berlubang

Sakit pada gigi ternyata bisa sampai berdampak pada kesehatan mata. Komplikasi kesehatan ini bisa saja terjadi pada sakit gigi berlubang. Mata Anda akan lebih cepat lelah dan bagian mata akan terada nyeri. Rasa ini diakibatkan oleh infeksi gigi yang pada syarafnya terdapat syaraf induk yang sama antara mata dan gigi.

9. Menyebabkan Sakit Ginjal

Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang bisa menyebabkan infeksi pada tubuh, salah satunya adalah ginjal. Infeksi kronis ini disebabkan penyakit di area tubuh pada jangka waktu yang lama sehingga terdapat racun dan kuman. Dari situlah, racun tersebut menyebarkan penyakit ke bagian tubuh lainnya seperti ginjal, mata hingga jantung.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram