Selamat Hari Kopi Sedunia bagi Para Pecinta Kopi!

Kopi merupakan salah satu minuman yang cukup digemari oleh masyarakat umum. Dikenal sebagai minuman yang memiliki kafein, kopi adalah salah satu teman minum yang cukup baik di berbagai kesempatan waktu ataupun suasana dari sang penikmatnya tersebut. Karena kepopuleran minuman berkafein ini, hingga dibuatlah satu hari yang digunakan untuk menghormati minuman yang satu ini lho!

Ya! Betul adanya jika kopi telah dimasukkan ke dalam salah satu hari yang bisa diperingati oleh masyarakat di dunia lho. Sekarang ini, masyarakat dunia bisa merayakan International Coffee Day atau Hari Kopi Sedunia yang lahir pada tanggal 1 Oktober 2015

Perayaan bagi kenikmatan meminum kopi

Hari Kopi Sedunia adalah perayaan tahunan yang bertujuan untuk merayakan kenikmatan dalam meminum kopi oleh para pecintanya. Selain itu, tujuan dibuatnya hari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi di seluruh dunia lho. Jadi tujuan dibuatnya Hari Kopi ini juga menguntungkan dari segi produsen kopi dan juga dari sisi konsumen penikmat kopi yang tersebar di seluruh dunia.

Peringatan Hari Kopi ini sendiri pertama kali diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015 di kota Milan, Italia. Penyelenggaraannya sendiri dilakukan oleh Organisasi Kopi Internasional atau ICO yang pada awalnya mengkampanyekan tentang perdagangan kopi yang adil dan juga memberikan kesejahteraan kepada para petani kopi.

Meskipun diperingati secara global di setiap tanggal 1 Oktober, Hari Kopi di setiap negara dirayakan secara berbeda-beda lho. Contohnya Filipina yang merayakannya di tanggal 21 Oktober, Taiwan di tanggal 7 November, ataupun negara Tiongkok yang merayakannya di sekitar awal bulan April.

Tips menikmati kopi

Bagi pecinta kopi, menikmati secangkir kopi tentu merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan. Ada berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk meminum secangkir kopi yang sesuai dengan ciri khas masing-masing. Meskipun beragam, namun beberapa tips ini bisa kamu ikuti agar menikamti secangkir kopi akan semakin nikmat.

Jangan minum kopi ketika masih panas

Menikmati secangkir kopi selagi panas tentu menjadi hal yang cukup nikmat bukan? Meskipun begitu, disarnkan untuk tidak meminumnya ketika masih dalam keadaan panas lho. Tunggulah sekitar 5 menit ketika kopi sudah mulai hangat sebelum diminum.

Meminum kopi yang masih hangat tentu akan menambah cita rasa nikmat dari kopi itu sendiri. Semakin panas kopi yang diminum, semakin pahit rasa kopinya tersebut karena kafein telah menjadi satu di dalam suhu tinggi pada segelas cangkir tersebut.

Jangan tambahkan gula

Sebagian orang akan menambahkan gula pada secangkir kopi mereka yang pahit. Meskipun bisa memberikan efek manis pada kopi, namun hal tersebut bisa mengubah cita rasa pada kopi tersebut lho.

Untuk mengurangi rasa pahit pada kopi susu rendah lemak ataupun krim murni agar rasanya menjadi lebih manis. Dengan menggunakan kedua bahan tersebut, tentu kamu juga akan terhindar dari bahaya diabetes pada tubuh ya.

Minum secara perlahan

Meminum kopi pastinya tidak bisa diminum secara cepat ataupun dalam sekali tegukan. Tentunya menikmati secangkir kopi hangat pastinya bisa membuat mood kamu menjadi lebih seru serta bisa menikmati waktu yang ada secara lebih rileks.

Minumlah kopi dengan cara menyeruputnya secara perlahan-lahan agar bisa merasakan cita rasa kopi yang ada terseduh di dalam cangkir tersebut.

Santap dengan kudapan

Menikmati kopi tentu akan lebih pas jika ditambah dengan adanya cemilan ataupun kudapan ringan sebagai temannya. Berbagai kudapan ringan bisa kamu pilih sebagai teman untuk waktu ngopi kamu. Cemilan seperti kue, biskuit, ataupun gorengan bisa menjadi pilihan untukmu dalam menikmati secangkir kopi hangat.

Jangan minum kopi sebelum makan

Jika perut kamu adalam keadaan kosong, sebaiknya jangan meminum kopi terlebih dahulu ya. Karena hal tersebut bisa berimbas kepada kondisi kesehatan kamu lho. Kandungan kafein pada kopi sendiri bisa meningkatkan asam lambung di dalam tubuh. Jika asam lambung tinggi, beberapa gejala seperti mual, kembung, bahkan muntah bisa menyerang tubuh. Untuk itu, penting untuk makan terlebih dahulu sebelum menikmati kopi agar tubuh tetap sehar kondisinya ya.

Nah bagi kamu pecinta kopi, kamu bisa mendapatkan ragam promo menarik untuk merayakan Hari Kopi Sedunia sambil menikmati kopi bersama dengan teman atupun keluarga. Penasaran ada promo apa saja? Yuk coffee lovers, langsung saja check promonya disini sebelum kehabisan!

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed