8 Manfaat Senam Anak (Gym Bayi) yang Tak Hanya Menyenangkan

Senam anak untuk balita atau baby gym kini sedang populer. Kepopulerannya membuat baby gym dilirik para orang tua yang ingin memasukkan buah hatinya ke kelas senam bayi atau anak. Baby gym bisa menjadi salah satu cara belajar sedari dini yang mampu merangsang sensori dan motorik si kecil. Selain itu, apa saja ya manfaat senam anak atau baby gym?

Manfaat Senam Anak

Senam Anak

1. Merangsang Motorik Anak

Baby gym atau senam anak balita bisa dilakukan saat berusia 3-6 bulan. Ia mampu mendapatkan rangsangan sensori dan motoric lebih baik. Selain itu, suara bunyi-bunyian dan music mampu menstimulasi auditorinya. Jika ibu ajak ia senam di tempat senam khusus bayi, maka lampu-lampu yang berkilauan juga mampu merangsang matanya. Hal inilah yang mampu membuatnya berlatih koordinasi dari setiap panca inderanya.

2. Melatih Keseimbangan

Latihan senam anak mampu melatih keseimbangan tubuh dan juga fleksibilitas tubuhnya. Hal ini sangatlah penting terutama saat mempersiapkan si kecil untuk mampu berdiri, melompat, berlari dengan sikap sempurna.

Senam Anak

3. Memperkuat Otot

Gerakan khusus pada senam juga mampu memperkuat otot punggung dan perut si kecil. Maka, si kecil pun mampu terbiasa dalam gerakan berlari hingga melompat. Manfaatnya dari senam anak ini adalah melatih otot anak tidak mudah cedera sedari dini.

4. Melatih Konsentrasi

Senam pada anak juga mampu melatih konsentrasinya. Dengan gerakan-gerakan yang harus tepat membuat anak fokus dengan apa yang ia lakukan. Selain itu, keseimbangan tubuh pun akan ikut terlatih karena banyak gerakan yang membuat tubuh harus tetap seimbang, bagaimanapun geraknya.

Senam Anak

5. Untuk Mental Sosialnya

Dengan mengikuti senam anak, maka ia akan dilatih untuk berfikir kreatif atas pemecahan masalah-masalah geraknya. Maka, ia pun mampu melatih mentalnya dalam menggunakan kemampuan berfikirnya. Selain itu, self-concept (konsep diri) pada anak juga akan terlatih dimana ia mampu memiliki konsep positif karena berhasil bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

6. Lebih Percaya Diri

Senam anak juga bisa meningkatkan kepercayaan dirinya terlebih lagi jika ia mampu berprestasi. Olahraga dengan senam ini mampu membuat anak berfikir positif melalui pengembangan ketrampilan. Aktifitas fisik ini pun mampu menumbuhkan citra diri sehat dan lebih positif dengan diri sendiri.

Senam Anak

7. Melatih Sportifitas

Sedari dini, anak penting sekali untuk memahami arti sportifitas. Dengan berolahraga, maka ia akan belajar menghargai menang dan kalah secara sportif. Maka, ketika ia dewasa, sikap ini pun akan ia bawa dan berusaha melakukan yang terbaik dan tetap sportif.

8. Meningkatkan Kesehatan

Senam anak tentu dapat meningkatkan kesehatan anak. Resiko penyakit hingga obesitas sedari dini pun mampu di cegah dengan aktivitas fisik ini. Si kecil pun mampu membakar kalori dengan sangat menyenangkan dan belajar untuk selalu hidup sehat.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram