Sering Ketombean Dan Kulit Kepala Berminyak? Begini Cara Mengatasinya

Sering Ketombean Dan Kulit Kepala Berminyak? Begini Cara Mengatasinya, blog.lakupon.com. Punya masalah dengan rambut lepek, banyak ketombe, dan kulit berminyak? Jika iya, mungkin salah satu penyebab uatamanya ada di bawah ini. Ketombe dan kulit berminyak adalah satu hal menjengkelkan yang biasanya dialami oleh kebanyakan orang tidak kenal usia ataupun jenis kelamin. Sebagian dari kamu juga mungkin sudah mengatasinya dengan berkeramas setiap hari. Namun timbul pertanyaan “Sering keramas tapi kenapa ketombe balik lagi dan lagi? Mungkin ada faktor ketidak cocokan antara kondisi kulit kamu dan jenis sampo yang digunakan. Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah rambut berketombe dan kulit kepala berminyak. Namun, sebelum itu mari kita belajar sedikit tentang penyebabnya.

Ketombe - Sering Ketombean Dan Kulit Kepala Berminyak Begini Cara Mengatasinya

Tidak ada cara cepat untuk mengatasi suatu penyakit, termasuk masalah ketombe dan kulit kepala berminyak. Semua membutuhkan proses dimana, sangat dibutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalaninya.

Keturunan

Siapa bilang hanya ciri fisik yang dapat diwariskan orangtua ke anaknya melalui genetik? Ternyata tidak hanya itu saja lho, melainkan juga penyakit tertentu. Dalam dunia medis, penyakit yang diwariskan dari orangtua ke anak kerap disebut sebagai penyakit genetik “kelainan genetik”. Penyakit turunan karena faktor genetik dapat disebabkan oleh mutasi baru pada rangkaian DNA, atau kelainan pada gen yang diwarisi dari orang tua. Meski sebagian besar macam penyakit biasanya disebabkan karena gen atau keturunan, tentu saja yang sebagian juga dapat terjadi karena faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak baik.

Kelainan Kulit

Pernah dengar tentang penyakit kelainan kulit? Kemungkinan besar kulit kamu mengalami Seborrheic dermatitis. Merupakan kelainan kulit berupa berlebihnya produksi sebum di kulit kepala yang menghasilkan serpihan bersisik menyerupai ketombe yang membandel. Dalam skala yang parah, kelainan kulit ini bisa menyebabkan kulit kepala kemerahan dan gatal mengganggu.

Kurang Menjaga Kebersihan

Bagaimana rasanya bila kamu tidak keramas rambut selama dua tau tiga hari? Pasti langsung beraoma tidak sedap di sekitar kulit kepala bukan. Kondisi ini akan semakin bertambah buruk bila kamu memang memiliki kulit kepala yang memang produksi minyak berlebih.

Keringat Berlebih

Tahukah kamu, volume keringat yang lebih banyak dari biasanya juga dapat meningkatkan produksi minyak di begaian tubuh lainnya seperti pada bagian kulit kepala.

Lantas Apa Penyebab Ketombe?

Minyak di kulit kepala seringkali membuat sel-sel kulit mati di kepala semnkin menumpuk, bahkan setelah digantikan oleh sel-sel kulit yang baru. Banyaknya minyak dan sel kulit mati akhirnya mengalami penumpukan, inilah yang menyebabkan munculnya ketombe di kulit kepala Kamu. Selain itu, banyak hal yang juga bisa menyebabkan semakin banyaknya ketombe seperti tidak keramas secara teratur, jamur Malassezia, kulit kepala yang kering dan meradang, dan juga terlalu sensitif terhadap produk perawatan rambut tertentu.

Ciri-ciri ketombe, di antaranya:

  • Serpihan berwarna putih dan kekuningan.
  • Bisa berbentuk kecil maupun besar.
  • Menyebabkan kulit kepala gatal.
  • Serpihan tersebut kerap ditemukan di area sekitar garis rambut, kulit kepala, telinga, punggung, dan bahu.

Ketombe bisa menjadi lebih buruk ketika Kamu mengalami stres atau sakit, serta berada di cuaca yang dingin dan kering.

Bagaimana Cara Mengatasi Ketombe Dan Kulit Kepala Berminyak?

Hindari Keramas Berlebihan

Memang benar dengan keramas kulit kepala akan senantiasa terasa segar dan bersih dari ketombe. Ternyata hal ini kurang disarankan lho. Saat kulit kepala kering (setiap sesudah keramas), kelenjar minyak akan terangsang untuk memproduksi minyak. Hal ini justru akan membuat kulit kepala semakin berminyak. Di awal penanganan terhadap ketombe boleh lakukan keramas setiap hari, namun mulailah untuk mengurangi kuantitas tersebut, keramaslah paling tidak dua hari sekali.

Hindari produk perawatan rambut mengandung minyak

Saat memilih sampo, hindari produk yang mengandung moisturizer dan minyak. Hindari juga pemakaian kondisioner. Ini akan membuat rambut menarik partikel kelembapan di udara dan membuat rambut jadi tambah berat. Saat keramas, pastikan bilas rambut sampai bersih hingga tidak ada sisa produk menempel di kulit kepala. Klik di sini untuk mengetahui kesalahan saat keramas yang bisa merusak rambut.

Gunakan Bahan Alami

Jika masih ragu untuk menggunakan product seperti sampo atau yang lainnya. Kamu bisa coba cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan beberapa bahan alami untuk menghindari efek samping. Ketombe terjadi akibat proses alami perontokan sel kulit mati pada kepala, maka ketombe merupakan dampak dari cepatnya bergantinya sel kulit mati kepala.

No Comments Yet

Comments are closed