Setelah Mudik, Yuk Perhatikan Kondisi Komponen Kendaraanmu

Setelah beberapa waktu lalu telah berpergian mudik bersama dengan keluarga, kini saatnya kembali ke rutinitas sehari-hari. Aktivitas pun kembali normal seperti biasanya, tak terkecuali kendaraan yang kita kendarai setelah libur berpegian mudik.

Dengan menempuh jarak yang cukup jauh serta memakan waktu yang panjang saat mudik kemarin, tak heran jika kondisi kendaraan perlu di cek pada beberapa komponen di dalamnya. Apakah kamu sudah mengeceknya? Atau mungkin belum tahu kira-kira bagian apa saja yang perlu di periksa kondisinya? Berikut beberapa komponen yang perlu kamu periksakan di bengkel setelah berpergian mudik.

 

Aki

Bagian komponen itu cukup penting bagi setiap kendaraan agar bisa digunakan. Selain itu, Aki atau Accu digunakan pada komponen kendaraan untuk sebagai aliran listrik seperti starter. Jika komponen aki tidak berfungsi dengan baik, maka kendaraan pun tidak dapat dinyalakan dengan baik seperti semestinya.

Jika kendaraan kamu menggunakan aki basah, kamu bisa lakukan pemeriksaan terhadap volume cairan yang ada di dalamnya. Apabila ketinggian air berada di bawah indikator, segera isi aki kembali di bengkel terdekat.

 

Oli

Oli merupakan suatu komponen yang digunakan untuk melumasi kinerja mesin yang berada di dalam suatu kendaraan. Untuk mengetahui kondsi oli pada kendaraan, kamu bisa mengecek apakah jumlah oli kamu berada di batas yang terteda pada dipstick oil atau tidak. Jika kurang, segera tambahkan oli baru untuk kendaraanmu.

Selain mengecek kapasitas oli, kamu juga harus memeriksa kualitas oli yang ada di kendaraanmu. Apabila oli tersebut terasa pekat lalu kasar seperti terdapat butiran pasir, gantilah dengan oli baru secepatnya.

 

Rem

Komponen ini sangatlah penting untuk keselematan para pengendara di jalan. Dalam perjalanan mudik yang sudah ditempuh, fungsi rem sendiri telah bekerja dengan optimal. Untuk mengecek komponen rem sendiri, kamu bisa mengecek kondisi ketebalan kanvasnya. Jika tebal lapisan kanvas tersebut berkurang hingga menyisakan 1 milimeter, itu artinya kamu harus segera menggantinya.

Setelah mengecek kanvas rem, perhatikan juga minyak rem di tabung master rem. Apabila terdapat kebocoran atau minyak tersebut telah berkurang, segera ke bengkel terdekat.

 

Radiator

Radiator berfungsi untuk mendinginkan suhu pada mesin. Jika radiator mengalami kerusakan ataupun tidak bekerja dengan baik, maka mesinpun akan menjadi overheat. Ketika hal ini terjadi, maka mesinpun akan mati jika mengalami overheat.

Setelah menempuh jarak yang cukup panjang ketika mudik, kamu perlu mengecek air radiator pada kendaraanmu agar radiator dapat berjalan dengan baik serta kondisi suhu mesin tetap stabil.

 

Ban

Komponen terakhir yang perlu kamu cek setelah berpergian mudik adalah ban. Biasanya, permukaan ban akan menjadi lebih tipis serta berkurangnya tekanan angin akibat menempuh perjalanan. Apabila kondisi ban sendiri sudah tipis dan kurangnya tekanan angin, ban sendiri bisa menjadi sobek dan bisa membahayakan kamu ketika berkendara.

Untuk pengecekan lebih lanjut, kamu bisa melakukan spooring and balancing pada ban di bengkel terdekat agar ban menjadi tetap stabil ketika berjalan.

Itulah tadi beberapa komponen penting pada kendaraan yang perlu cek ketika kamu berpegian mudik dengan kendaraanmu. Pengecekan dan pergantian beberapa komponen setelah berpergian jarak jauh merupakan hal yang penting, agar keamanan serta kernyamanan kamu saat berkendara tetap terjaga.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed