Siap Jalani New Normal Dengan Peralatan Ini

Jum’at, 5 Juni 2020, sebagian besar wilayah di Indonesia mulai menerapkan tatanan kehidupan yang baru atau yang sekarang dikenal dengan istilah New Normal. Siap tidak siap dan mau tidak mau memang kita semua akan dihadapkan dengan hal ini dan meulai berdamai dengan hidup berdampingan bersama virus corona. Oleh sebab itu, kita juga harus mempersiapkan diri seoptimal mungkin. Setidaknya ada beberapa perlengkapan wajib yang harus selalu siap sedia di dalam tas yang kita bawa saat beraktifitas di luar ruangan.

perlengkapan new normal

Belum adanya vaksin virus Corona (Covid-19) mengharuskan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut. Guna menjaga kesehatan pada masa new normal ini, maka kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan. Beraktivitas kembali baik di tempat kerja, mal atau pun sekolah, setidaknya kita harus mempersiapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  1. Masker

Menggunakan masker sudah menjadi hal yang wajib dilakukan meski begitu kita tidak tahu apakah kebersihan masker saat kita gunakan akan optimal sepanjang hari. Untuk itu, selalu sediakan masker cadangan dalam tas yang kita bawa. Usahakan untuk menggunakan masker kain saja, karena masker medis lebih dibutuhkan oleh mereka yang berhadapan langsung dengan covid-19 di rumah sakit. Masker berfungsi untuk menghindarkan diri dari droplet atau percikan dahak maupun air liur saat berada di dekat orang lain.

Tips saat menggunakan ataupun melepas masker, sangat simpel untuk dilakukan yaitu jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tetapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika menggunakan masker kain, cucilah setiap selesai digunakan. Bila perlu sediakan pula topi faceshield yang semenjak pandemi covid-19 ini seperti menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Bahkan beberapa acara di televisi yang dipandu beberapa selebriti yang menggunakan faceshield ini.

  1. Hand Sanitizer

Jika tidak menemukan washtafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tangan apalagi jika harus berada di tempat umum atau transportasi publik. Bawalah selalu hand sanitizer dengan ukuran yang kecil, saat ini sudah banyak tersedia hand sanitizer dalam ukuran mini yang dapat dimasukkan dalam kantong jaket ataupun celana.

  1. Tisu

Selalu sediakan tisu, baik jenis tisu kering ataupun tisu basah. Tisu kering bisa digunakan di saat urgen seperti buang air, dan tisu basah dengan antibakteri merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum, memegang gagang pintu dan lainnya.

  1. Alat makan pribadi

Membawa alat makan pribadi seperti sendok dan garpu akan lebih baik dibanding menggunakan alat makan yang ada di tempat umum. Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan makan yang praktis dan mudah dibawa. Bila perlu, bawalah makanan yang dipersiapkan dari rumah. Sehingga akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kita akan lebih berhemat dengan membawa bekal dari rumah, dan juga menghindari kontak langsung dengan penjaja makanan di luar sana.

  1. Perlengkapan ibadah

Khusus bagi para perempuan, usahakan untuk selalu membawa perlengkapan ibadah seperti mukena. Sebab kita tidak akan tahu riwayat pengguna mukena yang disediakan di tempat-tempat umum. Sedangkan bagi laki-laki, sebisa mungkin untuk membawa sajadah sendiri.

  1. Helm

Bila memungkinkan, bawalah helm sendiri agar lebih aman saat bepergian dengan menggunakan jasa ojek online.

Baca juga :

6 Aktifitas Bareng Si Buah Hati Saat Pandemi Covid-19 Biar Ngga Bosan

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Selain perlengkapan yang wajib kamu bawa saat new normal dimulai, ada beberapa perilaku yang wajib pula kamu lakukan seperti social distancing (usahakan untuk menjaga jarak dari orang lain kurang lebih 1 sampai 2 meter), hindari kontak fisik langsung dengan orang lain meskipun itu teman kantor, setelah beraktifitas di luar ruangan usahakan untuk segera mandi dan mengganti baju sebelum melakukan kontak dengan keluarga di rumah.

No Comments Yet

Comments are closed