Sindrom Baby Blues, Yuk Atasi Dengan Cara Sederhana Berikut !

Sindrom Baby Blues biasanya dialami hampir 50 % Ibu pasca melahirkan

sindrom baby blues

Setap Ibu pasca melahirkan pasti memiliki perasaan senang dan bahagia atas kehadiran sang buah hati. Namun tak jarang selain perasaan bahagia, Para Ibu kerap dilanda perasaan cemas atau gundah gulana seketika. Perasaan ini sering kita sebut sebagai sindrom baby blues yang  hampir dialami sekitar 50 % ibu pasca melahirkan.

Baby blues atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan “Postpartum Distress Syndrome” merupakan salah satu kondisi dimana muncul perasaan cemas atau gundah gulana yang dialami para Ibu pasca melahirkan. Biasanya perasaan ini terjadi selama 14 hari pertama pasca melahirkan, dan cenderung memburuk di hari ke 2 dan ke 3. Ketika mengalami baby blues Ibu akan mengalami beberapa kondisi perasaan gundaha sebagai berikut:

sindrom baby blues

• Perasaan sedih tiba-tiba, kadang sampai menangis tanpa sebab
• Emosi tak terkendali bahkan mudah marah tanpa alasan
• Dilanda perasaan bagaimana khawatir apakan bisa mengurus anak nanatinya
• Kurang percaya diri terhadap penampilannya
• Mengalami sulit istirahat dan sulit tidur karena sudah terlalu letih

Sindrom Baby Blues Bisa Diatasi Dengan Cara Sederhana Berikut !

Bagi Ibu yang sudah memiliki anak sebelumnya, mengatasi sindrom baby blues memang tidak terlalu sulit. Namun bagi ibu yang baru mengalami kelahiran pertama, mengatasi syndrom ini memang tidaklah mudah. Butuh dukungan dan arahan dari orang-orang terdekat. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi baby blues agar tidak berkepanjangan.

Hindari Menyendiri

sindrom baby blues

Dalam keadaan sendiri, kita akan semakin terus terkurung dengan keadaan, saat itulah baby blues mudah menyerang. Nah, usahakan untuk tidak menyediri dalam keadaan apapun sehingga baby blues yag dialami tidak berkepanjangan.

Atur Pola Makan Sehat

sindrom baby blues

Pola makan sehat dapat menjaga kestabilan hormon sebagaimana mestinya. mengatur pola makan juga mencegah kelelahan pada Ibu pasca melahirkan, karena nutrisi yang baik akan mempengarui pikiran. Usahakan untuk mengatur pola makan seimbang agar kesehatan  tetap terjaga dengan baik.

Sharing Kepada Yang Berpengalaman

sindrom baby blues

Sindrom baby blues apabila dibiarkan akan terus berlangsung jika tidak diatasi dengan baik. sharing bersama orang-orang berpengalaman akan membuat si Ibu lebih meraskan bahwa ia tidak sendirian. Pengalaman orang-orang yang sebelumnya sudah melahirkan akan memberikan ruang dan pemikiran positif. Kondisi inilah yang membuat ibu lebih relaks dan menemukan tujuan yang lebih terarah.

Mengelola Pikiran Positif

sindrom baby blues

Untuk menghasilkan pemikiran postif Ibu yang mengalami baby blues harus membangun pemikiran positif. Pemikiran positif inilah yang nantinya akan membuat ibu lebih santai dan terbebas dari baby blues. Jika perasaan sedih atau mood tidak baik datang, sesegera mungkin harus mengingatkan diri sendiri untuk senantiasa berfikiran positif.

Cari Hiburan Yang Mambuat Ibu bahagia

sindrom baby blues

Menghibur diri sendiri adalah hal yang paling efektif untuk menghilangkan perasaan baby blues. Ibu juga bisa melakukan hal-hal yang membuatnya menyenangkan. Seperti jika si Ibu gemar menyanyi contohnya, dia bisa meluangkan waktunya untuk karaoke bersaama orang-orang tersayang. Oh ya, menyanyi ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yakni mampu membuat pikiran lebih relaks. Kondisi relaks inilah yang mampu mengatasi sindrom baby blues pada Ibu pasca melahirkan.

Ibu yang kerap dilanda baby blues harus menyiasatinya dengan perasaan senang dan jangan membiarkan perasaan sedih atau gundah gulana menguasai lebih jauh lagi. Well, sindrom baby blues ternyata bisa diatasi dengan cara sederhana diatas.

FOLLOW US ON