Sotang, Si Cemilan Sosis Gurih dan Mengenyangkan

Sosis adalah salah satu panganan yang sudah dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia. Makanan yang terbuat dari olahan campuran daging cincang dan rempah-tempah ini biasanya dapat ditemui di beberapa makanan seperti pizza ataupun disantap secara langsung jika matang. Namun di zaman serkarang, sosispun dimodifikasi menjadi suatu cemilan yang mengenyangkan lho! Cemilan itu bernama Sotang.

 

Sotang, perpaduan 2 bahan makanan

Ya! Sotang! Nama ini sendiri merupakan sebuah perpaduan dari 2 nama makanan yaitu sosis dan kentang. Jika dilihat secara fisik, cemilan ini memang terlihat seperti cemilan Corn Dog yang berasal dari negeri Amerika Serikat. Jika Corn Dog adalah sosis yang dibalur dengan lapisan tepung renyah, maka Sotang adalah sosis yang dibalur dengan kentang goreng gurih.

Sotang adalah sosis ditusuk dengan bambu dan dicampur dengan kentang goreng. Setelah itu, sosis yang telah dicampur dengan kentang goreng ini sendiri nantinya akan dicelupkan ke dalam adonan yang terbuat dari beberapa campuran bahan seperti tepung terigu, tepung maizena, susu cair dan telur.

Setetlah matang, Sotang dapat disajikan sesuai dengan selera para penikmatnya. Biasanya, para penikmat Sotang akan menambahkan saus yang bisa membuat Sotang tersebut menjadi lebih lezat. Pilihan saus seperti saus sambal, saus tomat, dan juga mayonnaise adalah beberapa contoh pilihan yang sering ditambahkan ketika menyantap cemilan ini.

 

Cemilan yang berasal dari Korea Selatan

Saat ini, Sotang telah menjadi cemilan yang cukup populer di kalangan anak muda sekarang. Kepopulerannya sendiri juga tak lepas dari kultur budaya Korea Selatan yang sedang menjamur belakangan ini di masyarakat Indonesia.

Di negara asalnya yaitu Korea Selatan, Sotang memang telah popular sebagai makanan jalan yang terkenal lezat, murah dan juga mengenyangkan bagi perut. Disana, cemilan Sotang ini dikenal dengan sebutan nama Kogo oleh masyarakat Korea Selatan.

 

Terdapat Protein dan Vitamin B12

Selain lezat dan juga menyenyangkan, Sotang juga memiliki kandungan yang baik bagi tubuh kita lho! Salah satunya adalah protein. Kandungan protein ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, protein ini juga berguna bagi pertumbuhan di dalam tubuh.

Tak hanya protein, di dalam Sotang juga ada kandungan lainnya yang berguna bagi tubuh yaitu Vitamin B12. Karena cemilan ini berbahan dasar daging, maka terdapat kandungan Vitamin B12 di dalamnya. Vitamin B12 dikenal memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh lho. Contohnya berfungsi dalam mengaktifkan sistem folat dan dibutuhkan dalam pembakaran sel-sel. Selain itu, juga dapat membantu kinerja sistem pencernaan, sumsum tulang, dan jaringan syaraf.

Tak hanya lezat, Sotang memang cocok untuk menjadi cemilan yang mengenyangkan bagi perut. Selain itu, Sotang juga memiliki kandungan bergizi yang cukup baik bagi tubuh kita lho! Tertaarik untuk mencicipi jajanan yang satu ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed