Suka Cumi Goreng Tepung? Yuk Masak Di Rumah Dengan Resepnya Berikut ini!

Jika mengenai masakan yang ada di sekitar kita, tentu ada berbagai macam masakan yang tersaji serta bisa kita pilih untuk disantap. Ragam kuliner khas daerah serta kuliner-kuliner lainnya membuat penikmat makanan memiliki hidangan favorit mereka masing-masing. Dari banyaknya hidangan masakan yang ada, salah satunya yang cukup digemari oleh pecinta kuliner adalah hidangan cumi goreng tepung.

Hidangan yang berasal dari olahan laut ini tentu memiliki cita rasa yang gurih serta renyah. Karena rasanya tersebut, cumi goreng tepung disukai dan juga tidak pernah absen dalam porsi hidangan bersama keluarga ataupun teman-teman.

Masakan ini mudah ditemui di beberapa restoran khas seperti restoran khas Indonesia, restoran masakan asia, ataupun restoran yang menyediakan hidangan laut atau seafood.

Karena disukai oleh banyak orang, hidangan ini bisa dimasak dengan mudah dan tetap enak seperti di restoran lho. Penasaran dengan tips resep bagaimana memasak cumi goreng tepung yang renyah dan juga lezat? Berikut resepnya yang bisa kalian ikuti dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat hidangan ini seperti di restoran, kamu memerlukan beberapa bahan untuk memasaknya di dapur. Bahan-bahan tersebut adalah:

– 250 gram cumi segar yang sudah dibersihkan tintanya (potong sesuai selera)

– 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)

– 1 butir telur ayam (kocok lepas)

– 100 gram tepung bumbu serba guna

– 2 sdm tepung beras

– 2 sdm tepung tapioka

– 2 siung bawang putih (haluskan)

– Ketumbar (secukupnya)

– Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

– Merica putih

– Garam (secukupnya)

– Minyak goreng

Cara memasak agar renyah dan gurih

– Cumi yang sudah dipotong lalu dijadikan satu dengan air jeruk nipis yang sudah diambil airnya sebelumnya. Aduk hingga merata.

– Setelah itu, campur beberapa bahan seperti tepung serba guna, tepung beras, dan juga tepung tapioka ke dalam cumi pada tempat sebelumnya. Tambahkan sedikit kaldu ayam bubuk agar lebih gurih. Aduk lagi hingga merata.

– Siapkan telur yang telah dikocok lepas di wadah berbeda. Lalu, masukkan cumi ke dalam telur kocok dan aduk.

– Baluri potongan cumi satu persatu ke adonan tepung kering. Celup ke adonan basah. Gulingkan lagi di adonan tepung kering. Setelahnya, tepuk-tepuk sisa tepung pada daging cumi tersebut.

– Goreng cumi yang sudah dibaluri dengan tepung tersebut pada minyak dengan api yang sedang. Tunggu hingga warnanya menjadi keemasan.

– Angkat jika sudah matang dan sajikan selagi masih hangat.

– Tambahkan saus pelengkap seperti saus sambal, saus tomat, ataupun mayo agar semakin lezat.

Tips dalam memasak cumi goreng tepung

– Jangan menggoreng cumi terlalu lama. Panaskan terlebih dahulu minyak pada wajan hingga panas, lalu masukkan cumi yang sudah dibaluri dengan bumbu. Cara ini berguna agar cumi sendiri tidak alot.

– Goreng dengan teknik deep fry, yaitu menggoreng dengan minyak yang banyak sehingga cumi dapat digoreng secara menyeluruh.

– Agar renyah, cukup menggoreng cumi selama sekitar 1 hingga 2 menit saja.

– Jangan menggoreng daging cumi terlalu banyak pada wajan penggorengan.

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mencoba membuat cumi goreng tepung dirumah ala restoran? Untuk itu, persiapkan beberapa bahan diatas dan jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dalam memasaknya agar hidangan tersebut bisa menjadi favorit keluarga dirumah ya. Happy cooking!

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed