Suka Wisata Bahari? Yuk Coba Kegiatan Snorkeling di Laut!

Siapa yang suka berenang? Aktivitas yang merupakan kategori olahraga serta bisa menyehatkan tubuh ataupun pikiran ini tentu disukai oleh masyarakat umum. Biasanya, kegiatan berenang juga dapat dilakukan bersama dengan keluarga sebagai kegiatan liburan alternatif di saat hari libur telah tiba. Aktivitas berenang pun bisa dilakukan di berbagai tempat wisata seperti waterpark, wahana air, hingga di wisata pantai.

Nah bagi kamu pecinta kegiatan air terutama dalam aktivitas berenang, kamu bisa mencoba kegiatan renang yang satu ini lho! Nama dari kegiatan renang tersebut ialah snorkeling. Snorkeling sendiri adalah sebuah kegiatan berenang atau menyelam di laut dengan menggunakan peralatan selam seperti masker selam dan snorkel. Selain itu, beberapa alat renang lainnya seperti sirip selam atau yang biasa dikenal dengan kaki katak untuk mempermudah saat berenang.

Meskipun terdengar mudah untuk dilakukan, namun untuk berenang snorkeling juga memerlukan beberapa teknik tersendiri lho! Hal itu dikarenakan dalam melakukan aktivitas snorkeling sendiri berada di kawasan laut yang memiliki arus serta ombak di permukaan air tersebut.  Untuk itu, beberapa tips ini bisa diketahui lebih lanjut agar waktu snorkeling bisa aman dan juga tetap seru. Berikut tips-tipsnya.

Cek peralatan terlebih dahulu

Sebelum melakukan snorkeling, mengecek peralatan yang akan digunakan nantinya saat di dalam air adalah hal utama yang perlu dilakukan. Periksa perlengkapan-perlengkapan yang akan dipakai seperti masker selam dan juga snorkel agar bisa berfungsi dengan baik saat berada di dalam air. Selain itu, periksa juga pelampung serta sirip selam agar dapat dengan mudah berenang nantinya.

Bersihkan peralatan terlebih dahulu

Dikarenakan saat snorkeling perlatan yang digunakan kebanyakan adalah disewakan oleh penyedia jasa wisata, alat-alat tersebut pastinya sering digunakan oleh para wisatawan ketikan ingin menikmati kekayaan bawah lau yang asri dengan kegiatan menyelam ini.

Maka dari itu, membersihkan peralatan yang akan digunakan seperti masker selam, snorkel, sirip selam hingga pelampung adalah hal yang perlu diperhatikan akan kamu menjadi lebih nyaman dalam berenang di dalam air.

Jangan berenang terlalu jauh

Karena kamu berenang di permukaan laut, disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh dari perahu ataupun titik dimana kamu memulai snorkeling. Perairan laut agak berbeda ketika kita berenang di kolam renang ataupun sungai dikarenakan memiliki ombak, gelombang dan juga angin yang cukup kencang.

Agar tidak terbawa arus laut, maka berenang secara berdekatan merupakan hal yang sangat disarankan agar tetap aman dan tidak terbawa arus. Selain itu, berenang berdekatan juga memudahkan pemandu wisata untuk membeli pertolongan apabila terjadi sesuatu ketika berenang seperti kaki yang kram ataupun kehabisan tenaga.

Baca juga artikel lainnya disini: 7 Tempat Diving & Snorkeling Bali dengan Keindahan Bawah Laut Menawan

Ketahui teknik clearing

Saat melakukan aktivitas snorkeling, kamu perlu mengetahui teknik clearing agar dapat berenang ambil menikmati keindahan laut dengan nyaman. Teknik ini sangat berguna apabila masker selam yang digunakan untuk berenang lalu tiba-tiba air laut masuk kedalamnya. Untuk melakukan teknik clearing pun cukup mudah sehingga bisa dilakukan oleh para pemula kegiatan snorkeling ini.

Cara untuk melakukan teknik clearing ini adalah dengan meenarik nafas panjang, lalu hembuskan kuat-kuat dengan mulut, sehingga air keluar melalui corong snorkel karena dorongan udara. Selain itu, teknik clearing ini juga bisa dilakukan ketika kamu berada di dalam air lho! Yang terpenting, tetap tenang dan jangan panik ketika sedang berada di dalam permukaan air.

Jangan panik ketika berada di dalam air

Hal terpenting yang perlu diketahui sebelum melakukan kegiatan aktivitas air ini adalah jangan panik. Jika kamu memiliki kekhawatiran terhadap air, maka ketika melakukan snorkeling cobalah untuk tidak panik ketika berenang.

Apabila kamu merasa panik saat berenang, hindari rasa kepanikan tersebut karena dapat menimbulkan beberapa kendala lho. Beberapa hal seperti ketidaknyamanan dalam berenang hingga masalah pada tubuh contohnya kram pada anggota tubuh.

Jaga kelestarian laut

Meskipun kamu bisa menikmati keindahan bawah laut beserta keaneka ragaman hayatinya ketika melakukan snorkeling, kamu harus tetap menjaga kelestarian serta keasrian laut disana ya. Mengaja kelestarian lingkungan merupakan hal terpenting agar ekosistem laut dan juga kehidupannya dapat tetap terjaga dengan baik.

Jaga kelestarian laut dengan tidak merusak terumbu karang, tidak membuang sampah sembarangan, ataupun menyakiti hewan-hewan lainnya yang berada di lingkungan laut tersebut ya. Dengan menjaga kelestarian laut, tentu kamu juga menjaga keindahan laut yang ada agar kamu dan juga masyarakat lainnya juga bisa menikmati keindahan laut yang ada di kawasan tersebut.

Baca juga artikel lainnya disini: Snorkeling di Bali Sudah Mainstream? Cobain Di Antartika!

Setelah mengetahui beberapa tips untuk melakukan kegiatan snorkeling yang seru tersebut, jangan lupa untuk siapkan kondisi kesehatan agar tetap fit juga ya supaya kamu bisa menikmati keindahan laut dengan bersnorkeling ria dengan sehat dan juga seru. Bagaimana? Sudah menentukan destinasi wisata bahari yang seru untuk dijelajahi dengan kegiatan air ini?

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed