5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dan 4 Semua Pasti Suka!

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dn 4 Semua Pasti Suka! Blog.lakupon.com. Saat Bulan Ramadhan, moment berbuka pastinya sangat dinanti oleh semua orang, salah satunya mungkin Kamu yang membaca artikel ini. Saat berbuka, berbagai hidangan lezat yang jarang sekali kita nikmati sehari-hari akan terhampar di meja makan. Tapi awas lho, jangan sampai kalap dan semua menu buka puasa Kamu santap yah, bisa-bisa ngga kuat untuk melaksanakan sholat tarawih karena perut terlalu kenyang. Dari sekian banyak menu saat berbuka puasa, tentu ada beberapa menu makanan yang menjadi favorit bagi Kamu dan keluarga bukan? Berikut adalah beberapa menu favorit yang biasa disajikan saat berbuka puasa.

Kurma

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Menu yang satu ini wajib banget untuk disajikan saat bulan Puasa Ramadhan. Selain karena diannjurkan oleh nabi untuk berbuka puasa dengan menu kurma, ternyata tersibak banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh lho. Kandungan didalamnya berupa 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah memperlancar sistem pencernaan, mencegah resiko diabetes, meningkatkan performa jantung, menjaga kesehatan otak, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Es Kelapa Muda

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Es Kelapa Muda
Menikmati segelas es kelapa muda saat berbuka puasa pasti seger banget. Udah tahu belum manfaat air kelapa muda?

Coba ingat, bagaimana segarnya minum es kelapa muda saat berbuka puasa? Selain es teh manis, minuman yang menjadi menu favorit saat berbuka lainnya adalah es kelapa muda. Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa puasa. Air kepala muda disinyalir memiliki kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium yang melimpah. Air kelapa muda juga dipercaya masyarakat dapat menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami kekurangan cairan atau “dehidrasi”. Nah alasan-alasan inilah yang akhirnya menjadikan air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa. Es kelapa muda merupakan menu favorit saat berbuka bagi kebanyakan orang, biasanya penyajian minuman ini ditambahkan sedikit gula merah di dalamnya.

Sop Buah

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Buah
Membuat sop buah sangatlah mudah. Menu yang satu ini wajib banget untuk Kamu sajikan saat berbuka puasa.

Siapa sih yang nggga doyan dengan menu sajian favorit saat berbuka yang satu ini? Sop buah adalah sajian yang dibuat dari berbagai macam jenis buah yang dipadukan menjadi satu. Apa saja yang ada dalam sop buah? Biasanya berupa berbagai macam buah seperti melon, stroberi, anggur, nangka, sirsak, mangga, kelapa muda, dan berbagai jenis buah lainnya. Agar lebih segar biasanya ditambahkan es batu dan juga susu kental manis untuk menambah rasa manis. Tentu dengan campuran buah-buahan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kolak

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Menyantap semangkuk kolak bisa menjadi pilihan takjil alias menu favorit buka puasa yang sehat dan patut Kamu coba saat Ramadhan. Terdapat berbagai jenis kolak yang ada di Indonesia, namun biasanya ada 6 jenis yang menjadi kolak favorit seperti Kolak Pisang, Kolak pacar cina, Kolak durian, Kolak labu kuning, Kolak Ubi, dan Kolak Biji Salak. Dalam sebuah mangkuk kolak biasanya terdiri dari bermacam kombinasi, dijamin bisa membuat Kamu lebih terasa kenyang, agar terhindar dari kalap makan saat berbuka puasa. Tak hanya mengenyangkan, menyantap kolak untuk buka puasa ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan seperti mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Sop Ayam

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Ayam
Sop Ayam mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa

Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan gejala sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.

Mau Kondisi Tubuh tetap Bertenaga Selama Puasa? Konsumsi 3 Makanan ini!

Saat berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan banyak membutuhkan nutrisi ataupun asupan sumber gizi lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan juga kuat.

Lalu, nutrisi apakah yang sangat dibutuhkan ketika sedang berpuasa dan bisa menjaga tubuh tetap sehat? Apakah karbohidrat yang tinggi? Nyatanya, asupan protein yang bisa membuat tubuh kita tetap bertenaga selama menjalani ibadah puasa lho!

Protein sendiri bisa didapat dari 2 bentuk, yaitu dari protein nabati dan juga protein hewani. Tentu, pilihan selera juga menjadi salah satu aspek yang akan dipilih oleh masyarakat untuk bisa mengkonsumsi jenis asupan gizi tersebut.

Lalu, kira-kira makanan apa saja yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa membuat tubuh tetap bertenaga hingga waktu berbuka puasa nanti?

 

  1. Kedelai

Siapa yang tidak tahu dengan bahan makanan yang satu ini? Selain murah dan juga mudah didapat, kedelai juga bisa dibuat menjadi salah satu makanan yang lezat untuk disantap saat berbuka puasa ataupun saat sahut lho.

Kedelai sendiri memang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan berbahan dasar kedelai, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan yang lezat dan juga tetap bergizi seperti tempe, bubur kedelai, sup kedelai, hingga kedelai rebus.

 

  1. Susu

Apakah kalian rutin meminum susu setiap pagi? Kalau kalian rutin mengkonsumsi susu setiap hari, maka dipastikan kebutuhan protein di tubuh kalian akan tetap terjaga.

Selain kedelai, susu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi lho! Untuk 100 gram susu, terdapat hingga 3,4g (gram) protein di dalamnya. Tak hanya protein yang bisa kamu dapat dalam segelas susu, kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, hingga Kalsium. Dengan protein-protein ini, cukup membuat dirimu menjadi tetap bertenaga selama berpuasa.

Susu sendiri bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat lho. Sebut saja seperti yoghurt dan juga keju menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu sahur ataupun berbuka puasa kamu dengan keluarga.

 

  1. Ikan

Protein hewani yang satu ini tentu menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat untuk hidangan sahur ataupun untuk buka puasa. Selain lezat dan membuat perut menjadi kenyang, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh lho!

Di dalam ikan daging ikan sendiri, terdapat total hingga 18% protein yang terkandung di dalamnya. Nutrisi ini juga turut membantu tubuh agar tetap bertenaga selama masa berpuasa. Tak hanya protein, kandungan lainnya yaitu Omega 3 juga ikut menambah kekuatan saat berpuasa. Selain itu, protein yang ada di dalam ikan juga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Bagi kalian yang ingin mengkonsumsi ikan, ada banyak ragam masakan yang bisa diolah dengan menggunakan daging ikan. Mulai dari masakan tradisional hingga masakan mancanegara, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat dengan daging yang kaya akan protein ini lho.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari berbagai jenis makanan diatas selama masa berpuasa. Selain lezat, tentu makanan-makanan diatas bisa menyehatkan bagi tubuh kita.

Tentunya, asupan gizi tetap perlu diperhatikan selama berpuasa agar kondisi tubuh tetap sehat dan juga bertenaga. Kira-kira, yang mana menjadi makanan favorit kamu untuk berbuka puasa?

Jajanan Kaki Lima Teman Berbuka Puasa

Bulan puasa banyak dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima atau ibu-ibu untuk mencari rejeki tambahan buat beli baju lebaran atau bahan makanan dengan cara berjualan menu berbuka puasa. Tak ayal bila sudah mau berbuka banyak pedagang makanan yang mulai berjualan, sepanjang jalan pun menjadi ramai. Banyak pembeli yang mengerubuti pedagang untuk membeli makanan berbuka puasa. Selain praktis, membeli makanan berbuka puasa juga tidak menguras waktu dan itung-itung berbagi rejeki. Saat bedug maghrib kamu dapat langsung menyantap makanan (ga perlu repot harus masak dulu). Nah makanan apa saja sih yang biasanya dijual? Yuk disimak, siapa tau kamu mau beli buat buka puasa.

1. Kolak

kolak

Kolak nampaknya sudah menjadi teman wajib untuk berbuka puasa. Ga terlalu sulit buat membeli kolak. Disepanjang jalan raya pasti ada saja pedagang kolak. Biasanya yang berjualan adalah ibu-ibu. Selain kolak terdapat juga gorengan, lontong dan makanan lainnya. Kolak sendiri mempunyai rasa manis dan gurih, perpaduan antara gula jawa dan santan memang paling top deh. Selain itu terdapat pisang dan biji salak (bukan biji salak beneran loh ya). Yang pasti buka puasa pake kolak top bingiits.

2. Gorengan

gorengan

Selain kolak, gorengan banyak sekali dijumpai. Ga hanya di bulan puasa, di bulan-bulan biasa banyak tukang gorengan berhamburan. Harganya pun beragam tapi biasanya Rp 2.000 dapet tiga. Sebagai orang Indonesia kurang afdol kalo ga makan gorengan apalagi pake cabe rawit, hmm makin maknyus deh. Mulai dari tempe goreng, tahu goreng, bakwan sampai singkong goreng ada. Tinggal pilih mau yang mana asal jangan kebanyakn yaa nanti malah batuk-batuk.

3. Lontong isi

lontong isi

Ada kolak, gorengan, belom lengkap kalo ga pake lontong. Lontong terbuat dari nasi dan diisi dengan oncom, wortel dan cabe rawit. Rasanya? Pasti enak dong, gurih-gurih sedap. Makan lontong jangan lupa pake sambel kacang ya, dijamin makin lezat deh.

4. Es buah

es buah

Selain kolak, es buah juga laku keras saat bulan puasa. Banyak yang membeli es buah karena rasanya segar dan manis, selain itu harganya terjangkau. Bila kolak terbuat dari gula jawa dan santan, es buah terbuat dari sirup dan potongan buah. Buah yang dipakai biasanya bermacam-macam.

5. Kue pasar

kue pasar

Kue pasar yang dijual beragam macamnya, mulai dari putu mayan, kue apem, onde kelpon, serabi sampai kue soes. Setelah berbuka puasa dengan makanan berat, kue ini disajikan sebagai pencuci mulut atau istilah kerennya dessert. Harganya beragam, yang pasti harganya masih terjangkau. Bulan lebaran menjadi bulan nostalgia makanan yang sudah jarang kita temui, seperti kue pasar ini.

6. Mi ayam

mie-bangka

Mi ayam mungkin sering kita temui, mungkin mi ayam bukan makanan bintang saat bulan puasa tapi bagi kamu yang kepepet harus berbuka dan belom nyampe dirumah, mi ayam mungkin jadi salah satu pilihan. Sepertinya enak juga menyantap mi ayam saat berbuka.

7. Nasi goreng

nas goreng

Sama seperti mi ayam, nasi goreng sering kita jumpai. Mungkin bagi kamu yang kepepet buka puasa di jalan, nasi goreng terlihat lebih lezat. Apalagi baunya saat dimasak, pasti bikin ngiler. Nasi goreng banyak macamnya loh, mulai dari nasi goreng ayam, kambing sampe pete (untuk para penyuka pete).

8. Martabak

martabak

Jangan lupa ya untuk beliin martabak buat keluarga kamu saat berbuka. Setelah makan, sambil santai-santai menyantap martabak, mau yang anis atau telor terserah, yang penting kebersamaan bersama keluarga di bulan puasa.

Kuponers tertarik untuk membeli makanan diatas untuk berbuka puasa?