5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dan 4 Semua Pasti Suka!

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dn 4 Semua Pasti Suka! Blog.lakupon.com. Saat Bulan Ramadhan, moment berbuka pastinya sangat dinanti oleh semua orang, salah satunya mungkin Kamu yang membaca artikel ini. Saat berbuka, berbagai hidangan lezat yang jarang sekali kita nikmati sehari-hari akan terhampar di meja makan. Tapi awas lho, jangan sampai kalap dan semua menu buka puasa Kamu santap yah, bisa-bisa ngga kuat untuk melaksanakan sholat tarawih karena perut terlalu kenyang. Dari sekian banyak menu saat berbuka puasa, tentu ada beberapa menu makanan yang menjadi favorit bagi Kamu dan keluarga bukan? Berikut adalah beberapa menu favorit yang biasa disajikan saat berbuka puasa.

Kurma

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Menu yang satu ini wajib banget untuk disajikan saat bulan Puasa Ramadhan. Selain karena diannjurkan oleh nabi untuk berbuka puasa dengan menu kurma, ternyata tersibak banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh lho. Kandungan didalamnya berupa 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah memperlancar sistem pencernaan, mencegah resiko diabetes, meningkatkan performa jantung, menjaga kesehatan otak, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Es Kelapa Muda

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Es Kelapa Muda
Menikmati segelas es kelapa muda saat berbuka puasa pasti seger banget. Udah tahu belum manfaat air kelapa muda?

Coba ingat, bagaimana segarnya minum es kelapa muda saat berbuka puasa? Selain es teh manis, minuman yang menjadi menu favorit saat berbuka lainnya adalah es kelapa muda. Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa puasa. Air kepala muda disinyalir memiliki kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium yang melimpah. Air kelapa muda juga dipercaya masyarakat dapat menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami kekurangan cairan atau “dehidrasi”. Nah alasan-alasan inilah yang akhirnya menjadikan air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa. Es kelapa muda merupakan menu favorit saat berbuka bagi kebanyakan orang, biasanya penyajian minuman ini ditambahkan sedikit gula merah di dalamnya.

Sop Buah

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Buah
Membuat sop buah sangatlah mudah. Menu yang satu ini wajib banget untuk Kamu sajikan saat berbuka puasa.

Siapa sih yang nggga doyan dengan menu sajian favorit saat berbuka yang satu ini? Sop buah adalah sajian yang dibuat dari berbagai macam jenis buah yang dipadukan menjadi satu. Apa saja yang ada dalam sop buah? Biasanya berupa berbagai macam buah seperti melon, stroberi, anggur, nangka, sirsak, mangga, kelapa muda, dan berbagai jenis buah lainnya. Agar lebih segar biasanya ditambahkan es batu dan juga susu kental manis untuk menambah rasa manis. Tentu dengan campuran buah-buahan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kolak

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Menyantap semangkuk kolak bisa menjadi pilihan takjil alias menu favorit buka puasa yang sehat dan patut Kamu coba saat Ramadhan. Terdapat berbagai jenis kolak yang ada di Indonesia, namun biasanya ada 6 jenis yang menjadi kolak favorit seperti Kolak Pisang, Kolak pacar cina, Kolak durian, Kolak labu kuning, Kolak Ubi, dan Kolak Biji Salak. Dalam sebuah mangkuk kolak biasanya terdiri dari bermacam kombinasi, dijamin bisa membuat Kamu lebih terasa kenyang, agar terhindar dari kalap makan saat berbuka puasa. Tak hanya mengenyangkan, menyantap kolak untuk buka puasa ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan seperti mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Sop Ayam

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Ayam
Sop Ayam mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa

Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan gejala sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.

Mau Kondisi Tubuh tetap Bertenaga Selama Puasa? Konsumsi 3 Makanan ini!

Saat berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan banyak membutuhkan nutrisi ataupun asupan sumber gizi lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan juga kuat.

Lalu, nutrisi apakah yang sangat dibutuhkan ketika sedang berpuasa dan bisa menjaga tubuh tetap sehat? Apakah karbohidrat yang tinggi? Nyatanya, asupan protein yang bisa membuat tubuh kita tetap bertenaga selama menjalani ibadah puasa lho!

Protein sendiri bisa didapat dari 2 bentuk, yaitu dari protein nabati dan juga protein hewani. Tentu, pilihan selera juga menjadi salah satu aspek yang akan dipilih oleh masyarakat untuk bisa mengkonsumsi jenis asupan gizi tersebut.

Lalu, kira-kira makanan apa saja yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa membuat tubuh tetap bertenaga hingga waktu berbuka puasa nanti?

 

  1. Kedelai

Siapa yang tidak tahu dengan bahan makanan yang satu ini? Selain murah dan juga mudah didapat, kedelai juga bisa dibuat menjadi salah satu makanan yang lezat untuk disantap saat berbuka puasa ataupun saat sahut lho.

Kedelai sendiri memang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan berbahan dasar kedelai, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan yang lezat dan juga tetap bergizi seperti tempe, bubur kedelai, sup kedelai, hingga kedelai rebus.

 

  1. Susu

Apakah kalian rutin meminum susu setiap pagi? Kalau kalian rutin mengkonsumsi susu setiap hari, maka dipastikan kebutuhan protein di tubuh kalian akan tetap terjaga.

Selain kedelai, susu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi lho! Untuk 100 gram susu, terdapat hingga 3,4g (gram) protein di dalamnya. Tak hanya protein yang bisa kamu dapat dalam segelas susu, kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, hingga Kalsium. Dengan protein-protein ini, cukup membuat dirimu menjadi tetap bertenaga selama berpuasa.

Susu sendiri bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat lho. Sebut saja seperti yoghurt dan juga keju menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu sahur ataupun berbuka puasa kamu dengan keluarga.

 

  1. Ikan

Protein hewani yang satu ini tentu menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat untuk hidangan sahur ataupun untuk buka puasa. Selain lezat dan membuat perut menjadi kenyang, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh lho!

Di dalam ikan daging ikan sendiri, terdapat total hingga 18% protein yang terkandung di dalamnya. Nutrisi ini juga turut membantu tubuh agar tetap bertenaga selama masa berpuasa. Tak hanya protein, kandungan lainnya yaitu Omega 3 juga ikut menambah kekuatan saat berpuasa. Selain itu, protein yang ada di dalam ikan juga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Bagi kalian yang ingin mengkonsumsi ikan, ada banyak ragam masakan yang bisa diolah dengan menggunakan daging ikan. Mulai dari masakan tradisional hingga masakan mancanegara, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat dengan daging yang kaya akan protein ini lho.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari berbagai jenis makanan diatas selama masa berpuasa. Selain lezat, tentu makanan-makanan diatas bisa menyehatkan bagi tubuh kita.

Tentunya, asupan gizi tetap perlu diperhatikan selama berpuasa agar kondisi tubuh tetap sehat dan juga bertenaga. Kira-kira, yang mana menjadi makanan favorit kamu untuk berbuka puasa?

Tips Puasa Saat Hamil: Puasa tetap Terasa Ringan Saat Hamil dengan Tips ini

Hamil seharusnya tidak menjadi halangan bagi umat Muslim untuk melakukan ibadah puasa. Sebelum melaksanakan puasa bagi ibu hamil, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter Anda. Menjalankan ibadah puasa ketika hamil tentu akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda. Jika Anda ingin tetap menjalankan puasa ketika hamil dengan lancar, maka ikuti tips puasa ibu hamil berikut ini:

Tips Puasa bagi Ibu Hamil

Saat Sahur:

  • Ibu hamil, ketika sahur jangan lupa untuk memilih asupan yang tepat ya, seperti tinggi protein dan lemak yang cukup. Keduanya sangat baik untuk pencernaan dan membuat kenyang lebih lama. Daging juga menjadi pilihan tepat bagi sahurnya ibu hamil. Pilihlah daging yang mengandung kalori dan protein tinggi agar dapat disimpan tubuh lebih lama.
  • Tips puasa ketika hamil selanjutnya adalah jangan lupa mengkonsumsi makanan bervitamin C dan mineral, zinc. Kandungan tersebut dapat menjaga vitalitas tubuh sepanjang puasa. 
  • Sebaiknya hindari konsumsi makanan yang manis. Makanan manis justru membuatmu lebih cepat lapar karena insulin shock. 
  • Jangan lupa untuk minum air putih sebanyak-banyaknya agar tidak dehidrasi. Segelas susu ibu hamil juga dapat melengkapi sahur Anda.
tips saat puasa hamil
Sumber: google

Saat Berpuasa:

  • Niat sepertinya hal yang paling utama ya. Seberat apapun cobaan puasa, selama niat maka akan terasa lebih ringan.
  • Jangan lupa untuk selalu luangkan waktu istirahat. Sediakan wkatu istirahat lebih dari biasanya. 
  • Kurangi aktivitas dengan energy ekstra. 
  • Jika Anda mengalami hal-hal ini, maka segeralah batalkan puasa Anda:
  • Muntah-muntah lebih dari toga kali, diare yang diikuti melilit dan mulas, mimisan karena pecah pembuluh darah disebabkan kondisi tubuh tak stabil, lemas, mata berkunang-kunang hingga keringat dingin.
tips puasa saat hamil
Sumber: google

Saat Berbuka:

  • Ketika berbuka, awali terlebih dahulu dengan minuman hangat dan manis. Pilihan ini untuk meningkatkan kadar gula darah pada tubuh. Namun, cukup konsumsi seperlunya saja. Sebaiknya hindari minuman dingin ketika berbuka karena dapat menurunkan kerja lambung.
  • Setelah membatalkan buka puasa, maka lanjutkan dengan konsumsi karbohidrat kompleks seperti kolak atau kurma. 
  • Setelah sholat maghrib, santaplah makanan berkarbihidrat kompleks dengan porsi cukup besar namun secukupnya. Setelah salat tarawih, maka makan cukup sedikit. 
  • Sebelum tidur, makan makanan ringan dengan minuman yang hangat. Hal ini dapat memproses produksi ASI Anda.

Wisata Kuliner di Kota Jakarta

Kota Jakarta merupakan salah satu dari banyak kota di dunia yang tak pernah tidur. Selalu saja ada kegiatan yang bisa dilakukan orang-orang yang tinggal di ibukota tercinta ini. Salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di Jakarta pada malam hari adalah berwisata kuliner. Disetiap sudut kota, banyak tersaji berbagai jenis makanan yang bisa kamu nikmati sesaat sebelum kamu beristirahat untuk menyiapkan tenaga dan semangat untuk esok hari kembali beraktifitas. Dimana saja dan makanan apa sajakah yang bisa kamu nikmati malam hari di Jakarta, berikut rekomendasinya.

1. Sate Padang H. Ajo Manih

Sate Padang H. AJo Manih
Sate Padang H. Ajo Manih (Pic : Google)

Bagi kamu yang tinggal disekitar daerah Rawamangun, tentu saja sudah akrab dengan makanan khas ini. Sate Padang H. Ajo Manih terletak di Jl. Balai Pustaka, tak jauh dari TipTop pasar swalayan. Kenapa sate padang ini enak? Karena potongan daging sapi yang disajikan mempunyai potongan yang cukup besar, bumbunya pun terasa kaya akan rempah dan terasa pedasnya. Sangat enak jika dimakan bersamaan dengan kerupuk jangek (kerupuk kulit).

 

2. Soerabi Enhaii

Soerabi Enhaii Rawamangun
Soerabi Enhaii Rawamangun (pic : Google)

Kamu rindu kota Bandung? Mungkin dengan datang dan makan di Soerabi Enhaii akan sedikit mengobati rasa kangen kamu ke Kota Kembang. Soerabi Enhaii terletak di Jl. Pemuda, Rawamangun. Tak hanya serabi biasa yang disiram dengan kuah gula dan santan, berbagai pilihan topping serabi juga bisa kamu nikmati disini, mulai dari serabi asin, manis, ataupun pedas. Ditempat ini juga, terdapat menu batagor dan banyak lagi menu makanan lain yang bisa kamu nikmati bersama keluarga ataupun teman-teman.

 

3. Roti Bakar Edi Blok M

Nah, ini juga merupakan salah satu tempat nongkrong favorit warga Jakarta dimalam hari. Sesuai dengan namanya, kamu bisa menikmati berbagai varian roti bakar disini. Untuk menu minumannya pun kamu bisa memesan susu, ovaltines, es jeruk, atau lainnya. Di sekitaran Roti Bakar ini juga terdapat banyak penjaja makanan lain yang bisa kamu pilih.

 

4. Seafood Kalimati

Seafood Kalimati
Seafood Kalimati (Pic : Google)

Pecinta makanan laut pasti sudah akrab dengan tempat ini, berbagai hidangan laut bisa kamu dapatkan disini. Aku suka makan disini karena selain rasanya yang lebih enak, porsi lebih banyak, dan harga yang tetap ramah dikantong. Tempatnya memang hanya warung tenda pinggir jalan seperti warung seafood lainnya tetapi selalu terasa lebih istimewa jika makan ditempat ini, apalagi jika bersama dengan keluarga ataupun teman.

 

5. Soto Bang Udi

Kalau warung makanan yang satu ini, terletak di Jl. Percetakan Negara, Jakarta Pusat. Ada sajian soto daging, soto betawi ataupun sop iga disini. Untuk menu soto daging, kamu bisa memilih sendiri kuah yang ingin kamu nikmati, tersedia kuah bening dan kuah santan. Kuah santan di warung soto Bang Udi berwarna putih, karena tidak menggunakan bumbu kunyit, rasanya sangat lezat, Kuponers.

 

6. Nasi Goreng Bejo

Dimana letak Nasi Goreng Bejo? Nasi Goreng Bejo terdapat di Jl. Panjang, Kebon Jeruk didepan SMAN 65. Tersedia menu nasi, mie, bihun, dan kwetiau. Favoritku di tempat ini adalah kwetiau rebus. Kwetiau rebus dengan kuah tidak encer terasa begitu kaya akan bumbu, Semakin terasa nikmat kalau pedas. Begitu menggugah selera, Kuponers!

 

Untuk kamu yang tidak pernah takut akan menjadi gemuk, tentu saja akan terus mencintai kegiatan wisata kuliner. Dari beberapa tempat yang sudah direkomendasikan, mana yang akan kamu coba lebih dulu, Kuponers?

Menu Buka Puasa Mancanegara

Bulan Ramadhan dibeberapa belahan dunia selalu menyisakan cerita tentang khas kuliner daerah tersebut. Menu buka puasa apa sajakah yang tersaji di mancanegara? Berikut beberapa diantaranya :

1. Australia

Bagi mahasiswa Indonesia yang sekolah di Negeri Kanguru ini, Nasi Kebuli adalah makanan favorit merekan untuk berbuka puasa. Biasanya mereka berbuka puasa di Masjid-Masjid kampus dan di masjid kampus itulah tersedia nasi kebuli. Menurut mereka, nasi kebuli dapat mengobati kerinduan mereka terhadap Indonesia.

2. Maroko

Negeri di benua hitam Afrika ini memiliki ragam hidangan berbuka yang menggugah selera. Salah satunya, bessara, sup yang populer dan sangat digemari untuk membatalkan puasa di waktu adzan Maghrib berkumandang. Bessara dibuat dari kacang fava (sejenis polong-polongan) yang ditambahkan minyak zaitun dengan taburan jintan dan paprika yan pedas. Biasanya mereka menikmati bessara dengan harsha (roti jagung) tawar. Sepertinya enak yaa, Kuponers?

3. Turki

Bulan Ramadan di negeri Kemal Ataturk ini selalu dirayakan dengan kegembiraan. Dan, iftar (buka puasa) menjadi bagian besar dalam keriaan tersebut. Di kota besarnya seperti Istanbul, restoran-restoran di sana kerap menawarkan menu berbuka puasa yang khas. Menu yang ditawarkan biasanya dimulai dengan hidangan pembuka berupa sup atau iftariye. Iftariye berupa set makanan yang terdiri dari kurma, buah zaitun, keju, pastirma (daging sapi asap), sujuk (sejenis sosis), roti pide dan aneka jenis pastri yang dinamakan borek.

4. Malaysia

Umat Muslim di Malaysia memiliki kebiasaan yang cukup unik yakni berbuka puasa dengan makanan kering dan kurma segar. Ada berbagai macam makanan khas Malaysia yang tersedia dalam Bazaar Ramadhan (pasar makanan lokal yang buka selama bulan puasa) seperti air tebu, nasi lemak, laksa, percek ayam, nasi ayam, sate dan lain-lain. Walupun sebenarnya makanan tersebut juga dapat dijumpai selain pada bulan Ramadhan, tapi rasanya kurang lengkap berbuka puasa di Malaysia tanpa menu-menu di atas.

5. Bangladesh

Umat Muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara minuman seperti rooh afza dengan berbagai cita rasa dan serbet lemon adalah menu berbuka cukup populer di seluruh Bangladesh.

Kuponers, itulah beberapa kuliner khas yang bisa kamu temukan jika kamu menjalankan ibadah puasa di negara-negara tersebut. Besar kemungkinan kamu akan sulit menemukan kolak pisang, es buah, gorengan atau makanan khas lain yang biasa kita temukan di negeri kita tercinta Indonesia.

 

Berbuka Puasa di Restoran Ini Yuk

Sore-sore kaya gini paling enak ngebahas restoran untuk buka puasa. Mungkin ada dinatara kamu yang udah kebayang mau makan dimana, tapi ga ada salahnya kamu liat review restoran yang akan kami bahas. Setelah menahan diri dari hawa nafsu selama seharian, pasti kamu ingin berbuka puasa dengan makanan spesial dan tentunya harga yang terjangkau. Mulai dari all you an eat sampai ala carte semua lengkap. Ada paket untuk sendiri ada juga untuk beberapa orang, yang pasti bisalah buat ajak temen-temen sekalian nongkrong bareng. Kamu ga usah khawatir soal harga karena dijamin harganya terjangkau. Langsung aja yuk kamu lihat reviewnya.

1. Grand Prince Dimsum

grand-prince-dimsum-all-you-can-eat-murah

 

Makan dimsum buat buka puasa? Nyuum, pasti enak dong ya. Makanan asal negeri tirai bambu ini emang cocok banget sama lidah orang Indonesia. Isi dari dimsum pun beragam, mulai dari ayam, jamur, udang sampai babi. Eiiits tapi jangan khawatir, di Grand Prince Dimsum ada menu HALAL kok, kamu tinggal bilang sama waiternya kalo kamu mau makanan HALAL. Terdapat sekita puluhan jenis dimsum yang bisa kamu pilih, ada juga makanan samping seperti bakpao, pangsit goreng dan sayuran. Kamu bisa mendapatkan vocher Garnd Prince Dimsum dengan harga Rp 38.000 saja loh, terjangkau kan.

2. Han Suki

hansuki-2

 

Khusus untuk para pecinta makanan rebus, Lakupon punya penawaran menarik utuk kamu. Dengan vocher value seharga Rp 70.000 senilai dengan Rp 100.000, kamu bisa menikamti hidangan sukiyaki di Jan Suki bersama dengan teman-teman. Dan yang unik, disini kuahnya adalah kuah tom yam yang merupakan khas Thailand. Rasa asam-asam manis dan gurih bikin makanan ini menjadi kaya rasa. Ada juga kok kuah lain selain tom yam.

3. Canton House

canton_house-4

 

Dengan diskon sampai 62%, kamu bisa menikmati makan di Canton House mulai dari Rp 128.000 untuk dua orang dan Rp 248.000 untuk empat orang. Untuk paket dua orang menunya adalah:

  • 1 Porsi Mie Goreng Seafood
  • 1 Porsi Kepiting Soka Cabe Garam
  • 1 Porsi Buncis Ayam Ala Szechuan
  • 2 Nasi Putih
  • 2 Ice Tea (Free Flow)
  • 2 Pudding Almond

Sedangkan untuk emapt orang, menunya adalah:

  • 1 Ekor Ikan Gurame Asam Manis
  • 1 Porsi Mie Goreng Seafood
  • 1 Porsi Kepiting Soka Cabe Garam
  • 1 Porsi Buncis Ayam Ala Szechuan
  • 1 Porsi Mapo Tahu
  • 4 Nasi Putih
  • 4 Ice Tea (Free Flow)
  • 4 Pudding Almond

Banyak ya dapetnya, dan es tehnya bisa refill sesuka kamu loh. Ga perlu ngeluarin biaya ekstra untuk ngebeli minuman.

4. Kopi Oey

kopi5_01

Untuk kalian yang suka hangout seru di tempat baru dengan teman-teman tercinta sambil menikmati hidangan yang menggugah selera, wajib banget nih coba tempat favorit yang satu ini yaitu Kopi Oey, Muara Karang! Melalui promo LaKupon hari ini, kamu bisa merasakan kelezatan dari berbagai menu pilihan yang disediakan. Selain rasa makanan dan minumannya yang juara, Kopi Oey memiliki tempat sangat nyaman dengan suasana nostalgia zaman dulu loh. Cukup dengan Rp 49.000,-nett saja, kamu udah bisa menikmati paket 2 Choices Kudapan + 2 Drinks. So, Tunggu apalagi? buruan beli kuponnya sekarang juga ya!

5. Six Degrees

6_degrees

 

Kamu pencinta Western Food? Pas banget nih ada promo yang sangat menarik dari Six Degrees. Di promo kali ini tersedia 3 pilihan paket yaitu untuk satu, dua atau empat orang dengan harga yang fantastis hematnya. Mulai dari harga Rp 66.000,- kamu udah bisa nikmati 1 Main Course + 1 Drink! Tuh..

Pilihan Main Course :

  • Pollo Arrosto
  • Schnitzel
  • Royal Chicken Butter Rice
  • All Item Sandwich & Pasta

Pilihan Drinks :

  • All Item Reguler Size Of Beverages ( Exclude Juice & Blended Section)

Murah banget kan? Pilihan makanannya juga enak-enak dan menggoda selera banget. Ayo beli promonya sekarang juga, hanya di LaKupon!

 

Kumpulan Resep Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa

Resep Minuman Segar

Setelah menahan haus seharian paling enak minum yang segar-segar dan dingin. Rasanya bener-bener nikmat, bak bertemu air di padang gurun. kalau kamu males beli minuman dilauar untuk berbuka puasa, kamu bisa mencoba resep-resep minuman segar. Selain lebih sehat karena dijamin kebersihannya, kamu juga bisa membuat dengan porsi yang lebih kalau-kalau ada yang mau nambah. Yuk siapkan celemekmu, kita akan membagi menu yang segar.

1. Es Shanghai

Resep Minuman Segar

 

Sluurrp, pas berbuka pas banget kalo makan es shanghai. Manis, Gurih, dan segar, tiga kata yang tepat menggambarkan rasanya. Selain enak cara membuatnya juga mudah, ga perlu ribet-ribet. Kamu cukup menyiapkan bahan-bahan ini:

  • 100 gr cincau hitam
  • 100 gr daging kelapa muda
  • 100 gr nangka muda, potong dadu kecil
  • 200 gr daging alpukat, potong dadu
  • 100 gr kolang kaling siap pakai, iris tipis
  • 100 gr rumput laut
  • 5 sdm sirup merah
  • 5 sdm susu kental manis
  • 500 gr es serut
Siapkan gelas cantik untuk wadah, susun cincau hitam, kelapa, nangka muda, alpukat, kolang-kaling, dan rumput laut menitari gelas. Taruh es serut dibagian tengah (banyaknya es disesuaikan dengan yang kamu mau) lalu siram dengan sirup dan susu kental manis. Tadaaa, es shanghai untuk berbuka puasa pun sudah jadi.
2. Es melon selasih
es melon selasih
Cantik bukan penampilannya? Warna yang segar dipasu denga rasa yang tak kalah segarnya, hmm… jadi bikin ngiler deh. Untuk membuat squash melon selasih kamu harus menyediakan bahan-bahan berikut:
  • 200 gram melon
  • 100 ml air
  • 100 ml sirup melon
  • 2 buah jeruk nipis, diambil airnya
  • 150 gram es batu
  • 350 ml sprite
  • 1 sendok teh selasih

Pertama masukkan melon, air dan sirup melon kedalam juicer. Blender sampai halus, tambahkan sir jeruk nipis dan sprite, aduk. Tuangkan ke gelas cantik yang sudah disiapkan, tambahkan es batu sesuai selera. Hias dengan menggunakan irisan jeruk nipis atau lemon. Porsi ini cukup untuk tiga gelas.

3. Es Kopyor

es kopyor

Kelapa kopyor sekarang sudah jarang kita temui, selain itu harganya juga mahal. Karena itu kita dapat menyiasati dengan menggunakan kopyor buatan sendiri, penasaran? yuk siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan Kopyor:

  • 1.000 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1 1/2 bungkus agar-agar bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1.000 gram es batu

Bahan Kuah:

  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar pandan

Bahan Pelengkap:

  • 300 gram es batu
  • 300 ml sirup cocopandan

Untuk membuat kopyornya, campur santan, agar-agar, gula pasir dan daun pandan. Masak sambil diasuk sampai mendidih, dinginkan. Lalu sediakan santan, garam, dan pandan untuk memasak kuahnya. Masak sampai mendidih dan jangan lupa sambil diasuk, dinginkan. Potong-potong kopyor yang sudah kita buat, masukkan kedalam gelas saji bersama dengan es baru dan sirup.

4. Sop Buah

sop-buah12

Sop buah sepertinya cukup sering kita temui, apalagi dibulan puasa seperti ini. Banyak pedagang di pinggir jalan yang menjajakan sop buah. Tetapi kamu bisa membuatnya dirumah sendiri dan dijamin kebersihannya. Pertama siapkan bahan berikut:

  • 100 gr semangka merah, potong dadu
  • 100 gr nanas, potong segitiga kecil
  • 100 gr melon, buat bulatan sebesar kelereng
  • 100 gr pepaya, potong dadu
  • 100 gr anggur, belah dua
  • strawberry
  • 500 gr es serut
  • 1 liter air
  • 5 sdm sirup vanili
  • 100 ml susu kental manis putih

Siapkan mangkuk cantik untuk wadah. Atur potongan buah yang rapih, campur air dengan susu kental manis. Lalu tuangkan kedalam mangkuk, tambahkan es serut dan terakhir berikan sirup vanili diatas es serut. Sop buah sudah bisa kamu sajikan.

5. Koktail buah

koktail buah

Satu lagi minuman wajib berbuka puasa yang sayang banget buat dilewatkan. Koktail buah, Minuman ini setia menemani kita berbuka puasa sampai lebaran nanti. Selain mudah dibuat, minuman ini juga segar dan banyak yang suka. Pengen nyoba buat koktail buah? Yuk siapkan barang berikut:

  • 200 gram bengkuang
  • 200 gram pepaya
  • 200 gram nanas
  • 200 gram apel
  • 200 gram pear
  • 100 gram stroberi

Bahan untuk kuah:

  • 2 liter air
  • 200 gram gula
  • 1 sdt air jeruk nipis

Masak air, gula dan air jeruk nipis sampai mendidih dan gula larut. Potong-potong buah, ukurannya disesuaikan dengan kemauanmu. Masukkan buah ke dalam mangskuk besar yang sudah disapkan lalu tuang kuah diatasya. Koktail buah sipa untuk disajikan.

Baca juga:

5 Aneka Minuman Segar Buka Puasa, Bikinnya Gak Pake Ribet Hanya 15 Menit!

5 Olahan Telur untuk Menu Sahur Praktis, Masak Cukup Sekejap Mata!

Masih banyak lagi resep-resep minuman yang bisa kamu buat selama bulan puasa. Kamu bisa mencarinya di internet atau kamu dapat membuat sesuai dengan kreasi kamu sendiri. Selamat mencoba yaa.

Baca juga:

3 Resep Es Campur Paling Praktis Ekstra Segar!

 5 Resep Gorengan Super Crispy dengan Step by Step Paling Mudah