5 Ide Alternatif Olahan Daging Kurban, Siap-siap Rebutan Saat Idul Adha Tiba!

olahan daging kurban

Halo sobat Kuponers, ngga terasa ya perayaan hari besar Idul Adha tinggal menghitung hari. Hayo ngaku, siapa diantara Kamu yang merasa sudah mampu dan mapan tapi belum membeli hewan kurban? Selain itu, udah ada ide olahan daging kurban seperti apa yang akan Kamu masak? Tenang, berikut adalah beberapa ide alternatif olahan daging kurban yang bisa banget untuk ditiru.

Idul Adha tahun ini akan jatuh pada hari Jum’at 31 Juli 2020, kira-kira Kamu akan dapat daging kurban seberapa banyak? Dalam beberapa kasus, dalam satu keluarga bisa saja mendapatkan banyak jatah daging kurban lho. Kok bisa? Sobat Kuponers ada yang tahu alasannya nggak?

Saat perayaan Idul Adha, ada beberapa hal yang biasanya lumrah Kamu jumpai pedagang arang, batok kelapa, kipas dari anyaman bambu, hingga tusuk sate di pinggiran jalan. Tentunya perayaan ini menjadi salah satu momen bahagia bagi seluruh kalangan. Daging kurban baik itu daging kambing atau sapi umumnya diolah menjadi menu rendang, gulai, soto, ataupun sate.

Bosan dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja? Mungkin sebaiknya kamu coba deh cara menikmati daging kurban anti mainstream dengan resep olahan berikut ini.

Daging Sapi Lada Hitam

olahan daging kurban

Siapa yang masih mengira membuat menu daging sapi lada hitam itu sulit? Buatnya super gampang lho,selain bumbunya yang super sederhana membuatnya pun ngga pake ribet. Siapkan bahan lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi, rebus hingga empuk, potong kecil
  • 3 sdt lada hitam bubuk
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 2 buah tomat merah, belah 6 bagian
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya minyak
  • Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe, kupas dan bakar

Cara membuat

  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan irisan bawang bombay. Kemudian aduk rata hingga wangi.
  • Tambahkan wortel pada tumisan. Aduk hingga merata.
  • Masukkan potongan daging sapi yang sudah diiris kecil ke dalam tumisan. Kemudian tambahkan sedikit air. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  • Selanjutnya, tambahkan gula pasir, garam, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata. Terakhir tambahkan lada hitam, aduk hingga rata dan tutup wajan sebentar.
  • Saat air mulai menyusut dan bumbu meresap, masukkan potongan tomat, cabe merah besar dan cabe hijau besar, aduk hingga rata.
  • Siap sajikan.

Baca juga : Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, dan Zat Gizi Lainnya

Bola-bola Daging Kecap

olahan daging kurban

Bola-bola daging mungkin identik dengan sajian yang pedas, namun ngga ada salahnya saat Idul Adha nanti Kamu membuat sesuatu yang berbeda. Yuk coba buat sajian manis dengan menggunakan bola daging, sajian lezat ini bisa menjadi pilihan yang pas sebagai menu spesial saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan Bola-Bola Daging Kecap

  • 300 gr daging-sapi giling
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdm tepung roti
  • 1 butir telur
  • minyak goreng secukupnya

Bahan saus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 500 ml air
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 buah kentang (potong kotak)
  • 3 sdm kecap manis

Cara Membuat Bola-bola Daging Kecap

  • Campurkan daging sapi giling dengan telur dan semua bumbunya, aduk rata
  • Bentuk adonan daging menjadi bulat dengan tangan
  • Goreng bola-bola daging sampai kecokelatan
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
  • Masukkan tomat, air, kecap asin, gula pasir, lada bubuk, dan saus tomat, aduk rata
  • Masukkan bola-bola daging dan kentang
  • Tambahkan kecap manis, aduk hingga meresap
  • Sajikan

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Sapi Wagyu menjadi Primadona Semua Daging Sapi

Kroket Kentang Mozzarella Dengan Daging Sapi

olahan daging kurban

Buat yang demen banget makanan khas italia, bisa juga lho daging kurban idul adha nanti dibuat kroket kentang mozzarella. Olahan daging kurban ini cukup praktis dan cocok dijadikan cemilan saat nonton karena ukurannya yang kecil dan bisa disantap dalam sekali lahap.

Bahan-bahan

  • Knorr Kentang Kering Serpih, disiapkan 600 gr
  • Daging Sapi Rebus 225 gr
  • Mozzarella 225 gr
  • Peterseli (ikat) 50 pc

Pelapisan

  • Terigu 300 gr
  • Putih Telur 4 pc
  • Tepung Roti 300 gr

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Irisan Pancetta (tipis) 10 pc
  • Menyiapkan Mayones Truffle
  • Mayones 250 gr
  • Pasta Truffle 60 gr
  • Jeruk Nipis 50 pc

Cara Membuat Kroket Kentang

  • Potong daging sapi dan mozzarella menjadi kubus kecil.
  • Cincang peterseli.
  • Campurkan dengan Knorr Mashed Potato yang sudah disiapkan (suhu kamar) (gunakan 10% lebih sedikit cairan untuk adonan yang lebih kental).
  • Bumbui campuran dengan lada hitam (tidak perlu garam, garam akan keluar dari daging sapi).
  • Masukkan campuran ke dalam cetakan dan tekan hingga berbentuk silinder panjang di atas loyang oven, lalu ditutup dengan kertas roti.
  • Bekukan adonan silinder hingga setengah beku dan potong dengan ukuran 5 cm.

Pelapisan

  • Lapisi kroket dalam 3 langkah: 1 – Tepung 2 – Kocokan telur 3 – Tepung roti
  • Setelah pelapisan, biarkan lapisan selama setengah jam di lemari es.
  • Panaskan minyak sayur sampai 180 derajat celcius dan goreng kroket selama sekitar 4 menit sampai warnanya keemasan.
  • Pastikan dalamnya juga terpanasi sehingga mozzarella meleleh saat Anda memakan kroket.

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Tempatkan irisan tipis pancetta di atas kertas roti dan letakkan juga kertas roti di atasnya.
  • Tempatkan di antara 2 rak oven sehingga pancetta akan tertekan.
  • Panggang pancetta di oven pada suhu 170 derajat celcius selama 8 menit.
  • Lepas dari atas kertas roti dan dinginkan.

Menyiapkan Mayones Truffle

  • Campurkan mayones dengan pasta truffle.
  • Peras beberapa tetes air lemon.

Penyajian

  • Sajikan 3 kroket per porsi.
  • Letakkan pancetta di atasnya.
  • Lengkapi dengan mayones truffle.
  • Hias dengan rempah segar.

Baca juga : Aneka Resep Daging Sapi, Ide Mengolah Daging saat Hari Raya Idul Adha

Sate Bola-bola Daging

olahan daging kurban

Hidangan yang dibuat dari bahan utama daging cincang yang dikombinasikan dengan bumbu dan rempah yang lezat ini mampu menghasilkan sajian istimewa yang cocok disantap siapa saja dan dihidangkan dimana saja, seperti misalkan untuk bekal anak-anak ke sekolah, bekal pergi piknik atau santapan menu sehari-hari dirumah. Nah, agar ibu bisa menyajikan sajian sate bola daging dengan bumbu manis yang lezat dirumah. Maka, yuk kita simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging giling
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan bawang bombay, dicincang halus
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 8 buah tusuk sate

Bahan Bumbu :

  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh margarin
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat sate bola-bola daging :

  • Campur rata bahan-bahan seperti daging giling bersama dengan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang. Kemudian aduk-aduk merata semua bahan sampa tercampur kesemuanya.
  • Tuangkan margarin bersama dengan kecap asin, kecap manis, merica bubuk, ketumbar, pala bubuk, garam dan bawang goreng. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Setelah tercampur.
  • Uleni adonan hingga hampir kalis dan mudah dibentuk (pastikan gunakan sarung tangan agar adonan yang dibuat tetap higienis).
  • Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola kecil sesuai yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada semua bahan hingga semua bahan terbentuk menjadi bola-bola dengan ukuran yang sama.
  • Setelah selesai dibentuk bola-bola kecil, sekarang silahkan tusuk bola-bola daging dengan tusukan sate dengan jumlah sesuai yang anda inginkan.
  • Setelah itu, bakar sate bola daging sambil diberikan bumbu olesan hingga matang, jangan lupa pula untuk membulak-balik sate bola daging yang anda bakar.

Baca juga : 6 Rahasia Cara Memasak Daging agar Empuk & Tak Alot saat Di Masak

Steak Jawa Saus Jamur

olahan daging kurban

Ide alternatif olahan daging kurban berikutnya adalah steak, hmm cobain yuk bikin steak jawa saus jamur. Ide ini menurut saya ok banget, sekalian nambah menu resep andalan untuk keluarga di rumah. Mau tahu cara membuatnya? Ikuti aja resep steak jawa saus jamur berikut ini.

Bahan :

  • 4 sdm Palmia Cooking Margarine Garlic
  • 200 gr daging sapi
  • 100 gr jamur kancing
  • 10 gr bawang bombay
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt kecap manis

Bumbu halus:

  • 10 butir merica
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu perendam :

  • ½ sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • Saus tomat

Pelengkap :

  • 100 gr kentang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Daun selada

Cara membuat steak jawa saus jamur :

  • Rendam daging sapi dengan bumbu perendam.Olesi dengan Palmia Cooking Margarine.Panggang pada teflon datar,sambil diolesi sisa bumbu perendamnya.
  • Sambil menunggu steak matang,tumis bumbu halus ,tuang kecap manis.Masukan jamur kancing dan tomat segar.Tuang larutan tepung maizena aduk angkat.
  • Tata daging sapi yg sudah matang,jamur dan tomatnya.Siram kuah sausnya. Sajikan Steak Jawa Saus Jamur untuk keluarga tercinta.

Baca juga : Olahan Daging Special Ala Restoran, Yuk Buat Sendiri Saat Weekend !


Itulah 5 ide alternatif olahan daging kurban. Sebagai tambahan, untuk jenis daging kambing lebih cocok dijadikan sate, agar sate daging kambing makin mantap cobain resep sate maranggi yang terkenal itu yuks.

olahan daging kurban

Bahan-bahan untuk membuat sate maranggi :

  • Daging 750 gr (beri sedikit campuran lemak).
  • Margarin secukupnya.
  • Kecap manis.

Bahan bumbu halus :.

  • Bawang merah 10 butir.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Ketumbar 1 sdm.
  • Gula merah 6 sdm
  • Jahe 2 iris.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat sate maranggi :

  • Potong-potong daging lalu marinasi dengan bumbu halus ditambah 1 sdm minyak goreng. Diamkan min 2 jam.
  • Tusuk daging dengan tusukan sate.
  • Siapkan piring berisi kecap manis.
  • Panaskan grill pan, olesi margarin. Bakar sate sampai 3/4 matang lalu angkat dan gulingkan ke kecap manis sambil dioles supaya merata.
  • Bakar lagi sebentar sampai matang.
  • Sajikan dengan sambal kecap rawit.
  • Untuk bumbu kuahnya Anda bisa memilih ingin yang rasa pedas atau manis.

Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, dan Zat Gizi Lainnya

Meskipun daging kambing kerap disandingkan dengan berbagai gejala resiko penyakit yang ditimbulkan, ternyata pandangan ini tidak sepenuhnya benar lho Kuponers. Karena menurut sejumlah penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa daging kambing justru memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Lebih jelasnya, yuk simak beberapa ulasan manfaat daging kambing bagi kesehatan berikut ini.

Zat gizi dalam daging kambing

Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, Serta Bermacam Zat Gizi di Dalamnya

Tahukah Kamu, dalam 100 gram daging kambing, setidaknya terdapat 150 kalori, 27 gram protein, dan 15 gram lemak. Dan ternyata tidak hanya itu sobat Kuponers, daging kambing mengandung kalium, vitamin B12, zat besi, magnesium, selenium, dan Omega-3. Hasil penelitian menyebutkan, dalam 100 gram daging kambing matang, mengandung setidaknya 75 miligram kolesterol.

Meskipun begitu, jumlah tersebut pun ternyata lebih rendah bila dibandingkan dengan kadar kolesterol dalam daging sapi sirloin yang mengandung 90 miligram kolesterol atau dada ayam tanpa kulit yang mengandung 85 miligram kolesterol.

Dan tahukah Kamu, jika dalam 100 gram daging kambing, terkandung sekitar 400 miligram kalium, sedangkan asupan kalium yang perlu dikonsumsi manusia setiap harinya sebanyak 4500-4700 gram. Kemudian jika dilihat dari rasio lemak daging kambing terhadap tidak jenuh pada daging kambing rata-rata sebesar 0,33, sementara pada daging sapi dan domba jauh lebih rendah yaitu antara 0,11-0,18 dan 0,15-0,29.

Rasio asam lemak tak jenuh yang relatif tinggi terhadap asam lemak jenuh daging kambing, mengindikasikan daging kambing relatif lebih menyehatkan, terutama terkait dengan penyakit kardiovaskuler. Selain itu, daging kambing juga mengandung conjugated linoleic acid (CLA) dalam kadar yang lebih tinggi. CLA diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol darah dan memiliki aktivitas antikarsinogenik.

Baca juga :

Manfaat daging kambing bagi kesehatan

Dengan kandungan gizi seperti yang telah disebutkan di atas, sudah dapat dipastikan bahwa daging kambing memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti,

Menjaga massa otot

Manfaat Daging Kambing - Menjaga Massa Otot

Daging adalah salah satu sumber protein yang baik. Karena, di dalamnya terkandung sembilan asam amino yang dibutuhkan tubuh dan disebut sebagai protein komplit. Protein berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga massa otot, terutama bagi orang dewasa. Asupan protein yang tidak memadai dapat mempercepat dan memperburuk pengecilan otot karena usia.

Mencegah anemia

Manfaat Daging Kambing - Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi yang umum terjadi pada berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai umur. Anemia dapat terjadi karena rendahnya sel darah merah dan menurunnya jumlah oksigen dalam darah. Gejala utamanya yang dapat ditimbulkan anemian seperti gampang kelelahan serta kondisi tubuh yang lemah.

Kekurangan zat besi menjadi penyebab utama anemia, meski begitu penyakit ini dapat dengan mudah dicegah dengan mengatur pola makan sehat. Daging kambing adalah salah satu sumber zat besi terbaik. Tidak hanya mengandung zat besi heme (zat besi dari makanan hewani), tetapi daging kambing juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi non-heme (zat besi dari makanan nabati). Heme-zat besi hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan.

Itulah mengapa, orang-orang yang menerapkan pola makan vegetarian dan vegan sering kali kekurangan heme-zat besi. Hal itu pula yang menjelaskan mengapa vegetarian cenderung berisiko mengalami anemia daripada pemakan daging. Jadi, menambah daging ke dalam daftar makanan harian bisa menjadi strategi untuk mencegah kekurangan zat besi penyebab anemia.

Meningkatkan performa fisik

Manfaat Daging Kambing - Meningkatkan Performa Fisik

Telah disebutkan pada awal manfaat daging kambing yaitu penting untuk memaksimalkan fungsi otot, karena mengandung asam amino beta-alanin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi karnosin. Karnosin sendiri merupakan substansi penting untuk fungsi otot. Beta-alanin ditamukan dalam daging-daging dengan protein tinggi, seperti daging kambing dan sapi. Karnosin level tinggi dalam otot manusia sering dikaitkan dengan penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan performa olahraga. Pola makan rendah beta-alanin, seperti pola makan vegetarian dan vegan, bisa menurunkan tingkat karnosin dalam otot dari waktu ke waktu.

Di sisi lain, konsumsi suplemen beta-alanin dosis tinggi selama empat hingga 10 minggu terbukti meningkatkan jumlah karnosin dalam otot sebanyak 40 hingga 80%. Meski begitu, konsumsi daging kambing atau makanan tinggi beta-alanin secara rutin cenderung lebih menguntungkan bagi para atlet dan mereka yang ingin mengoptimalisasi performa fisik.

Meningkatkan seksualitas

Manfaat Daging Kambing - Meningkatkan Seksualitas

Dalam beberapa kasus, daging kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah seksualitas bagi wanita maupun pria. Meski demikian, agar tidak membahayakan kesehatan, konsumsi daging kambing, dan daging merah lainnya, tidak boleh berlebihan ya sobat Kuponers. Paling banyak dianjurkan hanya 1-2 porsi setiap pekan.

Cara mengolah daging kambing juga tidak boleh sembarangan. Ikuti tutorial resep daging kambing yang benar, dan usahakan untuk tidak sekali-kali mengolah daging kambing dengan cara digoreng, karena proses memasak dengan cara menggoreng dapat menambah kadar lemak pada daging kambing yang akan dikonsumsi.

Tips Mengempukkan Daging dengan Bahan Alami

Untuk memudahkan Anda memasak daging sapi atau kambing, maka sebaiknya empukkan dagingnya terlebih dahulu. Dengan mengempukkan daging sebelum memasak maka akan mempersingkat waktu memasakmu. Ada banyak cara mudah mengempukkan daging sapi, berikut caranya:

Tips Mengempukkan Daging

  • Daun Pepaya: Daun pepaya mudah sekali didapat, Anda bisa menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging. Daun pepaya mengandung enzim papain. Enzi mini dapat memecah protein daging. Caranya mudah, cukup bungkus daging sapi dengan daun pepaya yang sudah diremas. Diamkan hingga 10 menit, tak perlu terlalu lama, karena nanti dagingnya akan terlalu lembut.
  • Nanas: Anda juga bisa gunakan nanas untuk mengempukkan daging. Caranya, parut buah nanas yang sudah dikupas, maka enzim yang terkandung akan keluar. Lalu, lumuri daging dengan nanas yang sudah diparut dan diamkan selama 10 menit. Namun, sebaiknnya gunakan nanas sebagai cara mengempukkan daging ketika Anda ingin membuat olahan daging bersama nanas nantinya, karena rasanya akan berubah.

Tips Mengempukkan Daging
Sumber: google

  • Air lemon: Air lemon memiliki tingkat asam yang cukup tinggi. Keasaman ini lah yang mampu mengempukkan daging. Cukup lumuri daging dengan sedikit perasan jeruk lemon dan simpan di kulkas sebelum dimasak hingga beberapa jam.
  • Kopi: Siapa sangka, ternyata kopi juga bisa mengempukkan daging lho! Caraya mudah, cukup rendam daging didalam kopi yang sudah diseduh sebelum di olah. Cara mengempukkan daging menggunakan kopi sangat cocok untuk daging sapi yang ingin diolah menjadi steak. Rasa smoky pada kopi pun akan terasa setelah daging sapi di bakar atau panggang. Pastikan cuci bersih dulu sebelum daging diolah kembali.
  • Kulit Pisang: Kulit pisang mengandung bahan aktif yang dapat mengurai protein pada daging. Caranya mudah, cukup gunakan kulit pisang yang matang, lalu cuci bersih dan masukkan ke dalam panci yang sudah diisi dengan daging. Masak daging di pemanggang bersama kulit pisang hingga daging matang. Kulit pisang tidak akan mengubah rasa daging, justru membuatnya empuk dan gurih.

Sajian Spesial di Idul Adha, Resep Tongseng Daging Kambing

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi, sudah punya ide mau bikin apa untuk sajian Idul Adha nanti? Lakupon mau bagi resep masakan khas Idul Adha yang bisa kamu coba nih di rumah. Tongseng merupakan sajian sejenis gulai yang memiliki aroma lhas karena campuran bumbu yang ditumis hingga harum. Rasa manis, gurih dan asam khas Tongseng pun membuat banyak orang ketagihan. Mumpung punya daging kambing dirumah, lebih baik bikin sendiri tongseng ini. Daripada kamu bingung mau diolah seperti apa daging kambing kurbannya, yuk kita coba resep tongseng yang lezat ini!

Resep Tongseng
Sumber: google

Resep Tongseng Daging Kambing

Bahan:
400gr Daging kambing
1 liter air
2 lbr daun salam
800 ml santan
1 ruas lengkuas (memarkan)
150 gr kol (potong kotak)
2 batang daun bawang (potong-potong)
1 buah tomat (potong)
3 siung bawang merah (iris)
4 buah cabe rawit (potong-potong)
1 ½ sdm kecap manis
4 sdm minyak goreng (menumis)

Bumbu Halus Tongseng:
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 ruas kunyit (dibakar)
1 ruas jahe
1 sdt ketumbar bubuk
Garam & merica secukupnya (sesuai selera)

resep tongseng
Sumber: google

Cara Membuat:

  • Setelah daging kambing dicuci bersih, rebus dengan daun salam di dalam air mendidih. Angkat setelah matang, sisihkan lalu potong-potong daging kambing.
  • Rebus santan dengan daun salam, lengkuas, serai dan bumbu halus, lalu aduk rata. Tunggu hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
  • Panaskan minyak di penggorengan, lalu tumis bawang merah dan cabai rawit lalu daging kambing hingga harum.
  • Masukkan kol dan tumis hingga agak layu.
  • Tambahkan kecap manis dan aduk rata.
  • Lalu, tuang santan yang telah dimasak dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, lalu tambahkan daun bawang dan tomat yang sudah dipotong dan tunggu hingga matang, sajikan.

Mudah bukan membuatnya? Resep tongseng daging kambing ini cocok untuk 4 porsi.

Lihat cara menghilangkan bau khas daging kambing DI SINI!

5 Tips Mudah Hilangkan Bau Amis Daging Kambing

tips daging kambing

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi nih! Wah, siap-siap makan daging kambing dan sapi! Daging kambing dan daging sapi memiliki aroma yang berbeda. Daging kambing memiliki aroma khas yang sedikit berbau. Bagi kamu yang ingin mengolah daging kambing tanpa berbau, coba praktekkan tips memsak daging kambing agar tidak berbau satu ini deh! Dijamin bau daging kambing pasti hilang!

Produk, jual, promosi, harga, murah, diskon, voucher, kupon, diskon, lakupon, jakarta
Sumber: google

Tips Hilangkan Bau Khas Daging Kambing

  • Rebus daging kambing dengan lobak: Sebelum daging kambing dimasak atau olah, maka sebaiknya rebus dahulu dengan potongan lobak. Rebus daging kambing selama setengah jam lalu keluarkan lobaknya. Daging kambing pun siap untuk di masak sesuai selera.
  • Siram dengan jeruk nipis: Tips memasak daging kambing lainnya adalah dengan menyiramkan air jeruk nipis. Kamu juga bisa menggunakan jeruk limau jika tidak ada jeruk nipis. Aroma jeruk ini dapat menghilangkan bau khas daging kambing.
  • Cuci dengan air hingga bersih: Proses penyucian daging kambing juga sangat berpengaruh pada aromanya lho! Jadi pastikan mencuci hingga bersih. Bau amis akan berkurang sendirinya ketika di masak nantu. Jika ketika mencuci masih ada bulu tipis, maka cabuti hingga bersih. Setelah dicuci, daging pun siap di olah atau di simpan ke kulkas.
  • Bungkus dengan Daun papaya: Sebelum memasak daging kambing, kamu bisa bungkus terlebih dahulu dengan daun papaya dan buah nanas. Daun papaya dapat mengempukkan daging dan nanas mampu menghilangkan bau khas daging kambing.
  • Campur dengan jahe: Tips hilangkan bau amis daging kambing lainnya dengan melumatkan jahe lalu campurkan pada daging yang akan di oleh. Kamu bisa juha campurkan jahe dengan bumbu olahan daging kambing.