Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi, Mulai Dari Diri Sendiri

Tentu sebagian besar dari Kamu telah mengetahui dan mengenal bagaimana karakteristik virus corona. Hal ini berkat selalu updatenya informasi terkait visrus tersebut. Lantas bagaimanakah langkah ataupun cara yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular COVID-19. Berikut telah kami rangkum beberapa cara tersebut, namun tentunya tidak luput dari diri sendiri untuk memulainya. Apa saja cara menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi virus corona atau covid-19?

cara menjaga kesehatan di masa pandemi

Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dimulai dari diri sendiri antara lain dengan,

Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu.

Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah.

Selalu sedia peralatan APD seperti hand sanitizer

Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggantikannya dengan hand sanitizer. Ada banyak ragam produk hand sanitizer di pasar dengan kandungan alkohol mulai dari 30%. WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer  tidak sampai 60%, maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecil hand sanitizer dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

Baca Juga: Mau Jaga Kesehatan? Sesuaikan Dengan Umurmu

Sebisa mungkin hindari menyentuk area wajah

Ini sepele tapi sulit, karena dikutip dari CNN Indonesia, Maret 2020, penelitian Sydney University tahun 2015 menyatakan seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu,cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

Konsumsi makanan bergizi serta perbanyak minum air

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan.

Vitamin-C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa memacu produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain brokoli (dalam semangkuk) sebanyak 50mg, 1 buah paprika seberat 45 g mengandung 109.1 mg, bayam sebanyak 28 miligram (mg) per 100 g. Kamu juga bisa menemukan vitamin C di buah-buahan seperti jeruk dengan kandungan 59-83 mg vitamin C per buahnya, jambu biji dengan kandungan 200 mg, pepaya 94 mg, kiwi 84 mg, stroberi 52 mg, dan nanas 39-49 mg. Konsumsi minuman berbahan rempah-rempah seperti jahe merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor bisa meminimalkan paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendisinfeksi.

Baca juga : Yoga Memberikan Ketenangan Pada Pikiran dan Kesehatan Bagi Tubuh

Selain hand sanitizer, bawa alat makan sendiri dari rumah

Bawalah selalu alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena virus corona memiliki daya tahan yang kuat di permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal

Di saat seperti sekarang Kita wajib untuk merubah gaya hidup, tentunya memulai gaya hidup yang lebih positif yaitu dengan hidup sehat dari. Mengawali cara hidup sehat memang terkadang sulit dilakukan, namun tidak ada salahnya untuk terus dan terus mencoba tanpa pantang menyerah. Jika kita sudah menemukan titik awal yang baik untuk memulai hidup sehat, pastinya kedepannya akan jauh lebih menikmati lho.

Menjaga daya tahan tubuh tidak hanya dengan berolah raga dan mengkonsumsi berbagai vitamin pendukung lho. Karena kita juga perlu menjaga pola makan dengan memenuhi kebutuhan 4 sehat 5 sempurna. Selain mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, mungkin kita juga perlu menyisipkan menu hidangan penutup agar tidak terlalu bosan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi dessert yang menyehatkan.

Berikut adalah 5 dessert kekinian yang menyehatkan dan cocok sebagai langkah awal untuk perubahan pola makan.

Salad Buah

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal

Salad buah boleh dibilang tergolong dalam menu 4 sehat 5 sempurna, kombinasi berbagai buah, seperti buah anggur, buah pisang, manga, berry, dan sejenisnya. Serta ditambahkan campuran jus lemon dan yoghurt tawar, membuatnya semakin lezat untuk dinikmati. Nah, salad buah ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan terbaik untuk dijadikan “dessert” hidangan penutup yang sangat menyehatkan. Karena mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Sebisa mungkin salad buah ini harus berisi bermacam-macam atau bervariasi buah dalam penyajiannya agar tidak membuat bosan.

Es krim Yoghurt

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal Es krim Yoghurt

Es krim merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh banyak orang saat memilih makanan dessert. Dan tahukah Kamu, es krim ini bisa diganti dengan frozen yoghurt lho. Jika ingin membuat frozen yoghurt pun relative sangat mudah, cukup mencampurkan bermacam buah-buahan seperti buah berry, potongan buah lainnya, kacang almond, dan bubuk kayu manis dengan menambahkan yoghurt tawar, kemudian masukkan dalam freezer, tunggu hingga membeku agar bisa dinikmati dengan lezat.

Baca juga : 6 Ide Dessert Durian Berikut, Rasanya Bikin Melting di Mulut !

Juicy Pudding

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal juicy pudding

Coba deh bayangin pudding yang super lembut, dan nyes banget di mulut, bayangin aja dulu belinya kapan-kapan haha. Pasti udah nggak asing lagi dong ya dengan puding? Varian dessert satu ini kaya akan manfaat lho, seperti melancarkan pencernaan, dapat dijadikan dessert sehat untuk diet, pencegah kanker, serta dapat dijadikan sebagai antioksidan. Semua manfaat tersebut berasal dari kandungan rumput laut yang merupakan salah satu bahan dalam pembuatan puding.

Baca juga : 6 Dessert Di Jakarta yang Asyiknya di Nikmati Siang-Siang Terik!

Buah Celup Cokelat

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal buah celup cokelat

Setelah selesai menyantap menu makanan utama, biasanya kamu ingin menyantap makanan manis, bukan? Nah, cobain deh salah satu sajian dessert kekinian yaitu buah celup agar tetap sehat. Pilihlah buah strawberry, jeruk atau melon, lalu celupkan potongan buah tersebut ke dalam cokelat. Namun ingat, gunakan dark chocolate, karena dark chocolate lebih rendah gula dan kalori. Selain itu, dark chocolate juga memiliki antioksidan tinggi dan bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan mengandung flavonoid yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Baca juga : Es Krim, Dessert Manis Restoran Mudah dibuat di Rumah !

Bola-bola Kurma Coklat

Mau Mulai Hidup Sehat? Pola Makan Juga Harus Berubah, 5 Dessert Ini Cocok Sebagai Langkah Awal bola bola kurma cokelat

Jika bosan dengan resep dessert western, Kamu bisa mencoba membuat resep dessert mudah dan murah yakni bola-bola coklat kurma. Siapkan bahan berupa biskuit roma kelapa yang telah dihancurkan hingga lembut, buang biji buah kurma lalu iris kecil-kecil, susu kental manis atau krimer coklat, margarin yang telah dicairkan dan didinginkan, kemudian kamu juga bisa menambahkan meises secukupnya untuk topping. Campur irisan kurma dengan biskuit, aduk hingga kedua bahan ini tercampur merata. Tambahkan susu kental manis dan margarin cair, lalu aduk lagi hingga merata. Bulatkan adonan, kemudian gulung bola-bola coklat dalam meises atau bahan lain sebagai topping. Dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit, lalu keluarkan dan hidangkan.

Itulah 5 contoh dessert yang cocok sebagai langkah awal saat Kamu ingin merubah pola hidup sehat. Semoga artikel ini membantu ya, jangan lupa untuk selalu berolahraga dan terus jaga kesehatan di masa sekarang ini. Yuk hidup sehat!

6 Langkah Untuk Memulai Hidup Sehat, Yuk Coba Sekarang!

6 Langkah Untuk Memulai Hidup Sehat, Yuk Coba Sekarang! Blog.lakupon.com. Pernahkah Kamu berpikir mungkinkah jika memperhatikan masalah Kesehatan dapat meningkatkan produktivitas dan membuatmu merasa lebih baik? Memulai hidup sehat tidaklah sulit, bahkan membiasakan diri melakukannya sangatlah mudah lho Kuponers. Tidak perlu menunggu kapan waktu yang tepat untuk memulainya. Terlebih di saat pandemic virus corona seperti sekarang ini, jika Kamu merasa sangat membutuhkan untuk meningkatkan gaya hidup sehat lakukanlah sekarang juga!

Sangat susah!! Iya, meninggalkan kebiasaan lama yang kurang menyehatkan memang sangatlah sulit dilakukan. Tapi itu terjadi hanya untuk orang lain, bukan untukmu Kuponers! Dengan memulai gaya hidup sehat dapat memberikan energi positif yang banyak, memperbaiki mental, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memperkecil kesempatan untukmu jatuh sakit. Lantas bagaimana caranya memulai gaya hidup sehat? Berikut akan kami ulas 6 langkah untuk memulai gaya hidup sehat khusus hanya untukmu Kuponers.

Bangun Pagi - Gaya Hidup Sehat

  1. Bangun Pagi

Ingin memulai gaya hidup sehat? Kamu wajib banget untuk memulai bangun lebih pagi dari biasanya. Dengan membiasakan bangun pagi Kamu akan memperoleh banyak keuntungan lho. Suasana hening di pagi hari bisa membuatmu lebih berkonsentrasi dan bisa jadi sebagai waktu yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah. Jika bangun pagi terasa berat, itu tandanya ada masalah dengan kualitas tidurmu. Cobalah untuk mengatur waktu tidurmu agar lebih berkualitas, dan akan mendapatkan hasilnya saat bangun pagi dengan merasakan energi yang lebih fit.

Sering kali Kamu memilikin ide-ide kreatif yang akan Kamu wujudkan dan selesaikan pada esok harinya. Bangun lebih pagi bisa membuatmu lebih menata hal-hal yang akan kamu lakukan tersebut. Selai itu banyak waktu pula untuk melakukan hal-hal yang menyehatkan seperti berolahraga ringan. Lebih banyak waktu untuk lebih dekat dengan seluruh anggota keluarga, serta berangkat ke kantor juga lebih cepat karena akan terhindar dari kemacetan.

Buah Dan Sayuran - Gaya Hidup Sehat

  1. Perbanyak Asupan Buah dan Sayuran

Menambah serta memperbanyak asupan buah-buahan serta berbagai macam sayuran bisa menjadi pondasi yang sempurna untuk memulai gaya hidup sehat. Sudah menjadi rahasia umum jika mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah tertentu bisa meningkatkan system imun tubuh, karena kaya akan nutrisi. Selain itu, vitamin dan antioxidant dapat membantu meningkatkan system imun yang berguna untuk melawan berbagai penyakit. Untuk itu pastikan untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara teratur setiap harinya.

Minum Air Secara Teratur - Gaya Hidup Sehat

  1. Minum Air Secara Teratur

Kuponers pasti sering mendengar kampanye untuk selalu rajin minum air putih 8 gelas setiap harinya bukan? Kampanye tersebut bukan tanpa sebab, banyak orang yang lupa bahwa minum air putih secara teratur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Minum air putih secara teratur setiap harinya sangat mudah dilakukan, selain itu Langkah untuk memulai hidup sehat ini sangatlah murah. Air putih dapat membuatmu terhindar dari dehidrasi, serta membuatmu tampak lebih sehat. Mengkonsumsinya secara teratur dapat membersihkan dari berbagai racun yang ada dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, otot yang bertenaga, mengatur berat badan, serta dapat menyeimbangkan temperature tubuh. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih 8 gelas atau 64 ons dalam sehari.

Kondisi Mental - Gaya Hidup Sehat

  1. Menjaga Kondisi Mental

Membangun gaya hidup sehat sangatlah mudah, di saat itu biasanya Kamu akan lebih berkonsentrasi pada pembentukan tubuh yang sehat. Namun jangan lupa, mental yang sehat merupakan pondasi utama untuk memperoleh Kesehatan yang optimal. Sangat penting untuk mengatur perasaan yang Kamu rasakan dari hari ke hari. Jika Kamu merasakan energi negatif, makan Kamu hanya akan merasakan kurang nyaman saat bekerja, ataupun dengan kehidupan sosial lainnya. Bagaimana cara menghilangkan energi negatif tersebut? Cobalah untuk selalu berolahraga, bersosialisasi dengan orang-orang yang kamu suka, bergabung dalam suatu klub, tidur yang cukup, serta cobalah untuk menciptakan sesuatu yang kreatif.

Hindari Stres Berlebihan - Gaya Hidup Sehat

  1. Hindari Stres Berlebih

Kadangkala berhenti, menarik nafas, dan bersantai adalah hal yang sangat perlu Kamu lakukan lho Kuponers. Untuk menjaga Kesehatan fisik dan mental kadang diperlukan waktu untuk beristirahat yang cukup Panjang dari kebiasaan bekerja. Cobalah untuk melakukan hal-hal ataupun aktifitas yang belum Kamu coba seperti bermeditasi, mendengarkan music, membaca, menonton stand up comedy, atau dengan berolahraga. Aktifitas-aktifitas tersebut terbukti dapat meningkatkan perasaan Bahagia dan membuatmu lebih tenang dalam menghadapi segala sesuatu.

Olahraga Teratur - Gaya Hidup Sehat

  1. Olahraga Teratur

Dalam beberapa Langkah untuk memulai gaya hidup sehat di atas sudah disebutkan bahwa pentingnya untuk selalu berolahraga. Tubuh adalah tempat jiwa bersemayam, dan tidak mungkin Kamu menginginkan tubuh tersebut tampak tidak sehat bukan? Berolahraga adalah Langkah yang sangat sempurna untuk menstimulasi kesehatanmu. Dalam sebuah penelitian, aktifitas fisik terbukti dapat membantu meningkatkan Kesehatan dan memperpanjang usia. Untuk memulai gaya hidup sehat, cobalah untuk berolahraga minimal olahraga tiga kali dalam seminggu, atau 3o menit setiap harinya di kala pagi, hal ini dapat meningkatkan energimu lho.

Aktifitas fisik apa saja yang bisa Kamu lakukan? Banyak banget Kuponers, berolahraga tidak melulu hanya dengan sepakbola ataupun jenis olahraga lainnya. Biar ngga bosen Kamu bisa coba dengan aktifitas menari, aerobic, jogging, naik gunung, dan masih banyak aktifitas fisik yang menarik dan menyenangkan lainnya.

6 langkah untuk memulai hidup sehat di atas sangat bisa Kamu lakukan serta dapat menjaga Kesehatan serta kebiasaan untuk selalu senang dari waktu ke waktu. Yuk mulai gaya hidup sehat mulai sekarang!

Baca juga :

Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria?

Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria? Blog.lakupon.com. Untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak artikel berikut ini dengan seksama. Jika Kamu dan pasangan tidur, kemudian tertidur pulas lalu bangun pada waktu yang bersamaan dan ia selalu tampak lebih waspada dan memiliki lebih banyak energi daripada Kamu, jangan salahkan dirimu sendiri (dan jangan biarkan dia menyalahkanmu): Kamu tidak malas atau lelah. Karena ilmu pengetahuan ada di pihakmu lho Kuponers sekalian.

Para ahli merekomendasikan, rata-rata tidur 8 jam dengan kemungkinan bervariasi sesuai dengan kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda. Namun, menurut seorang profesor di Loughborough University di Inggris, yakni ahli saraf ahli tidur Jim Horne, mengatakan bahwa “otak wanita lebih kompleks, selalu bekerja dengan keras dengan otaknya tersebut dan karenanya, menuntut lebih banyak waktu untuk istirahat.

Kenapa Wanita Membutuhkan Tidur Lebih Banyak Ketimbang Pria?

Kualitas tidur yang buruk pada kebanyakan wanita, sangat terkait dengan tingginya tingkat beban psikologis dan perasaan yang berkecamuk, depresi, dan kemarahan, perasaan seperti ini sangat jarang sekali ditemukan pada pria yang kurang tidur.

Apa yang membuat otak wanita lebih kompleks daripada pria?

Dibandingkan dengan para pria, wanita biasanya menggunakan otak lebih keras karena mereka lebih sering melakukan berbagai pekerjaan dalam satu waktu. Itu berarti bahwa otak wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih, sesuatu yang menawarkan tidur nyenyak lebih baik daripada aktivitas lainnya. Berikut beberapa alasan mengapa wanita membutuhkan waktu tidur lebih dari pria.

Berbeda dari Pria, Wanita mengalamai siklus perubahan hormon

Perubahan hormon pada wanita membuat tubuhnya memerlukan waktu beristirahat lebih banyak dibandingkan pria. Perubahan hormon tersebut tidak hanya terbatas pada pubertas saja, tetapi mencakup banyak penyebab lain seperti siklus menstruasi bulanan, kehamilan, dan menopause. Kehamilan dan menopause menyebabkan lebih banyak perubahan hormonal pada wanita.

Pekerjaan rumah tangga yang menumpuk

Alasan lain mengapa wanita butuh istirahat lebih lama adalah karena pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Terutama wanita bekerja yang juga mengurus anak dan memasak di rumah. Melakukan banyak aktivitas akan membutuhkan lebih banyak aktivitas otak, bersama dengan penggunaan lebih banyak wilayah otak. Jadi, agar otak mereka untuk memulihkan diri, wanita perlu tidur lebih banyak daripada pria.

Kurang tidur membuat berat badan wanita naik

Kebanyakan perempuan yang kelebihan berat badan disebabkan karena kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan pelepasan hormon stres, kortisol, yang membuat wanita rentan terhadap kecemasan. Semakin banyak kortisol dapat memicu nafus makan dan lainnnya. Sebab itu, cukup tidur sangat penting bagi wanita untuk mempertahankan berat badan mereka.

Pola pikir emosional dan analitis

Koneksi pada otak wanita dioptimalkan untuk pemikiran emosional dan analitis. Wanita cenderung melakukan banyak tugas sehingga aktivitas lebih tinggi terjadi pada otak mereka. Tak jarang hal ini membuat merekaa sulit tertidur, karena masih memikirkan banyak hal saat akan tidur.

Waktu istirahat sangat terbatas

Rutinitas sehari-hari membuat wanita tidak dapat memiliki waktu khusus untuk sendiri. Menyelaraskan dengan pola tidur anak-anak mereka juga menjadi masalah, karena pola tidur anak-anak kecil terus berubah. Studi menunjukkan bahwa terlalu sedikit tidur dapat menyebabkan peningkatan iritabilitas pada wanita. Dengan banyaknya rutinitas wanita sehari-hari, alangkah lebih baiknya jika sesekali mengajaknya liburan di tempat wisata.

Aliran darah di otak lebih banyak

Aliran darah di otak wanita lebih banyak di korteks prefrontal. Korteks prefrontal membantu mempertahankan fokus, mengendalikan impuls dan mempertahankan bagian emosional otak yang menangani suasana hati dan kecemasan. Inilah sebabnya mengapa wanita sering dianggap lebih berempati dan lebih intuitif daripada pria. Hal ini juga membuat mereka berisiko mengalami depresi dan kecemasan. Untuk mencegahnya, wanita  membutuhkan lebih banyak tidur daripada pria.

Meskipun alasan wanita butuh tidur lebih lama dari pria cukup banyak, wanita hanya membutuhkan sekitar 20 menit dari waktu tidur pria. Tambahan 20 menit ini dapat membuat perbedaan besar pada tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan wanita.

Fakta Tentang Virus Korona Yang Mungkin Perlu Kamu Tahu

Fakta Tentang Virus Korona Yang Mungkin Perlu Kamu Tahu, Blog.lakupon.com. Pada bulan desember 2019, muncul beberapa kasus pneumonia di China. Pneumonia adalah radang paru-paru yang dapat disebabkan oleh bermacam faktor seperti bakteri, virus, jamur atau benda asing yang masuk ke saluran atau parenkim paru. Namun setelah di investigasi lebih lanjut, ditemukan bahwa penyebabnya adalah virus yang belum teridentifikasi sebelumnya dan sekarang ini disebut sebagai Covid-19. Dalam artikel kali ini, mari sedikit menambah wawasan tentang penyakit korona. Siapa tahu dengan mengetahui lebih lanjut tentang korona bisa mengubah masa depan anak cucu kita. Berikut ulasan fakta selengkapnya tentang virus korona.

Pasar Huanan Wuhan China

Pertama Kali Teridentifikasi Di Wuhan

Sebuah penyakit baru yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Cina, pada Desember 2019, dan sekarang disebut COVID-19, hingga saat ini masih terus menyebar di China serta di berbagai negara lain termasuk Indonesia. Pasar Seafood Huanan di tengarai sebagai sumber pertama dari virus korona ini pada 1 Januari 2020.

Dapat Menular Dengan Mudah

Dapat Menular Dengan Mudah

Penyakit coronavirus (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus baru yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia. Dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya melalui droplet. Apa itu droplet? Droplet merupakan partikel air kecil yang mungkin dihasilkan ketika seseorang batuk ataupun bersin atau melalui tetesan air liur atau cairan hidung.. Kamu dapat melindungi diri dengan mencuci tangan secara rutin dan menghindari menyentuh wajah, langkah lainnya Kamu bisa lakukan hal ini agar tidak tertular virus.

Sumber Virus Korona

Sumber Virus

Dari beberapa pengalaman kita sudah mengetahui bahwa virus korona biasanya berasala dari hewan. Dalam beberapa kasus virus ini dapat berpindah dari hewan ke manusia, hal ini disebut sebagai spillover dan bisa terjadi karena beberapa faktor seperti virus bermutasi atau seringnya melakukan kontak langsung antara hewan dengan manusia. Sebagai contoh virus MERS yang ditularkan dari onta, atau virus SARS yang ditularkan dari musang. Lantas bagaimana dengan asal usul virus korona? Saat ini masih belum diketahui dengan pasti.

Virus Korona adalah penyakit zoonosis, artinya penyakit jenis ini dapat berpindah dari hewan ke manusia. Virus Korona berasal dari hewan seperti unta, musang, dan kelelawar. Biasanya tidak menular ke manusia. Tetapi kadang-kadang virus corona bermutasi dan dapat menular dari hewan ke manusia dan kemudian dari manusia ke manusia, seperti halnya dengan epidemi SARS pada awal 2000-an. (SARS berarti “sindrom pernafasan akut yang parah.”) Komisi Kesehatan Nasional China mengkonfirmasi bahwa 15 petugas kesehatan telah terinfeksi, menunjukkan bahwa virus dapat menyebar dari manusia ke manusia.

Gejala Yang Ditimbulkan Korona

Gejala Yang Ditimbulkan

Penyakit coronavirus (COVID-19) memiliki ciri-ciri berupa gejala ringan seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam. Penyakit ini dapat memiliki gejala yang lebih parah bagi sebagian orang dan dapat menyebabkan pneumonia atau sesak napas akut. Dalam kasus yang lebih langka, penyakit ini dapat menyebabkan kematian. Orang-orang berusia lanjut, dan orang-orang yang memiliki gangguan medis lainnya (seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung), lebih rentan untuk mengalami gejala yang parah.

Belum ada vaksin korona

Belum Ada Vaksin Virus Korona

Bagaimana cara kita mengetahui seseorang terinveksi virus korona? Kita dapat melakukan diagnosa tersebut dengan cara test PCR atau polymerase chain reaction, test ini berguna untuk menidentifikasi virus berdasarkan genetiknya. Hingga saat ini belum ada pengobatan dan perawatan yang spesifik untuk virus ini, bahkan vaksin untuk korona pun belum tersedia. Tapi percayalah, penanganan untuk pasien terjangkit hingga saat ini sedang dipotimalkan dan vaksin dalam tahap pengembangan.

Info Tambahan Untuk Fakta Virus Korona

Kurangi Resiko Penularan Dengan:

  • Membersihkan tangan secara rutin dengan cairan pencuci tangan berbahan alkohol atau sabun dan air
  • Menutupi hidung dan mulut dengan tisu atau siku yang ditekuk saat batuk dan bersin
  • Menghindari kontak jarak dekat (1 meter atau 3 kaki) dengan siapa pun yang memiliki gejala selesma atau flu

Perawatan Diri Yang Bisa Kamu Lakukan

  • Jika Kamu memiliki gejala ringan, beristirahatlah di rumah hingga pulih. Kamu dapat menghilangkan gejala tersebut jika Kamu:
  • beristirahat dan tidur
  • menjaga suhu tubuh tetap hangat
  • meminum banyak cairan
  • menggunakan pelembap ruangan atau mandi dengan air hangat untuk membantu meringankan sakit tenggorokan dan batuk.
  • Jika Kamu mengalami demam dan batuk, beristirahatlah di rumah hingga pulih dan setidaknya selama 14 hari agar tetap menjaga kesehatan orang lain pula.

Situasi Terkini Tentang Virus Korona

Situasi Terkini Virus Korona

Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus korona, Blog.lakupon.com. Akibat penyebaran virus korona yang semakin pesat di sejumlah negara akhir-akhir ini, banyak negara yang akhirnya mengambil langkah untuk melakukan lockdown. Beberapa negara telah melakukan hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus yang kian masiv. Apakah pemerintah Indonesia akan memberlakukan lockdown? Kita masih belum tahu jawabannya. Mari kita coba membantu melakukan pencegahan penyebaran virus korona, lakukan hal simpel ini ternyata efektif untuk mengantisipasi penyebarannya.

Menjaga Kebersihan Diri - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Menjaga Kebersihan Diri Dan Lingkungan

Langkah pertama untuk mencegah tertular virus korona yang pertama ini sangat mudah dan praktis. Jagalah selalu kebersihan diri dan lingkungan sekitar tempat tinggalmu. Aktivitas mejaga kebersihan diri adalah aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Baik sebelum memulai ataupun setelah beraktivitas tentunya kita terbiasa untuk membersihkan diri. Ada banyak sekali alasan untuk menjaga kebersihan diri atau personal hygiene. Salah satunya adalah tentu karena rasa kotor bisa membuat diri kita sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita merasa tidak nyaman. Menjaga kebersihan diri sangat mudah seperti sikat gigi sebelum dan sesudah tidur, mandi minimal 2 kali sehari, keramas, mencuci tangan dan kaki dengan sabun, dan yang paling simpel adalah gunakan pakaian bersih setiap saat.

Selain menjaga kebersihan diri, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, trutama di sekitar tempat tinggalmu. Jangan sungkan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan bersihkan setiap sudut rumah tempat tinggalmu.

Gunakan Masker Dan Sarung Tangan Saat Bepergian - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Gunakan Masker Dan Juga Sarung Tangan Saat Bepergian

Penggunaan masker memang masih menjadi pro dan kontra, apakah efektif untuk mengantisipasi penyebaran virus korona pun belum bisa diambil kesimpulannya. Namun, untuk lebih menjaga diri gunakanlah masker dengan standar kesehatan yang dianjurkan. Hal ini guna menghindari paparan droplet dari pengidap virus korona. Virus pada umumnya bersemayam pada area pernafasan jadi hindarilah bertatap wajah dengan orang lain secara dekat karena kita tidak tahu pasti siapa yang tertular dan tidak.

Selain masker, usahakan pula untuk selalu menggunakan sarung tangan. Hal ini guna menghindari benda-benda yang telah terpapar oleh virus korona. Penggunaan masker dan juga sarung tangan sangat dianjurkan bagi Kamu yang selalu menggunakan sarana transportasi umum seperti kereta, bus, ojek online, dan masih banyak yang lainnya. Bila perlu gunakan pula masker penutup kepala.

Stop Sentuh Wajah - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Stop Menyentuh Wajah

Salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi “sarang” virus adalah telapak tangan. Maka dari itu, selain disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, disarankan pula untuk menghindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut terlalu sering. Sebab, hal itu bisa memindahkan virus dari tangan ke mata, hidung, atau mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh dan membuatmu terjangkit.

Menjaga Jarak - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Selalu Menjaga Jarak

Menjaga jarak dengan orang lain atau yang biasa disebut dengan social distancing terbukti paling efektif untuk meminimalisir penyebaran virus korona.

Hindari Keramaian - Lakukan Hal Ini Agar Tidak Tertular Virus Korona

Hindari Keramaian

Sebisa mungkin untuk menghindari keramaian adalah hal yang perlu kamu lakukan. Pertemuan yang melibatkan banyak orang akan berdampak pada meningkatnya penyebaran virus corona. Bahkan untuk kamu yang masih muda dan tidak memiliki faktor risiko apa pun, jangan keluar rumah bila memang tidak diperlukan. Sebagai contoh, sebisa mungkin untuk menghindari tempat wisata seperti ancol atau pasar seperti tanah abang. Tidak ada yang kebal terhadap virus korona, bahkan orang yang hanya menunjukkan gejala ringan dapat menularkan virus corona ke banyak orang, terutama pada awal infeksi, bahkan sebelum mereka menyadari bahwa mereka terjangkit. Jadi, kamu dapat menjaga rantai infeksi pada keluarga yang lebih tua atau berisiko tinggi. Kamu juga dapat berkontribusi pada jumlah orang yang terinfeksi dan menyebabkan pandemi berkembang pesat.

Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh atau imunitas memiliki peranan paling penting bagi Kamu, yakni untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan mencegah terjadinya infeksi. Mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan tidur, serta mengonsumsi suplemen rupanya dipercaya mampu meningkatkan daya tubuh untuk menghalau pilek, virus, serta infeksi yang mudah menular.

selalu update berita

Selalu Update Berita

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah dengan selalu mengetahui kondisi terkini terkait penyebaran virus korona. Hal ini memang tidak memiliki dampak langsung bagimu, namun dengan selalu mengetahui berita terupdate kamu bisa semakin mawas diri dan selalu secure terhadap kondisi di sekitarmu.

Lagi Isolasi Diri Gegara Virus Corona? Lakukan Hal Ini Biar Ngga Bosan!

Lagi Isolasi Diri Gegara Virus Corona? Lakukan Hal Ini Biar Ngga Bosan, Blog.lakupon.com. Penyebaran virus covid-19 di Indonesia akhir-akhir ini cukup mengkhawatirkan. Hal ini terjadi karena lambannya pemerintah dalam mengantisipasi virus korona sejak dini. Padahal, di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, tempat-tempat umum, fasilitas umum, transportasi umum, serta beberapa tempat wisata adalah tempat yang membuat penyebaran virus semakin mudah dan cepat. Tahukah kamu, virus corona bisa bertahan dalam beberapa jam di luar tubuh, bahkan bisa bertahan hingga dua hari dalam suhu ruangan (menurut WHO).

Hal Positif Dan Bermanfaat Yang Bisa Kamu Lakukan Saat Isolasi Diri

Maka dari itu sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihan diri seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, disertai dengan sabun setiap kali selesai beraktivitas di luar rauangan ataupun setelah menyentuh benda-benda seperti pegangan pintu, saklar, remote, meja, tiang penyangga, dan lain sebagainya. Atau disarankan pula menggunakan hand sanitizer jika tidak tersedia air ataupun sabun. Guna mecegah penyebaran virus corona agar tidak semakin luas, World Health Organitation menganjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal satu hingga 2 meter.

Untuk kamu yang sekarang sedang mengisolasi diri, ada beberapa hal yang bisa kamu coba di rumah untuk menghilangkan rasa jenuh. Berikut ulasan selengkapnya.

Nonton Film

Nonton Film Lagi Isolasi Diri Gegara Virus Corona

Ada film yang belum sempat kamu tonton? Atau ingin mencoba menonton kembali film anime favorit seperti naruto shipuden atau one piece? Mungkin ini saat yang tepat untuk melakukannya. Menonton film adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu saat mengisolasi diri di rumah. Agar kegiatan menonton film streaming lebih seru, cobalah untuk menonton semua genre film yang ada seperi horror, percintaan, thriller, adventure, science fiction, dan lain sebagainya.

Menekuni Hobi

Menekuni hobi - Lagi Isolasi Diri Gegara Virus Corona

Momen mengisolasi diri di rumah menjadi salah satu waktu tepat untuk mengasah kemampuan dan hobimu. Di saat ini, kamu akan mendapatkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan dan melatih diri. Beberapa hobi yang bisa kamu tekuni saat mengisolasi diri di rumah antara lain memasak, melukis, menulis, membaca, photography, dan lain-lain.

Olahraga

Olahraga -  Lagi Isolasi Diri Gegara Virus Corona

Mengisolasi diri juga tidak membatasimu untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Cobalah untuk berolahraga kecil dengan push up, sit up, dan berbagai macam jenis olahraga lainnya. Bila ingin mencoba sesuatu yang baru, kamu bisa mencoba untuk melakukan yoga.

Bersih-bersih Dan Menata Ulang Dekorasi

Bersih bersih dan mendekorasi ulang

Saat berdiam diri di rumah, jangan hanya menghabiskan waktu dengan bersantai ria. Cobalah untuk membereskan kamar atau membersihkan beberapa ruangan di dalam rumah. Kamu juga bisa membersihkan semua sudut ruangan yang mungkin saja tak sempat kamu bersihkan di hari biasa.

Di hari biasa, Mungkin akan sangat sulit meluangkan  waktu untuk mengubah suasana ataupun dekorasi rumah karena begitu banyaknya aktivitas yang kamu miliki. Nah, kamu bisa mengubah suasana rumah jadi seperti yang kamu inginkan saat mengisolasi diri di rumah.

Quality Time Bareng Keluarga

Quality Time Bareng Keluarga

Jika kamu lahir di era 90-an pasti ingat dengan film keluarga cemara dengan lagu khasnya bukan? “Harta yang paling berharga adalah keluarga, mutiara tiada tara adalah keluarga”. Ya, tidak perduli seberapa banyak teman ataupun kenalan yang kamu miliki, keluargalah yang akan menjadi tempatmu untuk pulang. Karena keluarga adalah hal yang penting untuk diprioritaskan.

Sayang, kesibukan di luar rumah kadang membuat kita lupa dan rela mengorbankan waktu berharga bersama keluarga. Nah, saat mengisolasi diri di rumah ini mungkin bisa menjadi waktu yang tepat untukmu berkumpul dan memiliki quality time bersama keluarga.

Itulah beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan saat mengisolasi diri gegara virus corona di dalam rumah. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikannya dengan rekan maupun keluarga.

Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau, Begini Cara Mengatasinya!

Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau, Begini Cara Mengatasinya! Blog.lakupon.com. Tahukah kamu? Kasur sering menjadi sarang bagi parasit mikroskopik seperti tungau, celah dan lipatan-lipatan kasur biasanya menjadi tempat favorit untuk dijadikan tempat berlindung bagi tungau. Sebenarnya, apa itu tungau?

Kulit Sering Merah Dan Gatal? Bisa Jadi Karena Gigitan Tungau

Dikutip dari laman wikipedia, Tungau debu rumah atau sering disebut juga sebagai kutu debu rumah yang dalam bahasa Inggris disebut pula sebagai house dust mite, HDM adalah hewan yang berukuran sangat kecil dan sering dijumpai di permukiman. Dengan ukuran tubuhnya sekitar 420 µm (sekitar 0,5 mm) panjang dan 250-320 µm lebar, tungau ini memakan sisa-sisa materi organik seperti kelupasan kulit manusia yang banyak ditemui di tempat tinggal manusia. Tungau ini diketahui sebagai pemicu serangan asma dan gejala-gejala alergi di seluruh dunia. Penyebabnya adalah enzim-enzim (terutama protease) yang keluar dari perut bersama-sama kotorannya.

Cara Mengatasi Tungau Yang Sebabkan Berbagai Alergi  Kulit

Hmm, setelah membaca kutipan dari laman wikipedia tersebut, dapat disimpulkan bahwa tungau memiliki ukuran sangat kecil sehingga membuatnya susah terlihat dengan mata telanjang, pemakan sel kulit mati atau sisa-sisa materi organik pantas saja jika kasur menjadi salah satu tempat tinggal favorit, penyebab alergi kulit dan berbagai jenis alergi lainnya.

menjemur-kasur

Keberadaan tungau di berbagai perabotan seperti kasur, bantal, sofa, dan perabot rumah tangga lainnya pasti sangat menjengkelkan bukan? Tidak perduli seberapa mahal perabot yang dimiliki atau dengan brand ternama sekalipun. Tentunya ini menjadi perhatian khusus, terlebih jika memiliki anak balita. Keberadaan tungau ini pasti menjadi salah satu kekhawatiran tersendiri bagi beberapa kalangan ibu rumah tangga.

Baca juga :

Keberadaan tuingau di dalam rumah tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena tungau bisa menjadi penyebab terjadinya bentol pada kulit setelah bangun tidur, gatal, kemerahan, serta memicu berbagai gejala alergi lainnya seperti sesak nafas. Untuk mengatasi atau membasmi tungau diperlukan kesabaran dan keuletan. Memang benar menggunakan berbagai bahan kimia bisa mengusir tungau dengan cepat, tapi percayalah tidak ada jalan pintas untuk suatu hal apapun termasuk dalam mengatasi masalah tungau di rumahmu. Ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tungau tersebut, berikut ulasan selengkapnya.

Seringlah Jemur Perlengkapan Rumah Tangga

Tungau sangat menyukai tempat-tempat yang lembap, dan untuk membasminya, kamu bisa melakukan hal sederhana seperti menjemur perlengkapan rumah tanggamu di bawah sinar matahari. Jemur kasur, bantal, guling, selimut, serta karpet di bawah sinar matahari langsung dan sesekali pukul-pukul perabotan tersebut dengan sapu lidi atau kayu. Dengan begitu, benda-benda tersebut tidak akan dijadikan tempat tungau bersarang.

Semprotkan Larutan Garam

Tahukah kamu bahwa garam tidak hanya bermanfaat untuk memasak, tetapi juga bisa untuk membasmi tungau? Kamu hanya cukup melarutkan garam di dalam air, lalu masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan air garam ini ke sarang-sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Hanya dalam beberapa jam, tungau akan keluar dan mati.

Cuci Dengan Air Panas

Cara menghilangkan tungau yang paling efektif salah satunya adalah dengan mencuci semua perlengkapan rumah tanga yang mungkin menjadi sarang tungau dengan air panas. Mulai dari bantal, guling, sprei, selimut, karpet, hingga slipc over sofa bisa kamu cuci bersih di dalam air panas agar tungau mati. Kamu juga bisa menambahkan deterjen anti bakteri. Agar tungau tidak kembali bersarang lagi, pastikan kamu mencuci perlengkapan tersebut secara rutin. Jika mungkin, lakukan pencucian dalam jangka waktu sebulan sekali. Setelah mencuci, jangan lupa untuk menjemur semuanya sampai benar-benar kering agar tidak lembap dan apek. Perlu kamu tahu, tungau sangat suka hidup di tempat yang lembap.

Gunakan Vacuum Saat Bersih-bersih

Agar rumah senantiasa nyaman bagi seluruh anggota keluarga, kebersihannya tentu harus selalu dijaga. Karena, rumah yang bersih akan mendukung kesehatan keluarga. Sejak ada produk-produk canggih seperti penyedot debu, membersihkan rumah bisa dilakukan secara praktis dan cepat. Vacuum Cleaner/mesin penghisap debu adalah mesin yang menggunakan pompa udara untuk menghisap debu dan kotoran yang biasanya berasal dari lantai. Sebagian besar rumah dengan lantai berkarpet di negara berkembang memiliki penghisap debu sebagai pembersih. Saat inipun banyak yang menawarkan jasa vacuum debu dan tungau, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta.