5 Ide Alternatif Olahan Daging Kurban, Siap-siap Rebutan Saat Idul Adha Tiba!

olahan daging kurban

Halo sobat Kuponers, ngga terasa ya perayaan hari besar Idul Adha tinggal menghitung hari. Hayo ngaku, siapa diantara Kamu yang merasa sudah mampu dan mapan tapi belum membeli hewan kurban? Selain itu, udah ada ide olahan daging kurban seperti apa yang akan Kamu masak? Tenang, berikut adalah beberapa ide alternatif olahan daging kurban yang bisa banget untuk ditiru.

Idul Adha tahun ini akan jatuh pada hari Jum’at 31 Juli 2020, kira-kira Kamu akan dapat daging kurban seberapa banyak? Dalam beberapa kasus, dalam satu keluarga bisa saja mendapatkan banyak jatah daging kurban lho. Kok bisa? Sobat Kuponers ada yang tahu alasannya nggak?

Saat perayaan Idul Adha, ada beberapa hal yang biasanya lumrah Kamu jumpai pedagang arang, batok kelapa, kipas dari anyaman bambu, hingga tusuk sate di pinggiran jalan. Tentunya perayaan ini menjadi salah satu momen bahagia bagi seluruh kalangan. Daging kurban baik itu daging kambing atau sapi umumnya diolah menjadi menu rendang, gulai, soto, ataupun sate.

Bosan dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja? Mungkin sebaiknya kamu coba deh cara menikmati daging kurban anti mainstream dengan resep olahan berikut ini.

Daging Sapi Lada Hitam

olahan daging kurban

Siapa yang masih mengira membuat menu daging sapi lada hitam itu sulit? Buatnya super gampang lho,selain bumbunya yang super sederhana membuatnya pun ngga pake ribet. Siapkan bahan lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi, rebus hingga empuk, potong kecil
  • 3 sdt lada hitam bubuk
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 2 buah tomat merah, belah 6 bagian
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya minyak
  • Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe, kupas dan bakar

Cara membuat

  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan irisan bawang bombay. Kemudian aduk rata hingga wangi.
  • Tambahkan wortel pada tumisan. Aduk hingga merata.
  • Masukkan potongan daging sapi yang sudah diiris kecil ke dalam tumisan. Kemudian tambahkan sedikit air. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  • Selanjutnya, tambahkan gula pasir, garam, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata. Terakhir tambahkan lada hitam, aduk hingga rata dan tutup wajan sebentar.
  • Saat air mulai menyusut dan bumbu meresap, masukkan potongan tomat, cabe merah besar dan cabe hijau besar, aduk hingga rata.
  • Siap sajikan.

Baca juga : Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, dan Zat Gizi Lainnya

Bola-bola Daging Kecap

olahan daging kurban

Bola-bola daging mungkin identik dengan sajian yang pedas, namun ngga ada salahnya saat Idul Adha nanti Kamu membuat sesuatu yang berbeda. Yuk coba buat sajian manis dengan menggunakan bola daging, sajian lezat ini bisa menjadi pilihan yang pas sebagai menu spesial saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan Bola-Bola Daging Kecap

  • 300 gr daging-sapi giling
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdm tepung roti
  • 1 butir telur
  • minyak goreng secukupnya

Bahan saus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 500 ml air
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 buah kentang (potong kotak)
  • 3 sdm kecap manis

Cara Membuat Bola-bola Daging Kecap

  • Campurkan daging sapi giling dengan telur dan semua bumbunya, aduk rata
  • Bentuk adonan daging menjadi bulat dengan tangan
  • Goreng bola-bola daging sampai kecokelatan
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
  • Masukkan tomat, air, kecap asin, gula pasir, lada bubuk, dan saus tomat, aduk rata
  • Masukkan bola-bola daging dan kentang
  • Tambahkan kecap manis, aduk hingga meresap
  • Sajikan

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Sapi Wagyu menjadi Primadona Semua Daging Sapi

Kroket Kentang Mozzarella Dengan Daging Sapi

olahan daging kurban

Buat yang demen banget makanan khas italia, bisa juga lho daging kurban idul adha nanti dibuat kroket kentang mozzarella. Olahan daging kurban ini cukup praktis dan cocok dijadikan cemilan saat nonton karena ukurannya yang kecil dan bisa disantap dalam sekali lahap.

Bahan-bahan

  • Knorr Kentang Kering Serpih, disiapkan 600 gr
  • Daging Sapi Rebus 225 gr
  • Mozzarella 225 gr
  • Peterseli (ikat) 50 pc

Pelapisan

  • Terigu 300 gr
  • Putih Telur 4 pc
  • Tepung Roti 300 gr

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Irisan Pancetta (tipis) 10 pc
  • Menyiapkan Mayones Truffle
  • Mayones 250 gr
  • Pasta Truffle 60 gr
  • Jeruk Nipis 50 pc

Cara Membuat Kroket Kentang

  • Potong daging sapi dan mozzarella menjadi kubus kecil.
  • Cincang peterseli.
  • Campurkan dengan Knorr Mashed Potato yang sudah disiapkan (suhu kamar) (gunakan 10% lebih sedikit cairan untuk adonan yang lebih kental).
  • Bumbui campuran dengan lada hitam (tidak perlu garam, garam akan keluar dari daging sapi).
  • Masukkan campuran ke dalam cetakan dan tekan hingga berbentuk silinder panjang di atas loyang oven, lalu ditutup dengan kertas roti.
  • Bekukan adonan silinder hingga setengah beku dan potong dengan ukuran 5 cm.

Pelapisan

  • Lapisi kroket dalam 3 langkah: 1 – Tepung 2 – Kocokan telur 3 – Tepung roti
  • Setelah pelapisan, biarkan lapisan selama setengah jam di lemari es.
  • Panaskan minyak sayur sampai 180 derajat celcius dan goreng kroket selama sekitar 4 menit sampai warnanya keemasan.
  • Pastikan dalamnya juga terpanasi sehingga mozzarella meleleh saat Anda memakan kroket.

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Tempatkan irisan tipis pancetta di atas kertas roti dan letakkan juga kertas roti di atasnya.
  • Tempatkan di antara 2 rak oven sehingga pancetta akan tertekan.
  • Panggang pancetta di oven pada suhu 170 derajat celcius selama 8 menit.
  • Lepas dari atas kertas roti dan dinginkan.

Menyiapkan Mayones Truffle

  • Campurkan mayones dengan pasta truffle.
  • Peras beberapa tetes air lemon.

Penyajian

  • Sajikan 3 kroket per porsi.
  • Letakkan pancetta di atasnya.
  • Lengkapi dengan mayones truffle.
  • Hias dengan rempah segar.

Baca juga : Aneka Resep Daging Sapi, Ide Mengolah Daging saat Hari Raya Idul Adha

Sate Bola-bola Daging

olahan daging kurban

Hidangan yang dibuat dari bahan utama daging cincang yang dikombinasikan dengan bumbu dan rempah yang lezat ini mampu menghasilkan sajian istimewa yang cocok disantap siapa saja dan dihidangkan dimana saja, seperti misalkan untuk bekal anak-anak ke sekolah, bekal pergi piknik atau santapan menu sehari-hari dirumah. Nah, agar ibu bisa menyajikan sajian sate bola daging dengan bumbu manis yang lezat dirumah. Maka, yuk kita simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging giling
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan bawang bombay, dicincang halus
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 8 buah tusuk sate

Bahan Bumbu :

  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh margarin
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat sate bola-bola daging :

  • Campur rata bahan-bahan seperti daging giling bersama dengan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang. Kemudian aduk-aduk merata semua bahan sampa tercampur kesemuanya.
  • Tuangkan margarin bersama dengan kecap asin, kecap manis, merica bubuk, ketumbar, pala bubuk, garam dan bawang goreng. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Setelah tercampur.
  • Uleni adonan hingga hampir kalis dan mudah dibentuk (pastikan gunakan sarung tangan agar adonan yang dibuat tetap higienis).
  • Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola kecil sesuai yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada semua bahan hingga semua bahan terbentuk menjadi bola-bola dengan ukuran yang sama.
  • Setelah selesai dibentuk bola-bola kecil, sekarang silahkan tusuk bola-bola daging dengan tusukan sate dengan jumlah sesuai yang anda inginkan.
  • Setelah itu, bakar sate bola daging sambil diberikan bumbu olesan hingga matang, jangan lupa pula untuk membulak-balik sate bola daging yang anda bakar.

Baca juga : 6 Rahasia Cara Memasak Daging agar Empuk & Tak Alot saat Di Masak

Steak Jawa Saus Jamur

olahan daging kurban

Ide alternatif olahan daging kurban berikutnya adalah steak, hmm cobain yuk bikin steak jawa saus jamur. Ide ini menurut saya ok banget, sekalian nambah menu resep andalan untuk keluarga di rumah. Mau tahu cara membuatnya? Ikuti aja resep steak jawa saus jamur berikut ini.

Bahan :

  • 4 sdm Palmia Cooking Margarine Garlic
  • 200 gr daging sapi
  • 100 gr jamur kancing
  • 10 gr bawang bombay
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt kecap manis

Bumbu halus:

  • 10 butir merica
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu perendam :

  • ½ sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • Saus tomat

Pelengkap :

  • 100 gr kentang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Daun selada

Cara membuat steak jawa saus jamur :

  • Rendam daging sapi dengan bumbu perendam.Olesi dengan Palmia Cooking Margarine.Panggang pada teflon datar,sambil diolesi sisa bumbu perendamnya.
  • Sambil menunggu steak matang,tumis bumbu halus ,tuang kecap manis.Masukan jamur kancing dan tomat segar.Tuang larutan tepung maizena aduk angkat.
  • Tata daging sapi yg sudah matang,jamur dan tomatnya.Siram kuah sausnya. Sajikan Steak Jawa Saus Jamur untuk keluarga tercinta.

Baca juga : Olahan Daging Special Ala Restoran, Yuk Buat Sendiri Saat Weekend !


Itulah 5 ide alternatif olahan daging kurban. Sebagai tambahan, untuk jenis daging kambing lebih cocok dijadikan sate, agar sate daging kambing makin mantap cobain resep sate maranggi yang terkenal itu yuks.

olahan daging kurban

Bahan-bahan untuk membuat sate maranggi :

  • Daging 750 gr (beri sedikit campuran lemak).
  • Margarin secukupnya.
  • Kecap manis.

Bahan bumbu halus :.

  • Bawang merah 10 butir.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Ketumbar 1 sdm.
  • Gula merah 6 sdm
  • Jahe 2 iris.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat sate maranggi :

  • Potong-potong daging lalu marinasi dengan bumbu halus ditambah 1 sdm minyak goreng. Diamkan min 2 jam.
  • Tusuk daging dengan tusukan sate.
  • Siapkan piring berisi kecap manis.
  • Panaskan grill pan, olesi margarin. Bakar sate sampai 3/4 matang lalu angkat dan gulingkan ke kecap manis sambil dioles supaya merata.
  • Bakar lagi sebentar sampai matang.
  • Sajikan dengan sambal kecap rawit.
  • Untuk bumbu kuahnya Anda bisa memilih ingin yang rasa pedas atau manis.

Mau Berkurban Tahun Ini? Berikut Tips Memilih Hewan Kurban Yang Baik dan Benar

Setiap 10 zulhijah, kaum muslim di seluruh dunia merayakan hari raya idul adha. Alhamdulillah di tahun 2020 ini, salah satu perayaan besar kamu muslim tersebut akan dilangsungkan pada hari Jum’at 31 juli. Memilih hewan kurban bukanlah sesuatu yang sulit, hal itu dirasakan sebagian besar kaum muslim yang setiap tahunnya berkurban. Lain halnya jika tahun ini adalah tahun pertama Kamu akan berkurban, ngga perlu bingung Kuponers.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih hewan kurban yang baik dan benar. Berpedoman dari Al-qur’an dan Hadits tentunya.

Menyembelih hewan qurban hukumnya sunnah muakkad. Sunnah muakkad berarti ibadah yang dianjurkan “dengan penekanan yang kuat atau hampir mendekati wajib”. Ketentuan mengenai qurban juga tertulis dalam surat Al Quran berikut ini:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), “ (QS. Al-Hajj:34)

Tips memilih hewan kurban yang baik

Pastikan hewan kurban cukup usia

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Hewan kurban yang baik adalah yang cukup usia. Usia yang cukup untuk kambing dan domba yang akan dijadikan hewan kurban adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan Qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Baca juga : Daging Hewan Kurban Tetap Segar dengan Teknik Penyimpanan Ini

Pilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Pada lokasi tempat jual beli hewan kurban biasanya tidak semua hewan memiliki fisik yang sempurna. Kamu perlu memperhatikan dengan jeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut.

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا  وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان ÙŽ

Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, “Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: (1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, (2) sakit dan tampak jelas sakitnya, (3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” Dikeluarkan oleh yang lima (empat penulis kitab sunan ditambah dengan Imam Ahmad). Dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

Memiliki nafsu makan yang baik

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Sapi kurban atau hewan kurban yang sehat, sudah pasti memiliki nafsu makan yang baik pula. Kamu juga bisa menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan calon hewan kurban tersebut. Hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang baik pasti badannya gemuk, warna kulitnya cerah dan mengkilat. Selain itu, moncongnya pun kering tanpa ingus serta gelambir bagian lehernya kempis.

Pilihlah tempat jual beli hewan kurban yang bersih dan terpercaya

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Memilih tempat terbaik untuk membeli hewan kurban adalah salah satu hal yang juga tak kalah penting. Usahakan untuk tidak membeli hewan kurban yang diternak di sekitaran tempat pembuangan sampah, karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Pilihlah hewan kurban yang diternak dilingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

Baca juga : Hari Raya Idul Adha, Momen Tepat Ajarkan Si Kecil Berkurban, Ini Tipsnya!

Sesuaikan dengan kemampuan

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Tips memilih hewan kurban yang terakhir adalah menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Karena pada dasarnya, membeli hewan kurban bukanlah suatu keterpaksaan dan “bukan suatu kewajiban mutlak”, namun keikhlasan serta kerelaan bagi yang mampu.

Pelajari pula aturan pembagian daging hewan kurban. Dalam aturan islam, pembagian hewan kurban terbagi menjadi tiga, yakni  1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain.

Bagi Kuponers yang ingin membeli hewan kurban, perhatikan lebih seksama hewan yang akan dibeli ya. Pastikan hewan yang dibeli memenuhi kriteria hewan Qurban yang baik, sehat, dan sah.

Hari Raya Idul Adha, Momen Tepat Ajarkan Si Kecil Berkurban, Ini Tipsnya!

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha. Bagi Anda yang merayakannya, gunakan momen hari raya kurban ini sebagai saat yang tepat untuk ajarkan anak beribadah kurban. Sebagai orang tua, mungkin Anda sering mendengar pertanyaan anak seperti, “mengapa memotong kambing dan sapi untuk dimakan? Kasihan kan mereka harus di sembelih?” atau pertanyaan semacamnya. Jika si kecil sudah mulai bertanya-tanya tentang hari raya kurban, maka coba tips berikut ini agar Anda bisa juga ajarkan si kecil berkurban.

tips parenting

Tips Ajarkan Anak Berkurban

  • Ajarkan Si Kecil Berbagi: Ajarkan anak tentang hari raya kurban dan hubungkan dengan konsep berbagai. Beritahu si kecil jika berkurban merupakan salah satu cara berbagi kepada sesame atas perintah Sang Maha Pencipta. Dengan menunaikan ibadah kurban, ajarkan si kecil untuk menyisihkan sebagian rejeki untuk membeli hewan kurban. Walaupun uang yang digunakan adalah uang orang tua, tapi Anda bisa jelaskan maksud tersebut, jadi si kecil pun seakan membeli dengan hasil rezekinya.
  • Ungkapan Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta: Tips selanjutnya adalah dengan menjelaskan kepada si kecil bahwa semua rezeki yang didapat berasal dari Sang Pencipta sehingga di hari raya kurban, para umatNya diwajibkan berkurban sebagai bentuk rasa syukurNya. Dengan begitu, si kecil akan melihat hari raya kurban ini sebagai rasa syukur rezeki dan membagi kebahagiaan kepada sesama.
  • Ceriatakan Kisah Nabi: Tak hanya ajarkan si kecil bersyukur dan berbagi, ceritakan juga ia dengan kisah Nabi Ibrahim dan Ismail. Cara ini bisa Anda terapkan jika ia bertanya kenapa kambing dan sapi harus di sembelih. Melalui cerita ini, ia pun akan tahu dari mana asal perayaan hari raya kurab. Dengan cerita yang sarat akan kebaikan dan hikmah, maka ia pun bisa semakin memahami maksud dari hari raya kurban.