Makan Kepiting Seafood Emang Nikmat, Setelahnya Hindari Beberapa Makanan Berikut Ini!

Makan kepiting di restoran seafood emang nikmat banget Kuponers, namun ternyata ada beberapa “pantangan” makanan setelah Kamu mengkonsumsinya lho. Sebelum kita membahas tentang beberapa pantangan tersebut ada baiknya pula Kita berbagi cara makan kepiting yang benar, selain itu ada juga lho bagian kepiting yang tidak boleh dimakan.

Kepiting merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Meskipun terdapat banyak jenis kepiting di dunia ini, namun hanya 5 sampai 10 jenis kepiting saja yang cukup populer di kalangan masyarakat dan beberapa diantaranya dapat dikonsumsi. Jenis kepiting tersebut anatara lain adalah kepiting bakau lumpur, kepiting raja alaska, rajungan, kepiting batu, dan masih banyak lagi.

kepiting

Kepiting sangat enak apabila diolah menjadi kepiting asam manis, kepiting saus tiram dan makanan-makanan olahan kepiting lainnya. Hmmm, ngebayanginnya aja udah menggugah selera, bukan? Buat kamu yang masih awan tentang makanan seafood yang satu ini, berikut akan kami ulas bagaimana cara makan kepiting yang benar.

Persiapan Sebelum Makan Kepiting

cara makan kepiting yang benar

Sebelum kita membahas tentang teknik cara makan kepiting menggunakan tangan yang benar, ada baiknya kita melakukan persiapan. Persiapan ini juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Usahakan untuk menyiapkan meja makan yang cukup luas, bila perlu gunakan koran atau plastik untuk melapisinya. Hal ini untuk menghindari bumbu-bumbu menempel, atau bau amis menempel pada meja. Setelah selesai menyantap makanan, kertas koran atau plastik tadi juga berfungsi untuk membungkus sisa-sisa cangkang.

Gunakanlah pakaian berwarna gelap dan juga gunakan celemek bila perlu. Saat makan kepiting, biasanya bumbu dari makanan tersebut sangat mudah menetes atau terciprat saat kamu membuka cangkang-cangkangnya.

Cukup gunakan tangan, makan kepiting paling nggak cocok jika kamu memakai sendok atau garpu saat menyantapnya. Menggunakan tangan merupakan cara paling aplikatif untuk menikmati kepiting. Jangan lupa gunakan alat pembantu seperti pemecah cangkang yang biasanya disediakan oleh restoran.

Baca juga : Setelah Makan Kepiting di Restoran Seafood, Hindari Makanan Ini – Kemayangan Restoran Gandaria

Cara Makan Kepiting Menggunakan Tangan yang Benar

cara makan kepiting yang benar

Setelah melakukan langkah-langkah persiapan di atas, sekarang waktunya untuk menikmati kepiting. Sebelum menikmatinya, kita harus mengupas cangkang-cangkang dari kepiting ini untuk dapat mengambil dagingnya yang mana tidak mudah untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah cara membuka cangkang kepiting yang benar.

Lepas semua kaki dan capit kepiting.

Gunakan gerakan memutar saat saat melepas kaki-kaki dan capit kepiting, gerakan ini adalah cara termudah. Kemudian masukan pisau yang tumpul ke bagian sendi-sendi kepiting, setelah itu tarik maka akan lebih mudah terlepas. Pada saat menarik kaki dan capit kepiting akan keluar daging kepiting, kamu bisa menikmati daging tersebut. Setelah kaki dan capit terlepas buang kaki kepiting dan pisahkan bagian dalam capi kepiting yang nantinya akan di makan dagingnya.

Balik Kepiting kemudian Cabut Cangkang dan Insang Kepiting

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menggunakan tangan untuk memisahkan bagian atas dengan bagian bawah kepiting. Lalu cabut dan buang cangkang kepiting bagian atas secara perlahan-lahan. Setelah itu, cabut insang kepiting dengan cara memegang kedua sisi cangkang, lalu ambil salah satu potongan kepiting.

Tarik Daging Kepiting

Setelah cangkang kepiting retak, tariklah cangkang kepiting dan tekan ke bawah cangkang kepiting. Setelah itu akan terlihat daging kepiting dari cangkangnya. Gunakan jari tangan kamu untuk menarik daging kepiting. Untuk lebih memudahkan kamu juga bisa menggunakan pisau tumpul.

Nikmatilah Daging Kepiting

Memang memerlukan effort cukup panjang untuk bisa menikmati daging kepiting. Nikmatilah daging pada bagian demi bagian lain dari kepiting. Meski membutuhkan effort yang lebih, namun pastinya, rasa serta pengalaman tidak akan mengecewakan.

Baca juga : TOP 5 Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Setelah atau Saat Menyantap Kepiting

Hindari Makanan Dan Minuman Berikut Saat Mengkonsumsi Kepiting

Setelah puas menikmati daging kepiting, sebisa mungkin untuk mengkonsumsi makanan-makanan ini jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk terjadi pada tubuh. Berikut ini, daftar makanan dan minuman yang sebaiknya jangan kamu konsumsi setelah ataupun saat menyantap menu kepiting.

Buah Kesemek

Buah kesemek mengandung asam tanat, zat ini tentu dapat mengganggu proses pencernaan protein yang kita makan. Asam tanat pada buah kesemek tersebut akan membuat protein dalam daging kepiting menggumpal, sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, apabila sudah terlalu lama di usus, maka akan terjadi pembusukan yang dapat menyebabkan nyeri perut, mual, muntah hingga diare.

Buah Pir

Mengkonsumsi Buah pir saat kamu menikmati seporsi kepiting seafood? Aduh, jangan dicoba deh. Sifat dingin buah pir apabila dimakan bersamaan dengan kepiting dapat melukai limpa lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan. Selain pir, mengkonsumsi makanan lainnya yang bersifat dingin bersamaan dengan kepiting pun tidak baik untuk pencernaan. Selain buah kesemek dan pir, sebaiknya kamu tidak makan buah bersamaan dengan kepiting. Jika ingin makan buah, beri jeda waktu beberapa jam sebelum atau setelah makan kepiting.

Daging Kambing dan Ikan Gabus

Mengkonsumsi daging kambing dan ikan gabus bersamaan dengan kepiting sekaligus juga tidak dianjurkan. Jika dikonsumsi secara bersamaan maka fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing dan ikan gabus akan berkurang. Selain itu juga tidak baik untuk limpa lambung.

minum teh saat makan kepiting

Banyak sekali orang memesan teh untuk menu minuman mereka saat mereka berada di rumah makan. Tapi apabila kamu sedang makan kepiting, sebaiknya jangan pesan teh karena mengkonsumsi teh setelah makan kepiting dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum teh setelah makan kepiting akan melumerkan getah lambung. Dengan begitu fungsi pembasmi kuman pada getah lambung akan menurun sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung. Selain itu, teh mengandung asam tanat yang apabila dikonsumsi bersamaan dengan kepiting akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

Itulah beberapa makanan serta minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah maupun saat mengkonsumsi kepiting.

TOP 5 Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Yeay,, artikel ini khusus kami buat untuk para seafood lovers, lagi hunting menu seafood? Yuk mimin ajak ke sekitaran Jakarta Utara, ada 5 restoran seafood recommended yang wajib kamu icip-icip lho. Udah tahu kan ya, di bilangan Jakarta Utara berjejer bermacam wisata kuliner yang kebanyakan hits abis. Yuk, simak ulasan restoran seafood terbaik yang sajikan hidangan seafood berkualitas di Jakarta Utara!

Restoran Favorit Diskon 90%

Leong Seng Seafood and Dimsum Restaurant

Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Bagi pencinta seafood serta dimsum, Kamu akan menemukan hal yang menarik dari resto Leong Seng Seafood and Dimsum Restaurant ini. Sangat berbeda dari resto manapun dan di hotel manapun, karena restoran ini memiliki pelayanan super ramah. Bahkan hal ini dimulai saat kamu baru memasuki kawasan resto dan memulai parkir, seorang penjaga keamanan akan dengan sigap membantu lalu kemudian membukakan pintu resto dengan disapa layaknya hotal bintang 5.

Meski terbilang cukup berumur, Tapi pelayanan rasa bintang 5 serta rasa makanan sangat super enak dengan daging segar lembut tanpa after taste micin. Selain itu, Kamu wajib banget untuk cobain menu udang fresh dengan sajian sesuai selera. Berlokasi di komplek muara karang blok z4 no 15-17, Pluit Penjaringan Jakarta Utara.

Dapur Seafood

Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Restoran seafood yang berada di kawasan Jl. Pantai Mutiara Blok TG No.7, Penjaringan, Pluit ini, buka setiap hari dari pukul 11.00 – 23.00 WIB. Kamu bisa menikmati hidangan shrimp fried tofu hingga prawn tom yam soup. Restoran seafood enak di Jakarta ini juga menerima pesanan untuk acara pernikahan. Selain itu Kamu juga bisa dapatkan diskon 15% jika kamu sedang berulang tahun, cukup dengan menunjukkan KTP. Tersedia pula paket seafood lunch box dengan harga Rp 35.000 yang bisa delivery order.

Baca Juga : 2 Restoran Seafood Terlezat di Jakarta Utara, Yang Mana Favoritmu?

Cut The Crab PIK

cut the crab pik | Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Berlokasi di Ruko Garden House Blok A No.1A Jl. Boulevard Pantai Indah kapuk, Cut The Crab menghadirkan konsep resto unik khusus kepiting. Di restoran yang buka dari pukul 11.00-23.00 WIB ini, kamu tidak akan menemukan peralatan makan karena konsep resto adalah makan dengan tangan wowwww! Pihak resto hanya akan menyediakan celemek dan sarung tangan khusus.

Ngga perlu khawatir tentang kebersihannya, karena kebersihan resto terjamin dengan meja yang didesain khusus untuk makan kepiting tanpa piring atau pun sendok dan pisau makan. Kamu akan merasakan nikmatnya makan kepiting tanpa perlu takut terkena noda bumbu.

Baca Juga : Hindari 7 Kesalahan Memasak Seafood Ini Untuk Rasa Sekelas Restoran

Seafood Wiro Sableng 212

Seafood Wiro Sableng 212 | Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Tempat makan seafood yang satu ini sengaja menggunakan nama pendekar yang pernah dibuatkan serial TV. Namun, penjualnya bukan si pemeran Wiro Sableng kok (hehehe..) Di tempat makan ini menjual aneka hidangan seafood dengan harga yang bersahabat. Apabila Anda ingin mencoba makanan di Seafood Wiro Sableng 212, jangan lupa untuk memesan menu andalannya yakni kepiting lada hitam dan kerang hijau saus tiram.

Satu lagi keistimewaan Seafood Wiro Sableng 212 adalah tempat ini merupakan tempat makan seafood favorit Presiden Jokowi sekeluarga. Adapun menu favorit dari Bapak Jokowi adalah kepiting saos padang dan kepiting asap. Seafood Wiro Sableng 212 bertempat di Jalan Boulevard Raya Blok QA 3 No. 2, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Bola Seafood Acui

Bola Seafood Acui | Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Melipir lagi ke sebelah utara Jakarta, ada Bola Seafood Acui. Warung seafood kaki lima yang satu ini bisa dijadikan pilihan jika Anda ingin menikmati masakan seafood murah dan enak. Bola Seafood Acui berkomitmen untuk selalu menyajikan seafood segar, sehingga rasa makanan di sini terasa fresh, tidak amis, dan tidak alot.

Berbeda dari warung seafood lain, porsi makanan di sini tergolong cukup besar. Anda harus memesan menu favorit dari tempat ini, yakni kepiting lada hitam, kepiting saos padang, dan udang saos telur asin. Kunjungi Bola Seafood Acui di Food Plaza, Jalan Outer Ring Road, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Bonus spesial untuk TOP 5 Rekomendasi Resto Seafood di Jakarta Utara

Bandar Djakarta Ancol

Jika kamu sedang berada di kawasan Taman Impian Ancol, jangan lupa singgah di Bandar Djakarta Seafood yang ada di Pintu Timur Ancol. Dengan konsep dunia laut, restoran ini telah mendapat predikat Best Seafood Family Resto di Jakarta.

Tersedia menu live& fresh seafood dimana kamu bisa memasak sendiri hasil tangkapan ikannya. Desain resto ini juga tersedia untuk area indoor dan outdoor. Tersedia juga live music setiap akhir pekan pada pukul 19.00 WIB. Hebatnya lagi, setiap hari kamis ada diskon 50% untuk menu-menu khusus yang disediakan oleh restoran. Sangat cocok untuk kamu yang ingin liburan seru dan tetap hemat di kantong.

Buat pecinta seafood, jangan lupa datang ke kawasan Jakarta Utara untuk berburu kulinernya yang lezat ini ya!

Suka Seafood? Kandungan Omega 3 Didalamnya Baik Bagi Tubuh Kita Lho!

Seafood atau makanan laut merupakan salah satu hidangan yang banyak digemari oleh banyak orang. Dengan rasa yang khas dan juga paduan bumbu yang pas, hidangan laut menjadi alternatif pilihan bagi para pecinta kuliner. Ada ragam pilihan panganan laut yang sering dipilih seperti udang, cumi, kerang, ikan bawal, ikan kembung, salmon, dan masih banyak lagi.

Tak hanya memiliki rasa yang lezat, Seafood juga bisa menyehatkan bagi tubuh lho! Ada berbagai manfaat baik yang bisa didapat ketika kita mengkonsumsi makanan laut tersebut. Nah bagi para penggemar Seafood, terdapat suatu kandungan yang baik bagi tubuh lho yaitu Omega 3. Ternyata, kandungan ini bisa memberikan dampak yang bermanfaat dan juga menyehatkan untuk tubuh kita. Penasaran apa saja manfaat sehatnya? Berikut manfaatnya!

 

Baik untuk Regenerasi Sel Tubuh

Regenerasi sel di dalam tubuh tentu menjadi hal yang sangat penting agar tubuh dapat sehat dan juga fungsi-fungsinya dapat bekerja dengan baik. Diketahui bahwa beberapa panganan laut memiliki kandungan yang baik untuk regenerasi pada sel tubuh kita. Hal itu karena di panganan laut tersebut, terdapat kandungan asam lemak Omega 3 yang berfungsi untuk regenerasi tersebut.

Biasanya, kandungan asam lemak Omega 3 dapat ditemui di panganan laut seperti ikan salmon, ikan sarden, danj juga mackerel. Ketiga ikan ini merupakan jenis ikan yang paling banyak mengandung zat tersebut.

 

Baik untuk Kesehatan Jantung

Selain memiliki rasa yang lezat, hidangan laut juga dapat berguna untuk kesehatan jantung kita. Berkat kandungan Omega 3 yang ada pada panganan laut, kita dapat terhindar dari resiko penyakit jantung ataupun stroke lho. Disini, Omega 3 bekerja dengan cara memecah kandungan kolestrol jahat yang berada di dalam tubuh kita. Hasilnya, aliran darah yang akan menuju ke jantung-pun akan menjadi lebih lancer.

 

Menurunkan Gejala Hipertensi

Bagi kamu yang mungkin memiliki gejala darah tinggi atau Hipertensi, maka panganan laut menjadi solusi untuk kamu konsumsi. Panganan laut sendiri berbeda dari daging sapi yang memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Diketahui bahwa panganan laut memiliki jumlah kandungan lemak yang jauh lebih rendah dibanding daging sapi itu sendiri.

Pilihan panganan seafood seperti kepiting, udang, ataupun lobster adalah jawaban untuk kamu yang memiliki gejala Hipertensi pada tubuh. Ketiga panganan tersebut sangat cocok karena memiliki kadar protein yang tinggi dan bisa melawan kolestrol jahat di dalam tubuh.

 

Baik untuk Tulang dan Sendi

Tidak hanya susu yang dapat membuat tulang dan gigi kita menjadi sehat dan kuat, panganan seafood juga bisa melakukan hal yang sama lho! Kandungan asam lemak Omega 3 yang ada pada makanan laut memudahkan pergerakan sendi dan mengurangi kekakuan sendi akibat peradangan.

Selain itu, kandungan vitamin D juga dapat membantu Omega 3 dalam merawat tulang dan juga persendian di dalam tubuh. Ikan salmon dan tuna dipercaya adalah salah satu panganan yang paling baik untuk tulang dan juga sendi.

 

Menjaga Kesehatan Mata

Omega 3 juga berperan penting dalam kesehatan mata kita lho! Menurut penelitian kandungan Omega 3 pada makanan laut dapat meregenarasi sel-sel pada mata yang telah rusak. Rutin mengkonsumsi makanan laut dapat mempercepat regenerasi itu sendiri. Dengan regenerasinya sel pada mata tersebut, maka kesehatan mata dapat terjaga ataupun mata yang minus dapat terobati secara perlahan.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi minyak ikan agar mata tetap terjaga kesehatannya dan juga mata tetap cerah.

 

Meningkatkan Fungsi Otak

Pernah mendengar istilah mengkonsumsi makanan laut dapat membuat pintar? Ternyata, hal itu bisa terjadi secara nyata pada tubuh kita! Lewa asam lemak Omega 3, makanan laut dapat meningkatkan kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan juga docosahexanoic (DHA). Dengan kedua kadar ini, pertumbuhan dan juga kinerja otak akan menjadi lebih optimal.

Makanan laut atau Seafood tak hanya menawarkan rasa yang lezat, namun juga dapat memberikan mafaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Dengan adanya kandungan Omega 3, tubuh akan menjadi terjaga kesehatannya dan juga serta pada fungsi-fungsi bagian tubuh. Jadi, tunggu apalagi? Jangan ragu mengkomsumsi hidangan laut dan dapatkan manfaat sehatnya sekarang!