6 Aktifitas Bareng Si Buah Hati Saat Pandemi Covid-19 Biar Ngga Bosan

Aktifitas bareng si buah hati saat pandemi covid-19 biar ngga bosan, blog.lakupon.com. Belum ada titik terang kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir. Ini merupakan waktu yang sulit bagi semua orang, tidak terkecuali bagi anak-anak. Ditutupnya sekolah-sekolah serta berbagai tempat bermain membuat ruang lingkup aktifitas anak-anak terbatas. Hal ini tentu membuat mereka merasa jenuh jika terus menerus berada di rumah.

Ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi kejenuhan anak-anak di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Contohnya adalah dengan melakukan berbagai aktifitas bemanfaat, ini adalah beberapa ide aktifitas dan juga kerajinan yang bisa Kamu lakukan bareng si buah hati di rumah.

Menggambar, Melukis, atau Mewarnai! Asiknyaa!

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Aktifitas ini merupakan salah satu favorit bagi kebanyakan anak-anak. Kamu bisa mengajak buah hati untuk menggambar, melukis, ataupun mewarnai. Beberapa peralatan yang cukup simpel dan murah membuat aktifitas ini sebagai salah satu prioritas yang layak untuk Kamu coba. Agar lebih menarik dan membuat anak semakin bersemangat, hasil karya kerajinan ini bisa Kamu tempel di dinding lho.

Membuat Balon Bercahaya, wow!

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Buah hati suka banget main balon? Kamu bisa mencoba membuat balon-balon tersebut bercahaya lho. Nah, buat Kamu yang masih belum kebayang gimana cara membuatnya begini nih caranya. Cukup sediakan beberapa balon yang berwarna dan glow stick, kemudian mulailah dengan menekuk glow stick sampai terdengar ‘pop’ dan mulai bersinar. Tiup balon yang sudah disediakan dalam ukuran setengahnya saja dahulu. Lalu masukkan glow stick dengan hati-hati ke dalam balon tanpa mengeluarkan terlalu banyak udara. Glow stick hanya menyala untuk jangka waktu tertentu, biasanya 6 jam. Meski begitu, ini merupakan aktifitas yang bisa membuat malam dengan si buah hati makin bermakna.

Makin Seru Dengan Membuat Origami

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Udah tahu belom? Bermain dan belajar membuat origami ada manfaatnya! Origami sederhana atau seni melipat kertas dari Jepang sangat baik untuk perkembangan motorik anak. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa permainan origami dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi anak. Cukup sediakan kertas lipat dan juga ide-ide origami yang akan Kamu coba. Ada banyak contoh origami dengan berbagai tingkat kesulitan yang berbeda beda, sesuaikan dengan umur buah hati Kamu ya Kuponers.

Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Bagaimana caranya membuat lampu gantung dari kardus bekas? Nah, tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Selanjutnya, siapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot.

Menghias Kamar Anak Dengan Stiker Dan Juga Glow In The Dark

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Merubah tampilan kamar anak sesuai dengan yang mereka inginkan pasti akan sangat menyenangkan. Kamu bisa mengajarkan mereka untuk berkreasi dengan merubah warna tembok sesuai dengan warna kesukaan buah hati, menambahkan gambar tokoh favoritnya baik dengan cat warna ataupun stiker. Serta menambahkan stiker glow in the dark bertemakan ruang angkasa pasti makin membuat mereka makin suka.

Membuat Mainan Dari Barang Bekas

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Banyak barang-barang bekas di rumah, mungkin tidak semuanya harus Kamu buang. Kamu bisa memanfaatkan sebagian besar dari barang-barang bekas tersebut lho. Misalnya saja membuat mainan truk berbahan kardus, membuat mainan pesawat dari bahan botol bekas, dan masih banyak ide kreatif lainnya yang bisa dengan mudah Kamu temukan di berbagai situs di Internet.

Baca juga:

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan, Blog.lakupon.com. Nggak terasa ya Kuponers, Kita sudah menjalani puasa Ramadan sudah satu minggu. Dalam satu minggu ini tentunya Kamu sudah mencicipi berbagai menu hidangan takjil super nikmat saat berbuka bukan? Dalam satu minggu ini seharusnya ada tujuh menu takjil yang sudah kamu nikmati, biar takjilnya ngga melulu yang itu-itu saja. Pada artikel kali ini Mimin mau nebak nih, apa aja sih takjil yang menjadi favorit Kamu saat berbuka puasa di bulan Ramadan? Berikut tebakan mimin selengkapnya.

  1. Kolak
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Setiap orang pasti memiliki hidangan favorit sesuai dengan seleranya masing-masing. Salah satu hidangan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia yang selalu ada di setiap hidangan berbuka puasa adalah kolak. Menu takjil yang satu ini asli buatan Indonesia, bahkan dulu makanan takjil ini digunakan sebagai media penyebaran agama Islam lho.

Kolak sebagai media penyebaran agama Islam bukan tanpa sebab, saat itu masyarakat jawa belum banyak yang memluk agama Islam. Para ulama mencari cara pendekatan yang efektif, yakni dengan sebuah jamuan makanan yang syarat dengan makna. Tidak heran jika kolak biasanya terdiri dari berbagai bahan makanan seperti pisang dan ubi, yang keduanya memiliki arti tersendiri.

Baca juga:

8 Takjil Buka Puasa yang Tak Melulu Kolak untuk Hidangan Keluarga

Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

  1. Kurma
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Perlunya memakan sesuatu yang manis-manis dan cukup menahan rasa lapar dan dahaga. Kebutuhan akan makanan yang manis juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Mengkonsumsi buah kurma sangat jarang pada hari biasanya, namun pada bulan Ramadan buah kurma ini akan banyak dijumpai di berbagai tempat.

  1. Es Buah atau Sop Buah

Resep Es

Butuh yang seger-seger dan kaya akan vitamin saat berbuka puasa menjadikan es buah sebagai salah satu takjil favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Membuat menu takjil yang satu ini juga sangat mudah lho, cukup berbelanja beberapa buah seperti buah naga, alpukat, kolang kaling, papaya, dan berbagai buah lainnya sesuai selera. Kemudian ditambahkan es batu, susu, dan sirup kental untuk menambah rasa manisnya.

  1. Gorengan

gorengan

Gorengan merupakan menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia di saat berbuka. Jika biasanya semua orang berbondong-bondong untuk membeli berbagai aneka gorengan saat ngabuburit tentunya hal itu tidak bisa dilakukan di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Tapi tentu hal ini tidak mengurungkan niatmu untuk menikmati gurihnya gorengan saat berbuka puasa bukan? Kamu bisa membuat aneka gorengan di rumah dengan berbagai citarasa baru yang beda dari biasanya. Cobalah berfantasi dan berekspektasi tinggi, siapa tahu kamu bisa menciptakan menu gorengan baru.

Baca juga:

6 Takjil Buka Puasa Ini Bikin Kamu Bersyukur Kuat Puasa sampai Maghrib!

8 Tips Siapakan Menu Buka Puasa Untuk Diet Agar Berat Badan Turun

  1. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar

Selain kolak, kurma, es buah, dan gorengan, salah satu takjil favorit saat berbuka puasa Ramadan adalah jajanan pasar. Menu yang satu ini sama dengan berbagai menu takjil yang lain, karena biasanya disajikan sebagai takjil atau camilan sebelum menikmati makanan utama. Banyak orang yang menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit dengan berburu jajanan pasar. Meskipun tampak begitu sederhana, namun jajanan pasar tidak kalah menarik untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, harga jajanan pasar juga termasuk murah meriah serta mudah ditemukan. Ada banyak jenis jajanan pasar yang menjadi menu takjil favorit seperti:

  • Kue Lapis
  • Klepon
  • Kue apem
  • Kue lumpur
  • Bika ambon
  • Gemblong ketan hitam
  • Lepet jagung

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna, blog.lakupon.com. Hayo siapa yang lagi puasa dan jam segini udah mulai ngerasain laper dan pengen minum yang seger-seger? Salah satunya, Kamu yah Kuponers? Tahan sebentar lagi yah, tinggal hitungan jam kok! Kamu pasti bisa laluin godaan yang cukup menggiurkan dari abang-abang yang jualan es doger di seberang jalan sana. Puasa Ramadan memang identik dengan menahan lapar dan dahaga, tapi biar kegiatan ibadah puasa ramadan makin sempurna, banyak hal yang bisa kamu lakukan lho minimal 6 kegiatan berikut ini.

1. Membaca Al-Ma’tsurat di Pagi dan Sore Hari

Menjalankan ibadah puasa ramadan di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini pastinya ada sedikit rasa was-was dan juga takut. Selain senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ada baiknya untuk selalu mendekatkan diri dengan Maha Pencipta Allah SWT. Salah satu cara untuk selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya adalah dengan membaca Al-Ma’tsurat di pagi dan sore hari. Hal ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada. Kamu bisa mengucapkan dengan lisan maupun membacanya dalam hati. Selain mengharap segara urusan terasa lancar dan hati tenang, ada pula beberapa keutamaan membaca Al-Ma’tsurat pada pagi dan juga sore hari seperti:

  • Rumah terlindung dari gangguan setan,
  • Dicukupi segala kebutuhan di dunia,
  • Disempurnakan nikmat,
  • Tanda syukur pada Allah,
  • Mendapat keridaan Allah,
  • Dilindungi dari ancaman dan bahaya,
  • Mendapat lebih banyak pahala,
  • Termasuk ahli surga,
  • Dihapus segala kesalahan dan diangkat derajatnya, serta
  • Memperoleh syafaat di hari kiamat.

2. Memperbaiki Shalat

Sudah baligh tapi sering melalaikan kewajiban sholat 5 waktu? Jadikan moment ramadan kali ini sebagai kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut. Jika memang sudah menunaikan shalat 5 waktu, cobalah untuk memperbaiki kualitasnya agar lebih benar dan khusyuk. Jangan lupa untuk menambahkan kuota waktu Kamu untuk mendirikan sholat sunnah, agar ibadah semakin berkah.

Baca juga :

3. Mendirikan Sholat Malam, dan Jangan Tinggalkan Sholat Tarawikh

Sholat tarawikh adalah ibadah yang hanya di lakukan di saat bulan ramadan, maka dari itu jangan sampai kesempatan tersebut kamu sia-siakan begitu saja. Sempatkan pula untuk menunaikan sholat malam atau yang sering disebut juga dengan sholat tahajud. Waktu yang dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam. Tidak ada batasan rakaat untuk menunaikan sholat tahajud, cobalah untuk melakukannya malam ini ya Kuponers.

4. Membaca Al-Qur’an

Jika boleh jujur, mimin sendiri jarang sekali membaca Al-Qur’an pada hari biasanya, mungkin salah satu di antara Kamu yang membaca artikel ini juga seperti mimin. Maka dari itu, ayo jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai waktu yang tepat untuk memulai membaca Al-Qur’an, setidaknya mulai memperbaiki cara bacaannya, setelah itu tingkatkan dengan menghafalkannya, serta mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

5. Memperdalam Pengetahuan Agama

Banyak di antara kita pasti masih awam dengan ilmu pengetahuan agama, biasanya pada bulan puasa ramadan akan banyak kegiatan-kegiatan islami seperti pengajian ataupun kuliah subuh di pagi hari. Namun hal tersebut pastinya akan sangat sulit kita jumpai di saat pandemi covid-19 seperti sekarang. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan ilmu agama seperti dengan membaca buku tentang agama, menyimak acara-acara keagamaan di TV, dn bisa juga dengan menyimak pengajian-pengajian yang ada di media sosial seperti Youtube.

6. Bersedekah

Jika Kamu merupakan salah seorang yang tergolong mampu bila dibandingkan dengan kebanyakan orang lainnya, jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai ajang untuk menambah pahala dengan bersedekah. Bersedekah tidak perlu melimpah, sesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah bersedekah, biasanya Kamu akan merasakan suatu kebahagiaan dalam diri yang tidak bisa kamu ungkapkan dan gambarkan.

Menyempurnakan ibadah puasa di bulan ramadan pastinya sangat bisa kamu lakukan! Yuk mulai dari sekarang.

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dan 4 Semua Pasti Suka!

5 Menu Favorit Saat Berbuka Puasa, No 3 Dn 4 Semua Pasti Suka! Blog.lakupon.com. Saat Bulan Ramadhan, moment berbuka pastinya sangat dinanti oleh semua orang, salah satunya mungkin Kamu yang membaca artikel ini. Saat berbuka, berbagai hidangan lezat yang jarang sekali kita nikmati sehari-hari akan terhampar di meja makan. Tapi awas lho, jangan sampai kalap dan semua menu buka puasa Kamu santap yah, bisa-bisa ngga kuat untuk melaksanakan sholat tarawih karena perut terlalu kenyang. Dari sekian banyak menu saat berbuka puasa, tentu ada beberapa menu makanan yang menjadi favorit bagi Kamu dan keluarga bukan? Berikut adalah beberapa menu favorit yang biasa disajikan saat berbuka puasa.

Kurma

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Menu yang satu ini wajib banget untuk disajikan saat bulan Puasa Ramadhan. Selain karena diannjurkan oleh nabi untuk berbuka puasa dengan menu kurma, ternyata tersibak banyak manfaat kurma bagi kesehatan tubuh lho. Kandungan didalamnya berupa 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian. Manfaat mengkonsumsi kurma saat berbuka adalah memperlancar sistem pencernaan, mencegah resiko diabetes, meningkatkan performa jantung, menjaga kesehatan otak, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Es Kelapa Muda

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Es Kelapa Muda
Menikmati segelas es kelapa muda saat berbuka puasa pasti seger banget. Udah tahu belum manfaat air kelapa muda?

Coba ingat, bagaimana segarnya minum es kelapa muda saat berbuka puasa? Selain es teh manis, minuman yang menjadi menu favorit saat berbuka lainnya adalah es kelapa muda. Air kelapa muda dipercaya sebagai minuman elektrolit yang berfungsi menggantikan cairan tubuh yang hilang saat berpuasa puasa. Air kepala muda disinyalir memiliki kandungan natrium, kalsium, kalium dan magnesium yang melimpah. Air kelapa muda juga dipercaya masyarakat dapat menggantikan cairan infus bagi mereka yang mengalami kekurangan cairan atau “dehidrasi”. Nah alasan-alasan inilah yang akhirnya menjadikan air kelapa sangat baik diminum saat berbuka puasa. Es kelapa muda merupakan menu favorit saat berbuka bagi kebanyakan orang, biasanya penyajian minuman ini ditambahkan sedikit gula merah di dalamnya.

Sop Buah

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Buah
Membuat sop buah sangatlah mudah. Menu yang satu ini wajib banget untuk Kamu sajikan saat berbuka puasa.

Siapa sih yang nggga doyan dengan menu sajian favorit saat berbuka yang satu ini? Sop buah adalah sajian yang dibuat dari berbagai macam jenis buah yang dipadukan menjadi satu. Apa saja yang ada dalam sop buah? Biasanya berupa berbagai macam buah seperti melon, stroberi, anggur, nangka, sirsak, mangga, kelapa muda, dan berbagai jenis buah lainnya. Agar lebih segar biasanya ditambahkan es batu dan juga susu kental manis untuk menambah rasa manis. Tentu dengan campuran buah-buahan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyegarkan tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, memperlancar sistem pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kolak

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Menyantap semangkuk kolak bisa menjadi pilihan takjil alias menu favorit buka puasa yang sehat dan patut Kamu coba saat Ramadhan. Terdapat berbagai jenis kolak yang ada di Indonesia, namun biasanya ada 6 jenis yang menjadi kolak favorit seperti Kolak Pisang, Kolak pacar cina, Kolak durian, Kolak labu kuning, Kolak Ubi, dan Kolak Biji Salak. Dalam sebuah mangkuk kolak biasanya terdiri dari bermacam kombinasi, dijamin bisa membuat Kamu lebih terasa kenyang, agar terhindar dari kalap makan saat berbuka puasa. Tak hanya mengenyangkan, menyantap kolak untuk buka puasa ternyata menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan seperti mengendalikan gula darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga sistem pencernaan, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Sop Ayam

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Sop Ayam
Sop Ayam mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa

Sop ayam bukan cuma enak dan lezat, tetapi juga banyak mengandung nilai gizi yang bagus sekali buat kesehatan sehingga sangat cocok untuk menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Banyak diantara kita yang mungkin menggunakn resep masakan sup ini untuk menyembuhkan gejala sakit flu ringan. Kuahnya yang gurih dan lezat pas sekali untuk santapan bersama nasi putih. Banyak kandungan vitamin, mineral, protein dan lainnya yang bisa kita dapat apabila berbuka puasa dengan sup ayam ini.

Ingin Tetap Berolahraga Selama Puasa? Ini Tipsnya

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang wajib untuk dilakukan oleh kita setiap hari. Dengan melakukan kegiatan olahraga, tubuh akan menjadi sehat serta pikiran pun akan ikut menjadi lebih segar. Selain itu, olahraga pun dapat memberikan semangat positif yang baru setiap harinya bagi diri kita.

Lalu, bagaimana jika sedang waktu berpuasa? Apakah kita menghentikan kegiatan ini agar puasa tidak batal? Waktu berpuasa sendiri dimulai dari waktu subuh hingga sore hari. Dengan demikian, dapat dipastikan bahwa tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan ataupun minuman selama kurang lebih 13 jam lamanya.

Eitts, meskipun sedang berpuasa bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga lho! Ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti agar kalian bisa melakukan kegiatan berolahraga tapi puasapun tetap berjalan seperti biasa. Berikut tips-tipsnya yang bisa kalian simak!

 

Waktu saat berolahraga

Nah, ini salah satu hal yang harus kalian perhatikan untuk melakukan kegiatan olahraga selama berpuasa. Lakukan kegiatan berolahraga disaat sebelum sahur ataupun setelah berbuka puasa. Kalian bisa melakukan olahraga selama 30-60 menit lamanya, tentu itu tergantung dari kondisi tubuh agar tidak merasa lemas atau pusing ketika berolahraga.

 

Pilih tempat olahraga yang sejuk dan nyaman

Setelah sudah mengetahui kapan waktu kegiatan berolahraga yang tepat untuk kita, sekarang kamu dapat mencari tempat olahraga yang cocok untukmu. Hindari melakukan kegiatan olahraga di tempat yang bersuhu panas agar dapat mencegah rasa haus atau dehidrasi.

Cobalah untuk memilih tempat olahraga yang sejuk seperti di taman yang memiliki pepohonan yang rimbun, tempat kebugaran, ataupun pusat kegiatan olahraga yang memiliki pendingin ruangan.

 

Perhatikan makanan saat puasa

Sahur

Makanan tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap memiliki tenaga saat berolahraga dikala sedang puasa. Menentukan pilihan makanan yang tepat menjadi strategi yang tepat agar tidak merasa lemas saat olahraga.

Mengkonsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi menjadi pilihan yang tepat untuk memiliki tenaga ekstra saat berolahraga selama masa puasa.

 

Istirahat yang cukup

Selain pilihan makanan yang tepat, pola istirahat yang cukup berpengaruh pada kondisi tubuh dan terutama saat berolahraga. Memiliki waktu istirahat yang kurang sendiri dapat membuat tubuh menjadi lemas serta kurang bertenaga.

Orang dewasa rata-rata memerlukan waktu tidur kurang lebih sekitar 7 sampai dengan 9 jam per hari. Dengan memiliki waktu istirahat yang cukup, tubuhpun kondisinya tetap terjaga dan juga memiliki tenaga yang cukup untuk olahraga.

 

Pilihlah kegiatan olahraga yang sesuai

Berpuasa memang membuat tubuh kita memiliki tenaga yang lebih terbatas dibanding seperti biasanya. Kegiatan olahragapun juga harus bisa menyesuaikan kondisi tubuh saat sedang puasa. Olahraga ringan menjadi pilihan yang tepat untuk mensiasati sedikitnya tenaga yang ada dikala puasa.

Ada beberapa pilihan olahraga ringan yang bisa kalian lakukan, pilihan-pilhan olahraga tersebut adalah:

– Jogging/Treadmill ringan
– Bersepeda
– Renang
– Jalan cepat
– Yoga

Tubuh sehat dan bugar tentu menjadi impian bagi setiap orang. Walaupun kamu sedang dalam puasa, kegiatan berolahraga tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan agar tubuh tetap sehat selalu. Karena ada pepatah, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat lho!

Nah bagi kalian yang ingin mencari tempat olahraga yang nyaman dan harga yang terjangkau, LaKupon memberikan promo menarik buat kamu yang ingin berolahraga. Yuk check promonya disini dan jangan sampai kehabisan!

Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa

Saat sedang menajalankan puasa, tentu ada hal yang tak luput dari perhatian kita yaitu kesehatan gigi dan mulut. Biasanya, bau mulut akan datang ketika melakukan kegiatan berpuasa.

Bau mulut sendiri dikarenakan oleh tidak adanya makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam mulut untuk beberapa waktu dan hal ini cukup mengganggu bagi beberapa orang.

Untuk mengurangi gejala bau mulut tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan rajin menggosok gigi saat sahur maupun ketika setelah berbuka puasa. Selain itu, pemilihan pasta gigi yang mengandung fluoride menjadi pilihan yang tepat saat menggosok gigi untuk menghilangkan bau mulut tersebut.

Meskipun menggosok gigi adalah cara yang paling mudah untuk merawat gigi dan mulut selama berpuasa, berikut terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan mulut selama masa berpuasa.

 

1. Menyikat gigi hingga meraih semua bagian gigi

Saat menyikat gigi, pastikan semua bagian permukaan gigi dapat tersentuh ketika menyikatnya. Mulai dari permukaan bagian dalam, bagian luar, hingga bagian gigi yang untuk mengunyah.

 

2.  Jangan langsung berkumur

Biasanya setelah kita menyikat gigi, kita akan langsung berkumur untuk membersihan mulut kita. Tetapi saat berpuasa, ada baiknya untuk tidak langsung berkumur sesaat setelah menyikat gigi.

Hal itu dikarenakan saat berkumur, efek zat fluoride pada pasta gigi akan ikut terbuang oleh air dan efek dari pasta gigi itu sendiri akan hilang.

Untuk membuat efek zat fluoride dapat bekerja secara maksimal pada mulut, usahakan untuk menunggu 5 hingga 10 menit setelah menyikat gigi.

 

3. Gunakan obat kumur

Setelah menyikat gigi, penggunaan obat kumur tentu bisa membantu mulut untuk tetap segar dan juga menjaga gigi agar tehindar dari kerusakan sepanjang berpuasa.

Untuk penggunaan obat kumur sendiri, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Agar nafas tetap segar, gunakan obat kumur saat sahur maupun setelah berbuka puasa.

 

4. Periksa kesehatan mulut ke dokter gigi

Mengecek kesehatan mulut seperti gigi tentu menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Gigi berlubang juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Lakukan pengecekan kesehatan gigi dan mulut ke dokter secara rutin agar terhindar dari gejala gigi berlubang ataupun masalah kesehatan mulut lainnya.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa tentu merupakan hal yang cukup penting agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan mulut. Selain itu, masalah bau mulutpun dapat dihindari dengan rajin menyikat gigi secara benar dan juga teratur.

Hal yang patut diperhatikan juga adalah menghindari minuman seperti kopi ataupun teh yang dapat meninggalkan noda pada gigi yang dapat menyebabkan bau mulut. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan serta sayuran dapat mengurangi gejala bau mulut tersebut.

Bagi kalian yang ingin melakukan perawatan gigi dengan harga yang terjangkau, LaKupon memberikan berbagai promo menarik yang sayang kalian lewatkan. Ada berbagai potongan harga yang pastinya cocok untuk kalian untuk membuat gigi kalian menjadi sehat. Penasaran ada promo apa saja? Yuk check promonya DISINI

Mau Kondisi Tubuh tetap Bertenaga Selama Puasa? Konsumsi 3 Makanan ini!

Saat berpuasa, tubuh kita memang membutuhkan banyak membutuhkan nutrisi ataupun asupan sumber gizi lainnya yang dapat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan juga kuat.

Lalu, nutrisi apakah yang sangat dibutuhkan ketika sedang berpuasa dan bisa menjaga tubuh tetap sehat? Apakah karbohidrat yang tinggi? Nyatanya, asupan protein yang bisa membuat tubuh kita tetap bertenaga selama menjalani ibadah puasa lho!

Protein sendiri bisa didapat dari 2 bentuk, yaitu dari protein nabati dan juga protein hewani. Tentu, pilihan selera juga menjadi salah satu aspek yang akan dipilih oleh masyarakat untuk bisa mengkonsumsi jenis asupan gizi tersebut.

Lalu, kira-kira makanan apa saja yang memiliki kandungan protein yang tinggi yang bisa membuat tubuh tetap bertenaga hingga waktu berbuka puasa nanti?

 

  1. Kedelai

Siapa yang tidak tahu dengan bahan makanan yang satu ini? Selain murah dan juga mudah didapat, kedelai juga bisa dibuat menjadi salah satu makanan yang lezat untuk disantap saat berbuka puasa ataupun saat sahut lho.

Kedelai sendiri memang terkenal akan kandungan proteinnya yang tinggi dan juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Dengan berbahan dasar kedelai, kamu bisa mengolahnya menjadi beberapa makanan yang lezat dan juga tetap bergizi seperti tempe, bubur kedelai, sup kedelai, hingga kedelai rebus.

 

  1. Susu

Apakah kalian rutin meminum susu setiap pagi? Kalau kalian rutin mengkonsumsi susu setiap hari, maka dipastikan kebutuhan protein di tubuh kalian akan tetap terjaga.

Selain kedelai, susu juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi lho! Untuk 100 gram susu, terdapat hingga 3,4g (gram) protein di dalamnya. Tak hanya protein yang bisa kamu dapat dalam segelas susu, kandungan lainnya seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin D, hingga Kalsium. Dengan protein-protein ini, cukup membuat dirimu menjadi tetap bertenaga selama berpuasa.

Susu sendiri bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat lho. Sebut saja seperti yoghurt dan juga keju menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu sahur ataupun berbuka puasa kamu dengan keluarga.

 

  1. Ikan

Protein hewani yang satu ini tentu menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat untuk hidangan sahur ataupun untuk buka puasa. Selain lezat dan membuat perut menjadi kenyang, ikan juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh lho!

Di dalam ikan daging ikan sendiri, terdapat total hingga 18% protein yang terkandung di dalamnya. Nutrisi ini juga turut membantu tubuh agar tetap bertenaga selama masa berpuasa. Tak hanya protein, kandungan lainnya yaitu Omega 3 juga ikut menambah kekuatan saat berpuasa. Selain itu, protein yang ada di dalam ikan juga mudah dicerna oleh tubuh kita.

Bagi kalian yang ingin mengkonsumsi ikan, ada banyak ragam masakan yang bisa diolah dengan menggunakan daging ikan. Mulai dari masakan tradisional hingga masakan mancanegara, semuanya bisa diolah menjadi makanan yang lezat dengan daging yang kaya akan protein ini lho.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari berbagai jenis makanan diatas selama masa berpuasa. Selain lezat, tentu makanan-makanan diatas bisa menyehatkan bagi tubuh kita.

Tentunya, asupan gizi tetap perlu diperhatikan selama berpuasa agar kondisi tubuh tetap sehat dan juga bertenaga. Kira-kira, yang mana menjadi makanan favorit kamu untuk berbuka puasa?

Tips Buka Puasa di Restoran agar Dapat Tempat Nyaman

Bulan puasa adalah waktu yang pas untuk quality time bersama keluarga dan teman. Di Bulan ramadhan, banyak mereka atau mungkin termasuk kamu yang merencakanan buka puasa bersama. Hampir setiap minggunya pasti ada saja jadwal untuk buka puasa bersama. Buka puasa bersama sudah seakan menjadi tradisi yang pasti dilakukan masyarakat kita. Namun, beberapa mereka sering juga tak kebagian tempat makan ketika ingin berbuka di restoran tersebut. Nah, berikut ada tips buka puasa bersama di restoran agar lebih nyaman dan dapat tempat.

tips buka puasa
Sumber: google

Tips Saat Puasa untuk Berbuka di Resto

  • Datang lebih awal: Tips bulan ramadhan kali ini untuk berbuka puasa bersama di restoran adalah datang lebih awal. Kamu harus datang sebelum pukul 5 sore.  Jika kamu melebihi waktu tersebut, maka kamu pun akan terluntang-luntang karena hamper semua restoran pasti penuh. Dengan datang lebih awal, maka kamu pun bisa memiliki tempat duduk yang nyaman dan sesuai jumlah orang yang berbuka puasa bersama. Tips saat puasa untuk berbuka di restoran ini wajib kamu praktekkan jika ingin mendapat tempat yang nyaman.
  • Reservasi: Walaupun tak semua restoran menerapkan system reservasi, namun ada juga beberapa yang dapat direservasi terlebih dahulu. Untuk dapat mereservasi di restoran, maka biasanya makanan yang akan di pesan minimal 100ribuan (berbeda dari setiap restoran). Untuk itu, tak ada salahnya menanyakan pada pihak restoran jika bisa di reservasi.
  • Tempat strategis: Tips buka puasa ke restoran selanjutnya adalah memilih tempat makan yang strategis. Memilih tempat makan yang strategis penting sekali karena biasanya jalanan ibu kota akan macet di sore hari, apalagi menjelang berbuka puasa. Pastikan mencari restoran yang mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau umum, terutama bagi kamu mengajak teman dari berbagai wilayah tertentu.
  • Pesan Menu Seragam: Ada tips saat puasa yang ingin berbuka bersama, maka sebaiknya pilihlah menu yang seragam. Tempat yang akan kamu kunjungi pasti akan ramai hingga waiting list. Maka dari itu, dengan memesan menu yang seragam, pesananpun akan lebih cepat sampai. Coba deh praktekkan tips bulan ramadhan untuk berbuka puasa di restoran. Jika kamu bingung mencari restoran untuk berbuka puasa yang enak dan murah, maka kamu bisa kunjungi Lakupon.com. Mulai dari 20ribuan saja, kamu sudah bisa dapatkan makan enak dan murah dengan voucher diskon Lakupon DISINI.