6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini, blog.lakupon.com. Seluruh orang di berbagai negara tidak pernah membayangkan sebelumnya akan datangnya pandemi virus corona. Bahkan tidak hanya di luar negeri saja, masyarakat Indonesia pun dibuat was-was karena pandemic tersebut. Meskipun sebelumnya digembor-gemborkan bahwa virus corona tidak akan menyebar dan mampu bertahan pada iklim Indonesia. Bahkan ada juga beberapa oknum yang menyebutkan tidak perlu panik dan tidak perlu menggunakan masker, karena masker hanya untuk mereka yang sakit. Pada akhirnya mereka-mereka ini menelan ludah sendiri, semua statement yang mereka kemukanan sebelumnya mereka bantah sendiri dari yang mulai tidak perlu panik, virus tidak akan bertahan lama, hingga penggunaan alat pelindung diri seperti masker.

Hmmm, negeri yang aneh bukan? Cukup sudah membahas hal yang kurang perlu tersebut, mari saling menjaga satu sama lain dengan terus berpedoman pada anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan anjuran-anjuran lainnya. Kembali ke pokok bahasan, di saat sekarang ini ternyata ada beberapa hal simple yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan kita akan merasa kangen dibuatnya. Pasti salah satu dari Kamu merasakan hal yang sama, yuk coba inti papa saja 6 hal simple yang mungkin paling dikangenin kamu saat ini.

Buka Puasa Bersama

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Ramadan kali ini sungguh sangat berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan Ramadan sebelumnya. Semua serba terbatas, melakukan ibadah pun sangat terbatas dan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah di rumah saja. Seperti halnya beribadah, buka puasa Bersama alias bukber-pun tidak dianjurkan dilakukan. Padahal moment Ramadan biasanya dijadikan saat-saat yag tepat untuk berkumpul Bersama teman-teman lama. Bahkan kemungkinan besar beberapa diantara Kamu memiliki jadwal bukber yang cukup padat, bukber teman Kuliah, Teman SMA, Teman SMP, Teman SD, hingga Teman TK. Hahaha.

NGabuburit

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Selain Bukber, salah satu kegiatan favorit para muda-mudi pada umumnya di bulan Puasa adalah ngabuburit. Biasanya banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit Bersama rekan sejawat seperti berburu takjil, pengajian sore, atau bahkan sekedar cuci mata. Hal sesimpel ini tentunya bikin kita kangen bukan?

Ngumpul Bareng Teman Kantor

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Hayo, siapa diantara Kamu yang suka banget nongkrong bareng temen-temen kantor? Banyak hal yang bisa dilakukan saat sudah berkumpul Bersama, mulai dari cari tempat makan atau jajanan yang hits, foto-foto selfi, cuci mata, mabar permainan online, hingga membicarakan orang lain. Iya ngga sis? Haha pasti moment yang begini cukup bikin kamu kangen ngantor lagi bukan? Bukan karena pekerjaannya, tapi karena bisa kumpul-kumpul ngga jelas itu.

Nonton Konser

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Demen banget nonton konser secara live? Pasti saat ini Kamu sedang merasaknnya, saat pandemic virus corona ini beberapa pagelaran konser yang cukup besar terpaksa dibatalkan karena alas an keamanan dan memutus rantai penyebaran virus corona. Hal ini bukan tanpa sebab, karena pada umumnya pagelaran konser akan menjadi daya Tarik yang kuat untuk semua umur dan kalangan.

Nonton Bola Di Stadion Tercinta

6 hal simple yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Gegara pandemic virus corona ini, banyak pecinta sepak bolah dibuat kehilangan taringnya riuh serta keramaian yang biasanya terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola sudah tidak ada lagi.

Naik Gunung

naik gunung

Suka dengan petualangan, mungkin untuk memenuhi kebutuhan petualang Kamu dengan melakukan pendakian gunung harus ditunda terlebih dulu. Urungkan niat demi keselamatan diri, memang benar akan sangat jarang bertemu dengan orang lain saat melakukan pendakian gunung. Akan tetapi siapa sangka jika dalam pendakian tersebut Kamu secara tidak sengaja bertemu dengan orang lain yang ternyata sudah terpapar virus corona.

Nge-Mall

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Siapa sih anak kota yang ngga doyan nge-mall, terlebih virus corona di Indonesia Sebagian besar terjadi di ibukota Jakarta. Banyak warga Jakarta yang akhirnya gigit jari dan memilih untuk berdiam diri di rumah daripada bepergian ke mall yang sudah jelas kurang dari segi keamanannya karena biasanya mall-mall ramai dikunjungi orang.

Baca juga :

Makanan Ringan Kekinian Hits Yang Cocok Disantap Saat Ramadan

Makanan Ringan Kekinian Hits Yang Cocok Disantap Saat Ramadan

Dalam menyambut bulan Ramadan, pastinya ada berbagai hal yang sudah ditunggu-tunggu oleh setiap masyarakat. Berbagai hal seperti beribadah bersama, berburu takjil, hingga menikmati sajian-sajian lezat yang khas Ramadan adalah beberapa contoh hal yang tentunya tidak akan terlewatkan saat bulan yang suci tiba.

Biasanya, berbagai makanan yang pas saat Ramadan seperti dan biasanya diburu para penikmat kuliner yang ada seperti Kolak, Es Timun Suri, Bubur Kampiun, Sate Susu, dan aneka makanan lainnya adalah contoh-contoh hidangan yang selalu dinikmati ketika bulan Ramadan telah tiba di tengah-tengah masyarakat.

Namun dari berbagai makanan yang ada tersebut, saat ini telah berkembang aneka macam makanan ringan kekinian yang hits dalam mengikuti perkembangan zaman yang ada lho! Makanan-makanan kekinian tersebut tentunya sedang digandrungi oleh anak muda maupun masyarakat secara umumnya karena rasanya yang khas, unik, dan juga teksturnya yang khas. Selain itu, beragamnya pilihan varian rasa yang bisa dipilih oleh para penikmatnya juga menjadi kelebihan yang dapat diterima oleh masyarakat agar bisa menikmatinya.

Lalu makanan ringan kekinian apa saja yang bisa dinikmati dan cocok untuk disantap saat berbuka puasa di bulan Ramadan tiba? Setidaknya ada beberapa makanan ringan kekinian yang pas untukmu yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga maupun teman-temanmu saat berbuka puasa lho! Lantas, apa sajakah makanan ringan kekinian yang cocok untuk dinikmati di bulan Ramadan ini dan khususnya saat berbuka puasa? Berikut pilihan makanan ringan kekiniannya yang bisa dipilih untuk disantap saat tersebut.

 

Baca juga artikel lainnya disini: Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan

 

Sotang

Makanan Ringan Kekinian Hits Yang Cocok Disantap Saat Ramadan

Pernah mendengar istilah Sotang? Ya, Sotang merupakan sebuah makanan ringan yang berasal dari perpaduan dua bahan makanan yaitu sosis dan kentang. Sotang merupakan makanan kekinian yang khas dengan cita rasanya yang disukai oleh semua kalangan lho! Jika dilihat secara fisik, cemilan ini terlihat seperti cemilan Corn Dog yang berasal dari negeri Amerika Serikat. Jika Corn Dog adalah sosis yang dibalur dengan lapisan tepung renyah, maka Sotang adalah sosis yang dibalur dengan kentang goreng gurih.

Sotang populer pertama kali di Korea Selatan dan kemudian menyebar di seluruh dunia hingga pada akhirnya dikenal oleh masayarakat Indonesia. Disana, cemilan Sotang ini dikenal dengan sebutan nama Kogo oleh masyarakat Korea Selatan.

 

Martabak Kekinian

Makanan Ringan Kekinian Hits Yang Cocok Disantap Saat Ramadan

Biasanya, martabak versi umumnya hanya memiliki varian standard seperti martabak manis yang mempunyai topik coklat, keju, kacang, maupun susu ataupun martabak telur yang khas dengan daging, daun bawang, dan juga saus sebagai pelengkapnya.

Tapi, bagaimana jika kamu merasa bosan dengan varian martabak yang itu-itu saja? Tenang, karena pada saat ini martabak sudah berkembang mengikuti zaman dan muncul varian-varian lainnya yang kekinian lho! Sebut saja ada martabak matcha green tea, martabak dark chocolate, martabak nutella, martabak ovomaltine, dan masih banyak lagi varian lainnya yang bisa dipilih oleh para pelanggan sehingga cocok untuk dinikmati saat berbuka puasa bersama dengan keluarga maupun teman-temanmu.

 

Salad Buah

Makanan Ringan Kekinian Hits Yang Cocok Disantap Saat Ramadan

Buah merupakan salah satu makanan yang penting untuk dikonsumsi agar tubuh kita dapat tetap sehat dan bugar karena terpenuhinya kebutuhan vitamin di dalam tubuh, terutama saat di bulan Ramadan. Jika dulu mengkonsumsi buah hanya sebatas dengan buah segar tersebut, kini buah disulap menjadi sebuah makanan ringan yang kekinian hingga memiliki cita rasa manis yang sayang untuk dilewatkan lho!

Saat ini, cemilan buah yang kekinian itu adalah Salad Buah. Dibuat dengan campuran potongan aneka buah seperti melon, strawberry, anggur, kiwi, jeruk dan dipadukan dengan susu serta keju ini membuat rasa manis yang gurih. Selain menyehatkan, Salad Buah juga dapat menyegarkan tubuh saat berpuasa.

 

Baca juga artilek lainnya disini: Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

 

Menikmati makanan kekinian yang khas saat Ramadan tentunya dapat memberikan kenikmatan tersendiri dalah meyambut bulan yang suci ini. Selain itu, makanan yang sedang hits tersebut tentunya bisa dinikmati bersama dengan orang-orang tersayangmu yaitu dengan keluarga dirumah ataupn dengan teman-teman terdekatmu. Jadi, kebayang dengan rasa manis dan juga gurih dari makanan yang satu ini? Sudah siap untuk dinikmati saat berbuka puasa dengan orang-orang tersayangmu?

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan, Blog.lakupon.com. Nggak terasa ya Kuponers, Kita sudah menjalani puasa Ramadan sudah satu minggu. Dalam satu minggu ini tentunya Kamu sudah mencicipi berbagai menu hidangan takjil super nikmat saat berbuka bukan? Dalam satu minggu ini seharusnya ada tujuh menu takjil yang sudah kamu nikmati, biar takjilnya ngga melulu yang itu-itu saja. Pada artikel kali ini Mimin mau nebak nih, apa aja sih takjil yang menjadi favorit Kamu saat berbuka puasa di bulan Ramadan? Berikut tebakan mimin selengkapnya.

  1. Kolak

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Setiap orang pasti memiliki hidangan favorit sesuai dengan seleranya masing-masing. Salah satu hidangan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia yang selalu ada di setiap hidangan berbuka puasa adalah kolak. Menu takjil yang satu ini asli buatan Indonesia, bahkan dulu makanan takjil ini digunakan sebagai media penyebaran agama Islam lho.

Kolak sebagai media penyebaran agama Islam bukan tanpa sebab, saat itu masyarakat jawa belum banyak yang memluk agama Islam. Para ulama mencari cara pendekatan yang efektif, yakni dengan sebuah jamuan makanan yang syarat dengan makna. Tidak heran jika kolak biasanya terdiri dari berbagai bahan makanan seperti pisang dan ubi, yang keduanya memiliki arti tersendiri.

Baca juga:

8 Takjil Buka Puasa yang Tak Melulu Kolak untuk Hidangan Keluarga

Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

  1. Kurma

Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Perlunya memakan sesuatu yang manis-manis dan cukup menahan rasa lapar dan dahaga. Kebutuhan akan makanan yang manis juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Mengkonsumsi buah kurma sangat jarang pada hari biasanya, namun pada bulan Ramadan buah kurma ini akan banyak dijumpai di berbagai tempat.

  1. Es Buah atau Sop Buah

Resep Es

Butuh yang seger-seger dan kaya akan vitamin saat berbuka puasa menjadikan es buah sebagai salah satu takjil favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Membuat menu takjil yang satu ini juga sangat mudah lho, cukup berbelanja beberapa buah seperti buah naga, alpukat, kolang kaling, papaya, dan berbagai buah lainnya sesuai selera. Kemudian ditambahkan es batu, susu, dan sirup kental untuk menambah rasa manisnya.

  1. Gorengan

gorengan

Gorengan merupakan menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia di saat berbuka. Jika biasanya semua orang berbondong-bondong untuk membeli berbagai aneka gorengan saat ngabuburit tentunya hal itu tidak bisa dilakukan di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Tapi tentu hal ini tidak mengurungkan niatmu untuk menikmati gurihnya gorengan saat berbuka puasa bukan? Kamu bisa membuat aneka gorengan di rumah dengan berbagai citarasa baru yang beda dari biasanya. Cobalah berfantasi dan berekspektasi tinggi, siapa tahu kamu bisa menciptakan menu gorengan baru.

Baca juga:

6 Takjil Buka Puasa Ini Bikin Kamu Bersyukur Kuat Puasa sampai Maghrib!

8 Tips Siapakan Menu Buka Puasa Untuk Diet Agar Berat Badan Turun

  1. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar

Selain kolak, kurma, es buah, dan gorengan, salah satu takjil favorit saat berbuka puasa Ramadan adalah jajanan pasar. Menu yang satu ini sama dengan berbagai menu takjil yang lain, karena biasanya disajikan sebagai takjil atau camilan sebelum menikmati makanan utama. Banyak orang yang menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit dengan berburu jajanan pasar. Meskipun tampak begitu sederhana, namun jajanan pasar tidak kalah menarik untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, harga jajanan pasar juga termasuk murah meriah serta mudah ditemukan. Ada banyak jenis jajanan pasar yang menjadi menu takjil favorit seperti:

  • Kue Lapis
  • Klepon
  • Kue apem
  • Kue lumpur
  • Bika ambon
  • Gemblong ketan hitam
  • Lepet jagung

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna, blog.lakupon.com. Hayo siapa yang lagi puasa dan jam segini udah mulai ngerasain laper dan pengen minum yang seger-seger? Salah satunya, Kamu yah Kuponers? Tahan sebentar lagi yah, tinggal hitungan jam kok! Kamu pasti bisa laluin godaan yang cukup menggiurkan dari abang-abang yang jualan es doger di seberang jalan sana. Puasa Ramadan memang identik dengan menahan lapar dan dahaga, tapi biar kegiatan ibadah puasa ramadan makin sempurna, banyak hal yang bisa kamu lakukan lho minimal 6 kegiatan berikut ini.

1. Membaca Al-Ma’tsurat di Pagi dan Sore Hari

Menjalankan ibadah puasa ramadan di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini pastinya ada sedikit rasa was-was dan juga takut. Selain senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ada baiknya untuk selalu mendekatkan diri dengan Maha Pencipta Allah SWT. Salah satu cara untuk selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya adalah dengan membaca Al-Ma’tsurat di pagi dan sore hari. Hal ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada. Kamu bisa mengucapkan dengan lisan maupun membacanya dalam hati. Selain mengharap segara urusan terasa lancar dan hati tenang, ada pula beberapa keutamaan membaca Al-Ma’tsurat pada pagi dan juga sore hari seperti:

  • Rumah terlindung dari gangguan setan,
  • Dicukupi segala kebutuhan di dunia,
  • Disempurnakan nikmat,
  • Tanda syukur pada Allah,
  • Mendapat keridaan Allah,
  • Dilindungi dari ancaman dan bahaya,
  • Mendapat lebih banyak pahala,
  • Termasuk ahli surga,
  • Dihapus segala kesalahan dan diangkat derajatnya, serta
  • Memperoleh syafaat di hari kiamat.

2. Memperbaiki Shalat

Sudah baligh tapi sering melalaikan kewajiban sholat 5 waktu? Jadikan moment ramadan kali ini sebagai kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut. Jika memang sudah menunaikan shalat 5 waktu, cobalah untuk memperbaiki kualitasnya agar lebih benar dan khusyuk. Jangan lupa untuk menambahkan kuota waktu Kamu untuk mendirikan sholat sunnah, agar ibadah semakin berkah.

Baca juga :

3. Mendirikan Sholat Malam, dan Jangan Tinggalkan Sholat Tarawikh

Sholat tarawikh adalah ibadah yang hanya di lakukan di saat bulan ramadan, maka dari itu jangan sampai kesempatan tersebut kamu sia-siakan begitu saja. Sempatkan pula untuk menunaikan sholat malam atau yang sering disebut juga dengan sholat tahajud. Waktu yang dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam. Tidak ada batasan rakaat untuk menunaikan sholat tahajud, cobalah untuk melakukannya malam ini ya Kuponers.

4. Membaca Al-Qur’an

Jika boleh jujur, mimin sendiri jarang sekali membaca Al-Qur’an pada hari biasanya, mungkin salah satu di antara Kamu yang membaca artikel ini juga seperti mimin. Maka dari itu, ayo jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai waktu yang tepat untuk memulai membaca Al-Qur’an, setidaknya mulai memperbaiki cara bacaannya, setelah itu tingkatkan dengan menghafalkannya, serta mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

5. Memperdalam Pengetahuan Agama

Banyak di antara kita pasti masih awam dengan ilmu pengetahuan agama, biasanya pada bulan puasa ramadan akan banyak kegiatan-kegiatan islami seperti pengajian ataupun kuliah subuh di pagi hari. Namun hal tersebut pastinya akan sangat sulit kita jumpai di saat pandemi covid-19 seperti sekarang. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan ilmu agama seperti dengan membaca buku tentang agama, menyimak acara-acara keagamaan di TV, dn bisa juga dengan menyimak pengajian-pengajian yang ada di media sosial seperti Youtube.

6. Bersedekah

Jika Kamu merupakan salah seorang yang tergolong mampu bila dibandingkan dengan kebanyakan orang lainnya, jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai ajang untuk menambah pahala dengan bersedekah. Bersedekah tidak perlu melimpah, sesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah bersedekah, biasanya Kamu akan merasakan suatu kebahagiaan dalam diri yang tidak bisa kamu ungkapkan dan gambarkan.

Menyempurnakan ibadah puasa di bulan ramadan pastinya sangat bisa kamu lakukan! Yuk mulai dari sekarang.

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Saat-saat seperti sekarang ini, tentunya masalah kesehatan adalah salah satu hal yang sangat penting dan juga dijaga oleh setiap kita. Pada sekarang ini, penyebaran berbagai partikel-partikel jahat yang dapat mengganggu kesehatan kita seperti kuman, bakteri, maupun virus, adalah beberapa contoh hal yang sangat menjadi perhatian bagi kita. Partikel yang kecil dan juga kasat mata ini memang bisa memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan kita. Salah satu virus yang menjadi perhatian secara menyeluruh bagi kita semua adalah virus Corona atau yang biasa dikenal dengan sebutan COVID-19.

Virus Corona atau COVID-19 ini merupakan salah satu jenis virus baru yang penyebarannya sudah sangat masif di tengah-tengah masyarakat, baik dalam masyarakat Indonesia maupun bagi masyarakat dunia. Adanya penyebaran virus Corona yang sangat cepat tentunya memberikan dampak yang sangat besar bagi roda kehidupan masyarakat. Sebut saja dari segi perekonomian, wisata, pendidikan, hingga kegiatan masyarakat menjadi terganggu akibat virus ini. Di Indonesia sendiri, virus Corona juga memberikan dampak yang signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia dan terutama ketika dalam menyambut bulan Ramadan yang telah tiba.

Dengan adanya virus Corona (COVID-19) yang ada saat ini, pemerintah sampai mengeluarkan aturan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang berimbas pada aktivitas masyarakat itu sendiri. Khusus di bulan Ramadan ini, tentunya akibat kebijakan pemerintah tersebut memberikan dampak dan masyarakat merasakan adanya perbedaan dibandingkan dalam merayakan bulan Ramadan yang suci ini. Dampak yang terasa di kalangan masyarakat yang paling dirasakan adalah sepinya aktivitas-aktivitas yang khas dalam bulan Ramadan.

Akibat dampak yang dirasakan tersebut, pastinya masyarakat merindukan beberapa hal yang  biasanya dilakukan atau didapati kini tidak dilakukan. Dengan begitu, masyarakat seakan rindu dengan berbagai hal dalam nuansa Ramadan yang kini tidak ada. Lantas, apa sajakah hal-hal yang dirindukan oleh masyarakat pada saat ini dikala bulan Ramadan saat sedang berjuang melawan virus Corona?

Bukber atau Buka Bersama

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Inilah salah satu tradisi kegiata yang hilang selama Ramadan akibat adanya virus Corona. Akibat adanya aturan PSBB serta Social Distanscing, masyarakat seakan berjaga jarak dengan masyarakat lainnya agar tidak terpapar virus tersebut. Adanya aturan tersebut juga pastinya berdampak dengan kegiatan Bukber atau Buka Bersama yang biasanya senantiasa menemani masyarakat ketika bulan Ramadan tiba.

Momen berkumpul bersama, menikamti aneka hidaingan yang khas, berdoa bersama, hingga canda tawa ceria yang ada pada nuansa Bukber bersama dengan dengan keluarga ataupun teman-teman seakan absen pada Ramadan tahun ini. Meskipun begitu, Bukber juga bisa dilakukan bersama dengan keluarga dirumah lho, sehingga tetap bisa merasakan hangatnya kebersamaan yang khas di bulan Ramadan dan sedikit mengobati rasa rindu dalam kegiatan Bukber.

Salat Berjamaah di Masjid

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Selain kegiatan bukber, kegiatan lainnya serasa hilang pada saat Ramadan kali ini adalah melaksanakan ibadah salat berjamaah di masjid. Melaksanakan ibadah Salat bersama-sama dengan orang-orang terkasih saat bulan Ramadan tentunya merupakan hal yang wajib dilakukan ketika bulan yang suci ini tiba. Esensi dari Ramadhan sendiri seakan tidak mungkin terlepas dengan ibadah Salat yang suci bersama dengan orang-orang tersayangmu agar bisa mendapatkan perlindungan, keberkahan, dan juga pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Dengan adanya virus Corona ini, kegiatan Salat berjamaah pun ikut absen untuk mengikuti anjuran pemerintah yang menerapkan Social Distancing demi memutuskan mata rantai virus ini. Biasanya  masjid-masjid menjadi penuh karena masyarakat beribadah bersama-sama ketika bulan yang suci ini tiba, namun akibat adanya anjuran dari pemerintah untuk beribadah secara mandiri diirumah, keramaian dari masjid seakan absen dan kehangatan dari beribadah bersama pun seakan dirindukan oleh masyarakat.

Baca juga artikel lainnya disini: Ini Dia 5 Tips Ramadan Saat Corona Yang Wajib Diikuti

Ngabuburit

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Siapa yang suka melakukan kegiatan ini? Kegiatan yang seru dan juga selalu dinanti ketika bulan Ramadan tiba ini ini pastinya menjadi sebuah ciri khas tersendiri dalam menyambut bulan yang suci ini. Kegiatan ngabuburit biasanya dapat dilakukan berbagai hal seperti jalan-jalan, nongkrong di taman, bercengkerama, berburu takjil, hingga mendatangi pasar kuliner. Selain itu, ngabuburit juga bila melakukan beberapa hal dalam konteks keagamaan seperti mengaji ataupun mendengarkan ceramah.

Dengan adanya anjuran dari pemerintah akibat adanya penyebaran virus Corona, kegiatan ini pun seakan tidak seramai seperti bulan Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya, masyarakat seakan rindu dengan keramaian dan keseruan dari kegiatan ngabuburit yang biasanya turut meramaikan di hari puasa.

Sahur On The Road (SOTR)

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Buat kamu seorang Bikers atau senang berkuumpul bersama dengan teman-temanmu pasti sudah tidak asing dengan kegiatan yang satu ini. Sahur On The Road atau SOTR merupakan sebuah  kegiatan yang dilakukan ketika berbuka puasa di waktu pagi hari. Selain berbuka puasa di pagi hari, SOTR juga bisa dilakukan dengan membagikan makanan kepada orang-orang yang membutuhkan lho sehingga bisa mendapatkan pahala yang baik di bulan yang suci ini.

Namun sayangnya, kegiatan yang seru dan penuh berkah ini pun seakan hilang akibat adanya penyebaran COVID-19. Selain itu, anjuran dari pemerintah yang melarang adanya aktivitas berkumpul di tengah kerumunan juga membuat kegiatan ini tidak hadir dalam perayaan Ramadhan pada tahun ini.

Baca juga artikel lainnya disini:  Ramadhan Tiba, Senangnya! Ini Panduan Lengkap Beribadah Dari Kemenag

Berburu Takjil

Ramadan Saat Corona? Inilah Beberapa Kegiatan Yang Hilang dan Dirindukan!

Tidak lengkap rasanya ketika menyambut bulan Ramadhan jika tidak ada takjil. Takjil biasanya merupakan berbagai macam makanan yang akan disantap nantinya ketika berbuka puasa. Aneka ragam makanan yang manis, gurih, menyegarkan, dan tentunya mengenyankan adalah  alasan mengapa takjil begitu lekat saat bulan puasa tiba. Dengan adanya takjil, keseruan untuk berburu takjil bersama torang-orang tersayangmu seakan tidak boleh absen sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Namun pada saat sekarang ini, para penjual takjil pun sedikit dan tidak sebanyak seperti Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya akibat adanya virus Corona yang memaksa pemerintah untuk mengeluarkan himbauan untuk tidak keluar rumah dan melakukan social distancing. Dengan adanya hal tersebut, berburu takjil seakan dirindukan keseruannya oleh masyarakat.

Memang Ramadan tahun ini tidak semeriah ataupun seramai seperti sebelum-sebelumnya akibat adanya virus Corona (COVID-19) yang menyebar secara masif di tengah-tengah masayrakat. Meskipun begitu, kita harus tetap merayakan bulan yang suci dan penuh berkah ini dengna rasa bersyukur serta penuh hikmad dikala masa seperti sekarang ini. Tetap menjaga kebersihan, ikuti anjuran dari pemerintah dan lindungi orang yang kita sayangi agar bisa merayakan bulan Ramadan yang penuh berkah serta baik ini. Semoga Ramadan ini dapat memberikan berkah, kesehatan, dan juga perlindungan agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik di hari-hari berikutnya.

Ini Dia 5 Tips Ramadan Saat Corona Yang Wajib Diikuti

Tips Ramadan saat corona – Wabah corona diperkirakan masih terus bergulir sampai bulan Ramadan tiba. Seperti kita ketahui, virus corona saat ini adalah virus yang ditakuti oleh seluruh umat Manusia di dunia. Bahkan sudah menelan ribuan korban di Indonesia khususnya. Inilah yang memicu semua aktivitas manusia dibatasi, tidak terkecuali dalam melaksanakan ibadah bulan suci Ramadhan mendatang.

Sebenarnya tidak hanya pembatasan ibadah semata, semua aktivitas yang biasanya melibatkan kerumunan atau banyak orang, sekarang ini dibatasi untuk sementara waktu sampai wabah corona berakhir. Dalam menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi akan berlangsung, semua umat Muslim juga dianjurkan untuk tetap menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit sekaligus mencegah virus corona masuk ke dalam tubuh.

Tips Ramadan Saat Corona

Menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan di tengah-tengah situasi sekarang ini mungkin akan berbeda, terlebih dengan semakin meningkatnya korban yang berjatuhan akibat terserang wabah Covid 19. Berikut beberapa persiapan beribadah puasa Ramadhan saat corona, diantaranya :

1.      Beribadah di Rumah

Seperti kita ketahui, bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang tepat untuk menjalankan serangkaian ibadah demi mendekatkan diri kita kepada Allah Swt. Akan tetapi, di tengah-tengah wabah Corona yang melanda dunia saat ini, justru melakukan ibadah shalat berjamaah bersama-sama di Masjid tidak diperbolehkan.

ibadah dirumah

Mengingat penularan virus Corona yang semakin tidak terkendali, demi meminimalisir korban yang terpapar virus akibat bersentuhan dengan pasien positif Corona, Fachrul  Razi selaku Menteri Agama telah menerbitkan edaran supaya masyarakat tidak melakukan shalat tarawih bersama di Masjid, melainkan beribadah di rumah masing-masing.

2.      Istirahat yang Cukup

Selain melakukan social distancing atau physical distancing, kita juga harus tetap menjaga daya imun tubuh agar tetap kuat dengan tidur yang cukup. Bagi orang yang tidur teratur, biasanya daya imun akan tetap terjaga, sehingga bisa turut mencegah penyebaran dan masuknya virus mematikan tersebut. Sebagai solusinya agar waktu istirahat cukup, sebaiknya usahakan untuk tidur tepat waktu atau lebih awal sebelum sahur.

istirahat cukup

3.      Menjaga Asupan Nutrisi Makanan

Selain tidur teratur, menjalankan ibadah lebih khusyu’ saat Ramadhan sekaligus demi mencegah penyebaran virus corona, Anda tetap harus menjaga asupan makanan yang bergizi. Mnejaga asupan gizi pada makanan penting sekali untuk diperhatikan. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi saat sahur.

nutrisi-makanan-lengkap

Jangan lupa selalu menyertakan buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin. Hal ini dilakukan agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah sakit. Imbasnya, virus corona pun enggan menyambangi tubuh Anda.

4.      Hindari Aktivitas di Luar Rumah Terlebih Dahulu

Tidak hanya menjalankan ibadah berjamaah yang dilarang, tetapi aktivitas yang tak begitu penting di luar rumah juga sebaiknya dihindari. Baik untuk acara-acara yang melibatkan banyak orang, seperti buka bersama, maupun bertemu dengan teman-teman atau kerabat, sebaiknya di tahan terlebih dahulu. Meskipun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa bersilaturahmi. Silaturahmi tetap bisa dijaga dengan cara memanfaatkan teknologi digital seperti sekarang, yaitu dengan melakukan video call atau saling menelepon.

5.      Persiapkan Stok Makanan Secukupnya

Mencari makanan untuk berbuka puasa di luar rumah mungkin kini bukan aktivitas yang perlu dilakukan. Sebaiknya hindari terlebih dahulu acara-acara seperti ngabuburit, atau mencari makanan di luar saat masa pandemi sekarang ini. Pastikan Anda selalu menyetok makanan di rumah dengan cukup untuk mengurangi keperluan pergi ke luar rumah.

stok makanan

Meskipun demikian, bukan berarti Anda harus menyetok makanan di rumah sebanyak-banyaknya. Tetap bijaksana menyikapi hal ini. Jangan terlalu banyak menimbun makanan, dan pastikan untuk selalu mengingat orang lain di luaran sana yang membutuhkan.

6.      Cukupi Asupan Vitamin D dengan Berjemur

Salah satu tips puasa saat corona lainnya ialah tetap berjemur di pagi hari, setidaknya 10-15 menit, bisa dimulai dari jam 08.00 sampai jam 09.30 agar Anda mendapatkan kecukupan vitamin D, yang bisa meningkatkan daya imun tubuh tetap baik.

berjemur matahari

Itula 5 tips Ramadan saat corona, mungkin bulan puasa kali ini kita akan merasakan suasana yang berbeda, tapi demi mencegah dan melawan wabah virus corona, sebaiknya kita ikuti aturan-aturan di atas terlebih dahulu. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit dan tetap dapat menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan dengan nyaman dan tenang!