5 Ide Alternatif Olahan Daging Kurban, Siap-siap Rebutan Saat Idul Adha Tiba!

olahan daging kurban

Halo sobat Kuponers, ngga terasa ya perayaan hari besar Idul Adha tinggal menghitung hari. Hayo ngaku, siapa diantara Kamu yang merasa sudah mampu dan mapan tapi belum membeli hewan kurban? Selain itu, udah ada ide olahan daging kurban seperti apa yang akan Kamu masak? Tenang, berikut adalah beberapa ide alternatif olahan daging kurban yang bisa banget untuk ditiru.

Idul Adha tahun ini akan jatuh pada hari Jum’at 31 Juli 2020, kira-kira Kamu akan dapat daging kurban seberapa banyak? Dalam beberapa kasus, dalam satu keluarga bisa saja mendapatkan banyak jatah daging kurban lho. Kok bisa? Sobat Kuponers ada yang tahu alasannya nggak?

Saat perayaan Idul Adha, ada beberapa hal yang biasanya lumrah Kamu jumpai pedagang arang, batok kelapa, kipas dari anyaman bambu, hingga tusuk sate di pinggiran jalan. Tentunya perayaan ini menjadi salah satu momen bahagia bagi seluruh kalangan. Daging kurban baik itu daging kambing atau sapi umumnya diolah menjadi menu rendang, gulai, soto, ataupun sate.

Bosan dengan olahan daging kurban yang itu-itu saja? Mungkin sebaiknya kamu coba deh cara menikmati daging kurban anti mainstream dengan resep olahan berikut ini.

Daging Sapi Lada Hitam

olahan daging kurban

Siapa yang masih mengira membuat menu daging sapi lada hitam itu sulit? Buatnya super gampang lho,selain bumbunya yang super sederhana membuatnya pun ngga pake ribet. Siapkan bahan lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

Bahan-bahan

  • 500 gram daging sapi, rebus hingga empuk, potong kecil
  • 3 sdt lada hitam bubuk
  • 1 buah wortel, potong korek api
  • 3 buah cabe merah besar, iris serong
  • 2 buah cabe hijau besar, iris serong
  • 2 buah tomat merah, belah 6 bagian
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya minyak
  • Bumbu Halus:
  • 4 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe, kupas dan bakar

Cara membuat

  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan, lalu tambahkan irisan bawang bombay. Kemudian aduk rata hingga wangi.
  • Tambahkan wortel pada tumisan. Aduk hingga merata.
  • Masukkan potongan daging sapi yang sudah diiris kecil ke dalam tumisan. Kemudian tambahkan sedikit air. Aduk rata dan tunggu hingga mendidih.
  • Selanjutnya, tambahkan gula pasir, garam, kecap manis dan saus tiram. Aduk rata. Terakhir tambahkan lada hitam, aduk hingga rata dan tutup wajan sebentar.
  • Saat air mulai menyusut dan bumbu meresap, masukkan potongan tomat, cabe merah besar dan cabe hijau besar, aduk hingga rata.
  • Siap sajikan.

Baca juga : Daging Kambing Ternyata Menyehatkan Lho! Ada Protein, Kalium, dan Zat Gizi Lainnya

Bola-bola Daging Kecap

olahan daging kurban

Bola-bola daging mungkin identik dengan sajian yang pedas, namun ngga ada salahnya saat Idul Adha nanti Kamu membuat sesuatu yang berbeda. Yuk coba buat sajian manis dengan menggunakan bola daging, sajian lezat ini bisa menjadi pilihan yang pas sebagai menu spesial saat berkumpul bersama keluarga.

Bahan Bola-Bola Daging Kecap

  • 300 gr daging-sapi giling
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt lada bubuk
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 2 sdm tepung roti
  • 1 butir telur
  • minyak goreng secukupnya

Bahan saus

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah tomat, potong dadu
  • 500 ml air
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 buah kentang (potong kotak)
  • 3 sdm kecap manis

Cara Membuat Bola-bola Daging Kecap

  • Campurkan daging sapi giling dengan telur dan semua bumbunya, aduk rata
  • Bentuk adonan daging menjadi bulat dengan tangan
  • Goreng bola-bola daging sampai kecokelatan
  • Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum
  • Masukkan tomat, air, kecap asin, gula pasir, lada bubuk, dan saus tomat, aduk rata
  • Masukkan bola-bola daging dan kentang
  • Tambahkan kecap manis, aduk hingga meresap
  • Sajikan

Baca juga : Ternyata Ini Alasan Sapi Wagyu menjadi Primadona Semua Daging Sapi

Kroket Kentang Mozzarella Dengan Daging Sapi

olahan daging kurban

Buat yang demen banget makanan khas italia, bisa juga lho daging kurban idul adha nanti dibuat kroket kentang mozzarella. Olahan daging kurban ini cukup praktis dan cocok dijadikan cemilan saat nonton karena ukurannya yang kecil dan bisa disantap dalam sekali lahap.

Bahan-bahan

  • Knorr Kentang Kering Serpih, disiapkan 600 gr
  • Daging Sapi Rebus 225 gr
  • Mozzarella 225 gr
  • Peterseli (ikat) 50 pc

Pelapisan

  • Terigu 300 gr
  • Putih Telur 4 pc
  • Tepung Roti 300 gr

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Irisan Pancetta (tipis) 10 pc
  • Menyiapkan Mayones Truffle
  • Mayones 250 gr
  • Pasta Truffle 60 gr
  • Jeruk Nipis 50 pc

Cara Membuat Kroket Kentang

  • Potong daging sapi dan mozzarella menjadi kubus kecil.
  • Cincang peterseli.
  • Campurkan dengan Knorr Mashed Potato yang sudah disiapkan (suhu kamar) (gunakan 10% lebih sedikit cairan untuk adonan yang lebih kental).
  • Bumbui campuran dengan lada hitam (tidak perlu garam, garam akan keluar dari daging sapi).
  • Masukkan campuran ke dalam cetakan dan tekan hingga berbentuk silinder panjang di atas loyang oven, lalu ditutup dengan kertas roti.
  • Bekukan adonan silinder hingga setengah beku dan potong dengan ukuran 5 cm.

Pelapisan

  • Lapisi kroket dalam 3 langkah: 1 – Tepung 2 – Kocokan telur 3 – Tepung roti
  • Setelah pelapisan, biarkan lapisan selama setengah jam di lemari es.
  • Panaskan minyak sayur sampai 180 derajat celcius dan goreng kroket selama sekitar 4 menit sampai warnanya keemasan.
  • Pastikan dalamnya juga terpanasi sehingga mozzarella meleleh saat Anda memakan kroket.

Menyiapkan Crispy Pancetta

  • Tempatkan irisan tipis pancetta di atas kertas roti dan letakkan juga kertas roti di atasnya.
  • Tempatkan di antara 2 rak oven sehingga pancetta akan tertekan.
  • Panggang pancetta di oven pada suhu 170 derajat celcius selama 8 menit.
  • Lepas dari atas kertas roti dan dinginkan.

Menyiapkan Mayones Truffle

  • Campurkan mayones dengan pasta truffle.
  • Peras beberapa tetes air lemon.

Penyajian

  • Sajikan 3 kroket per porsi.
  • Letakkan pancetta di atasnya.
  • Lengkapi dengan mayones truffle.
  • Hias dengan rempah segar.

Baca juga : Aneka Resep Daging Sapi, Ide Mengolah Daging saat Hari Raya Idul Adha

Sate Bola-bola Daging

olahan daging kurban

Hidangan yang dibuat dari bahan utama daging cincang yang dikombinasikan dengan bumbu dan rempah yang lezat ini mampu menghasilkan sajian istimewa yang cocok disantap siapa saja dan dihidangkan dimana saja, seperti misalkan untuk bekal anak-anak ke sekolah, bekal pergi piknik atau santapan menu sehari-hari dirumah. Nah, agar ibu bisa menyajikan sajian sate bola daging dengan bumbu manis yang lezat dirumah. Maka, yuk kita simak resepnya berikut ini.

Bahan-bahan :

  • 250 gram daging giling
  • 1/4 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok makan bawang bombay, dicincang halus
  • 1 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 siung bawang putih, digoreng, dihaluskan
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan bawang merah goreng, diremas-remas
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 8 buah tusuk sate

Bahan Bumbu :

  • 1/4 sendok teh air jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok teh margarin
  • 1 sendok makan kecap manis

Cara membuat sate bola-bola daging :

  • Campur rata bahan-bahan seperti daging giling bersama dengan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang. Kemudian aduk-aduk merata semua bahan sampa tercampur kesemuanya.
  • Tuangkan margarin bersama dengan kecap asin, kecap manis, merica bubuk, ketumbar, pala bubuk, garam dan bawang goreng. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur merata. Setelah tercampur.
  • Uleni adonan hingga hampir kalis dan mudah dibentuk (pastikan gunakan sarung tangan agar adonan yang dibuat tetap higienis).
  • Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola kecil sesuai yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada semua bahan hingga semua bahan terbentuk menjadi bola-bola dengan ukuran yang sama.
  • Setelah selesai dibentuk bola-bola kecil, sekarang silahkan tusuk bola-bola daging dengan tusukan sate dengan jumlah sesuai yang anda inginkan.
  • Setelah itu, bakar sate bola daging sambil diberikan bumbu olesan hingga matang, jangan lupa pula untuk membulak-balik sate bola daging yang anda bakar.

Baca juga : 6 Rahasia Cara Memasak Daging agar Empuk & Tak Alot saat Di Masak

Steak Jawa Saus Jamur

olahan daging kurban

Ide alternatif olahan daging kurban berikutnya adalah steak, hmm cobain yuk bikin steak jawa saus jamur. Ide ini menurut saya ok banget, sekalian nambah menu resep andalan untuk keluarga di rumah. Mau tahu cara membuatnya? Ikuti aja resep steak jawa saus jamur berikut ini.

Bahan :

  • 4 sdm Palmia Cooking Margarine Garlic
  • 200 gr daging sapi
  • 100 gr jamur kancing
  • 10 gr bawang bombay
  • 1 sdm tepung maizena
  • 1 sdt kecap manis

Bumbu halus:

  • 10 butir merica
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya

Bumbu perendam :

  • ½ sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
  • Saus tomat

Pelengkap :

  • 100 gr kentang goreng
  • Irisan daun bawang
  • Daun selada

Cara membuat steak jawa saus jamur :

  • Rendam daging sapi dengan bumbu perendam.Olesi dengan Palmia Cooking Margarine.Panggang pada teflon datar,sambil diolesi sisa bumbu perendamnya.
  • Sambil menunggu steak matang,tumis bumbu halus ,tuang kecap manis.Masukan jamur kancing dan tomat segar.Tuang larutan tepung maizena aduk angkat.
  • Tata daging sapi yg sudah matang,jamur dan tomatnya.Siram kuah sausnya. Sajikan Steak Jawa Saus Jamur untuk keluarga tercinta.

Baca juga : Olahan Daging Special Ala Restoran, Yuk Buat Sendiri Saat Weekend !


Itulah 5 ide alternatif olahan daging kurban. Sebagai tambahan, untuk jenis daging kambing lebih cocok dijadikan sate, agar sate daging kambing makin mantap cobain resep sate maranggi yang terkenal itu yuks.

olahan daging kurban

Bahan-bahan untuk membuat sate maranggi :

  • Daging 750 gr (beri sedikit campuran lemak).
  • Margarin secukupnya.
  • Kecap manis.

Bahan bumbu halus :.

  • Bawang merah 10 butir.
  • Bawang putih 5 siung.
  • Ketumbar 1 sdm.
  • Gula merah 6 sdm
  • Jahe 2 iris.
  • Garam secukupnya.

Cara membuat sate maranggi :

  • Potong-potong daging lalu marinasi dengan bumbu halus ditambah 1 sdm minyak goreng. Diamkan min 2 jam.
  • Tusuk daging dengan tusukan sate.
  • Siapkan piring berisi kecap manis.
  • Panaskan grill pan, olesi margarin. Bakar sate sampai 3/4 matang lalu angkat dan gulingkan ke kecap manis sambil dioles supaya merata.
  • Bakar lagi sebentar sampai matang.
  • Sajikan dengan sambal kecap rawit.
  • Untuk bumbu kuahnya Anda bisa memilih ingin yang rasa pedas atau manis.

Resep Cara Menggoreng Ayam Karaage yang Renyah

Makanan khas merupakan salah satu hidangan yang tidak pernah kehilangan para penikmatnya. Ragam makanan yang tersebar di masyarakatpun semakin beragam dengan aneka variasi rasa yang menyesuaikan lidah para pecintanya.

Hidangan seperti masakan Indonesia, masakan ala Barat, hingga hidangan khas kawasan Asia menjadi beberapa contoh hidangan yang cukup populer di tengah masyarakat pada saat ini.

Nah dari ragamnya masakan yang sudah populer saat ini, salah satu makanan yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang gurih dan renyah adalah ayam karaage. Olahan ayam yang berasal dari negeri Jepang ini sudah cukup lama digandrungi oleh masyarakat sebagai hidangan pelengkap ataupun menjadi teman cemilan untuk disantap.

Karaage, teknik memasak ala Jepang

Sebenarnya, karaage sendiri bukanlah nama dari sebuah hidangan seperti yang diketahui saat ini lho!  Jika diketahui dari asal muasalnya, karaage adalah sebutan untuk salah satu teknik memasak yang ada di Jepang. Biasanya, bahkan olahan yang digunakan untuk teknik memasak ini adalah dengan menggunakan daging ayam, daging sapi, ataupun daging ikan.

Cara teknik memasaknya sendiri yaitu dengan menggoreng daging tersebut di dalam wajan yang terdapat minyak yang cukup banyak di dalamnya. Sebelum daging digoreng di dalam minyak, daging tersebut dibumbu dengan saus asin khas Jepang yang disebut dengan mirin. Mirin ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti kecap asin, bawang putih, dan juga jahe.

Setelah dibumbui dengan mirin, daging tersebut selanjutnya dilapisi dengan tepung di dalam minyak pada wajan. Di negara Jepang sendiri, teknik karaage sudah cukup dikenal oleh masyarakatnya pada sekitar tahun 1920an. Dari dimulainya pada sekitar tahun tersebut, olahan daging yang digoreng ini semakin lama semakin dikenal luas oleh masyarakat di negara Jepang hingga ke berbagai penjuru dunia.

Hingga saat ini, karaage menjadi hidangan yang cukup diminati dari segi rasa dan juga kemudahan untuk dikonsimsi karena cepat serta tidak repot ketika dimakan. Saat ini, varian dari olahan khas Jepang ini biasanya bisa ditemukan di berbagai restoran cepat saji maupun mini market yang memiliki gerai penjualan makanan cepat saji.

Cara memasak ayam karaage ala restoran

Apakah kamu menyukai olahan daging khas dari negeri Jepang yang satu ini? Jika iya, ternyata kamu bisa membuatnya sendiri dirumah lho! Cara memasaknya pun cukup simple serta bahan-bahannya yang mudah ditemui. Lalu, bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat olahan renyah yang enak ini seperti di restoran? Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan.

  • 3 buah paha ayam tanpa tulang dan dipotong 2×2 cm
  • 5 siung bawang putih
  • 1 butir telur, lalu kocok lepas
  • 1 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 500 gram minyak untuk menggoreng
  • 2 sdm Shoyu / Kecap Asin
  • 4 sdm tepung terigu
  • 2 sdm tepung maizena

Setelah semua bahan-bahan telah disiapkan, maka sekarang tinggal memasak olahan daging ini agar bisa segurih dan serenyah seperti di restoran. Langkah-langkah untuk memasaknya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, potong daging ayam sesuai selera (potong sekitar 3cm sampai 5cm) kemudian cuci dengan air mengalir sampai benar benar bersih.
  • Selanjutnya campurkan ayam yang telah dipotong dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, garam, merica bubuk, dan juga Shoyu / kecap asin. Diamkan selama kurang lebih 30 menit di dalam kulkas agar bumbu dapat menyerap ke dalam daging.
  • Setelah bumbu-bumbu tersebut meresap di dalam daging, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam dan juga merica ke dalam wadah. Aduk hingga merata.
  • Langkah berikutnya adalah memanaskan minyak goreng untuk menggoreng olahan daging ayam yang sudah disiapkan sebelumnya. Panaskan minyak goreng lalu goreng daging ayam yang sudah dibumbui tadi. Tunggu hingga matang sampai berwarna coklat keemasan.
  • Setelah matang, angkat dari wajan penggorengan. Hidangkan dengan saus pelengkap sesuai selera seperti mayonais ataupun saus sambal / tomat.
  • Hidangkan selagi hangat.

Bagaimana? Penasaran ingin mencoba langsung membuat ayam karaage yang renyah dan juga gurih? Yuk langsung saja persiapkan bahan-bahannya dan lakukan kreasi seru memasak dirumah. Happy cooking!

Suka Cumi Goreng Tepung? Yuk Masak Di Rumah Dengan Resepnya Berikut ini!

Jika mengenai masakan yang ada di sekitar kita, tentu ada berbagai macam masakan yang tersaji serta bisa kita pilih untuk disantap. Ragam kuliner khas daerah serta kuliner-kuliner lainnya membuat penikmat makanan memiliki hidangan favorit mereka masing-masing. Dari banyaknya hidangan masakan yang ada, salah satunya yang cukup digemari oleh pecinta kuliner adalah hidangan cumi goreng tepung.

Hidangan yang berasal dari olahan laut ini tentu memiliki cita rasa yang gurih serta renyah. Karena rasanya tersebut, cumi goreng tepung disukai dan juga tidak pernah absen dalam porsi hidangan bersama keluarga ataupun teman-teman.

Masakan ini mudah ditemui di beberapa restoran khas seperti restoran khas Indonesia, restoran masakan asia, ataupun restoran yang menyediakan hidangan laut atau seafood.

Karena disukai oleh banyak orang, hidangan ini bisa dimasak dengan mudah dan tetap enak seperti di restoran lho. Penasaran dengan tips resep bagaimana memasak cumi goreng tepung yang renyah dan juga lezat? Berikut resepnya yang bisa kalian ikuti dirumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat hidangan ini seperti di restoran, kamu memerlukan beberapa bahan untuk memasaknya di dapur. Bahan-bahan tersebut adalah:

– 250 gram cumi segar yang sudah dibersihkan tintanya (potong sesuai selera)

– 1 buah jeruk nipis (ambil airnya)

– 1 butir telur ayam (kocok lepas)

– 100 gram tepung bumbu serba guna

– 2 sdm tepung beras

– 2 sdm tepung tapioka

– 2 siung bawang putih (haluskan)

– Ketumbar (secukupnya)

– Kaldu ayam bubuk (secukupnya)

– Merica putih

– Garam (secukupnya)

– Minyak goreng

Cara memasak agar renyah dan gurih

– Cumi yang sudah dipotong lalu dijadikan satu dengan air jeruk nipis yang sudah diambil airnya sebelumnya. Aduk hingga merata.

– Setelah itu, campur beberapa bahan seperti tepung serba guna, tepung beras, dan juga tepung tapioka ke dalam cumi pada tempat sebelumnya. Tambahkan sedikit kaldu ayam bubuk agar lebih gurih. Aduk lagi hingga merata.

– Siapkan telur yang telah dikocok lepas di wadah berbeda. Lalu, masukkan cumi ke dalam telur kocok dan aduk.

– Baluri potongan cumi satu persatu ke adonan tepung kering. Celup ke adonan basah. Gulingkan lagi di adonan tepung kering. Setelahnya, tepuk-tepuk sisa tepung pada daging cumi tersebut.

– Goreng cumi yang sudah dibaluri dengan tepung tersebut pada minyak dengan api yang sedang. Tunggu hingga warnanya menjadi keemasan.

– Angkat jika sudah matang dan sajikan selagi masih hangat.

– Tambahkan saus pelengkap seperti saus sambal, saus tomat, ataupun mayo agar semakin lezat.

Tips dalam memasak cumi goreng tepung

– Jangan menggoreng cumi terlalu lama. Panaskan terlebih dahulu minyak pada wajan hingga panas, lalu masukkan cumi yang sudah dibaluri dengan bumbu. Cara ini berguna agar cumi sendiri tidak alot.

– Goreng dengan teknik deep fry, yaitu menggoreng dengan minyak yang banyak sehingga cumi dapat digoreng secara menyeluruh.

– Agar renyah, cukup menggoreng cumi selama sekitar 1 hingga 2 menit saja.

– Jangan menggoreng daging cumi terlalu banyak pada wajan penggorengan.

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mencoba membuat cumi goreng tepung dirumah ala restoran? Untuk itu, persiapkan beberapa bahan diatas dan jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dalam memasaknya agar hidangan tersebut bisa menjadi favorit keluarga dirumah ya. Happy cooking!

Resep Kue Natal yang Bisa Bikin Pusat Perhatian di Rumahmu Nanti

Kue Natal pasti tak akan terlupakan atau ketinggalan di tanggal 25 Desember bagi umat Kristiani yaa… dengan adanya kue natal semakin meramaikan berbagai makanan yang tersaji. Tak hanya makanan dan kue kering natal saja, cake bisa jadi salah satu kue spesial yang kamu sajikan untuk keluarga. Nah, coba yuk beberapa resep kue natal berikut yang lezat dan cantik!

Resep Kue Natal Paling Lezat

1. Resep Bolu Gulung Vanilla Natal

kue natal
Sumber: pinterest

Bahan Kue Vanilla:

2 butir telur
3 butir kuning telur
100 gr gula
1 sdt vanilla extract
30 gr tepung terigu
30 gr tepung maizena
Taburan warna hijau dan merah
2 butir putih telur
1 sdm gula

Bahan vanilla buttercream:

120 gr margarine
360 gr gula halus
3-4 sdm taburan warna merah & hijau
1 sdt vanilla extract
1-3 sdt krim kental
Bahan utk Dekorasi:
Coklat putih
Taburan merah & hijau

Cara Membuat:

  • Panaskan oven di suhu 170C
  • Siapkan Loyang yang sudah di lapisi kertas kue/roti. Sisihkan
  • Di wadah, campur 2 telur, 3 kuning telur dan gula. Aduk dengan mixer dengan kecepatan medium hingga tinggi selama 5 menit atau hingga berubah warna pucat.
  • Tambahkan vanilla extract lalu aduk rata kembali.
  • Masukkan tepung terigu dan tepung maizena kedalam campuran telur tadi, aduk perlahan merata.
  • Di wadah kering lain, masukkan 2 putih telur dan 1 sdm gula. Kocok dengan whisk hingga kaku seperti whipped cream.
  • Gunakan spatula atau sendok kayu untuk mencampur whipped egg kedalam campuran kuning telur tadi.
  • Campur adonan kue tersebut di Loyang dan ratakan.
  • Panggang hingga kecokelatan.
  • Sesaat kamu mengambil kue yang sudah matang dari oven, taburkan gula halus. Lalu pindahkan kue ke lap bersih dan sisihkan kertas roti yang menempel. Lalu gulung roti perlakan menggunakan lap bersih tadi. Sisihkan agar dingin.

Cara Membuat Buttercream:

  • Di mangkuk, masukkan mentega/margarin lalu kocok dengan mixer atau whiskhingga mengembang dan pucat.
  • Masukkan gula halus sedikit demi sedikit.
  • Jika sudah tercampur, tinggiken kecepatan hingga kaku.
  • Masukkan beberapa tetes krim kental hingga kekentalan yang diinginkan.
  • Aduk dengan spatula dan taburkan taburannya. Sisihkan.
  • Ambil kue yang sudah digulung, lalu buka gulungan dan oleskan buttercream rata.
  • Gulung kembali dan masukkan di kulkas hingga beberapa jam.
  • Hias dengan coklat putih leleh dan taburkan taburan warna warni.
  • Sajikan.

2. Kue Natal Jahe

kue natal
sumber: pinterest

Bahan:

250 gr tepung terigu
1 sdt baking soda
1 ½ sdt bubuk jahe
1 ½ sdt bubuk kayu manis
¼ sdt bubuk cengkeh
¼ sdt garam
180 ml molasses
180 ml air hangat
115 gr mentega
67 gr gula merah bubuk
1 butir telur
1 sdt vanilla extract

Moist and flavorful gingerbread cake recipe found on sallysbakingaddiction.com --this is my favorite gingerbread!

Bahan Krim Keju:

224 gr krim keju
30 gr mentega
210 gr gula halus
15 ml krim atau susu
1 sdt vanilla extract
½ sirup maple (optional)
Cranberries untuk hiasan

Moist and flavorful gingerbread cake recipe found on sallysbakingaddiction.com --this is my favorite gingerbread!

Cara membuat:

  • Panaskan oven disuhu 177C. Siapkan Loyang yang sudah dilapisi mentega.
  • Di mangkuk, kocok tepung, baking soda, jahe, kayu manis, cengkeh dan garam hingga rata. Sisihkan.
  • Di mangkuk terpisah, aduk molasses dan air hangat bersamaan.
  • Di mangkuk besar, atau gunakan stand mixer dengan adukan paddle untuk mengocok mentega dengan kecepatan tinggi hingga pucat dan creamy.
  • Lalu tambahkan gula merah dan aduk dengan kecepatan tinggi selama 1 menit hingga creamy.
  • Di kecepatan medium, masukkan telur dan vanilla dan aduk rata.
  • Di kecepatan rendah, tambahkan bahan kering lalu molasses bertahap dan selang seling. Campur hingga rata. Namun jangan sampai overmixing karena adonan bisa sangat kempes.
  • Masukkan adonan kedalam Loyang, lalu oven hingga 35 menit atau hingga matang. Setelah matang, sisihkan dan dinginkan.

Moist and flavorful gingerbread cake recipe found on sallysbakingaddiction.com --this is my favorite gingerbread!

Cara Membuat krim frosting:

  • Di mangkuk yang lebih besar, gunakan mixer dan kocok krim keju dan mentega hingga teksturnta creamy selama 2 menitan.
  • Lalu tambahkan gula, susu dan vanilla extract. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga creamy. Tambahkan sedikit garam agar tidak terlalu manis.
  • Oleskan krim keju di atas kue merata.
  • Sajikan.

3. Resep Kue Natal Brownies

kue natal
sumber: pinterest

Bahan:
1 kotak tepung jadi brownies
1 botol vanilla icing
Pewarna hijau makanan
Taburan warna-warni untuk kue
Permen payung

These Christmas Tree Brownies are SO EASY and they look adorable! Wouldn't they make a great treat to take to a Christmas party?!

Cara Membuat:

  • Siapkan Loyang yang sudah di lapisi cooking spray atau mentega atau alumunium foil.
  • Siapkan brownie mix lalu buat sesuai petunjuk pembuatan. Panggang dan angkat saat matang.
  • Potong brownies menjadi bentuk segitiga seperti pohon natal.
  • Tusukkan permen payung ke brownies agar menjadi batang pohon natal.
  • Masukkan icing sugar kedalam plastik segitiga. Kamu bisa warnai terlebih dahulu dengan pewarna hijau.
  • Lalu buat bentuk zigzag untuk menyerupai pohon.
  • Taburkan bola-bola kecil warna-warni.
  • Sajikan.

4. Resep Red Velvet Cake

kue natal
Sumber: pinterest

Bahan:
345 gr tepung terigu
1 sdt baking soda
10 gr bubuk cocoa
½ sdt garam
115 gr mentega
400 gr gula pasir
240 ml minyak sayur / minyak kanola
4 butir telur
1 ½ sdm vanilla extract
2 sdt cuka
Pewarna merah makanan

I love this Red Velvet Layer Cake recipe! Learn exactly how to make it on sallysbakingaddiction.com

Bahan Cream Cheese Frosting:
450 gr krim keju
115 gr unsalted butter
480 gr gula halus
2-3 sdm krim kental / susu
2 sdt vanilla extract

Cara Membuat:

  • Panaskan oven pada suhu 177C. Oleskan mentega di Loyang. Sisihkan
  • Campur tepung terigu, baking soda, bubuk cocoa dan garam di wadah. Sisihkan.
  • Kocok mentega dengan mixer hingga lembut.
  • Tambah gula lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Tambahkan minyak dan kocok kembali selama 2 menit.
  • Tambahkan 4 kuning telur dan vanilla. Kocok hingga tercampur rata.
  • Tambahkan cuka dan pewarna merah makanan. Aduk rata.
  • Turunkan kecepatan mixer, lalu masukkan bahan keringnya yaitu campuran tepung tadi dan aduk hingga rata.
  • Kocok 4 putih telur hingga mengembang. Lalu campurkan ke adonan kue.
  • Tuang adonan kedalam Loyang dan panggang 30 menit atau hingga matang. Angkat dan dinginkan.

Red Velvet Layer Cake with Cream Cheese Frosting by sallysbakingaddiction.com. Learn all my tricks and tips to perfecting this classic recipe at home!

Cara Membuat Frosting:

  • Di wadah, kocok krim keju dan mentega hingga lembut.
  • Lalu tambahkan gula halus dan 2 sdm krim kental. Aduk kembali.
  • Tambah juga vanilla extract dan kocok dengan kecepatan tinggi selama 2 menit.
  • Tambahkan garam jika diperlukan.

Red Velvet Cupcakes by Sallysbakingaddiction.com

Cara Menghias Red Velvet Cake:

  • Potong kue menjadi 2 bagian (atas dan bawah). Sisihkan.
  • Letakkan 1 potong kue di pirring lalu oleskan frosing. Tutup dengan potongan kue lainnya dan kembali olekan frosting. Lakukan berulang jika kamu punya beberapa potongan.
  • Lalu, ambil sebagian kue dan hancurkan menjadi seperti serbuk untuk hiasan di pinggir kue.
  • Masukkan ke dalam kulkas agar set sebelum di nikmati.

Resep kue natal diatas bisa jadi inspirasimu untuk membuat sajian yang berbeda tahun ini. Walaupun butuh effort yang tak biasa, tapi pasti semuanya terbayarkan dengan rasa kue yang lezat.

Yuk praktik resep kue natal ini besok!