Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan, Blog.lakupon.com. Nggak terasa ya Kuponers, Kita sudah menjalani puasa Ramadan sudah satu minggu. Dalam satu minggu ini tentunya Kamu sudah mencicipi berbagai menu hidangan takjil super nikmat saat berbuka bukan? Dalam satu minggu ini seharusnya ada tujuh menu takjil yang sudah kamu nikmati, biar takjilnya ngga melulu yang itu-itu saja. Pada artikel kali ini Mimin mau nebak nih, apa aja sih takjil yang menjadi favorit Kamu saat berbuka puasa di bulan Ramadan? Berikut tebakan mimin selengkapnya.

  1. Kolak
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Setiap orang pasti memiliki hidangan favorit sesuai dengan seleranya masing-masing. Salah satu hidangan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia yang selalu ada di setiap hidangan berbuka puasa adalah kolak. Menu takjil yang satu ini asli buatan Indonesia, bahkan dulu makanan takjil ini digunakan sebagai media penyebaran agama Islam lho.

Kolak sebagai media penyebaran agama Islam bukan tanpa sebab, saat itu masyarakat jawa belum banyak yang memluk agama Islam. Para ulama mencari cara pendekatan yang efektif, yakni dengan sebuah jamuan makanan yang syarat dengan makna. Tidak heran jika kolak biasanya terdiri dari berbagai bahan makanan seperti pisang dan ubi, yang keduanya memiliki arti tersendiri.

Baca juga:

8 Takjil Buka Puasa yang Tak Melulu Kolak untuk Hidangan Keluarga

Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

  1. Kurma
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Perlunya memakan sesuatu yang manis-manis dan cukup menahan rasa lapar dan dahaga. Kebutuhan akan makanan yang manis juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Mengkonsumsi buah kurma sangat jarang pada hari biasanya, namun pada bulan Ramadan buah kurma ini akan banyak dijumpai di berbagai tempat.

  1. Es Buah atau Sop Buah

Resep Es

Butuh yang seger-seger dan kaya akan vitamin saat berbuka puasa menjadikan es buah sebagai salah satu takjil favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Membuat menu takjil yang satu ini juga sangat mudah lho, cukup berbelanja beberapa buah seperti buah naga, alpukat, kolang kaling, papaya, dan berbagai buah lainnya sesuai selera. Kemudian ditambahkan es batu, susu, dan sirup kental untuk menambah rasa manisnya.

  1. Gorengan

gorengan

Gorengan merupakan menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia di saat berbuka. Jika biasanya semua orang berbondong-bondong untuk membeli berbagai aneka gorengan saat ngabuburit tentunya hal itu tidak bisa dilakukan di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Tapi tentu hal ini tidak mengurungkan niatmu untuk menikmati gurihnya gorengan saat berbuka puasa bukan? Kamu bisa membuat aneka gorengan di rumah dengan berbagai citarasa baru yang beda dari biasanya. Cobalah berfantasi dan berekspektasi tinggi, siapa tahu kamu bisa menciptakan menu gorengan baru.

Baca juga:

6 Takjil Buka Puasa Ini Bikin Kamu Bersyukur Kuat Puasa sampai Maghrib!

8 Tips Siapakan Menu Buka Puasa Untuk Diet Agar Berat Badan Turun

  1. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar

Selain kolak, kurma, es buah, dan gorengan, salah satu takjil favorit saat berbuka puasa Ramadan adalah jajanan pasar. Menu yang satu ini sama dengan berbagai menu takjil yang lain, karena biasanya disajikan sebagai takjil atau camilan sebelum menikmati makanan utama. Banyak orang yang menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit dengan berburu jajanan pasar. Meskipun tampak begitu sederhana, namun jajanan pasar tidak kalah menarik untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, harga jajanan pasar juga termasuk murah meriah serta mudah ditemukan. Ada banyak jenis jajanan pasar yang menjadi menu takjil favorit seperti:

  • Kue Lapis
  • Klepon
  • Kue apem
  • Kue lumpur
  • Bika ambon
  • Gemblong ketan hitam
  • Lepet jagung

Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

Takjil, sebelum kamu siap untuk makan “besar” saat berbuka puasa, maka takjil-lah pembukanya. Di Indonesia, takjil selalu identik dengan gorengan hingga minuman es segar. Namun, buah-buahan juga bisa menjadi menu takjil buka puasa lho! Memakannya langsung mungkin terasa membosankan ya, nah, untuk itu coba menu takjil buka puasa lumpia berbahan buah ini. Pasti kamu dan anak-anak pun suka!

Resep Aneka Lumpia

Fruit Spring Rolls

takjil

Bahan:
8 buah strawberry
2 buah kiwi
1 buah mangga
1 buah apel
¼ jeruk lemon
1 ikat bayam
6 kulit lumpia (transparan)

Bahan Saus Karamel:
2 sdm unsalted butter
50 gr gula merah bubuk
60ml krim
1 sdt vanilla
Sejumput garam

takjil

Bahan Saus Coklat:
150ml krim
50 gr coklat chips

Cara membuat:

Iris semua buah (strawberry, kiwi, mangga, apel). Lalu percikkan air perasan lemon agar tidak teroksidasi.
Di wadah, siapkan lembaran lumpia transparan yang di celup ke air hangat beberapa detik.
Susun buah di lembaran lumpia, isi dan lipat gulung menjadi lumpia.
Untuk membuat saus: Siapkan mentega dan gula merah bubuk di panci, biarkan mentega meleleh dan menyatu dengan gula. Masukkan krim dan masak hingga 5 menit dan cukup kental. Tambahkan vanilla dan garam.
Untuk saus coklat: Panaskan krim di panci, lalu masukkan coklat chips, aduk hingga meleleh. Angkat. 
Nikmati lumpia buah ini dengan mencelupkan ke saus caramel dan saus coklat.

Lumpia Teriyaki

Bahan:
8 lembar kulit lumpia
1 cup baby carrots
½ Bawang Bombay
1 batang seledri
1 ikat baby spinach (bayam)
½ genggam kacang almond
½ alpukat (iris)
½ mentimun (iris & keluarkan bijinya)

Saus teriyaki
Cara Membuat:
Cincang daun bawang. Sisihkan
Parut wortel, potong kecil-kecil bayam dan seledri. Campur semua bahan menjadi satu.
Tambahkan almond dan saus teriyaki ke campuran sayuran lalu aduk rata.
Iris ketimun dan alpukat menjadi irisan panjang ya.

Cara Menyusun:
Celup kulit lumpia di air hangat beberapa detik dan sisihkan.
Isi kulit lumpia dengan campuran sayuran.
Lalu tambahkan irisan mentimun dan alpukat.
Gulung dan lipat. Sajikan.
Nb: Lumpia ini diisi dengan sayuran mentah, jika Anda tidak suka, bisa di rebus setengah matang terlebih dahulu.

Fresh Fruit Spring Rolls

Bahan:
6 lembar kulit lumpia transparan
½ buah mangga
¼ melon
1 apel
12 raspberry
½ jeruk nipis
Daun mint
Gula pasir

Cara Membuat:
Potong mangga, melon dan apel menjadi bentuk julienne. Lalu percikkan dengan jeruk nipis.
Bilas kulit lumpia di aur hangat. Lalu isi dengan buah-buahan dan daun mint, taburkan sedikit gula. Gulung dan lipat.
Sajikan.

Rainbow Spring Rolls

Bahan:
7-8 Lembar kulit lumpia
1 buah beet (parut)
½ paprika kuning & merah (iris)
2 wortel (parut)
1 mangga (potong dadu)
1 ikat daun mint
1 batang daun ketumbar

Bahan Saus Kacang Jahe:
½ kotak peanut butter
1 ½ sdm kecap manis
2-3 sdm gula merah bubuk
½ jeruk nipis (peras)
½ sdt saus bawang cabai
½ sdt jahe parut
Air hangat

Cara Membuat:
Siapkan sayuran, parut dengan mandolin. Sisihkan.
Hangatkan kulit lumpia, lalu angkat dan sisihkan.
Siapkan saus kacang: Campur semua bahan saus kecuali air. Aduk hingga rata, lalu tambahkan air hangat. Aduk hingga rata hingga kekentalan yang cukup.
Susun sayuran menjadi isian lumpia, gulung dan lipat.
Sajikan.

Lumpia Alpukat

Bahan:
12 lembar kulit lumpia
3 buah alpukat (kupas & iris)
2 buah tomat (poong dadu kecil)
½ bawang Bombay
Minyak sayur
1 batang daun ketumbar
Garam & merica
1 jeruk nipis

Bahan Saus:
½ batang daun ketumbar (daunnya)
100 ml sour cream (krim masam)
1 sdm mayonnaise
1 jalapeno (bisa diganti dengan cabai biasa)
1 jeruk nipis
1 siung bawang putih
Garam dan merica

Cara Membuat:
Saus  Campur semua bahan di food processor / blender. Bumbui dengan garam dan lada.
Di wadah, campur alpukat (tumbuk kasar), Bombay (cincang halus), tomat, daun ketumbar, perasan jeruk nipis, garam dan lada. Aduk rata.
Isi semua isian di lembaran lumpia, gulung dan lipat.
Goreng di minyak panas hingga kecoklatan.
Sajikan bersama sausnya.

6 Takjil Buka Puasa Ini Bikin Kamu Bersyukur Kuat Puasa sampai Maghrib!

Takjil Buka Puasa

Bagi umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa, menyegerakan berbuka puasa adalah kewajiban. Maka, takjil memiliki arti “penyegeraan” yang dimaksudkan untuk menyegerakan berbuka puasa. Sebelum kamu siap menyantap makanan pokok, maka sebaiknya dibatalkan dengan takjil buka puasa. Minuman atau es yang segar adalah pilihan yang paling laris sebagai takjil. Berikut rekomendasi Lakupon pilihan takjil yang dingin.

Takjil Buka Puasa

  • Bing Go: Kalau kamu ingin merasakan takjil ala korea, maka snow ice di Bing Go bisa jadi pilihan. Patbingsu atau snow ice bisa menyegarkan dahagamu selepas puasa. Di awali dengan es yang segar maka kamu pun siap untuk makanan utama. Coba rasakan kesegaran Bing Go saat berbuka dengan aneka pilihan menu dan topping.

Takjil Buka Puasa

Voucher Bing Go Senilai Rp 100.000 DISINI

  • Hejo Hejo Tjendol: Cendol adalah takjil yang paling populer di Indonesia. Perpaduan segarnya kuah cendol dan kenyalnya cendol itu sendiri menambah kenikmatan untuk takjil buka puasa. Namun, kalau kamu ingin coba cendol dengan susu almond, maka Hejo Hejo lah pilihannya. Ada kesegaran yang berbeda untuk takjilmu ini.

Takjil Buka Puasa

Voucher HEJOHEJO TJENDOL Senilai Rp 55.000 DISINI

  • Touketsu: Untuk kamu penggemar es krim, tak ada salahnya untuk memulai takjil buka puasa dengan lembutnya es krim di Touketsu. Terletak di Kawasan Jakarta Barat, Touketsu menawarkan berbagai menu dessert dengan harga terjangkau yang super enak. Pilihan rasanya seperti chocolicious, fruit party, candylicious, dll.

Takjil Buka Puasa

Voucher Touketsu Senilai Rp 50.000 DISINI

  • Milky Snow: Suka banget Korean dessert? Coba deh awali takjil buka puasa kamu dengan Milky Snow. Milky snow menawarkan berbagai dessert korea dengan topping yang menyegarkan dari mulai buah-buahan hingga coklat dan topping khas Korea. Semangkuk milky snow bisa untuk sharing bersama teman.

Takjil Buka Puasa

Voucher Milky Snow Senilai Rp 100.000 DISINI

  • Gelato Greendale: Belum sempat makan makanan pokok untuk buka puasa? Batalkan dulu dengan takjil buka puasa es krim dari Gelato Greendale. Es krim gelato ini punya tekstur yang lembut dank has gelato, tak seperti es krim biasa. Campuran susu lowfat juga membuat kamu yang diet bisa makan sebanyak-banyaknya.

Takjil Buka Puasa

Paket : 1 Gelato Serving Cup (2 scoop) + 1 Gelato to Go Cup (125ml) Rp 35.000. Vouchernya DISINI.
Vouchernya DISINI

  • Dairy Queen: Es krim bisa jadi pilihan takjil buka puasa yang mengejutkan lho! Apalagi Dairy Queen yang punya es krim lembut dengan rasa dan topping yang unik, seperti Nutella. Pilih rasa dan toppingnya seperti nutela, skippy, kitkat, cappuccino, greentea, ovomaltine, dll. Yuk, buka puasa pake Dairy Queen!

Takjil Buka Puasa

Paket : 1 Gelato Serving Cup (2 scoop) + 1 Gelato to Go Cup (125ml) Rp 35.000
Vouchernya DISINI.