10 Jenis Durian Unggul di Indonesia, No 6 Terfavorit

Durian atau biasa juga disebut duren, semua orang di Indonesia pasti tahu dengan rajanya buah satu ini. Pada umumnya, durian memiliki aroma khas yang cukup menyengat dan menggugah selera meski begitu ada saja orang yang kurang suka dengan buah andalan indonesia ini.

jenis durian unggul di Indonesia

Selain memiliki aroma khas, ciri khusus dari buah durian adalah kulitnya yang berduri. Hayo, siapa yang sudah mencicipi beragam jenis durian unggul di Indonesia? Yakin sudah mencicipi semua jenisnya? Nah, coba intip daftar jenis durian unggul di Indonesia berikut ini.

1. Durian Bawor

Durian Bawor berasal dari banyuwangi, Jawa Timur. Memiliki tingkat kemiripan yang tinggi dengan durian montong dengan daging tebal serta bijinya kecil. Jangan sampai salah pilih saat membeli ya. Meskipun biasanya durian bawor tumbuh secara musiman, namun durian ini dapat berbuah sepanjang tahun lho.

Durian satu ini memiliki ciri khas hampir sama dengan Durian Montong Kalimantan, yaitu buahnya manis dan tebal serta bijinya yang relatif kecil. Durian Bawor sendiri juga memiliki 2 jenis lainnya, yaitu Durian Bhinneka Bawor yang merupakan hasil silangan dan Durian Bawor Berkaki Empat.

2. Durian Petruk

Dapat dikatakan bahwa Durian Petruk adalah gabungan antara Durian Montong dengan Durian Candimulyo, karena bentuknya yang lonjong dan rasanya yang setengah manis dan pahit jika dirasakan. Durian yang memiliki nama latin Durio Zybethinus Kultivar Petruk juga memiliki aroma yang tajam seperti Durian Montong.

Buah durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu durian bibit unggul yang banyak digemari para petani durian. Hal ini karena daging buahnya tidak lembek dan tebal, serta bijinya kecil.

3. Durian Mimang

Durian Mimang adalah buah yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian ini memiliki ciri khas kulitnya yang terkesan kempes. Berukuran sangat kecil, dagingnya manis, agak berserat, dan berkadar alkohol tinggi.

Jika Anda membukanya, maka akan mendapati buah durian yang memiliki ketebalan sekitar 2-3 centimeter dari bijinya. Selain itu, buah dari Durian Mimang yang sangat manis dan legit ini pernah menyabet juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

Baca juga : Begini Trik Beli Durian agar Dapat yang Matang & Manis!

4. Durian Candimulyo

Durian Candimulyo atau yang dikenal dengan nama lain Durian Candy ini adalah jenis durian yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah ukurannya lumayan besar dan biji di dalam buahnya kecil. Suatu hal yang tidak seimbang bukan?

Untuk buahnya, rasa dari buah Durian Candimulyo ini adalah percampuran antara manis dan sedikit pahit atau getir. Jadi ketika Anda memakannya, jangan terlalu berharap akan mendapatkan rasa manis di seluruh buah yang juga berukuran besar ini.

5. Durian Matahari

Durian yang berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat ini merupakan buah durian yang memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm. Durinya besar-besar, runcing, jarang dan sedikit bengkok.

Buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam. Sayangnya, buah durian jenis ini tidak tahan terhadap serangan hama penggerek dan juga penyakit busuk akar.

6. Durian Montong

Durian satu ini adalah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan untuk satu biji dengan balutan daging di atasnya saja, dijual dengan harga yang cukup mahal jika dikurskan dalam Rupiah. Buah asli Kalimantan ini memiliki ciri khas dagingnya yang cukup besar dengan rasa manis dan juga beraroma harum ketika dibuka.

Selain itu, ciri khas lainnya adalah bentuknya tidak bulat penuh, melainkan sedikit lonjong dengan tidak beraturan. Jika sudah siap petik, Durian Montong dapat memiliki berat kurang lebih 13 kilogram. Icip-icip yuk durian monthong palu yang udah dikupas.

7. Durian Ajimah

Durian Ajimah ini juga dikenal dengan nama Durian Bung Karno atau Durian Sukarno. Hal ini disebabkan jenis satu ini sangat digemari oleh presiden pertama Indonesia tersebut. Durian yang berasal dari Ciomas, Bogor, ini memiliki ciri khas berduri besar dan jarang, serta kulitnya tipis berwarna hijau agak abu-abu.

Daging di dalamnya berwarna kuning muda dan terkesan kering, serta memiliki tekstur berserat. Walaupun didominasi warna manis, namun ada sedikit pahit yang akan terasa di lidah ketika Anda memakannya.

8. Durian Bokor

Jenis durian satu ini berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Durian Bokor memang tahan terhadap serangan penyakit busuk akar, namun tidak kuat akan serangan hama pengerek. Ciri khas dari Durian Bokor adalah memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuningan dan duri berbentuk kerucut besar dan jarang.

Baca juga : 6 Ide Dessert Durian Berikut, Rasanya Bikin Melting di Mulut !

Dagingnya memiliki ketebalan sedang dan berwarna kuning, serta mempunyai tekstur halus atau tidak berserat. Rasa dari buahnya sangat manis dan aromanya harum menyengat.

9. Durian Bubur

Durian bubur adalah jenis durian yang berasal dari Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah bentuknya yang bulat memanjang dengan duri runcing rapat di sekelilingnya berwarna kuning kehijauan.

Buahnya manis, besar, tebal, padat, kesat dan beraroma harum serta dalam satu ponge atau belahan terdapat 1-5 buah di dalamnya. Ukurannya cukup besar atau sekitar 4-5 kilogram jika sudah siap panen.

10. Durian Lay

Durian Lay adalah jenis durian yang berasal dari lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan Tengah. Ciri khas dari buah satu ini adalah memiliki warna buah sedikit oranye pucat dengan rasa manis seperti ubi, namun kurang legit dan dagingnya tebal serta mempunyai sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Baunya juga tidak begitu menyengat.

Selain di Kalimantan Tengah, Durian Lay juga dapat ditemukan di Kalimantan Timur. Buah satu ini juga dikembangbiakkan di Queensland, Australia.

Dari daftar tersebut, mana jenis durian favoritmu? Hmmm, abis baca artikel ini wajib banget untuk cobain semua jenis durian favorit di Indonesia. Yuk cobain sekarang! “udah musim durian belom yah?” hahaha.

Ternyata Cara Merawat Eyelash Extension Itu Mudah Lho! Bikin Tahan Lama

Menjaga penampilan agar selalu tampil menarik sudah menjadi suatu keharusan, khususnya kaum hawa. Tak jarang mereka rela merogoh kocek untuk melakukan serangkaian perawatan kecantikan seperti perawatan kulit, wajah, rambut dan berbagai perawatan lainnya. Selain membutuhkan dana yang tidak sedikit, kesabaran pun kian diuji guna mendapat penampilan yang sempurna.

Bahkan demi mendapatkan penampilan cantik sempurna, ada juga beberapa kaum hawa yang menempuh cara instan, salah satunya dengan eyelash extention. Eyelash extention atau tanam bulu mata semakin digemari karena cepat serta efisien dilakukan. Pemasangan eyelash extension kerap menjadi alternatif bagi kaum hawa yang gemar memakai bulu mata palsu, tetapi terkendala waktu untuk memasangnya setiap hari.

Eyelash extention juga dapat menjadi alternatif terbaik saat Kamu ingin tampil cantik di hari-hari besar, penting, atau di saat musim kondangan telah tiba. Efisien waktu, mudah, dan simpel menjadi alasan utama para pengguna eyelash extension. Selain itu perawatan kecantikan eyelash extension juga dapat bertahan lama, hingga hitungan bulan.

Baca juga : 

Begini cara merawat eyelash extension agar bertahan lama

Eyelash extension dapat bertahan lama, tentu tidak sembarangan karena tergantung bagaimana cara merawatnya. Mau tahu bagaimana cara nerawat eyelash extension? Kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini, dijamin eyelash extension Kamu lentik, indah, dan semakin tahan lama.

Usahakan hindari eyelash dari air setelah pemasangan

cara merawat eyelash extension - hindari kontak dengan air

Kamu tentu sudah tahu bagaimana proses pemasangan eyelash extension bukan? Tentu Kamu ingin lem benar-benar menempel sehingga bulu mata dapat bertahan selama mungkin. Nah, biasanya setelah pemasangan bulu mata, sang ahli akan memberi tahumu untuk menjauhi air dari bulu mata selama 1×24 jam. Usahakan untuk menghindari mencuci bulu mata secara langsung dalam 24 jam pertama, pertahankan riasan mata seminimal mungkin. Buat Kamu yang beragama muslim dan ingin melakukan pemasangan eyelash, cari waktu yang tepat untuk melakukannya ya. Jangan sampai meninggalkan sholat.

Hindari penggunaan produk waterproof sebelum pemasangan eyelash

cara merawat eyelash extension - hindari produk waterproof sebelum pemasangan

Produk waterproof biasanya sulit untuk dihapus, bahkan seringkali memerlukan penanganan ekstra. Jika Kamu memakai produk waterproof di sekitar mata, biasanya dibutuhkan tenaga dan waktu untuk menghapusnya. Hal ini dapat berakibat pada susahnya proses penempelan lem pada saat pemasangan bulu mata. Jika Kamu masih ingin menggunakan tampilan mata yang khas, lebih baik tidak menghindari pemakaian produk waterproof agar riasan sekitar area mata lebih mudah dihilangkan.

Usahakan tidak menggunakan penjepit mata dan maskara

cara merawat eyelash extension - hindari penggunaan maskara dan penjepit bulu mata

Memang benar maskara dan penjepit bulu mata dapat menyebabkan mata tampak bersinar dan lebih besar. Namun hal tersebut akan kontradiktif dengan penggunaan eyelash. Karena pada dasarnya, eyelash extension sudah menghasilkan efek yang mampu mempercantik mata. Selain itu, jika Kamu menggunakan penjepit bulu mata, kemungkinan dapat menghilangkan lentik dari eyelash extention itu sendiri.

Rajin menyisir bulu mata

cara merawat eyelash extension - sisir bulu mata dengan rutin

Setelah melakukan proses pemasangan eyelash extension, biasanya ahli ataupun klinik kecantikan tempatmu melakukan perawatan tersebut akan memberikan spoolie. Spoolie atau sisir kecil ini berfungsi untuk menyikat eyelash extention agar tidak menggumpal dan tetap rapi. Biasakan untuk menyikat bulu mata Kamu setiap sesudah mandi ya, dan ikuti tata cara menyisir eyelash extension yang benar.

Sebisa mungkin hindari menarik bulu mata

cara merawat eyelash extension - jangan mencabut bulu mata

Tentu saja ini adalah cara yang harus dijauhi Jika Kamu ingin eyelash extention dapat bertahan lama. Memang terkadang pemasangan eyelash extension yang tidak sempurna dapat membuat bulu mata lepas tanpa disadari. Dan tanpa disadari pula, Kamu gatal untuk melepasnya satu persatu “tahan godaan tersebut”. Karena saat Kamu melepas bulu mata, bisa jadi dapat melukai bulu mata asli Kamu.

Itulah beberapa tips untuk merawat bulu mata atau eyelash extension agar dapat bertahan lebih lama. Selain tips tersebut mungkin Kamu juga sedang mencari harga eyelash extension. Harga pemasangan bulu mata berbeda-beda di setiap klinik kecantikan ataupun daerah. Misalnya harga eyelash extension di jakarta tentu berbeda dengan harga eyelash extension di sekitaran tangerang.

Masih Ragu Liburan Saat New Normal? Cobain Virtual Traveling Aja!

Masih merebaknya pandemi covid-19 khususnya di Indonesia, berimbas pada aktifitas liburan masyarakat. Meskipun antusiasme masyarakat untuk pergi berlibur sangat tinggi, namun tidak sedikit dari mereka yang mengurungkan niatnya. Bahkan, untuk sekedar pergi keluar rumahpun mereka sangatlah berhati-hati.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat akan aktivitas liburan, beberapa kalangan akhrinya menemukan cara baru untuk tetap bisa melakukan tur keliling tempat liburan baik di dalam maupun luar negeri. Melalui virtual traveling, masyarakat dengan leluasa pergi berlibur secara online ke berbagai destinasi wisata yang mereka inginkan.

Aktivitas virtual traveling saat ini sedang tren lho, dan semakin bertambah tempat-tempat liburan yang bisa dijelajahi. Mau menjajal atau sedang mencari tahu tempat liburan yang dapat dijadikan sebagai pilihan tur virtual traveling? Berikut beberapa diantaranya:

Virtual traveling ke kebun binatang

virtual traveling ke kebun binatang

Mau melihat berbagai aksi lucu dan menggemaskan bermacam binatang? Cobain aja ke virtual traveling kebun binatang. Dimulai pada bulan mei, taman margawisata ragunan menggelar wisata virtual bersama siamang. Bahkan sempat sebelumnya wisata virtual bersama satwa ragunan digelar secara live di instagram lho.

Wisata virtual satwa ragunan yang dimulai sejak mei tersebut perdana menampilkan satwa mamalia yakni gajah sumatera. Kemudian selang beberapa waktu dilanjutkan dengan penampilan hewan karnivora yakni harimau sumatera bernama hana dan tino.

Wisata virtual ini ditujukan untuk mengobati kerinduan masyarakat akan Kebun Binatang Ragunan yang sudah lebih dua bulan ditutup selama pandemi COVID-19. Selain itu, wisata virtual ini diharapkan dapat menghibur masyarakat yang masih ragu untuk berlibur di saat new normal berlangsung bersama keluarga.

Selain kebun binatang taman margasatwa ragunan, kebun binatang yang menggelar tur wisata secara virtual juga masih banyak lho, seperti Smithsonian National Zoo, Kebun Binatang Irlandia, Kebun binatang Melbourne, kebun bintang Sandiego dan masih banyak lagi.

Jalan-jalan ke museum dunia

virtual traveling ke museum

Cara untuk tur museum adalah dengan menggunakan fitur Google Arts & Culture. Dengan mengunjungi situs https://artsandculture.google.com/, Anda dapat berkeliaran secara virtual di aula Museum British, London; melihat koleksi seni di Musee d’Orsay, Paris; atau keliling di Museum Guggenheim, New York City.

Selain 10 tempat yang ditawarkan oleh Google Arts & Culture, beberapa di antaranya adalah:

  • Tur virtual museum Lovure Paris https://www.louvre.fr/en/visites-en-ligne;
  • Museum Nasional Sejarah Alam di Washington https://naturalhistory.si.edu/visit/virtual-tour;
  • Museum Vatikan https://www.museivaticani.va/content/museivaticani/en/collezioni/musei/tour-virtuali-elenco.html.

Mengunjungi tempat-tempat terkenal dunia

Virtual traveling

Sedangkan untuk melihat langsung landmark terkenal dan pemandangan kota dari seluruh dunia, seperti Patung Liberty, Menara Pisa, dan Puerta del Sol di Madrid cukup mengunjungi SkyLine Webcams (https://www.skylinewebcams.com/). Pada situs itu, Anda juga bisa melihat suasana kehidupan alam liar di Taman Nasional Tsavo East, Kenya, secara langsung.

Selain ke tempat-tempat tersebut, bisa banget lho virtual traveling ke luar angkasa. Tersedia virtual travelling 360 yang tersebar dan bisa dicoba di situs youtube.

Mau Berkurban Tahun Ini? Berikut Tips Memilih Hewan Kurban Yang Baik dan Benar

Setiap 10 zulhijah, kaum muslim di seluruh dunia merayakan hari raya idul adha. Alhamdulillah di tahun 2020 ini, salah satu perayaan besar kamu muslim tersebut akan dilangsungkan pada hari Jum’at 31 juli. Memilih hewan kurban bukanlah sesuatu yang sulit, hal itu dirasakan sebagian besar kaum muslim yang setiap tahunnya berkurban. Lain halnya jika tahun ini adalah tahun pertama Kamu akan berkurban, ngga perlu bingung Kuponers.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih hewan kurban yang baik dan benar. Berpedoman dari Al-qur’an dan Hadits tentunya.

Menyembelih hewan qurban hukumnya sunnah muakkad. Sunnah muakkad berarti ibadah yang dianjurkan “dengan penekanan yang kuat atau hampir mendekati wajib”. Ketentuan mengenai qurban juga tertulis dalam surat Al Quran berikut ini:

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), “ (QS. Al-Hajj:34)

Tips memilih hewan kurban yang baik

Pastikan hewan kurban cukup usia

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Hewan kurban yang baik adalah yang cukup usia. Usia yang cukup untuk kambing dan domba yang akan dijadikan hewan kurban adalah 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan Qurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Baca juga : Daging Hewan Kurban Tetap Segar dengan Teknik Penyimpanan Ini

Pilih hewan kurban yang sehat dan tidak cacat

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Pada lokasi tempat jual beli hewan kurban biasanya tidak semua hewan memiliki fisik yang sempurna. Kamu perlu memperhatikan dengan jeli hewan kurban yang sehat dan tidak cacat. Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut.

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا  وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان ÙŽ

Dari Al Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, “Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: (1) buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, (2) sakit dan tampak jelas sakitnya, (3) pincang dan tampak jelas pincangnya, (4) sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.” Dikeluarkan oleh yang lima (empat penulis kitab sunan ditambah dengan Imam Ahmad). Dishahihkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Hibban.

Memiliki nafsu makan yang baik

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Sapi kurban atau hewan kurban yang sehat, sudah pasti memiliki nafsu makan yang baik pula. Kamu juga bisa menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan calon hewan kurban tersebut. Hewan kurban yang memiliki nafsu makan yang baik pasti badannya gemuk, warna kulitnya cerah dan mengkilat. Selain itu, moncongnya pun kering tanpa ingus serta gelambir bagian lehernya kempis.

Pilihlah tempat jual beli hewan kurban yang bersih dan terpercaya

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Memilih tempat terbaik untuk membeli hewan kurban adalah salah satu hal yang juga tak kalah penting. Usahakan untuk tidak membeli hewan kurban yang diternak di sekitaran tempat pembuangan sampah, karena berpotensi mengandung bahan berbahaya bagi tubuh. Pilihlah hewan kurban yang diternak dilingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udara, hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan yang berimbas pada kesehatan tubuhnya.

Baca juga : Hari Raya Idul Adha, Momen Tepat Ajarkan Si Kecil Berkurban, Ini Tipsnya!

Sesuaikan dengan kemampuan

tips memilih hewan kurban yang baik dan benar

Tips memilih hewan kurban yang terakhir adalah menyesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Karena pada dasarnya, membeli hewan kurban bukanlah suatu keterpaksaan dan “bukan suatu kewajiban mutlak”, namun keikhlasan serta kerelaan bagi yang mampu.

Pelajari pula aturan pembagian daging hewan kurban. Dalam aturan islam, pembagian hewan kurban terbagi menjadi tiga, yakni  1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain.

Bagi Kuponers yang ingin membeli hewan kurban, perhatikan lebih seksama hewan yang akan dibeli ya. Pastikan hewan yang dibeli memenuhi kriteria hewan Qurban yang baik, sehat, dan sah.

Makan Kepiting Seafood Emang Nikmat, Setelahnya Hindari Beberapa Makanan Berikut Ini!

Makan kepiting di restoran seafood emang nikmat banget Kuponers, namun ternyata ada beberapa “pantangan” makanan setelah Kamu mengkonsumsinya lho. Sebelum kita membahas tentang beberapa pantangan tersebut ada baiknya pula Kita berbagi cara makan kepiting yang benar, selain itu ada juga lho bagian kepiting yang tidak boleh dimakan.

Kepiting merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Meskipun terdapat banyak jenis kepiting di dunia ini, namun hanya 5 sampai 10 jenis kepiting saja yang cukup populer di kalangan masyarakat dan beberapa diantaranya dapat dikonsumsi. Jenis kepiting tersebut anatara lain adalah kepiting bakau lumpur, kepiting raja alaska, rajungan, kepiting batu, dan masih banyak lagi.

kepiting

Kepiting sangat enak apabila diolah menjadi kepiting asam manis, kepiting saus tiram dan makanan-makanan olahan kepiting lainnya. Hmmm, ngebayanginnya aja udah menggugah selera, bukan? Buat kamu yang masih awan tentang makanan seafood yang satu ini, berikut akan kami ulas bagaimana cara makan kepiting yang benar.

Persiapan Sebelum Makan Kepiting

cara makan kepiting yang benar

Sebelum kita membahas tentang teknik cara makan kepiting menggunakan tangan yang benar, ada baiknya kita melakukan persiapan. Persiapan ini juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Usahakan untuk menyiapkan meja makan yang cukup luas, bila perlu gunakan koran atau plastik untuk melapisinya. Hal ini untuk menghindari bumbu-bumbu menempel, atau bau amis menempel pada meja. Setelah selesai menyantap makanan, kertas koran atau plastik tadi juga berfungsi untuk membungkus sisa-sisa cangkang.

Gunakanlah pakaian berwarna gelap dan juga gunakan celemek bila perlu. Saat makan kepiting, biasanya bumbu dari makanan tersebut sangat mudah menetes atau terciprat saat kamu membuka cangkang-cangkangnya.

Cukup gunakan tangan, makan kepiting paling nggak cocok jika kamu memakai sendok atau garpu saat menyantapnya. Menggunakan tangan merupakan cara paling aplikatif untuk menikmati kepiting. Jangan lupa gunakan alat pembantu seperti pemecah cangkang yang biasanya disediakan oleh restoran.

Baca juga : Setelah Makan Kepiting di Restoran Seafood, Hindari Makanan Ini – Kemayangan Restoran Gandaria

Cara Makan Kepiting Menggunakan Tangan yang Benar

cara makan kepiting yang benar

Setelah melakukan langkah-langkah persiapan di atas, sekarang waktunya untuk menikmati kepiting. Sebelum menikmatinya, kita harus mengupas cangkang-cangkang dari kepiting ini untuk dapat mengambil dagingnya yang mana tidak mudah untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah cara membuka cangkang kepiting yang benar.

Lepas semua kaki dan capit kepiting.

Gunakan gerakan memutar saat saat melepas kaki-kaki dan capit kepiting, gerakan ini adalah cara termudah. Kemudian masukan pisau yang tumpul ke bagian sendi-sendi kepiting, setelah itu tarik maka akan lebih mudah terlepas. Pada saat menarik kaki dan capit kepiting akan keluar daging kepiting, kamu bisa menikmati daging tersebut. Setelah kaki dan capit terlepas buang kaki kepiting dan pisahkan bagian dalam capi kepiting yang nantinya akan di makan dagingnya.

Balik Kepiting kemudian Cabut Cangkang dan Insang Kepiting

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah menggunakan tangan untuk memisahkan bagian atas dengan bagian bawah kepiting. Lalu cabut dan buang cangkang kepiting bagian atas secara perlahan-lahan. Setelah itu, cabut insang kepiting dengan cara memegang kedua sisi cangkang, lalu ambil salah satu potongan kepiting.

Tarik Daging Kepiting

Setelah cangkang kepiting retak, tariklah cangkang kepiting dan tekan ke bawah cangkang kepiting. Setelah itu akan terlihat daging kepiting dari cangkangnya. Gunakan jari tangan kamu untuk menarik daging kepiting. Untuk lebih memudahkan kamu juga bisa menggunakan pisau tumpul.

Nikmatilah Daging Kepiting

Memang memerlukan effort cukup panjang untuk bisa menikmati daging kepiting. Nikmatilah daging pada bagian demi bagian lain dari kepiting. Meski membutuhkan effort yang lebih, namun pastinya, rasa serta pengalaman tidak akan mengecewakan.

Baca juga : TOP 5 Rekomendasi Restoran Seafood Terbaik di Jakarta Utara

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Setelah atau Saat Menyantap Kepiting

Hindari Makanan Dan Minuman Berikut Saat Mengkonsumsi Kepiting

Setelah puas menikmati daging kepiting, sebisa mungkin untuk mengkonsumsi makanan-makanan ini jika kamu tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk terjadi pada tubuh. Berikut ini, daftar makanan dan minuman yang sebaiknya jangan kamu konsumsi setelah ataupun saat menyantap menu kepiting.

Buah Kesemek

Buah kesemek mengandung asam tanat, zat ini tentu dapat mengganggu proses pencernaan protein yang kita makan. Asam tanat pada buah kesemek tersebut akan membuat protein dalam daging kepiting menggumpal, sehingga sulit untuk dicerna. Selain itu, apabila sudah terlalu lama di usus, maka akan terjadi pembusukan yang dapat menyebabkan nyeri perut, mual, muntah hingga diare.

Buah Pir

Mengkonsumsi Buah pir saat kamu menikmati seporsi kepiting seafood? Aduh, jangan dicoba deh. Sifat dingin buah pir apabila dimakan bersamaan dengan kepiting dapat melukai limpa lambung dan menyebabkan gangguan pencernaan. Selain pir, mengkonsumsi makanan lainnya yang bersifat dingin bersamaan dengan kepiting pun tidak baik untuk pencernaan. Selain buah kesemek dan pir, sebaiknya kamu tidak makan buah bersamaan dengan kepiting. Jika ingin makan buah, beri jeda waktu beberapa jam sebelum atau setelah makan kepiting.

Daging Kambing dan Ikan Gabus

Mengkonsumsi daging kambing dan ikan gabus bersamaan dengan kepiting sekaligus juga tidak dianjurkan. Jika dikonsumsi secara bersamaan maka fungsi memperkuat dan menghangatkan dari daging kambing dan ikan gabus akan berkurang. Selain itu juga tidak baik untuk limpa lambung.

minum teh saat makan kepiting

Banyak sekali orang memesan teh untuk menu minuman mereka saat mereka berada di rumah makan. Tapi apabila kamu sedang makan kepiting, sebaiknya jangan pesan teh karena mengkonsumsi teh setelah makan kepiting dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Minum teh setelah makan kepiting akan melumerkan getah lambung. Dengan begitu fungsi pembasmi kuman pada getah lambung akan menurun sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung. Selain itu, teh mengandung asam tanat yang apabila dikonsumsi bersamaan dengan kepiting akan menimbulkan gejala tidak enak pada usus lambung.

Itulah beberapa makanan serta minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setelah maupun saat mengkonsumsi kepiting.

Tips Aman Naik Ojek Selama New Normal

Tips Aman Naik Ojek Selama New Normal, blog lakupon. Pada fase new normal akan banyak hal baru dan terasa sangat berbeda bila dibandingkan dengan saat sebelum pandemi. Sebab Kamu harus melakukan pencegahan virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan. Dan salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah jika Kamu sering menggunakan jasa ojek online atau “ojol”.

Tips Aman Naik Ojek Selama New Normal

Entah itu jasa ojol atau opang, selama fase new normal ini jika kamu sering menggunakan jasa tersebut maka tidak boleh dilakukan sembarangan lho. Ingat, virus corona Covid-19 hingga saat ini masih ada! Maka dari itu, ada beberapa tips aman naik ojek yang penting untuk diperhatikan, agar terhindar dari penyebaran virus yang cukup mengkhawatirkan itu.

Tips aman naik ojek agar terhindar dari Covid-19

Setiap kali ingin keluar rumah, ingatlah bahwa kasus Covid-19 di Indonesia masih terus meningkat. Bahkan hingga hari ini jumlah terkonfimasi di Tanah Air masih terus bertambah secara signifikan.

Selalu gunakan masker

Memakai masker adalah kewajiban yang harus diingat selama bepergian. Jangankan naik ojek, keluar rumah untuk sekadar keliling kompleks saja, Anda tetap disarankan untuk menggunakan masker kain, atau masker medis untuk lansia di atas 60 tahun.

Sebisa mungkin menggunakan helm pribadi

Bukannya berprasangka buruk, tapi membawa helm sendiri dianggap lebih bijak bila dibandingkan menggunakan helm yang disediakan oleh tukang ojek. Semuanya demi menjaga kesehatan Anda sendiri, sekaligus tukang ojek yang mengantar.

Selalu sedia hand sanitizer

Meskipun mencuci tangan dengan sabun dan air bersih adalah cara pencegahan virus corona yang lebih disarankan, membersihkan tangan dengan hand sanitizer juga tetap harus dilakukan. Apalagi ketika Anda sedang keluar rumah dan tidak memiliki akses untuk menggunakan sabun serta air bersih. Saat naik ojek, kadang tanpa disadari, tangan menyentuh permukaan berbagai benda yang telah terkontaminasi virus corona. Itulah sebabnya, membawa hand sanitizer sangatlah penting.

Hindari pembayaran secara konvensional

Saat seseorang yang mengidap Covid-19 bersin, droplet atau cairan tubuhnya itu dapat hinggap di permukaan, tak terkecuali dengan uang kertas. Maka dari itu, saat naik ojek, Anda lebih disarankan untuk membayar dengan uang elektronik yang sudah disediakan oleh pihak ojek online. Sebab, penggunaan uang kertas bisa meningkatkan risiko penyebaran virus berbahaya itu.

Hindari mengobrol

Seperti yang sudah diketahui, saat mulut berbicara, maka cairan tubuh atau droplet dapat tersebar ke udara. Untuk menghindari penularan virus corona, ada baiknya Anda tidak berbicara atau memulai pembicaraan saat naik ojek. Hal ini dilakukan guna menghindari adanya cairan tubuh yang tersebar lewat udara, saat ojek sedang melaju kencang.

Tips perawatan tubuh yang bisa Kamu lakukan saat social distancing atau PSBB

Tips perawatan tubuh yang bisa Kamu lakukan saat social distancing atau PSBB, blog.lakupon.com. Halo kuponers, di saat seperti sekarang ini, melakukan perawatan di tempat-tempat yang memanjakan tubuh seperti salon kecantikan, spa ataupun massage memang tidak dianjurkan. Akan tetapi Kamu bisa kok melakukan segala jenis perawatan tubuh yang diperlukan walaupun sedang melakukan social distancing seperti PSBB.

perawatan tubuh di rumah aja

Kenapa sih perawatan tubuh wajib banget dilakukan?

Kesibukan sehari-hari terkadang membuat orang lupa untuk merawat tubuh dengan baik padahal tubuh sangat memerlukan perhatian lho. Sudah menjadi rahasia umum jika kebanyakan dari kita berlomba-lomba untuk memiliki penampilan yang sempurna. Oleh karena itu, akhirnya banyak yang menggantungkan pada jenis makeup tertentu atau produk kecantikan lainnya. Padahal ada yang lebih penting selain memperhatikan kecantikan dari penampilan saja, yaitu Kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa tips perawatan tubuh bagi wanita yang bisa dilakukan saat pemberlakuan social distancing atau PSBB.

Mengatasi siku dan lutut yang berwarna gelap

  • Peras jus jeruk nipis segar
  • Atau potong beberapa irisan jeruk nipis segar
  • Gosokkan ini di atas area yang gelap / berubah warna di sekitar siku dan lutut
  • Biarkan selama sekitar 20 menit
  • Rendam handuk dalam air panas dan gosok daerah tersebut

Kulit lebih bercahaya

  • Ambil 1 sdm air mawar, 1 sdm gliserin dan 1 sdm air jeruk nipis
  • Campur dan simpan dalam botol
  • Oleskan ini setiap hari selama sekitar setengah jam sebelum mandi atau sebelum tidur untuk kulit bercahaya lembut

Hilangkan kutil di sekitar jari

  • Ambil kentang mentah dan potong
  • Oleskan jus pada area di sekitar kuku di mana Anda memiliki kutil (kulit yang rusak kering)
  • Dengan menggunakan kapas, pijat bagian tersebut dengan lembut
  • Cuci bersih setelah sekitar 10 menit

Mengatasi kantung mata

  • Ambil beberapa bola kapas dan air mawar
  • Celupkan bola kapas ke dalam air mawar dan letakkan di atas mata
  • Terus selama sekitar 20 menit
  • Berbaring dan santai
  • Ini akan membantu merawat mata bengkak yang Anda miliki di sekitar mata dan juga membantu meringankan mata Lelah

Membuat Kulit lebih halus

  • Ambil 5 sdt minyak zaitun dan sekitar 50 gram pasta pepaya
  • Campur keduanya
  • Oleskan di atas area kering pada kulit
  • Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan kulit halus alami

Hilangkan keriput di sekitar mata

  • Ambil 3 sdt susu mentah dan 3 sdt madu
  • Campur keduanya
  • Hangatkan sedikit campuran
  • Oleskan ini di sekitar daerah mata dan biarkan selama sekitar 30 menit
  • Cuci bersih dengan air hangat
  • Ini adalah solusi alami untuk mengurangi dan mencegah keriput di sekitar daerah mata

Kulit kasar di sekitar tangan dan kaki

  • Ambil setengah cangkir dadih dan setengah sdt cuka
  • Campur bersama
  • Pijat ini di tangan, telapak tangan dan kaki
  • Biarkan selama sekitar 5-10 menit
  • Cuci bersih dengan air biasa

Baca juga :

6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap, Blog.lakupon.com. Tidur sangat dibutuhkan bagi semua orang dalam segala umur, khususnya untuk anak-anak. Tidur sangat penting guna menunjang tumbuh kembang dan pola berpikir anak. Kebiasaan untuk membuat anak tidur khususnya pada siang hari akan berguna untuk kesehatannya pula di masa yang akan dating. Sering kali Kamu harus berjibaku dan beradu argument dengan buah hati, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Meski tidur khususnya tidur siang memiliki peranan penting bagi buah hati, semua tentu kembali kepada setiap orang tua untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membuat si buah hati tertidur.

Membuat anak tertidur lelap dan menjadikannya sebuah rutinitas tentu bukanlah perkara yang mudah. Untuk itulah kami akan berbagi tips pada artikel ini, semua yang perlu kamu tahu tentang bagaimana cara membantu si buah hati tertidur lelap dengan cepat.

Buat Jadwal Rutin - 6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

  1. Buatlah Jadwal Rutin

Menentukan kapan waktu tidur dan juga bangun tidur mampu menumbuh kembangkan pola piker anak lho. Biasakan untuk mengajak anak tidur tepat waktu di malam hari ataupun membuat jadwal tidur siang dapat membantu otak anak berpikir kapan waktu yang tepat untuk tubuhnya beristirahat. Lama-kelamaan hal ini akan berpengaruh pula pada daya tahan tubuh anak.

Musik Atau Lantunan Ayat Suci - 6 Tips Membantu Si Buah Hati Agar Cepat Tertidur Lelap

  1. Mainkan Musik Atau Lantunan Ayat Suci Al-Qur’an

Hal ini untuk mengurangi suara bising dari luar rumah yang kemungkinan terdengar oleh anak. Selain itu, kebanyakan anak-anak tidur saat para orang tua masih terjaga. Ini membantu mereka agar tidak terganggu atau teralihkan dari segala sesuatu yang tidak terduga. Memainkan lantunan music slow, suara alam, ataupun lantunan ayat suci Al-Qur’an yang merdu terbukti mampu membantu anak tertidur lelap dengan cepat.

Kurangi Cahaya Berlebih

  1. Kurangi Cahaya Yang Berlebihan

Cobalah untuk mengurangi cahaya dalam ruangan yang akan digunakan untuk tidur anak. Matikan lampu atau bila perlu gunakan lampu tidur yang kebanyakan bernuansa remang-remang. Langkah ini merupakan salah satu tips paling ampuh untuk tertidur lelap dengan cepat baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Matikan TV Dan Tanda-tanda Kelelahan Pada Anak

  1. Matikan TV dan Lihat Tanda-tanda Yang Diperlihatkan Anak

Anak yang kelelahan tidak sama dengan apa yang orang dewasa anggap demikian. Bahkan tanda yang diperlihatkan sangat berbeda lho. Kebanyakan anak akan memperlihatkan tanda-tanda seerti hiperaktif, rewel, sensitive, dan lain sebagainya saat mereka mengalami kelelahan. Jangan tunggu anak untuk mengungkapkan bahwa mereka kelelahan.

  1. Gunakan Aroma Terapi

Saat ini banyak sekali Aroma terapi ataupun minyak tertentu yang terbukti efektif untuk membantu ssistem tubuh anak santai atau kalem. Beberapa diantaranya seperti lavender dan chamomile, penggunaan aroma terapi ini memang tidak berfungsi pada semua anak. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk dicoba ya Kuponers.

Segelas Susu

  1. Segelas Susu Dan Sedikit Pijatan

Segelas susu ataupun the hangat terkadang sangat efektif untuk membantu anak tertidur. Selain itu, setelah menikmati segelas susu terkadang sedikit pijatan pada punggung anak dapat mentriger anak untuk merasa nyaman dan santai. Hal ini juga dapat mengurangi tensi dan membuat suasana yang nyaman untuk anak cepat tertidur lelap.

Baca juga :

Membuat si buah hati selalu tepat waktu ataupun rutin melakukan tidur siang hari memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, salah satu cara terbaik untuk membuat anak mau melakukannya adalah dengan memulai kebiasaan yang baik. Pastika untuk selalu menjaga kualitas serta kuantitas tidur yang cukup untuk buah hati. Serta cobalah untuk mengenali tanda-tanda kelelahan pada anak, kurangi cahaya berlebih, dan matikan semua layer TV ataupun Handphone yang bisa membuat anak terjaga. Kombinasikan beberapa tips di atas untuk mencoba membantu anak melakukan rutinitas yang baik tersebut. Memang memulai segala sesuatu yang baik terkadang tidaklah mudah. Tetap semangat, seu=mua demi kebaikan si buah hati nantinya.