Cara Menjaga Kesehatan Tubuh di Masa Pandemi, Mulai Dari Diri Sendiri

Tentu sebagian besar dari Kamu telah mengetahui dan mengenal bagaimana karakteristik virus corona. Hal ini berkat selalu updatenya informasi terkait visrus tersebut. Lantas bagaimanakah langkah ataupun cara yang bisa kamu lakukan agar tidak tertular COVID-19. Berikut telah kami rangkum beberapa cara tersebut, namun tentunya tidak luput dari diri sendiri untuk memulainya. Apa saja cara menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi virus corona atau covid-19?

cara menjaga kesehatan di masa pandemi

Beberapa langkah yang dapat kamu lakukan dimulai dari diri sendiri antara lain dengan,

Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan dengan sabun menjadi salah satu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona atau covid-19 paling efektif untuk mencegah penyebaran atau penularan virus ini. Awali dengan membasahi kedua telapak tangan menggunakan air mengalir. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok semua permukaan kulit tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela-sela jari, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan air mengalir dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu.

Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, seperti sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Kamu juga perlu cuci tangan setelah dari luar rumah.

Selalu sedia peralatan APD seperti hand sanitizer

Jika tidak ada tempat untuk cuci tangan, kamu bisa menggantikannya dengan hand sanitizer. Ada banyak ragam produk hand sanitizer di pasar dengan kandungan alkohol mulai dari 30%. WHO merekomendasikan masyarakat menggunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%. Sebab, hand sanitizer dengan kandungan 60% atau lebih bisa membunuh virus COVID-19 yang punya ukuran cukup besar, yakni 400-500 mikrometer. Jika kandungan alkohol pada hand sanitizer  tidak sampai 60%, maka ini hanya efektif membunuh bakteri yang berukuran lebih kecil, yakni 0,5-5 mikrometer. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu membawa sebotol kecil hand sanitizer dengan alkohol 60% atau lebih saat bepergian.

Baca Juga: Mau Jaga Kesehatan? Sesuaikan Dengan Umurmu

Sebisa mungkin hindari menyentuk area wajah

Ini sepele tapi sulit, karena dikutip dari CNN Indonesia, Maret 2020, penelitian Sydney University tahun 2015 menyatakan seseorang menyentuh wajah rata-rata 23 kali per jam. WHO menyebutkan virus corona bisa masuk ke tubuh manusia melalui mulut, hidung, dan mata. Oleh karena itu,cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona, kamu harus berlatih untuk mendiamkan tangan agar tidak menyentuh wajah selama minimal satu menit. Jika sudah berhasil, tambahkan menjadi 5 menit, dan latih terus, sehingga kamu bisa benar-benar meminimalkan kebiasaan sentuh wajah.

Konsumsi makanan bergizi serta perbanyak minum air

Minum vitamin atau suplemen bisa meningkatkan daya tahan tubuh guna mencegah paparan virus corona. Namun para ahli gizi sepakat, kita lebih baik mendapatkan vitamin dan mineral secara langsung dari sumbernya daripada konsumsi dari obat atau cairan olahan.

Vitamin-C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa memacu produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi. Sayuran yang kaya vitamin C antara lain brokoli (dalam semangkuk) sebanyak 50mg, 1 buah paprika seberat 45 g mengandung 109.1 mg, bayam sebanyak 28 miligram (mg) per 100 g. Kamu juga bisa menemukan vitamin C di buah-buahan seperti jeruk dengan kandungan 59-83 mg vitamin C per buahnya, jambu biji dengan kandungan 200 mg, pepaya 94 mg, kiwi 84 mg, stroberi 52 mg, dan nanas 39-49 mg. Konsumsi minuman berbahan rempah-rempah seperti jahe merah juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Jaga kebersihan lingkungan

Membersihkan rumah dan sekitar meja kerja di kantor bisa meminimalkan paparan virus. Gunakan disinfektan untuk membersihkan permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, keyboar dan mouse, alat dapur, sakelar lampur, gagang laci, pegangan tangga.

Untuk mendisinfeksi, gunakan air dan sabun, atau cairan yang mengandung alkohol. Jangan lupa menggunakan sarung tangan sekali pakai saat bersih-bersih dan mendisinfeksi.

Baca juga : Yoga Memberikan Ketenangan Pada Pikiran dan Kesehatan Bagi Tubuh

Selain hand sanitizer, bawa alat makan sendiri dari rumah

Bawalah selalu alat makan sendiri. Pastikan alat makan dicuci dengan sabun hingga bersih. Karena virus corona memiliki daya tahan yang kuat di permukaan logam. Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama. Karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok.

Begini Cara Menjaga Kesehatan Saat Bepergian Selama Pandemi Covid-19

Selain dari upaya diri sendiri, kamu juga harus melakukan beberapa hal berikut ini sebagai cara menjaga kesehatan tubuh saat bepergian di tempat umum selama pandemi.

cara menjaga kesehatan saat bepergian ke tempat umum selama pandemi

1. Hindari kontak fisik dengan orang lain

Virus corona bisa menyebar hanya dengan bersalaman. Oleh karena itu, saat ini kamu lebih baik jangan sembarangan memegang tangan orang lain. Hindari bersalaman, ganti dengan salam namaste atau menaruh tangan di dada.

2. Social distancing

Cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona bisa dapat kamu lakukan dengan menjaga jarak dengan orang lain saat beraktivitas bersama, minimal 1 meter. Kenapa 1 meter? Karena ini adalah jangkauan percikan air yang bisa menyebar dari mulut saat seseorang bicara. Amat disarankan untuk tidak pergi ke luar rumah apabila kamu sedang merasa sakit atau kurang sehat. Ini bisa membahayakan karena bisa jadi kamu menularkan penyakit pada orang lain.

Baca Juga: 5 Hobi Saat Pandemi Ini Semakin Digemari Masyarakat Lho!

3. Menghindari transportasi umum

Jika terpaksa untuk bepergian, jangan menggunakan transportasi umum. Karena di transportasi umum banyak orang saling berbaur. Kamu tidak bisa melakukan social distancing di dalam transportasi umum. Tak jarang, malah sesama penumpang transportasi umum berdesak-desakan, sehingga rawan terjadi penularan virus corona.

4. Membersihkan meja saat akan duduk di restoran

Jangan asal duduk dan meletakkan kedua tangan di meja saat tiba di restoran. Bersihkan dulu meja menggunakan tisu kering dan tisu basah yang mengandung alkohol minimal 60%. Karena kamu tidak tahu siapa yang sudah menggunakan meja itu. Disinfeksi meja makan penting untuk mematikan virus yang menempel.

Baca juga: Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Mengingat virus corona bisa menyebabkan penyakit kritis, maka kita perlu tahu cara menjaga kesehatan tubuh saat virus corona Covid-19 agar tidak mudah tertular dengan melakukan pencegahan dimulai dari diri sendiri dan ketika berada di tempat umum. Untuk menghadirkan ketenangan dan bisa tetap menikmati hidup, lengkapi juga dirimu dengan asuransi dari Astra Life yang memberikan perlindungan menyeluruh, termasuk terhadap penyakit COVID-19.

Siap Jalani New Normal Dengan Peralatan Ini

Jum’at, 5 Juni 2020, sebagian besar wilayah di Indonesia mulai menerapkan tatanan kehidupan yang baru atau yang sekarang dikenal dengan istilah New Normal. Siap tidak siap dan mau tidak mau memang kita semua akan dihadapkan dengan hal ini dan meulai berdamai dengan hidup berdampingan bersama virus corona. Oleh sebab itu, kita juga harus mempersiapkan diri seoptimal mungkin. Setidaknya ada beberapa perlengkapan wajib yang harus selalu siap sedia di dalam tas yang kita bawa saat beraktifitas di luar ruangan.

perlengkapan new normal

Belum adanya vaksin virus Corona (Covid-19) mengharuskan masyarakat untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut. Guna menjaga kesehatan pada masa new normal ini, maka kita harus menjaga kebersihan dan kesehatan. Beraktivitas kembali baik di tempat kerja, mal atau pun sekolah, setidaknya kita harus mempersiapkan beberapa perlengkapan berikut ini:

  1. Masker

Menggunakan masker sudah menjadi hal yang wajib dilakukan meski begitu kita tidak tahu apakah kebersihan masker saat kita gunakan akan optimal sepanjang hari. Untuk itu, selalu sediakan masker cadangan dalam tas yang kita bawa. Usahakan untuk menggunakan masker kain saja, karena masker medis lebih dibutuhkan oleh mereka yang berhadapan langsung dengan covid-19 di rumah sakit. Masker berfungsi untuk menghindarkan diri dari droplet atau percikan dahak maupun air liur saat berada di dekat orang lain.

Tips saat menggunakan ataupun melepas masker, sangat simpel untuk dilakukan yaitu jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tetapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika menggunakan masker kain, cucilah setiap selesai digunakan. Bila perlu sediakan pula topi faceshield yang semenjak pandemi covid-19 ini seperti menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Bahkan beberapa acara di televisi yang dipandu beberapa selebriti yang menggunakan faceshield ini.

  1. Hand Sanitizer

Jika tidak menemukan washtafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tangan apalagi jika harus berada di tempat umum atau transportasi publik. Bawalah selalu hand sanitizer dengan ukuran yang kecil, saat ini sudah banyak tersedia hand sanitizer dalam ukuran mini yang dapat dimasukkan dalam kantong jaket ataupun celana.

  1. Tisu

Selalu sediakan tisu, baik jenis tisu kering ataupun tisu basah. Tisu kering bisa digunakan di saat urgen seperti buang air, dan tisu basah dengan antibakteri merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum, memegang gagang pintu dan lainnya.

  1. Alat makan pribadi

Membawa alat makan pribadi seperti sendok dan garpu akan lebih baik dibanding menggunakan alat makan yang ada di tempat umum. Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan makan yang praktis dan mudah dibawa. Bila perlu, bawalah makanan yang dipersiapkan dari rumah. Sehingga akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, kita akan lebih berhemat dengan membawa bekal dari rumah, dan juga menghindari kontak langsung dengan penjaja makanan di luar sana.

  1. Perlengkapan ibadah

Khusus bagi para perempuan, usahakan untuk selalu membawa perlengkapan ibadah seperti mukena. Sebab kita tidak akan tahu riwayat pengguna mukena yang disediakan di tempat-tempat umum. Sedangkan bagi laki-laki, sebisa mungkin untuk membawa sajadah sendiri.

  1. Helm

Bila memungkinkan, bawalah helm sendiri agar lebih aman saat bepergian dengan menggunakan jasa ojek online.

Baca juga :

6 Aktifitas Bareng Si Buah Hati Saat Pandemi Covid-19 Biar Ngga Bosan

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Selain perlengkapan yang wajib kamu bawa saat new normal dimulai, ada beberapa perilaku yang wajib pula kamu lakukan seperti social distancing (usahakan untuk menjaga jarak dari orang lain kurang lebih 1 sampai 2 meter), hindari kontak fisik langsung dengan orang lain meskipun itu teman kantor, setelah beraktifitas di luar ruangan usahakan untuk segera mandi dan mengganti baju sebelum melakukan kontak dengan keluarga di rumah.

6 Aktifitas Bareng Si Buah Hati Saat Pandemi Covid-19 Biar Ngga Bosan

Aktifitas bareng si buah hati saat pandemi covid-19 biar ngga bosan, blog.lakupon.com. Belum ada titik terang kapan pandemi covid-19 ini akan berakhir. Ini merupakan waktu yang sulit bagi semua orang, tidak terkecuali bagi anak-anak. Ditutupnya sekolah-sekolah serta berbagai tempat bermain membuat ruang lingkup aktifitas anak-anak terbatas. Hal ini tentu membuat mereka merasa jenuh jika terus menerus berada di rumah.

Ada beberapa tips dan trik untuk mengatasi kejenuhan anak-anak di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Contohnya adalah dengan melakukan berbagai aktifitas bemanfaat, ini adalah beberapa ide aktifitas dan juga kerajinan yang bisa Kamu lakukan bareng si buah hati di rumah.

Menggambar, Melukis, atau Mewarnai! Asiknyaa!

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Aktifitas ini merupakan salah satu favorit bagi kebanyakan anak-anak. Kamu bisa mengajak buah hati untuk menggambar, melukis, ataupun mewarnai. Beberapa peralatan yang cukup simpel dan murah membuat aktifitas ini sebagai salah satu prioritas yang layak untuk Kamu coba. Agar lebih menarik dan membuat anak semakin bersemangat, hasil karya kerajinan ini bisa Kamu tempel di dinding lho.

Membuat Balon Bercahaya, wow!

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Buah hati suka banget main balon? Kamu bisa mencoba membuat balon-balon tersebut bercahaya lho. Nah, buat Kamu yang masih belum kebayang gimana cara membuatnya begini nih caranya. Cukup sediakan beberapa balon yang berwarna dan glow stick, kemudian mulailah dengan menekuk glow stick sampai terdengar ‘pop’ dan mulai bersinar. Tiup balon yang sudah disediakan dalam ukuran setengahnya saja dahulu. Lalu masukkan glow stick dengan hati-hati ke dalam balon tanpa mengeluarkan terlalu banyak udara. Glow stick hanya menyala untuk jangka waktu tertentu, biasanya 6 jam. Meski begitu, ini merupakan aktifitas yang bisa membuat malam dengan si buah hati makin bermakna.

Makin Seru Dengan Membuat Origami

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Udah tahu belom? Bermain dan belajar membuat origami ada manfaatnya! Origami sederhana atau seni melipat kertas dari Jepang sangat baik untuk perkembangan motorik anak. Bahkan penelitian lain menyebutkan bahwa permainan origami dapat meningkatkan perhatian dan konsentrasi anak. Cukup sediakan kertas lipat dan juga ide-ide origami yang akan Kamu coba. Ada banyak contoh origami dengan berbagai tingkat kesulitan yang berbeda beda, sesuaikan dengan umur buah hati Kamu ya Kuponers.

Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Bagaimana caranya membuat lampu gantung dari kardus bekas? Nah, tidak perlu khawatir karena membuat lampu gantung ini tidak terlalu rumit seperti yang kamu bayangkan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu untuk membuatnya. Selanjutnya, siapkan bahan dan alat-alat yang dibutuhkan, seperti kardus bekas, lem tembak, lampu, tempat lampu, kabel, penggaris, pensil, dan cat semprot.

Menghias Kamar Anak Dengan Stiker Dan Juga Glow In The Dark

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Merubah tampilan kamar anak sesuai dengan yang mereka inginkan pasti akan sangat menyenangkan. Kamu bisa mengajarkan mereka untuk berkreasi dengan merubah warna tembok sesuai dengan warna kesukaan buah hati, menambahkan gambar tokoh favoritnya baik dengan cat warna ataupun stiker. Serta menambahkan stiker glow in the dark bertemakan ruang angkasa pasti makin membuat mereka makin suka.

Membuat Mainan Dari Barang Bekas

aktifitas-anak-saat-pandemi-covid-19

Banyak barang-barang bekas di rumah, mungkin tidak semuanya harus Kamu buang. Kamu bisa memanfaatkan sebagian besar dari barang-barang bekas tersebut lho. Misalnya saja membuat mainan truk berbahan kardus, membuat mainan pesawat dari bahan botol bekas, dan masih banyak ide kreatif lainnya yang bisa dengan mudah Kamu temukan di berbagai situs di Internet.

Baca juga:

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini, blog.lakupon.com. Seluruh orang di berbagai negara tidak pernah membayangkan sebelumnya akan datangnya pandemi virus corona. Bahkan tidak hanya di luar negeri saja, masyarakat Indonesia pun dibuat was-was karena pandemic tersebut. Meskipun sebelumnya digembor-gemborkan bahwa virus corona tidak akan menyebar dan mampu bertahan pada iklim Indonesia. Bahkan ada juga beberapa oknum yang menyebutkan tidak perlu panik dan tidak perlu menggunakan masker, karena masker hanya untuk mereka yang sakit. Pada akhirnya mereka-mereka ini menelan ludah sendiri, semua statement yang mereka kemukanan sebelumnya mereka bantah sendiri dari yang mulai tidak perlu panik, virus tidak akan bertahan lama, hingga penggunaan alat pelindung diri seperti masker.

Hmmm, negeri yang aneh bukan? Cukup sudah membahas hal yang kurang perlu tersebut, mari saling menjaga satu sama lain dengan terus berpedoman pada anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing dan anjuran-anjuran lainnya. Kembali ke pokok bahasan, di saat sekarang ini ternyata ada beberapa hal simple yang sebelumnya tidak pernah terbayangkan kita akan merasa kangen dibuatnya. Pasti salah satu dari Kamu merasakan hal yang sama, yuk coba inti papa saja 6 hal simple yang mungkin paling dikangenin kamu saat ini.

Buka Puasa Bersama

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Ramadan kali ini sungguh sangat berbeda dibandingkan dengan bulan-bulan Ramadan sebelumnya. Semua serba terbatas, melakukan ibadah pun sangat terbatas dan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah di rumah saja. Seperti halnya beribadah, buka puasa Bersama alias bukber-pun tidak dianjurkan dilakukan. Padahal moment Ramadan biasanya dijadikan saat-saat yag tepat untuk berkumpul Bersama teman-teman lama. Bahkan kemungkinan besar beberapa diantara Kamu memiliki jadwal bukber yang cukup padat, bukber teman Kuliah, Teman SMA, Teman SMP, Teman SD, hingga Teman TK. Hahaha.

NGabuburit

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Selain Bukber, salah satu kegiatan favorit para muda-mudi pada umumnya di bulan Puasa adalah ngabuburit. Biasanya banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit Bersama rekan sejawat seperti berburu takjil, pengajian sore, atau bahkan sekedar cuci mata. Hal sesimpel ini tentunya bikin kita kangen bukan?

Ngumpul Bareng Teman Kantor

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Hayo, siapa diantara Kamu yang suka banget nongkrong bareng temen-temen kantor? Banyak hal yang bisa dilakukan saat sudah berkumpul Bersama, mulai dari cari tempat makan atau jajanan yang hits, foto-foto selfi, cuci mata, mabar permainan online, hingga membicarakan orang lain. Iya ngga sis? Haha pasti moment yang begini cukup bikin kamu kangen ngantor lagi bukan? Bukan karena pekerjaannya, tapi karena bisa kumpul-kumpul ngga jelas itu.

Nonton Konser

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Demen banget nonton konser secara live? Pasti saat ini Kamu sedang merasaknnya, saat pandemic virus corona ini beberapa pagelaran konser yang cukup besar terpaksa dibatalkan karena alas an keamanan dan memutus rantai penyebaran virus corona. Hal ini bukan tanpa sebab, karena pada umumnya pagelaran konser akan menjadi daya Tarik yang kuat untuk semua umur dan kalangan.

Nonton Bola Di Stadion Tercinta

6 hal simple yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Gegara pandemic virus corona ini, banyak pecinta sepak bolah dibuat kehilangan taringnya riuh serta keramaian yang biasanya terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola sudah tidak ada lagi.

Naik Gunung

naik gunung

Suka dengan petualangan, mungkin untuk memenuhi kebutuhan petualang Kamu dengan melakukan pendakian gunung harus ditunda terlebih dulu. Urungkan niat demi keselamatan diri, memang benar akan sangat jarang bertemu dengan orang lain saat melakukan pendakian gunung. Akan tetapi siapa sangka jika dalam pendakian tersebut Kamu secara tidak sengaja bertemu dengan orang lain yang ternyata sudah terpapar virus corona.

Nge-Mall

6 hal simpel yang mungkin paling dikangenin di saat pandemi covid-19 sekarang ini

Siapa sih anak kota yang ngga doyan nge-mall, terlebih virus corona di Indonesia Sebagian besar terjadi di ibukota Jakarta. Banyak warga Jakarta yang akhirnya gigit jari dan memilih untuk berdiam diri di rumah daripada bepergian ke mall yang sudah jelas kurang dari segi keamanannya karena biasanya mall-mall ramai dikunjungi orang.

Baca juga :

Ternyata WFH Tidak Selalu Lancar Lho, Berikut Beberapa Kendalanya!

Ternyata WFH Tidak Selalu Lancar Lho, Berikut Beberapa Kendalanya! Blog.lakupon.com. Warga Indonesia harus bersyukur dalam beberapa hari terakhir ini jumlah penderita virus covid-19 kian berkurang dan pasien yang sembuhpun terus bertambah. Tentunya ini merupakan berita baik, meski begitu ternyata dalam masa social distancing ini banyak juga lho yang mengalami beberapa kendala saat bekerja dari rumah “Work From Home”.

Kendala Saat WFH

WFH memang salah satu Langkah yang ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan terbukti ampuh. Beberapa diantara Kamu tentu sangat membutuhkan WFH ini dan sangat disambut gembira oleh semua pekerja. Pada awal mulanya, sebagian besar dari Kamu tentu memiliki ekspektasi tinggi saat WFH. Tapi ternyata, ada pula lho yang memiliki kendala saat Work From Home. Berikut ini beberapa kendalanya.

  1. Produktivitas Berkurang

Lain halnya dengan para karyawan ataupun pekerja yang menyambut gembira masa WFH ini, para manager atau pemilik perusahaan justru khawatir jika produktivitas pekerjanya berkurang. Beberapa penyebab berkurangnya produktivitas seseorang saat bekerja di rumah adalah belum bisanya mengatur atau beradaptasi dengan menggabungkan antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah atau pribadi.

  1. Pekerjaan Menumpuk Tidak Teratur

Saat bekerja di kantor pada umumnya Kamu tentu memiliki target-target yang harus dicapai dalam kesehariannya. Bahkan boleh dibilang lebih teratur karena memiliki alur yang jelas. Lain halnya jika berkerja dari rumah “WFH”, mengatur hal tersebut ternyata cukup sulit untuk dilakukan.

Baca juga :

Tips Tetap Produktif Saat WFH Karena Wabah Virus Corona Covid-19 Melanda

  1. Gangguan Internet

Internet memiliki peranan penting dalam mengerjakan pekerjaan kantor. Akan tetapi, terkadang Internet juga bisa menghambat pekerjaan saat berada di rumah. Work From Home pastinya membutuhkan jaringan internet yang stabil. Tapi pada kenyataannya, tidak semua pekerja mempunyai akses internet yang lancer dan kuota yang berlimpah.

  1. Anak Selalu Minta Perhatian

Bekerja dari rumah tentu membuat intensitas bersama keluarga lebih banyak. Terlebih jika Kamu seorang ibu rumah tangga juga, anak pastinya akan meminta perhatian lebih bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Hal ini tentu mewajibkan Kamu untuk pintar-pintar mengatur waktu antara pekerjaan dan memberi perhatian penuh kepada anak.

Baca juga:

Work From Home Dirumah Akibat Imbas Virus Corona? Ceriakan Waktumu Dengan Meme Ini!

Ada beberapa catatan penting selain kendala-kendala yang sudah disebutkan di atas seperti, selalu ada masalah dengan memonitor pekerjaan. Biasanya juga rentan terjadi kesalah pahaman  pekerjaaan dan kurangnya komunikasi. Bisa jadi terdapat masalah keamanan dengan data yang ditransfer dan yang tidak dapat dipantau. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep Work From Home.

Terkadang masalah komunikasi antar karyawan membuatnya bermasalah untuk suatu pekerjaan. Kurangnya bersosialisasi dengan konsep kerja Work From Home juga dapat merugikan manusia yang dasarnya adalah makhluk sosial. Serta kurangnya keterbukaan saat sharing seputar pekerjaan. Biaya infrastruktur teknologi yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut di rumah. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep bekerja dari rumah. Terkadang masalah komunikasi antar karyawan juga bisa membuat suatu pekerjaan menjadi bermasalah.

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan

Ini Dia 5 Takjil Favorit Saat Menyambut Buka Puasa Di Bulan Ramadan, Blog.lakupon.com. Nggak terasa ya Kuponers, Kita sudah menjalani puasa Ramadan sudah satu minggu. Dalam satu minggu ini tentunya Kamu sudah mencicipi berbagai menu hidangan takjil super nikmat saat berbuka bukan? Dalam satu minggu ini seharusnya ada tujuh menu takjil yang sudah kamu nikmati, biar takjilnya ngga melulu yang itu-itu saja. Pada artikel kali ini Mimin mau nebak nih, apa aja sih takjil yang menjadi favorit Kamu saat berbuka puasa di bulan Ramadan? Berikut tebakan mimin selengkapnya.

  1. Kolak
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kolak
Kolak ternyata kaya akan manfaat lho. Menu sajian kolak sangat digemari seluruh keluarga.

Setiap orang pasti memiliki hidangan favorit sesuai dengan seleranya masing-masing. Salah satu hidangan favorit bagi kebanyakan orang Indonesia yang selalu ada di setiap hidangan berbuka puasa adalah kolak. Menu takjil yang satu ini asli buatan Indonesia, bahkan dulu makanan takjil ini digunakan sebagai media penyebaran agama Islam lho.

Kolak sebagai media penyebaran agama Islam bukan tanpa sebab, saat itu masyarakat jawa belum banyak yang memluk agama Islam. Para ulama mencari cara pendekatan yang efektif, yakni dengan sebuah jamuan makanan yang syarat dengan makna. Tidak heran jika kolak biasanya terdiri dari berbagai bahan makanan seperti pisang dan ubi, yang keduanya memiliki arti tersendiri.

Baca juga:

8 Takjil Buka Puasa yang Tak Melulu Kolak untuk Hidangan Keluarga

Lumpia Sayur & Buah, Menu Takjil Buka Puasa Pengganti Gorengan yang Bikin Kamu Tetap Langsing!

  1. Kurma
Menu Favorit Saat Berbuka Puasa - Kurma
Kurma menjadi salah satu menu favorit saat berbuka puasa, amengkonsumsi menu yang satu ini saat berbuka juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. Perlunya memakan sesuatu yang manis-manis dan cukup menahan rasa lapar dan dahaga. Kebutuhan akan makanan yang manis juga sudah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang. Mengkonsumsi buah kurma sangat jarang pada hari biasanya, namun pada bulan Ramadan buah kurma ini akan banyak dijumpai di berbagai tempat.

  1. Es Buah atau Sop Buah

Resep Es

Butuh yang seger-seger dan kaya akan vitamin saat berbuka puasa menjadikan es buah sebagai salah satu takjil favorit bagi kebanyakan orang Indonesia. Membuat menu takjil yang satu ini juga sangat mudah lho, cukup berbelanja beberapa buah seperti buah naga, alpukat, kolang kaling, papaya, dan berbagai buah lainnya sesuai selera. Kemudian ditambahkan es batu, susu, dan sirup kental untuk menambah rasa manisnya.

  1. Gorengan

gorengan

Gorengan merupakan menu takjil favorit bagi masyarakat Indonesia di saat berbuka. Jika biasanya semua orang berbondong-bondong untuk membeli berbagai aneka gorengan saat ngabuburit tentunya hal itu tidak bisa dilakukan di saat pandemi virus corona seperti sekarang ini. Tapi tentu hal ini tidak mengurungkan niatmu untuk menikmati gurihnya gorengan saat berbuka puasa bukan? Kamu bisa membuat aneka gorengan di rumah dengan berbagai citarasa baru yang beda dari biasanya. Cobalah berfantasi dan berekspektasi tinggi, siapa tahu kamu bisa menciptakan menu gorengan baru.

Baca juga:

6 Takjil Buka Puasa Ini Bikin Kamu Bersyukur Kuat Puasa sampai Maghrib!

8 Tips Siapakan Menu Buka Puasa Untuk Diet Agar Berat Badan Turun

  1. Jajanan Pasar

Jajanan Pasar

Selain kolak, kurma, es buah, dan gorengan, salah satu takjil favorit saat berbuka puasa Ramadan adalah jajanan pasar. Menu yang satu ini sama dengan berbagai menu takjil yang lain, karena biasanya disajikan sebagai takjil atau camilan sebelum menikmati makanan utama. Banyak orang yang menghabiskan waktu sebelum buka puasa alias ngabuburit dengan berburu jajanan pasar. Meskipun tampak begitu sederhana, namun jajanan pasar tidak kalah menarik untuk dinikmati ketika berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, harga jajanan pasar juga termasuk murah meriah serta mudah ditemukan. Ada banyak jenis jajanan pasar yang menjadi menu takjil favorit seperti:

  • Kue Lapis
  • Klepon
  • Kue apem
  • Kue lumpur
  • Bika ambon
  • Gemblong ketan hitam
  • Lepet jagung

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna

6 Kegiatan Yang Bisa Membuat Puasa Ramadan Kamu Makin Sempurna, blog.lakupon.com. Hayo siapa yang lagi puasa dan jam segini udah mulai ngerasain laper dan pengen minum yang seger-seger? Salah satunya, Kamu yah Kuponers? Tahan sebentar lagi yah, tinggal hitungan jam kok! Kamu pasti bisa laluin godaan yang cukup menggiurkan dari abang-abang yang jualan es doger di seberang jalan sana. Puasa Ramadan memang identik dengan menahan lapar dan dahaga, tapi biar kegiatan ibadah puasa ramadan makin sempurna, banyak hal yang bisa kamu lakukan lho minimal 6 kegiatan berikut ini.

1. Membaca Al-Ma’tsurat di Pagi dan Sore Hari

Menjalankan ibadah puasa ramadan di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini pastinya ada sedikit rasa was-was dan juga takut. Selain senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, ada baiknya untuk selalu mendekatkan diri dengan Maha Pencipta Allah SWT. Salah satu cara untuk selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada-Nya adalah dengan membaca Al-Ma’tsurat di pagi dan sore hari. Hal ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun kamu berada. Kamu bisa mengucapkan dengan lisan maupun membacanya dalam hati. Selain mengharap segara urusan terasa lancar dan hati tenang, ada pula beberapa keutamaan membaca Al-Ma’tsurat pada pagi dan juga sore hari seperti:

  • Rumah terlindung dari gangguan setan,
  • Dicukupi segala kebutuhan di dunia,
  • Disempurnakan nikmat,
  • Tanda syukur pada Allah,
  • Mendapat keridaan Allah,
  • Dilindungi dari ancaman dan bahaya,
  • Mendapat lebih banyak pahala,
  • Termasuk ahli surga,
  • Dihapus segala kesalahan dan diangkat derajatnya, serta
  • Memperoleh syafaat di hari kiamat.

2. Memperbaiki Shalat

Sudah baligh tapi sering melalaikan kewajiban sholat 5 waktu? Jadikan moment ramadan kali ini sebagai kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hal tersebut. Jika memang sudah menunaikan shalat 5 waktu, cobalah untuk memperbaiki kualitasnya agar lebih benar dan khusyuk. Jangan lupa untuk menambahkan kuota waktu Kamu untuk mendirikan sholat sunnah, agar ibadah semakin berkah.

Baca juga :

3. Mendirikan Sholat Malam, dan Jangan Tinggalkan Sholat Tarawikh

Sholat tarawikh adalah ibadah yang hanya di lakukan di saat bulan ramadan, maka dari itu jangan sampai kesempatan tersebut kamu sia-siakan begitu saja. Sempatkan pula untuk menunaikan sholat malam atau yang sering disebut juga dengan sholat tahajud. Waktu yang dianjurkan untuk menunaikan sholat tahajud adalah pada sepertiga malam. Tidak ada batasan rakaat untuk menunaikan sholat tahajud, cobalah untuk melakukannya malam ini ya Kuponers.

4. Membaca Al-Qur’an

Jika boleh jujur, mimin sendiri jarang sekali membaca Al-Qur’an pada hari biasanya, mungkin salah satu di antara Kamu yang membaca artikel ini juga seperti mimin. Maka dari itu, ayo jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai waktu yang tepat untuk memulai membaca Al-Qur’an, setidaknya mulai memperbaiki cara bacaannya, setelah itu tingkatkan dengan menghafalkannya, serta mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

5. Memperdalam Pengetahuan Agama

Banyak di antara kita pasti masih awam dengan ilmu pengetahuan agama, biasanya pada bulan puasa ramadan akan banyak kegiatan-kegiatan islami seperti pengajian ataupun kuliah subuh di pagi hari. Namun hal tersebut pastinya akan sangat sulit kita jumpai di saat pandemi covid-19 seperti sekarang. Maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menambah wawasan ilmu agama seperti dengan membaca buku tentang agama, menyimak acara-acara keagamaan di TV, dn bisa juga dengan menyimak pengajian-pengajian yang ada di media sosial seperti Youtube.

6. Bersedekah

Jika Kamu merupakan salah seorang yang tergolong mampu bila dibandingkan dengan kebanyakan orang lainnya, jadikan moment puasa ramadan kali ini sebagai ajang untuk menambah pahala dengan bersedekah. Bersedekah tidak perlu melimpah, sesuaikan dengan kemampuanmu. Setelah bersedekah, biasanya Kamu akan merasakan suatu kebahagiaan dalam diri yang tidak bisa kamu ungkapkan dan gambarkan.

Menyempurnakan ibadah puasa di bulan ramadan pastinya sangat bisa kamu lakukan! Yuk mulai dari sekarang.