Tea Time, Mengenal Tradisi Minum Teh khas Negara Inggris

Teh merupakan salah satu minuman yang cukup digemari oleh masyarakat umum. Di Indonesia sendiri, teh sudah menjadi hidangan minuman yang sangat melekat di dalam kehidupan masyarakat umum. Teh juga bersanding dengan kopi sebagai minuman yang sering dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.  Tak hanya di Indonesia, kebiasaan meminum teh juga terkenal di benua Eropa dan salah satunya adalah di negara Inggris. Di negara ini, tradisi meminum teh sering dikenal dengan sebutan Tea Time.

 

Apa itu Tea Time?

Tea Time sendiri dapat diketahui sebagai suatu momen yang digunakan oleh masyarakat Inggris disana untuk menikmati hidangan teh di waktu tertentu. Biasanya, kegiatan tea time dapat berlangsung di waktu senggang seperti di siang ataupun sore hari. Terkadang, tea time juga dilakukan saat jeda makan siang.

Diperkenalkan pada abad ke 17, masyarakat Inggris biasanya mendapatkan waktu untuk menikmati hidangan teh tersebut di beberapa tempat favorit mereka. Tempat-tempat seperti ruang tamu, beranda rumah, hingga kafe adalah contoh temapt yang biasanya menjadi tempat terbaik untuk menikmati tea time tersebut.

Saat tea time, kegiatan yang lazimnya dilakukan oleh masyarakat Inggris adalah mengobrol dengan teman ataupun keluarga mereka. Selain itu, membaca buku juga menjadi aktivitas yang sering dilakukan sambil menikmati secangkir teh di waktu tersebut. Dalam tea time sendiri, hidangan yang diasajikan pun beragam. Roti, kue, hingga aneka biskuit menjadi hidangan pelengkap wajib yang selalu melekat pada tradisi ini sendiri.

 

Manfaat dari Tea Time, menyehatkan tubuh?

Selain menikmati hidangan teh yang hangat serta aneka kue yang manis, apakah ada manfaat bagi tubuh lewat tradisi tea time ini? Ternyata, tradisi ini bisa memberikan dampak-dampak yang cukup positif bagi tubuh lho! Tak hanya untuk tubuh, dampak positif untuk kesehatan mental juga bisa didapat dengan melakukan aktivitas meminum teh tersebut. Lantas, apa saja manfaat baiknya dalam meminum satu cangkir teh tersebut?

Meredakan stres

Menikmati teh dengan waktu suasana yang nyaman saat tea time bisa membantumu melawan rasa stres yang ada di pikiran. Dalam secangkir teh, terdapat suatu kandungan yang bisa meredakan rasa stres ataupun kecemasan di dalam pikiran lho. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang baik untuk pikiran serta tubuh kita.

Menurunkan kolestrol

Kandungan antioksidan di dalam teh ternyata tak hanya bisa meredakan stres lho. Manfaat lainnya yang baik adalah bisa menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh. Setelah meminum secangkir teh, maka kadar antioksidan di dalam darah akan meningkat. Dengan meningkatnya kadar antioksidan tersebut, maka kolesterol jahat tidak teroksidasi.

Mencegah kanker

Antioksidan juga dapat mencegah kanker yang berkembang di dalam tubuh. Antioksidan yang terdapat dalam teh diketahui dapat menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas ini cukup berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan rusaknya sel yang bisa menyebabkan kanker. Untuk itu, kandungan antioksidan dapat melawan serta mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga sistem pencernaan

Meminum teh juga dapat memberikan efek yang baik bagi pencernaan kita. Kandungan polifenol yang ada di dalam teh dapat menjaga saluran pencernaan kita dari berbagai bakteri jahat. Tak hanya menjaga, polifenol juga dapat menghasilkan bakteri yang baik untuk pencernaan kita untuk melawan bakteri jahat terssebut.

Menyehatkan tulang dan sendi

Ternyata, tidak hanya susu yang dapat membuat tulang menjadi kuat. Teh pun bisa memperkuat tulang dan juga menjaga sendi di dalam tubuh. Kandungan fitokimia pada teh inilah yang bisa menjaga tulang serta sendi kita agar menjadi lebih kuat dan sehat.

Mampu menurunkan berat badan

Kamu ingin menurunkan berat badan? Cobalah meminum teh saat kegiatan tea time tersebut. Teh dikenal cukup ampuh untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan, cobalah untuk meminum teh hijau. Teh ini sendiri dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta dapat membakar lemak pada tubuh secara lebih efektif lho.

Tertarik dengan manfaat yang didapat dalam mengkonsumsi teh? Tak hanya dapat bermanfaat bagi tubuh, kegiatan tea time di sore hari juga dapat memperkuat kehangatan dengan keluarga maupun dengan teman-teman ketika sedang bersantai. Jangan lupakan sajian cemilan disamping segelas teh hangat agar suasana menjadi lebih hangat.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing" Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed