Ternyata WFH Tidak Selalu Lancar Lho, Berikut Beberapa Kendalanya!

Ternyata WFH Tidak Selalu Lancar Lho, Berikut Beberapa Kendalanya! Blog.lakupon.com. Warga Indonesia harus bersyukur dalam beberapa hari terakhir ini jumlah penderita virus covid-19 kian berkurang dan pasien yang sembuhpun terus bertambah. Tentunya ini merupakan berita baik, meski begitu ternyata dalam masa social distancing ini banyak juga lho yang mengalami beberapa kendala saat bekerja dari rumah “Work From Home”.

Kendala Saat WFH

WFH memang salah satu Langkah yang ampuh untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 dan terbukti ampuh. Beberapa diantara Kamu tentu sangat membutuhkan WFH ini dan sangat disambut gembira oleh semua pekerja. Pada awal mulanya, sebagian besar dari Kamu tentu memiliki ekspektasi tinggi saat WFH. Tapi ternyata, ada pula lho yang memiliki kendala saat Work From Home. Berikut ini beberapa kendalanya.

  1. Produktivitas Berkurang

Lain halnya dengan para karyawan ataupun pekerja yang menyambut gembira masa WFH ini, para manager atau pemilik perusahaan justru khawatir jika produktivitas pekerjanya berkurang. Beberapa penyebab berkurangnya produktivitas seseorang saat bekerja di rumah adalah belum bisanya mengatur atau beradaptasi dengan menggabungkan antara pekerjaan kantor dan pekerjaan rumah atau pribadi.

  1. Pekerjaan Menumpuk Tidak Teratur

Saat bekerja di kantor pada umumnya Kamu tentu memiliki target-target yang harus dicapai dalam kesehariannya. Bahkan boleh dibilang lebih teratur karena memiliki alur yang jelas. Lain halnya jika berkerja dari rumah “WFH”, mengatur hal tersebut ternyata cukup sulit untuk dilakukan.

Baca juga :

Tips Tetap Produktif Saat WFH Karena Wabah Virus Corona Covid-19 Melanda

  1. Gangguan Internet

Internet memiliki peranan penting dalam mengerjakan pekerjaan kantor. Akan tetapi, terkadang Internet juga bisa menghambat pekerjaan saat berada di rumah. Work From Home pastinya membutuhkan jaringan internet yang stabil. Tapi pada kenyataannya, tidak semua pekerja mempunyai akses internet yang lancer dan kuota yang berlimpah.

  1. Anak Selalu Minta Perhatian

Bekerja dari rumah tentu membuat intensitas bersama keluarga lebih banyak. Terlebih jika Kamu seorang ibu rumah tangga juga, anak pastinya akan meminta perhatian lebih bila dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Hal ini tentu mewajibkan Kamu untuk pintar-pintar mengatur waktu antara pekerjaan dan memberi perhatian penuh kepada anak.

Baca juga:

Work From Home Dirumah Akibat Imbas Virus Corona? Ceriakan Waktumu Dengan Meme Ini!

Ada beberapa catatan penting selain kendala-kendala yang sudah disebutkan di atas seperti, selalu ada masalah dengan memonitor pekerjaan. Biasanya juga rentan terjadi kesalah pahaman  pekerjaaan dan kurangnya komunikasi. Bisa jadi terdapat masalah keamanan dengan data yang ditransfer dan yang tidak dapat dipantau. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep Work From Home.

Terkadang masalah komunikasi antar karyawan membuatnya bermasalah untuk suatu pekerjaan. Kurangnya bersosialisasi dengan konsep kerja Work From Home juga dapat merugikan manusia yang dasarnya adalah makhluk sosial. Serta kurangnya keterbukaan saat sharing seputar pekerjaan. Biaya infrastruktur teknologi yang diperlukan untuk mengimplementasikan konsep tersebut di rumah. Tidak semua pekerjaan cocok untuk pekerjaan dengan konsep bekerja dari rumah. Terkadang masalah komunikasi antar karyawan juga bisa membuat suatu pekerjaan menjadi bermasalah.

No Comments Yet

Comments are closed