Perhatikan! 6 Kesalahan Merawat Rambut Yang Sering Kamu Lakukan

 

Sama halnya seperti wajah, rambut juga butuh perawatan dan perhatiannya. Shampo secara teratur saja tidak cukup, kamu mungkin butuh beberapa produk perawatan rambut. Namun, perlu diingat kalau produk perawatan rambut bisa berakibat fatal untuk rambut jika kamu menggunakannya kurang tepat.

merawat rambut

Selain itu, cara merawat rambut yang kurang tepat adalah faktor lain yang masih banyak orang belum tahu. Nah, kira-kira apa saja sih kesalahan cara merawat rambut yang sering kamu lakukan?

Kesalahan Merawat Rambut

Tidak Potong Rambut Teratur

merawat rambut

Memotong rambut secara teratur seharusnya kamu lakukan. Cara merawat rambut ini mampu menghindari rambut bercabang dan mempercepat pertumbuhan rambut. Idealnya, kamu memotong rambut minimal 2-3 bulan sekali.

Tidak Memakai Conditioner

merawat rambut

Menutrisi rambut sangatlah penting, maka dari itu, kamu harus memakai conditioner sehabis memakai shampoo. Conditioner mampu membuat rambut lebih halus dan lembut. Gunakan conditioner pada helai rambut dari tengah hingga ke ujungnya ya.

Tidak Gunakan Shampoo Sesuai Jenis Rambut

merawat rambut

Shampoo tak hanya digunakan untuk membersihkan rambut tapi juga sebagai cara merawat rambut yang paling dasar. Sebelum beli shampoo sebaiknya baca pada label kegunaannya untuk jenis rambut apa. Maka shampoo tersebut dapat mengurangi masalah pada rambutmu.

Tidak Menambahkan Air ke Shampoo ketika Keramas

merawat rambut

Jika kamu terbiasa menuang shampoo langsung ke rambut, maka jangan lakukan lagi! Cara yang paling tepat adalah dengan menuang shampoo ke telapak tangan, lalu tambahkan sedikit air. Campuran tersebut akan menjadi busa dan ia pun dapat bekerja lebih maksimal untuk melepaskan bahan aktif dari produk. Dengan begitu, maka kotoran rambut dapat terangkat sempurna.

Mewarnai Rambut dirumah

merawat rambut

Beberapa wanita lebih senang mewarnai rambut diruamh karena lebih praktis dan tentunya murah. Namun, jika hal ini sering dilakukan, maka akan membuat rambut kering dan rusak. Kenapa? Karena mengecat rambut sendiri memungkinkan proses pewarnaan tidak ke seluruh bagian rambut. Untuk itu, aplikasikan pewaran rambut pada akar dan bagian warna yang memudar.

Menyisir Rambut dari Akar

merawat rambut

Jika kamu rasa menyisir rambut dari akar adalah hal yang baik, sebenarnya tidak! Menyisir rambut dari akar justru dapat menyebabkan rambut rontok dan lapisan kutikula akan rusak.

Sering Memanaskan Rambut

merawat rambut

Penggunaan hair dryer atau catokan seharusnya tidak setiap hari atau terlalu sering. Hal ini akan menimbulkan masalah pada kutikula rambut. Kutikula dapat menjadi lemah, pecah dan patah hingga rambut menjadi kusam.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON