Tips Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Puasa

Saat sedang menajalankan puasa, tentu ada hal yang tak luput dari perhatian kita yaitu kesehatan gigi dan mulut. Biasanya, bau mulut akan datang ketika melakukan kegiatan berpuasa.

Bau mulut sendiri dikarenakan oleh tidak adanya makanan ataupun minuman yang masuk ke dalam mulut untuk beberapa waktu dan hal ini cukup mengganggu bagi beberapa orang.

Untuk mengurangi gejala bau mulut tersebut, cara yang paling mudah adalah dengan rajin menggosok gigi saat sahur maupun ketika setelah berbuka puasa. Selain itu, pemilihan pasta gigi yang mengandung fluoride menjadi pilihan yang tepat saat menggosok gigi untuk menghilangkan bau mulut tersebut.

Meskipun menggosok gigi adalah cara yang paling mudah untuk merawat gigi dan mulut selama berpuasa, berikut terdapat beberapa tips untuk menjaga kesehatan mulut selama masa berpuasa.

 

1. Menyikat gigi hingga meraih semua bagian gigi

Saat menyikat gigi, pastikan semua bagian permukaan gigi dapat tersentuh ketika menyikatnya. Mulai dari permukaan bagian dalam, bagian luar, hingga bagian gigi yang untuk mengunyah.

 

2.  Jangan langsung berkumur

Biasanya setelah kita menyikat gigi, kita akan langsung berkumur untuk membersihan mulut kita. Tetapi saat berpuasa, ada baiknya untuk tidak langsung berkumur sesaat setelah menyikat gigi.

Hal itu dikarenakan saat berkumur, efek zat fluoride pada pasta gigi akan ikut terbuang oleh air dan efek dari pasta gigi itu sendiri akan hilang.

Untuk membuat efek zat fluoride dapat bekerja secara maksimal pada mulut, usahakan untuk menunggu 5 hingga 10 menit setelah menyikat gigi.

 

3. Gunakan obat kumur

Setelah menyikat gigi, penggunaan obat kumur tentu bisa membantu mulut untuk tetap segar dan juga menjaga gigi agar tehindar dari kerusakan sepanjang berpuasa.

Untuk penggunaan obat kumur sendiri, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Agar nafas tetap segar, gunakan obat kumur saat sahur maupun setelah berbuka puasa.

 

4. Periksa kesehatan mulut ke dokter gigi

Mengecek kesehatan mulut seperti gigi tentu menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Gigi berlubang juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya bau mulut. Lakukan pengecekan kesehatan gigi dan mulut ke dokter secara rutin agar terhindar dari gejala gigi berlubang ataupun masalah kesehatan mulut lainnya.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa tentu merupakan hal yang cukup penting agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan mulut. Selain itu, masalah bau mulutpun dapat dihindari dengan rajin menyikat gigi secara benar dan juga teratur.

Hal yang patut diperhatikan juga adalah menghindari minuman seperti kopi ataupun teh yang dapat meninggalkan noda pada gigi yang dapat menyebabkan bau mulut. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan serta sayuran dapat mengurangi gejala bau mulut tersebut.

Bagi kalian yang ingin melakukan perawatan gigi dengan harga yang terjangkau, LaKupon memberikan berbagai promo menarik yang sayang kalian lewatkan. Ada berbagai potongan harga yang pastinya cocok untuk kalian untuk membuat gigi kalian menjadi sehat. Penasaran ada promo apa saja? Yuk check promonya DISINI

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed