Tips Merawat Notebook yang Benar

Jaman sekarang semua pekerjaan harus diselesaikan dengan cepat. Banyaknya tuntutan dan sempitnya waktu membuat penemu menciptakan notebook. Alat ini mirip dengan komputer tetapi bisa dibawa kemanapun kita pergi. Dengan notebook kita dapat mengerjakan pekerjaan meskipun sedang berada diluar kantor. Akan tetapi notebook berbeda dengan komputer, dan cara merawatnya pun juga berbeda. Bila tidak sering dirawat makan notebook bisa saja rusak. Kali ini kami akan berbagi tips-tips cara merawat notebook dengan baik dan benar.

1. Notebook tidak sama dengan komputer

tips merawat notebook

Yang harus diperhatikan dalam merawat notebook adalah  jangan sekali-kali kita samakan dengan komputer desktop, walaupun dengan spesifikasi yang sama namun untuk notebook kalau bisa jangan sampai dipakai selama berjam-jam atau seharian penuh layaknya kita menggunakan komputer desktop, karena dari sisi desain dan peruntukkannya memang berbeda. Komputer desktop memang didesain untuk digunakan selama berjam-jam kalau sedangkan notebook didesain untuk pekerjaan yang mengharuskan kita mobile atau tidak mengenal tempat untuk bekerja, nah apabila ada komputer desktop lebih baik menggunakan komputer desktop untuk pekerjaan kantor.

2. Hindari dari panas matahari.

tips merawat notebook

 

Jangan meninggalkan notebook anda didalam mobil lama-lama. Panas matahari yang berlebihan akan menyebabkan kerusakan pasa komponen notebook. Ada baiknya bila anda membawa laptop anda, selain menghindari kerusakan juga tidak memancing maling untuk mengambil notebook anda.

3. Taruh laptop anda diatas permukaan yang rata

tips merawat notebook 3

Sebailnya tempatkan notebook pada tempat yang rata atau datar agar lubang ventilasi yang letaknya di bagian bawah notebook tidak tertutup. Pastikan notebook berada di tempat stabil, tidak banyak goyangan dan getaran yang dapat merusak Harddisk, Optical Drive, socket-socket serta komponen mekanik lainnya. Jangan menempatkan notebook ditempat yang tidak rata misalnya kasur, karena lubang ventilas akan tertutup dan mengakibatkan laptop anda akan mengalami panas berlebihan.

4. Lepaskan baterai notebook untuk penggunanaan yang lama

tips merawat notebook 4

 

Agar baterai awet untuk pemakaian jangka panjang dan kecendrungan listrik stabil tidak mati hidup lebih baik baterai dilepaskan dari notebook agar baterai tidak diisi terus oleh listrik, dan jangan paksakan batere dalam kondisi habis benar kalau sudah hampir habis pastikan laptop dimatikan atau segera dicharge jangan sampai menunggu notebook mati sendiri karena keabisan baterai. Lebih baik mencharge dalam kondisi mati dan apabila sudah penuh segera dicabut, biasanya notebook memiliki indikator lampu yang dapat kita gunakan sebagai tanda.

5. Jangan menaruh handphone diatas laptop

Jangan meletakkan Handphone diatas Notebook maupun di atas keyboard Notebook. Lebih baik jauhkan Handphone dari Notebook Anda. Pengalaman membuktikan, Handphone sewaktu ada panggilan atau saat menerima sms, mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Notebook yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar.

6. Jauhkan dari minuman ataupun benda cair lainnya.

tips merawat notebook 6

 

Saat menggunakan notebook sebaiknya tidak saat sedang makan. Jauhkan dari benda-benda cair yang dapat merusak laptop. Tnetunya anda tidak mau kan notebook anda kejatuhan kopi yang sedang anda minum? Oleh karena itu rawatlah notebook anda sebaik-baiknya.

Semoga tips-tips tersebut dapat menambah wawasan anda dalam merawat notebook yang baik dan benar. Apabila anda tidak mempunyai waktu untuk merawat notebook, ada baiknya jika anda mengunjungi tempat service untuk notebook agar selalu terawat dan awet. Untuk merawat notebook anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang karena lakupon.com mempunyai promo yang menarik. Maintenance notebook hanya dengan Rp 80.000 di Pemmz. Segera dapatkan promonya yaa.