Tips Resep Membuat Ayam Tulang Lunak, Mudah dan Lezat Lho!

resep ayam tulang lunak

Jika kita sedang lapar, tentunya beragam makanan pasti sedang berada di pikiran kita. Aneka makanan yang lezat mulai dair masakan Barat, masakan Asia, hingga masakan Indonesia yang menjadi favorit santapan kita adalah beberapa contoh hidangan yang pastinya kita bayangkan untuk kita santap. Nah apabila kamu sedang lapar dan ingin memasak hidangan lezat nan gurih untuk santap serumu dirumah, kamu bisa mencoba memasak salah satu hidangan lezat khas Indonesia yang satu ini lho! Hidangan tersebut adalah ayam tulang lunak.

Dari namanya saja sudah unik bukan? Ya, ayam tulang lunak sendiri merupakan sajian hidangan berbahan dasar daging ayam yang memiliki tekstur empuk dan juga mempunyai tulang yang lunak ketika disantap, sehingga tulang dari daging tersebut bisa turut ikut disantap bersama dengan daging ayam yang sudah diolah. Selain itu, hidangan berbahan dasar ayam ini juga memiliki cita rasa yang gurih, sehingga setiap orang pasti menyukai masakan khas Indonesia yang satu ini.

Lalu, bagaimana hidangan khas ini bisa memiliki cita rasa yang gurih maupun mempunyai tekstur yang empuk serta tulang yang lunak seperti itu ya? Penasaran bagaimana resepnya agar bisa dimasak dirumah? Berikut resep dari ayam tulan lunak yang bisa kamu coba masak dirumah untuk santap serumu.

Baca juga artikel lainnya disini: Resep Membuat Lumpia Kulit Tahu Selezat di Restoran, Ini Caranya!

Bahan-Bahan Yang Diperlukan

resep ayam tulang lunak

Untuk memasak ayam tulang lunak, kamu perlu memerlukan bahan-bahan bumbu masakan beirkut dirumah untuk memasaknya. Beberapa bumbu-bumbu tersebut diantaranya mudah untuk didapat di pasar, sehingga kamu bisa untuk membelinya di pasar terdekat untuk memasak. Bumbu-bumbu tersebut yang perlu disiapkan yaitu:

  • 6 btr bawang merah
  • 6 btr bawang putih
  • 6 btr kemiri yang sudah disangrai
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdt ketumbar, sangrai
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • Daun pisang
  • 7 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 btg serai, memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm air asam jawa

Setelah menyiapkan bumbu-bumbu tersebut, beberapa bahan utama lainnya yang perlu disiapkan untuk memasak ayam tulang lunak adalah sebagai berikut:

  • 1 ekor ayam kampung, pilih yang muda
  • 2 sdt baking powder
  • 1 liter santan
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Memasak Ayam Tulang Lunak

resep ayam tulang lunak

Setelah menyiapkan bumbu-bumbu dan juga bahan utama untuk diolah, sekarang saatnya untuk memasak. Untuk memasak hidangan ini sendiri terbilang tidak cukup sulit dan tergolong cukup mudah lho! Kamu hanya perlu untuk mengikuti beberapa langkah berikut init untuk memasak hidangan lezat berbahan dasar ayam yang satu ini. Berikut langkah-langkah untuk memasak hidangan ini:

  1. Pertama-tama, siapkan panci presto yang sudah dialasi oleh daun pisang. Lalu, olesi sedikit minyak pada panci agar mudah dibuka saat ayam sudah matang.
  2. Siapkan ayam yang sudah dicuci bersih. Potong-potong daging ayam sesuai selera.
  3. Taburi bagian permukaan ayam dengan baking powder hingga merata. Setelah itu, tutupi dengan plastik wrap dan diamkan selama 1-2 jam didalam kulkas.
  4. Sambil menunggu ayam yang didiamkan di dalam kulkas, tumis 2 sdm minyak diatas wajan dan tumis bumbu halus dan bumbu lainnya hingga harum dan layu. Sisihkan.
  5. Bumbu sudah, sekarang ambil ayam yang sudah didinginkan tadi kemudian olesi dengan bumbu tumis hingga merata. Diamkan ayam selama 1 jam. Sisa bumbu bisa dimasukkan ke dalam panci presto.
  6. Masukkan ayam ke dalam panci, tuang santan hingga ayam terendam santan. Jika kurang asin, kamu bisa menambahkan garam lebih sesuai selareamu. Setelah itu, tutup pancinya.
  7. Masak dengan api besar hingga uap keluas, masak selama kurang lebih 1-2 jam agar tulang benar-benar lunak. Perlu diingat bahwa saat memasak dalam panci air rebusan harus benar-benar habis dan perlu diperhatikan agar tidak gosong.
  8. Ketika sudah matang dalam panci presto,biarkan ayam mendingin.
  9. Setelahnya, siapkan minyak yang cukup banyak dan goreng ayam hingga kecokelatan di wajan
  10. Ketika sudah terlihat kecoklatan serta matang, angkat dan siap dihidangkan ayam tulang lunak tersebut

Agar lebih lezat ketika dihidangkan, kamu bisa menambahkan sayuran seperti lalapan agar lebih sehat untuk disantap dan juga segar. Selain itu bagi kamu pecinta hidangan pedas, kamu juga bisa menambahkan sambal terasi, sambal bawang, ataupun sambal lainnya sesuai dengan selera yang kamu inginkan untuk disantap.

Baca juga artikel lainnya disini: Suka Cumi Goreng Tepung? Yuk Masak Di Rumah Dengan Resepnya Berikut ini!

Memilih santapan yang lezat dikala perut yang lapar tentunya menjadi sebuah hal yang dipikirikan untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Dari banyaknya hidangan yang ada, sajian ayam tulang lunak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk disantap ketika rasa lapar tiba. Selain itu, menikmati sajian ayam tulang lunak juga bisa menajdi lebih seru ketika bisa dinikmati oleh para anggota keluarga dirumah maupun bersama dengan teman-teman terkasih. Jadi, apakah kamu penasaran dan ingin menikmati langsung sajian hidangan khas Indonesia yang lezat satu ini dirumah?

Christopher Setiadi

Content Production & SEO

"Coffee. Motorcycle. Writing"

No Comments Yet

Comments are closed