Tooth Filling, Perawatan Untuk Gigi Berlubang

Apakah kamu mempunyai permasalahan pada gigi? Gigi merupakan salah satu bagian pada tubuh yang memiliki fungsi serta perananan yang cukup penting bagi manusia. Dengan adanya gigi, beberapa proses seperti menggigit makanan, mengunyah makanan hingga proses berbicara pun akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Namun, bagaimana jika terjadi suatu gejala permasalahan pada gigi di dalam mulut? Tentu hal tersebut bisa mengganggu aktivitas kita secara tidak langsung bukan?

Ada beberapa kondisi gejala permasalahan pada kesehatan gigi yang sering menyerang gigi. Gejala-gejala seperti radang gusi, adanya plak di gigi, gigi yang erosi, dan juga infeksi pada gigi adalah beberapa contoh permasalahan yang sering dirasakan oleh masyarakat umum. Namun dari berbagai contoh permasalahan tersebut, gigi berlubang adalah hal yang paling sering dirasakan oleh masyarakat.

Gigi berlubang sendiri biasanya disebabkan oleh bakteri yang telah berkembang biak di dalam mulut. Bakteri ini diketahui dapat menghasilkan asam sehingga dapat mengikis lapisan gigi pada mulut. Semakin besar pengikisan yang terjadi maka rasa sakit yang dirasakan juga semakin besar pula di bagi penderitanya. Maka untuk mengobati pada gigi berlubang, salah satu cara perawatannya adalah dengan melakukan Tooth Filling atau yang biasa dikenal dengan sebutan tambal gigi.

Tooth Filling, penambalan ada gigi berlubang

Tooth Filling adalah sebuah tindakan medis pada gigi dimana bagian gigi yang rusak ataupun yang sudah membusuk dengan bahan pengganti untuk melindungi gigi dari kerusakan tersebut. Selain untuk melindungi gigi, Tooth Filling juga bisa mengembalikan fungsi serta penampilan pada gigi itu sendiri. Nah untuk bahan penggantinya sendiri menggunakan beberapa kandungan di dalamnya. Kandungan-kandungan seperti emas, perak, amalgam, resin komposit, kaca ionomer, ataupun porselen dapat dipilih oleh para pasien sesuai dengan kenyamanan pada gigi di dalam mulutnya tersebut.

Baca artikel lainnya disini: 9 Bahaya Sakit Gigi Berlubang Jika Tak Cepat Di Tambal

Bermanfaat yang baik untuk gigi

Tidak hanya bisa memperbaiki gigi, Tooth Filling juga bisa memberikan manfaat lainnya pada gigi kita lho! Beberapa manfaat dari perawatan ini adalah sebagai berikut:

– Mengembalikan bentuk dan fungsi gigi yang mengalami kerusakan akibat bakteri di dalam mulut

– Mempertahankan bentuk tulang rahang dan kontur wajah

– Mengurangi jumlah bakteri aktif di dalam mulut

– Mempertahankan struktur gigi dan memperpanjang usia gigi

– Memperbaiki gigi yang retak, patah, atau terkikis akibat kebiasaan tertentu. Contohnya akibat kebiasaan seperti menggigit kuku ataupun menggertakkan gigi.

Mempunyai prosedur dalam penambalannya

Karena termasuk ke dalam salah satu tindakan medis, Tooth Filling juga mempunyai beberapa prosedur dalam penanganannya. Untuk itu, beberapa prosedur ini biasanya dilakukan oleh dokter gigi ketika ingin melakukan proses penambalan pada gigi yang rusak, Prosedur-prosedur tersebut adalah:

Anestesi Lokal

Pada prosedur ini, pasien akan diberikan suntik anestesi lokal. Hal ini dilakukan untuk mematikan saraf di sekitar gigi.

Peluruhan Gigi

Setelah prosedur anestesi lokal selesai, dokter gigi akan memotong enamel gigi menggunakan bor untuk menghilangkan pembusukan di dalamnya. Selanjutnya, dokter akan membentuk ruang pada gigi untuk menyiapkannya untuk memasukkan tambalan ke dalam bagian gigi tersebut.

Etching

Prosedur selanjutnya adalah dengan melakukan Etching. Etching sendiri merupakan sebuah proses yang menggunakan gel asam untuk mengencangkan gigi sebelum mengisi gigi yang berlubang dengan tambalan.

Melapisi Gigi dengan Resin

Pada prosedur ini, gigi akan dilapisi dengan resin pada gigi yang berlubang tersebut. Setelah dilapisi resin, dokter akan mulai menambal gigi yang berlubang tersebut dengan bahan tambalan gigi yang telah dikonsultasikan sebelum dilakukannya Tooth Filling.

Melakukan Polishing

Setelah prosedur-prosedur diatas telah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah melakukan Polishing. Prosedur ini merupakan bagian akhir dari proses Tooth Filling itu sendiri. Selain itu, Polishing juga dilakukan untuk membersihkan gigi serta memudarkan noda pada gigi.

Baca juga artikel lainnya disini: Ketahui Manfaat Lainnya dari Scalling Gigi, Tak Hanya Memutihkan Gigi Saja Lho!

Secara medis, Tooth Filling dapat mengurangi rasa ngilu pada gigi akibat gigi yang berlubang karena bakteri di mulut. Selain itu, perawatan pada gigi ini juga dapat mengembalikan fungsi gigi menjadi kembali baik seperti sebelumnya. Jika ingin melakukan perawatan Tooth Filling ini, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi ya agar kamu bisa mendapatkan perawatan yang cocok sesuai dengan karakteristik gigimu. Ayo jaga kesehatan serta kebersihan gigi agar selalu sehat dan terhindar dari kuman di dalam mulut.

Christopher Setiadi

"Coffee. Motorcycle. Writing"Go follow @jochristiady

No Comments Yet

Comments are closed