6 Objek Wisata Ujung Kulon yang Memukau & Manjakan Mata

Ujung Kulon, seperti namanya letaknya memang di ujung Pulau Jawa. Walaupun letaknya yang cukup jauh dan di ujung, ternyata Ujung Kulon memiliki pesona yang luar biasa. Keindahan tempat ini membuat siapapun yang berkunjung kesana dibuat takjub.

Salah satu tempat wisata yang populer adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman nasional ini memiliki hutan lindung yang sangat luas dengan faunannya yang terkenal yakni Badak Bercula Satu. Fauna langka ini hanya bisa Anda temukan disana, nah, ada objek wisata apa lagi di Ujung Kulon? Berikut ulasannya:

Objek Wisata Ujung Kulon

1. Pulau Peucang

Ujung Kulon

Pulau Peucang adalah salah satu pulau yang paling populer di kalangan wisatawan saat berlibur ke Ujung Kulon. Pulau yang berada di seberang barat Pulau Jawa ini memiliki pasir putih dengan air laut yang cenderung tenang. Selain wisata pantai, Anda juga bisa mencoba snorkeling dan menikmati indahnya bawah laut dengan banyak gugusan karang. Di sekitar pantai, terdapat juga padang rumput dan faunanya seperti monyet ekor panjang dan rusa.

2. Pantai Handeleum

Ujung Kulon

Selain Pulau Peucang, wisatawan juga suka dengan Pantai Handeleum. Pantai ini berada di antara gugusan pulau-pulau kecil yang berada di ujung timur pantai Semenanjung Ujung Kulon. Di pulau yang memiliki luas hingga 220 hektar ini, Anda bisa menemukan rusa dan hutan bakau. Keunikan dari pulau ini adalah keberadaan sungai yang membelah pulau yang biasa digunakan untuk canoing atau naik sampan.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon

Di taman nasional ini terdapat Sungai Cigenter. Menyusuri alam Taman Nasional Ujung Kulon dari sungai ini membuat Anda seakan sedang berada di Sungai Amazon. Menyusuri alam dari sungai ini akan membawa Anda menuju air terjun bertingkat yang sangat indah. Pemandangan yang luar biasa dengan suasana hutan lindung yang asri dan suara-suara hewan liar didalamnya akan memberikan pengalaman berpetualang yang menyenangkan.

4. Gunung Honje

Ujung Kulon

Di Ujung Kulon tak hanya ada pantai, tapi juga gunung. Keindahan Gunung Honje sangat mempesona siapapun yang memandangnya. Di area ini terdapat juga sumber air panas Cibiuk yang ada di Desa Nelayan Cibanua. Rerumputan hijau dan pepohonan yang mengelilinginya sangat cantik untuk spot berfoto terlebih lagi pemandangan dari atas.

5. Padang Rumput Cidaon

Ujung Kulon

Di Padang Rumput Cidaon cocok untuk Anda yang suka dengan kegiatan Wild Watching. Ada banyak hewan liar yang bisa terlihat di kawasan ini seperti sapi, kerbau, banteng hingga burung merak. Jika ingin ke padang rumput ini sebaiknya dengan pemandu sehingga Anda bisa diarahkan ke tempat yang aman untuk melihat hewan-hewan liar tersebut.

6. Pulau Badul

Ujung Kulon

ujung kulonPulau Badul memiliki pemandangan yang luar biasa. Pulau kecil ini dipenuhi dengan pasir putih dan air laut biru yang jernih. Dibalik cantiknya Pulau Badul, Anda akan melihat arus yang cukup kuat di lautnya. Maka, Anda harus sangat hati-hati saat snorkeling atau diving.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON