Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona, Blog.lakupon.com. Saya agak heran dan greget sebenarnya dengan kebanyakan masyarakat di Indonesia. Sudah sangat jelas, bahwa virus corona atau “Covid-19” sangatlah membahayakan bagi kesehatan dan keselamatan. Di beberapa Negara lain bahkan sudah melakukan berbagai cara guna mencegah virus ini menyebar luas, salah satunya adalah dengan social distance. Lihatlah pemandangan kota-kota yang dulunya ramai sekarang berubah layaknya kota mati, hal ini dikarenakan masyarakatnya sadar diri tentang bahaya apa yang ditimbulkan jika terdampak virus corona.

Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Indonesia. Presiden Jokowi beberapa hari yang lalu telah melakukan pengumuman panduan antisipasi pencegahan virus corona dengan melakukan social distance. Alih-alih membuat masyarakatnya sadar diri dengan pengumuman tersebut, masyarakat Indonesia justru berbondong-bondong menyerbu beberapa kawasan tempat wisata seperti pantai dan puncak hal ini sempat viral beberapa hari yang lalu. Memang benar sepertinya dengan salah satu guyonan jadul kita, “jika otak masyarakat Indonesia dijual, pastilah bernilai mahal karena jarang digunakan”.

Tempat-tempat Yang Harus Dihindari Saat Virus Corona Merebak

Jadi tolong, siapapun yang membaca artikel ini mari kita bantu pemerintah dalam menangani virus corona ini dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Usahakan untuk selalu beraktivitas di sekitar rumah, bila perlu tetaplah berada di rumah. Jika tidak ingin merasa bosan, banyak hal positif dan bermanfaat yang bisa kamu lakukan bersama keluarga lho, baca artikel ini. Guna memutus rantai penyebaran virus covid-19 usahakan pula untuk tidak mengunjungi tempat-tempat berikut ini.

Waterpark - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Waterpark “Kolam Renang”

Tentu sebagian besar dari kamu sudah mengetahui tentang bagaimana cara virus corona ini menyebar dari satu orang ke orang lainnya. Jika sebagian dari kamu yang membaca artikel ini dan belum mengetahuinya, proses penyebaran virus ini sama seperti proses penyebaran beberapa virus pada umumnya, yakni melalui droplet. Nah, jika sudah tahu tentu kamu akan berpikir ulang untuk mngunjungi tempat wisata waterpark ataupun kolam renang lainnya. Terbayang kan, bagaimana jadinya bila kita berenang dengan seseorang yang tanpa sadar menjadi pembawa virus corona? Piker-pikir lagi deh jika ingin tetap liburan di waterpark.

Pasar - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Pasar

Coba bayangkan, bagaimana situasi dan kondisi yang ada di pasar pada umumnya? Sebisa mungkin untuk kamu menghindari tempat yang satu ini. Di pasar biasanya kita harus berinteraksi langsung dengan pedagang-pedagang, serta banyaknya pengunjung pasar mengakibatkan secara tidak sengaja kita bersentuhan dengan orang lain. Hal ini harus sangat dihindari lho Kuponers. Selama beberapa hari ini cobalah untuk tidak mengunjungi beberapa pasar dengan intensitas pengunjung yang biasanya tinggi seperti pasar tanah abang, pasar jatinegara, ataupun pasar yang biasa kamu kunjungi.

Tempat Karaoke - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Tempat Karaoke

Berkaraoke memang mempunyai banyak manfaat, namun untuk saat-saat sekarang ini cobalah untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Untuk bernyanyi di tempat karaoke mengharuskan pengunjung untuk menggenggam mic, yang kita belum tahu siapa pengguna sebelumnya. Bisa jadi mic tersebut menjadi media untuk virus menular kepada orang lain.

Tempat Ibadah - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Tempat Ibadah

Hal ini tentu sangat menjadi polemik bagi pribadi seseorang yang taat beragama. Namun, mari kita berpedoman pada sabda Nabi Muhammad SAW “Jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kelian meninggalkan tempat itu,” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim). Dalam hadits shahih ini jelas dikatakan bahwa nabi menganjurkan untuk menjauhi suatu tempat jika memang sedang terjadi suatu wabah di dalamnya. Virus corona bisa menular dari satu orang ke orang lain melalui droplet dan juga benda-benda yang sudah terpapar olehnya. Memang benar beribadah berjamaah sangat dianjurkan, namun tidak ada salahnya jika kita beribadah di dalam rumah selama beberap beberapa hari ini.

Terminal - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Terminal Atau Transportasi Umum

Beberapa hari yang lalu sempat viral pula tentang antrian pengguna moda transportasi umum yang ada di sekitaran Jakarta. Usahakan dalam beberapa hari terakhir ini untuk menggunakan jasa transportasi umum seperti KRL, MRT, Taksi, Bus, dan transportasi umum lainnya. Jika kamu sering menggunakan jasa transportasi umum seperti KRL, kamu pasti sudah sangat paham kondisi serta situasi KRL saat jam berangkat dan pulang ngantor bukan?

Mall - Usahakan Untuk Menghindari Tempat-tempat Ini Saat Pandemi Virus Corona

Mall

Kuponers, suka main ke mall? Mending sekarang puasa dulu deh beberapa hari ini sesuai saran dari pemerintah. Biasanya mall dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan sebuah event-event penting seperti temu artis, prmo film, atau dijadikan sebagai tempat lomba. Sudah pasti banyak kerumunan di mall bukan.

Itulah beberapa tempat yang sebisa mungkin untuk kamu hindari saat wabah virus covid-19 melanda. Selain tempat-tempat tersebut hindari pula segala tempat ataupun kegiatan yang biasanya terdapat kerumunan orang banyak. Semoga info ini bermanfaat dan jangan sungkan untuk membagikannya ya.

No Comments Yet

Comments are closed