Veneer Gigi untuk Senyum yang Lebih Cantik, Begini Prosedurnya

Veneer gigi, procedure kecantikan dari dokter gigi ini mampu meningkatkan warna, bentuk hingga posisi gigi. Jika kamu memiliki gigi gompal, maka veneer gigi bisa menjadi solusinya. Prosedure kecantikan gigi ini terbuat dari lapisan tipis porselen yang dipasang untuk menutupi permukaan depan gigi. Veneer mampu bertahan hingga bertahun-tahun sebelum akhirnya rusak dengan sendirinya. Dibalik teknologi di bidang Kedokteran Gigi, apa saja manfaat yang bisa dirasakan oleh pasien ya?

Manfaat Veneer Gigi

Veneer Gigi

• Memiliki penampilan seperti gigi asli
• Dengan teknologi yang semakin canggih ini, maka veneer gigi jauh lebih nyaman untuk gusi.
• Prosedur ini hanya membutuhkan sedikit pembentukan ulang pada gigi asli, tidak seperti mahkota gigi yang memerlukan pembentukan ulang yang cukup banyak.
• Lebih tahan lama jika dibandingkan dengan mahkota gigi. Veneer gigi mampu bertahan 5-10 tahun.

Jenis Veneer Gigi

Veneer Gigi

Sebelum kamu melakukan prosedur ini, maka sebaiknya cek dulu jenis dental veneer yang akan kamu lakukan sebagai berikut:

• Dental Veneer Porselen

Dental jenis ini cukup banyak diminati orang banyak karena memiliki lebih banyak keuntungan daripada jenis veneer yang lain. Veneer ini memiliki warna yang menyerupai porselen dan juga sangat tampak alami. Jika menggunakan veneer ini, orang lain pun tak akan menyadari jika itu gigi veneer.

Hal ini karena material porselen yang digunakan mampu memantulkan cahaya yang lebih baik seperti gigi asli. Selain itu, keunggulannya juga tahan terhadap noda sehingga lebih tahan lama. Bahan porselen juga mampu diterima oleh jaringan gusi dengan sangat baik sehingga meminimalisir masalah yang akan terjadi di kemudian hari.

• Dental Veneer Campuran Resin

Jenis veneer ini merupakan dental veneer tradisional yang banyak digunakan oleh dokter gigi. Bentuk veneer ini lebih tipis sehingga banyak orang menggunakannya karena alasan tersebut. Saat melakukan tindakan, dokter gigi hanya perlu menghilangkan lapisan tipis pada gigi. Hal ini berbeda dengan dental veneer porselen yang membutuhkan lebih banyak ruang.

Kondisi Terbaik untuk Veneer Gigi

Veneer Gigi

Ada beberapa kondisi terbaik menggunakan veneer gigi, sebagai berikut:

• Perubahan warna gigi: Jika warna gigi dirusak oleh noda, terkikis lapisan email, penggunaan obat-obatan hingga penggunaan flour yang berlebihan.
• Gigi Retak
• Gigi tidak sejajar
• Bentuk gigi yang tak normal
• Permukaan gigi tidak rata ( ada celah hingga tonjolan pada permukaan gigi )
• Jarak antara gigi terlalu renggang

Tahapan Veneer Gigi

Veneer Gigi

Ada beberapa tahapan yang nantinya akan kamu lakukan saat proses veneer gigi, sebagai berikut:

• Konsultasi

Pada tahap ini, dokter akan memeriksa masalah pada gigi, lalu mendiskusikan tentang metode yang akan digunakan. Metode tersebut dipilih berdasarkan kondisi gigimu sehingga nantinya akan cocok dengan veneer yang digunakan. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan veneer gigi, maka dokter akan menjelaskan details tentang tahap pemasangan, keuntungan hingga pantangan yang harus di patuhi. Rontgen gigi juga diperlukan untuk menganalisis gigi yang bermasalah.

• Persiapan

Di pertemuan selanjutnya, dokter juga akan mempersiapkan gigi yang akan di veneer nantinya seperti menghilangkan lapisan permukaan gigi. Biusan yang diberikan pun akan membuatnya mati rasa. Setelah hasil rontgen, dokter akan membuat veneer gigi yang cocok di laboratorium. Proses ini cukup lama yaitu 1-2 minggu.

• Pemasangan

Pada pertemuan selanjutnya, dokter gigi akan merekatkan dental veneer di permukaan gigi dan merekatkannya bersamaan. Proses ini akan dimulai dengan:

• Pembersihan permukaan gigi

Permukaan gigi akan dibuat kasar, agar veneer mampu melekat sempurna.
Setelah diposisi yang tepat, lalu disinari dengan sinar bersenyawa kimia agar lapisan mengeras dan melekat tahan lama di gigi.

Dokter akan mengecek posisnya apakah sudah pas atau belum dengan memeriksan gigitanmu, jika belum maka sisa senyawa yang tersisa akan di buang dan dilakukan beberapa penyesuaian.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON