Ternyata Ini Alasan Sapi Wagyu menjadi Primadona Semua Daging Sapi

Wagyu, mendengar kata tersebut pasti pikiran Anda langsung terbesit dengan daging sapi premium. Kata Wagyu sendiri berasal dari “Wa” yang berarti Jepang dan “Gyu” yang berarti sapi, sehingga artinya daging sapi dari Jepang.

Daging premium ini menjadi primadona karena dari proses perkembang biakkan hingga pemasakannya tidak biasa alias istimewa. Salah satu tanda daging tersebut terbaik dikelasnya adalah corak lemaknya yang seperti marble.

Wagyu

Kombinasi lemak dan daging inilah yang memberikan rasa lezat. Dibalik rasanya yang nikmat maka tak heran jika daging wagyu dibandrol cukup mahal dibanding jenis daging sapi lainnya. Nah, mengapa? Berikut fakta-fakta daging wagyu yang belum pernah Anda tahu.

Fakta Daging Wagyu

1. Sapi Wagyu Dirawat Seperti “Raja”

Kenikmatan daging sapi ini ternyata didapat dari proses pengembang biakkannya. Untuk mendapatkan daging yang sempurna, maka ia harus diperlakukan selayaknya raja.

Wagyu

Pertama, para sapi harus di ternak di tempat yang sejuk di dataran dingin pegunungan yang jauh dari keramaian, sehingga ia bebas dari strees.

Kedua, Suhu di kandang juga harus dijaga, tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Ketiga, kandang sapi juga tak biasa yakni harus dipahat dan diperdengarkan music klasik.

Keempat, para sapi diberikan layanan akupuntur hingga pijatan relaksasi oleh peternak. Maka mereka pun akan rileks dan tidak stress.

Wagyu

Perlakukan-perlakuan inilah yang membuat sapi bebas stress dan berdampak pada dagingnya yang sangat lezat.

2. Para Sapi Hidup Lebih Sehat dari Manusia

Wagyu

Para sapi wagyu tidak diternak dengan memakan jerami seperti sapi pada umumnya. Mereka di beri makan rumput hijau, sayuran dan buah-buahan. Untuk menambahkan nutrisi, maka mereka juga diberikan vitamin dan kalsium, sehingga mereka tumbuh dengan sehat.

3. Daging Sapi Wagyu Kaya Nutrisi

Wagyu

Tak hanya rasanya yang membuat wagyu sangat dicintai penikmat steak, ia juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Daging premium ini mengandung asam lemak yang bernama Shimofuri yang mengandung Omega-3 yang memiliki kolesterl baik dan bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, daging wagyu juga mengandung 30% lemak tak jenuh yang lebih tinggi dari daging sapi umumnya. Kandungan lemak tak jenuh inilah yang memberikan rasa gurih saat dipanaskan.

4. Daging Wagyu Bagus untuk Kesehatan

Wagyu

Jenis daging yang satu ini mampu menyehatkan otot sementara membakar lemak pada tubuh dan meningkatkan oksigen yang masuk ke dalam tubuh hingga meningkatkan metabolisme. Daging ini juga mengandung omega 3 dan 6 yang mampu membantu menyaluskan dan mematobolisme truglycerides dan juga kolesterol.

5. Daging Wagyu Jepang VS Australia

Wagyu

Selain daging wagyu Jepang, dari Australia juga cukup populer, namun memiliki karakter yang sedikit berbeda. Namun, wagyu Jepang tetaplah yang terbaik karena proses ternaknya lebih spesifik dengan lingkungan alam yang terbaik tanpa polusi hingga pakan ternak yang sudah diolah dengan teknologi canggih.

6. Steak Wagyu

Wagyu

Jika Anda memesan daging sapi wagyu untuk diolah menjadi steak, maka sebaiknya pilih tingkat kematangan medium atau medium well. Tingkat kematangan ini dirasa lebih memunculkan cita rasa yang nikmat serta tekstur yang lumer di mulut dibandingkan well done.

7. Daging untuk Semua Jenis Makanan

Wagyu

Daging sapi wagyu tak hanya untuk steak lho! Bahkan kini banyak restoran shabu shabu yang menyajikan irisan daging wagyu untuk di rebus maupun panggang. Teksturnya yang lumer serta rasanya yang lezat membuat daging wagyu cocok untuk segala jenis masakan.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram