Berwisata Dieng Kurang Lengkap Tanpa 8 Makanan khas Wonosobo Ini

Berlibur ke suatu daerah rasanya akan kurang lengkap kalau belum mencicipi makanan khasnya. Nah, jika kamu sedang ingin wisata Dieng, maka jangan lewatkan untuk mencicipi aneka makanan khasnya. Dieng punya sejuta pesona alam dan juga makanannya yang khas. Jika kamu datang ke Wonosobo, yuk coba kulinernya seperti berikut:

Wisata Dieng & Kulinernya

1. Mie Ongklok

Wisata Dieng

Mie khas Wonosobo ini adalah satu makanan yang paling khas dan wajib dicoba kalau kamu datang ke Dieng. Mie ongklok terdiri dari mie, kol, kucai dan berkuahkan kacang kental berkanji. Makin sedap karena mie ongklok disajikan dengan sate kambing dan tempe kemul. Keunikan mie ongklok ini adalah kuah kacangnya. Cukup jarang kita temui menyantap semangkuk mie berkuah kacang kental. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati mie ongklok ini.

2. Tempe Kemul

Wisata Dieng

Jika melihat sekilas, tempe ini mirip seperti tempe mendoan, padahal tidak lho! Walaupun sama-sama digoreng dengan balutan tepung tapi bentuknya sedikit berbeda. Tempe kemul khas Wonosobo berukuran kecil dengan balutan tepung di pinggirannya yang lebar. Pada tepungnya dicampur dengan daun kucai. Menikmati tempe kemul bisa dengan cabai rawit mentah maka semakin nikmat.

3. Carica

Wisata Dieng

Carica adalah buah khas Wonosobo yang tumbuh di daratan tinggi sekitar 1500 – 3000 mdpl. Carica biasanya dijual sudah dalam bentuk manisan yang bisa langsung dimakan. Buah manis ini memilki tekstur mirip seperti buah pepaya. Carica juga bisa dibuat minuman dan pastinya menyegarkan.

4. Opak Singkong

Wisata Dieng\Bagi kamu yang ingin mencoba snack atau makanan ringan khas wonosobo, maka coba opak singkong. Opak terbuat dari singkong yang dikeringkan lalu digoreng hingga renyah. Rasa gurih opak ini bikin kamu pasti makan tak cukup satu.

5. Dendeng Gepuk

Wisata Dieng

Saat wisata Dieng, cobain juga dendeng gepuk yang terkenal ini. Makanan khas Wonosobo ini dibuat dengan rempah-rempah asli sehingga rasanya sangat kaya dan meresap. Makan dendeng ini dengan nasi hangat saja sudah sangat cukup memuaskan lidahmu apalagi ditambah dengan sambal bajak.

6. Kacang Dieng

Wisata Dieng

Cemilan khas Dieng ini bisa jadi pilihan kamu yang ingin mencarikan oleh-oleh khas Dieng. Kacang dieng ini juga biasa disebut kacang babi. Kacang berbentuk seperti kacang jepang. Rasa gurih kacang ini cocok untuk camilan selama perjalananmu di wisata Dieng.

7. Nasi Megono

Wisata Dieng

Nasi megono juga populer di Pekalongan. Saat sarapan, kamu bisa menikmati nasi megono ini. Nasi megono adalah nasi yang di campur denga noncom yang sudah dibumbui. Menikmati nasi megono dengan tempe kemul saja sudah cukup nikmat.

8. Geblek

Wisata Dieng

Geblek adalah gorengan khas Wonosobo. Geblek terbuat dari tepung pati yang dicampur dengan potongan daun kucai dan garam juga bawang putih. Geblek ini mirip dengan cireng khas Bandung.

Anggi Arimurti

"shoot your lunch, eat your dinner" Follow my instagram: Enjigram

FOLLOW US ON